Menyemai Bakat di Dapur Cokelat

By Dee_Arif - January 15, 2019


Menyemai Bakat di Dapur Cokelat-

Setiap anak itu unik, masing-masing dari mereka di ciptakan dengan sifat bawaan masing-masing. Sifat bawaan unik ini terkait dengan kepribadiannya sebab sifatnya melekat dan menjadi karakter kinerjanya.

Kepribadian yang produktif ini disebut dengan bakat. Fitrah bakat ini adalah potensi yang sangat terkait dengan misi hidup spesifik atau peran peradaban spesifik individu di muka bumi. Oleh karena itu disebut sebagai pabggilan hidup.
Puncak keemasan fitrah bakat ini berada saat anak memasuki fase aqil baligh, yaitu di usia 10-14. 

Di usia pra latih (0-7 tahun), fitrah bakat bisa mulai diamati. Caranya dengan memberikan banyak kegiatan yang beragam pada anak. Selalu catat saat berkegiatan bersama anak. Bila ada kegiatan yang sangat dia sukai, yang membuat matanya selalu berbinar bisa jadi itu adalah bakatnya.

Tetapi sebagai orangtua tak perlu menggegas memberikan label. Bahwa anakku berbakat ini, atau anakku berbakat itu. Fasilitasi anak dengan beragam kegiatan dan catat setiap perkembangannya.




Seperti yang saya lakukan pada Chacha. Saat ini memasak masih menjadi salah satu aktivitas favoritnya. Selain sering melibatkannya untuk membantu saya memasak di rumah, saya juga sering mengajaknya ikut acara cooking class.




Hari minggu lalu, Chacha ikut acara cooking class di Dapur Cokelat bersama Playdate Surabaya-Sidoarjo Ibu Profesional Surabaya. Di acara cooking class ini Chacha diajak masuk dapur outlet cokelat yang terkenal ini. Para koki mengajak anak-anak membuat lolypop, cupcake, cokelat paraline dan cokelat balls.




Tetapi sepertinya saat ikut cooking class Chacha tidak terlalu antusias. Mungkin karena dia harus beradaptasi dengan teman-teman yang baru dikenalnya. Chacha memang sedikit sulit untuk beradaptasi. 



Tetapi dia senang bisa membuat beraneka ragam cokelat. Dan dia pun meminta saya agar kami melakukannya di rumah. Oke, baik nak. Kapan-kapan kita lakukan ya..




Sidoarjo, 16 Januari 2019



#Fitrah-HomeBasedEducation
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani
#HomeEducation
#FBE.Chacha.5y9m
#FitrahBakat


  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. memang memasak itu bagi anak2 itu bikin happy, aku punya komunitas anak kl ada memasak mereka suka banget

    ReplyDelete
  2. Fitrahnya anak perempuan paling tidak harus bisa memasak untuk dirinya sendiri ya mba. Seneng deh, bikin coklat sendiri

    ReplyDelete