Bismillah

By Dee_Arif - January 13, 2019



Chacha : Bunda, ternyata kalau kita baca Bismillah semuanya jadi lebih mudah

Bunda : Oh iyakah, kata siapa kak?

Chacha : Kataku lah, aku sudah nyoba sendiri

Bunda : Oh iya ta, emang kakak nyoba apa?

Chacha : Waktu aku bikin celengan nemo itu lho. Awalnya aku nggak bisa. Eh pas baca bismillah langsung gampang. Aku jadi bisa.


Sumber Gambar : Amazon.com



Itu adalah percakapan saya dengan Chacha tadi sore saat saya menyisir rambutnya. Ah Chacha, terimakasih ya nak. Hari ini kamu sudah memberikan hikmah yang luar biasa. Bunda jadi mengkaji ulang, makna dan keutamaan bismillah. 

Berbicara tentang bismillah, kalimat pembuka dalam Al Qur an ini sungguh punya banyak keutamaan. Membaca bismillah di setiap kegiatan akan memberikan manfaat yang luar biasa. 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda "Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

Setiap memulai suatu pekerjaan, baiknya dimulai dengan bacaan basmalah, maka Allah menghindarkan dari gangguan syaitan dan akan memperoleh faedah dari pekerjaannya. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda,

“Setiap amal perbuatan yang baik, namun tidak dimulai dengan membaca ‘Bismillaahirrahmaan irrahiim’, maka pekerjaan itu akan terputus dari rahmat Allah.” (Ibnu Hibban)

Alhamdulillah, Chacha pun sudah mengimani faedah membaca basmalah. Fitrah keimananmu mulai terpancar ya nak. 

Semoga kita semua senantiasa mengingat untuk selalu membaca basmalah setiap memulai pekerjaan. 



  • Share:

You Might Also Like

0 comments