Tips Seru Ajak Anak Naik Kereta Api

By Dee_Arif - January 27, 2019




Tips Seru Ajak Anak Naik Kereta Api- Naik kereta api tut-tut-tut siapa hendak turut, ke Bandung Surabaya...




Hiyaa, siapa yang tidak tahu lagu anak-anak diatas. Kereta api sangat menyenangkan bagi anak-anak. Makanya, anak-anak selalu senang bila berpegian dengan kereta, walau melakukan perjalanan jarak jauh dalam waktu tempuh yang lama. Kedua anak saya sudah memiliki pengalaman naik kereta api jarak jauh, kami sudah pernah ke Yogyakarta dan Jakarta. Nah kali ini kami liburan ke Bandung, naik kereta api ekonomi. Hmm mau tahu bagaimana serunya, baca terus ya :)

Menyiapkan Liburan


Buat kami, liburan itu harus direncanakan. Ya, kami nggak pernah bisa liburan mendadak, apalagi untuk destinasi yang jauh. Semuanya harus dipersiapkan. Mulai dari cari tiket, boking hotel, menyusun itenenary dan list barang yang harus di bawa.

Menyiapkan semua itu perlu kerjasama team lho, berhubung anak-anak masih kecil maka mereka belum bisa dilibatkan untuk menyiapkan keperluan liburan. So, saya dan suami lah yang saling bantu menyiapkan semuanya. Suami bagian mencari tiket kereta dan boking hotel. Sedangkan saya harus membuat itenerary dan barang-barang yang harus dibawa.

Perjalanan kami ke Bandung menggunakan kereta api Pasundan.
Kereta api ini adalah kereta api ekonomi, perjalan Surabaya-Bandung ditempuh dalam waktu 14 jam. Harga tiketnya, Rp. 93.000 saja. Murah meriah euy !!.



Rencananya kami akan menginap di Bandung selama tiga hari. Dua hari di Bandung Kota, seharinya di Lembang. Di Bandung Kota kami menginap di Hotel Cassadua, di daerah Pasteur. Sedangkan di Lembang, kami menginap di Penginapan Pelangi, tidak jauh dari Floating Market.

Keberangkatan yang Mendebarkan




Kami berangkat dari Surabaya pada hari kamis, 24 Januari 2018. Jadwal kereta api berangkat dari Stasiun Wonokromo jam 08.19 WIB. Rencananya, dari rumah harus sudah berangkat jam 06.30, tapi apa daya bepergian dengan dua anak kecil itu tidak semudah mengangkat koper. Ada saja yang membuat jam keberangkatan molor, jam 7 baru dapat taxi online. Kendati jarak rumah dan stasiun hanya 12 km, tapi rute yang kami lewati itu adalah tempat-tempat macet di Surabaya.

Deg-deg an banget, jam 8 pagi baru sampai stasiun, nyaris banget ya. Apalagi kami belum cetak tiket.  Lupa tak membawa kartu keluarga (KK). Beruntung walaupun dengan foto KK di hp kami bisa tetap check in di stasiun. Belum lagi suami bilang kalau tak membawa dompet saya. Duh, saya cuma bisa pasrah. Asalkan suami tak lupa bawa dompet dan kartu ATM. But, ternyata pas di dalam kereta saat buka-buka tas, dompet saya ketemu. Duh, pagi-pagi sudah hetic banget.

Hmmu lalu gimana ya biar perjalanan berjalan lancar. Naik kereta api kan menempuh waktu yang lama, takutnya anak-anak jadi crungky saat perjalanan. Jangan khawatir, perjalanan naik kereta api bersama anak-anak akan jadi cerita seru lho. Asal tahu caranya. Ini dia tips seru ajak anak naik kereta api.

