Kue Beownies Ala Chacha

By Dee_Arif - January 19, 2019





Di Amerika, para keluarga homeschooler sering mengkampanyekan bahwa dapur adalah pusat informasi, pengamatan dan percobaan sains terbanyak di rumah. Dapur menjadi pusat aktivitas pembelajaran bagi anak-anak. Selain itu, kegiatan memasak bersama antara orangtua dan anak akan menciptakan bonding yang kuat diantara keduanya.


Maka di rumah kami, memasak juga menjadi salah satu aktivitas home education yang rutin dilakukan. Biasanya hari libur kami isi dengan memasak bersama. Seperti hari kamis kemarin, saat sekolah libur saya mengajak Chacha memasak bersama. Kami membuat brownies keju.





Bahan-bahan :

☘ 1 bungkus tepung brownies keju Nutricake
☘ 1 butir telur
☘  100 gram mentega yang dilelehkan
☘ 25 ml air
☘ 125 gram choco cip





Cara Membuat


☘ Tuang semua wadah dalam mangkok
☘ Kocok hingga semua beecampur
☘ Masukkan dalam loyang yang sudah di olesi mentega
☘ Tabur choco cip secara merata
☘ Kukus selama 30 menit
☘ Sajikan






Semua proses membuat brownise ini dilakukan sendiri oleh Chacha. Saya hanya membantu mencairkan mentega dan memasukkan brownies ke dalam kukusan.
Seperti yang bisa dilihat dalam video di bawah ini.



Kegiatan memasak selalu menyenangkan bagi Chacha. Dia sangat antusias bila diajak memasak. Katanya, kelak saat dewasa dia ingin jadi Koki.


Sebagaimana dalam pendidikan berbasis fitrah, puncak keemasan fitrah bakat adalah saat usia 10-14, namun pengamatannya bisa dilakukan sejak dini. Ketika masa pralatih, orangtua memberikan banyak aktivitas beragam untuk mengetahui bakat anak. Catat setiap kegiatan yang dilakukan. Amati apakah matanya berbinar dan tertarik untuk melakukan kegiatan itu lagi. Bila iya, bisa jadi itu menjadi bakatnya.


Selama ini memasak memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai Chacha. Dia selalu antusias dan gembira bila diajak memasak bersama. Makanya, selain sering ikut cooking class saya juga sering mengajaknya memasak bersama di rumah.


Memasak brownies bersama menjadi ajang stimulasi fitrah bakatnya. Bagaimana dengan anda, apa yang anda lakukan untuk menstimulasi bakat anak? Apakah anda juga suka memasak bersama dengan anak? Share yuk, siapa tahu kita bisa saling menginspirasi :)


Sidoarjo, 17 Januari 2019
#Fitrah-HomeBasedEducation
#HomeEducation
#FBE.Chacha.5y9m
#FitrahBakat


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. waahbener juga nih.. ketika kita sudah mengetahui bakat seorang anak, maka anak pun akan melakukannya dengan hati senang..

    ReplyDelete