Mengenal Bakat Melalui ST 30

By Dee_Arif - January 19, 2019


Mengenal Bakat Melalui ST 30- Bakat, apa yang ada di pikiran kita saat berbicara tentang bakat? Biasanya saat orang bertanya tentang bakat, jawabannya adalah menari, menyanyi, melukis, menulis dan lain sebagainya. Padahal bakat memiliki definisi yang lebih luas dari itu.

Definisi Bakat

Definisi bakat menurut Gallup adalah pola pikiran, perasaan dan perilaku yang alami, berulang-ulang dan dapat dimanfaatkan untuk produktifitas. Bakat adalah sifat unik dari setiap individu. Tidak ada induvidu yang sama. Semuanya memuliki keunikannya masing-masing.

Lalu bagimana ya cara mengenali bakat yang kita miliki? Bukankah sangat penting untuk mengenali bakat diri. Ya, dengan mengenali bakat diri kita akan mudah menjalankan peran kita. Melakukan misi spesifik dalam hidup.

Talents Mapping

Salah satu cara untuk mengenali bakat diri adalah melalui Talents Mapping. Talents Mapping adalah suatu cara untuk menemukan bakat dalam diri kita. Dalam talents mapping terdapat 34 tema bakat. Pengukuran bakat dalam talents mapping ini dilakukan melalui Tes Strenght Typology (ST-30), yaitu :

💠 Memiliki gambaran kompetensi dan minat terhadap peran
💠 Memiliki sekitar 30 tipologi manusia yang terkait dengan kekuatan yang produktif
💠 Sebagai personal brand atau self-awarness bagi sesorang

Ini adalah contoh hasil ST-30




Bagaimana Cara Membaca ST-30?



Agar mampu membaca hasil ST-30 kita harus mengenal arti warna dalam ST-30 ini dan juga tiga dimensi pembentuk minat.


Tabel  arti warna bakat

Tabel dimensi pembentuk minat



Maka hasil ST-30 pada gambar diatas adalah "Dia adalah seorang yang senang menjadi penanggungjawab (comand), mudah baginya untuk mengungkapkan apa yang ada dipikirannya melalui kata-kata atau tulisan yang mudah dimengerti oleh orang lain (communication). Memiliki banyak ide baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya (creator). Selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang (educator). Mampu mempengaruhi orang lain untuk bangkit semangatnya serta tertarik melakukan sesuatu sebaik mungkin (motivator) juga mampu memikirkan strategi promosi untuk mempengaruhi orang lain agar mau membeli dalam jumlah yang banyak (marketer). Selain itu juga mampu melihat langkah jauh ke dapan melampaui cakrawala."


Kekuatan bakat yang dimiliki ditunjukkan dengan warna merah. Sehingga personal branding yang dimiliki adalah
1. Communicator
2. Motivator
3. Educator
4. Creator
5. Marketer
6. Visionary
7. Commander

Warna kuning menunjukkan potensi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan lebih keras lagi dan bisa saling mendukung. Bakat yang termasuk dalam warna kuning adalah Ambassador, Seller, Designer, Strategist Journalist dan Interpreter.


Potensi yang berwarna putih menggambarkan aktivitas yang bukan pitensi namun bukan pula aktivitas yang diminati. Tetapi juga bukan kelemahan. Bakat-bakat yang termasuk warna putih adalah Treasurer, Explorer, Adminitration, Synthesizer, Arranger, Selector dan Caretaker.


Bakat dengan warna abu-abu menunjukkan potensi tersebut tidak didukung dengan potensi bakat yang kita miliki yaitu Server, Distributor, Quality Controller, Producer dan Analyst.

Bakat dengan warna hitam menandakan potensi kelemahan kita yang TIDAK kita miliki yaitu Evaluator, Mediator, Operator, Restorer dan Safekeeper.


Potensi ini merupakan kelemahan kita yang membuat kita akan merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas dalam ranah ini.

1. Evaluator,  artinya Seseorang yang mampu melakukan studi mendalam dan membuat kesimpulan mengenai sesuatu.

2. Mediator, artinya Seseorang yang mampu menengahi suatu masalah dan  menyelesaikan konflik antar pihak-pihak yang bertikai.

3. Operator, artinya Seseorang yang dapat mengoperasikan dan menjaga mesin-
mesin, instrumen atau peralatan lain.

4. Restorer, artinya Seseorang yang mampu mengembalikan sesuatu kepada kondisi
semula/normal atau menjadi lebih baik.

5. Safekeeper, artinya Seseorang yang melindungi keselamatan/keamanan
sesuatu/seseorang dari bahaya rusak, hilang atau pencurian.

Bila kita sudah memahami setiap warna bakat yang kita miliki, fokuslah pada bakat warna merah. Lakukan aktivitas secara terus menerus dalam bakat tersebut, sehingga kita akan menghasilkan produktivitas yang sangat besar.


Tanamkan dalam diri, bahwa setiap orang itu unik. Keunikan akan menuntun kita dalam menjalani misi spesifik hidup. Fokus pada kekuatan dan siasati kelemahan.



Referensi


1. Buku Talents Mapping, Abah Rama.
2. Buku Talents Dynamic, Anah Rama.
3. Materi Calon Fasilitator Matrikulasi Instutut Ibu Profesional

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Talents mapping ini memang sangat berguna sekali, apalagi untuk yang memiliki anak agar nanti tidak salah langkah saat membimbing anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, bisa untuk membantu memilih jurusan juga

      Delete