1. Siapkan Barang Bawaan yang Harus Dibawa


Oh ya, karena kami berempat dan kali ini pergi lumayan lama pasti akan banyak barang yang kami bawa. Tapi, karena kami pergi dengan dua anak-anak maka harus pintar-pintar atur barang bawaan. Barang-barang yang kami bawa, adalah :

πŸ’  Baju



Baju kami berempat di packing model konmari, bisa hemat tempat. Dan semua baju bisa masuk dalam satu tas ransel.

πŸ’  Bantal Leher

Nah karena kami akan duduk selama 14 jam, maka bantal leher perlu di bawa. Biar nggak pegal cyyynnn...

πŸ’  Obat-Obatan



Obat-obatan itu penting di bawa saat bepergian. Apalagi  pergi dengan anak-anak. Kondisi anak-anak susah ditebak. Bisa saja saat berangkat kondisinya sehat bugar, tapi tiba-tiba drop saat perjalanan. Hmm, lalu obat apa saja yang kami bawa? Obat-obatan yang kami bawa adalah obat penurun panas, obat batuk, plester dan tisu alkohol, obat tetes mata, obat masuk angin, obat sakit kepala, obat diare, krim nyeri otot, minyak telon dan tak lupa kami juga bawa termometer.

πŸ’  Alat Dokumentasi



Jangan lupa selain hp, bawa juga kamera. Buat cadangan agar setiap kegitan liburan bisa di dokumentasikan. Kami membawa action cam, sekalian charger dan powerbank ya. Jangan sampai mati gaya saat liburan, mau foto-foto eh hp dan kamera mati.

2. Bawa Bekal Makanan yang Cukup




Membawa makanan saat perjalanan naik kereta api itu perlu lho,  biar nggak kelaparan. Selain makanan pokok, seperti nasi dan lauk pauk jangan lupa bawa camilan ya. Lalu bawa air minum yang cukup biar nggak dehidrasi. Bukannya di kereta api ada restorasi ya? Iya sih, tapi kan harganya lumayan berat di kantong. Hehe, maklum emak irit.

3. Sediakan Permainan




Anak-anak biasanya gampang bosan. Apalagi Chacha dan Aluna, dua puteri saya itu nggak bisa diam. Ada saja tingkah polahnya. Maka saya tak lupa membawa beberapa mainan. Ada buku cerita, busy book dan juga kartu permainan. Mainan di kereta bikin perjalanan semakin menyenangkan.

4. Siapin Stok Sabar


Setelah semuanya dipersiapkan, jangan lupa untuk siapin stok sabar. Kendati semua persipaan sudah kita lakukan, tetap bersiap menghadapi dram dan prahara di depan. Hehe, sekali lagi anak-anak itu makhluk ajaib yang susah ditebak. Tetap sabar saat perjalanan menjadi kunci lancarnya perjalanan dengan kereta api bersama anak-anak.

Nah itu dia tips seru ajak anak bepergian naik kereta api. Semoga bermanfaat ya. Oh ya kalau kamu punya cerita seru dan tips juga tentang mengajak anak naik kereta api, share yuk :)

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Seru...seru, kamu belum pernah naik kerata api bersama anak anak. Maturnuwun tips nya Mbak Dian😘

    ReplyDelete
  2. Stok sabar emang yang paling penting banget ya mba.

    ReplyDelete
  3. kalau dengan anak kecil hrs sabar memang ya mereka cepat bosen apalagi kl perjalanannya jauh

    ReplyDelete
  4. Setuju mba, akupun juga begitu kalau naik kereta bareng anak hehe,,dan seru naik kereta api itu :)

    ReplyDelete
  5. Murah ya mba,kereta kelas apakah?ya bener mau kelasnya apa?kalo perginya bareng3 orang yang disayang semuanya jadi menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Nah itu, bekal makan emang wajib dibawa kalo naik kereta api jarak jauh. Soale kalo beli di gerbong makan harganya mahaaaal, rasanya juga hambar. kan lumayan uangnya bisa disimpen buat jajan di tempat wisata,hehe

    ReplyDelete