Percobaan Lilin Minum Air (Tekanan Udara)

By Dee_Arif - May 17, 2019



Hari ini belajar sains di Omah Rame akan mencoba membuat lilin minum air. Ha? Emang bisa? Bisa dong. 


Bahan

1. Gelas 1 buah
2. Lilin 1 buah
3. Pewarna Makanan (1 warna bebas)
4. Air secukupnya
5. Sendok
6. Korek Api
7. Mangkuk/Wadah


Jalannya Percobaan

1. Siapkan bahan percobaan
2. Letakkan lilin dan nyalakan di atas piring kecil.
3. Masukkan air yang telah diberi pewarna ke dalam piring kecil. Air berwarna di sini dimaksudkan agar mudah pengamatannya.
4. Tutup lilin dengan gelas. Lalu amati, apa yang terjadi?






Nah tujuan dari percobaan ini adalah  mengetahui dan membuktikan pengaruh udara terhadap nyala api pada pembakaran lilin.


Udara terbentuk dari campuran gas yang di perlukan oleh semua mahluk hidup. Ketika berkerak, udara menekan ke segala sesuatu yang dilaluinya dan gerakan udara oleh tekanan tersebut di sebut dengan angin. 


Akibat tekanan tersebut dan banyaknya benturan oleh pergerakan benda yang ada di bumi maka terbentuklah angin yang merupakan jenis udara bergerak.


Anak-anak sangat antusias. Mereka heran melihat airnya bergerak seperti diminum oleh lilin.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? 



  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. makasih aku bis acontoh untuk anak2 asuhku

    ReplyDelete
  2. Tertarik sekali. Saya saved dan mau praktik juga bareng anak anak. Kebetulan perlengkapan dan alatnya kami ada juga. Mereka astip antusias sekali.

    ReplyDelete
  3. Kami sudah pernah melakukan percobaan ini. Anak-anak jadi bisa paham bahwa api yanng menyalah itu membutuhkan udara juga.

    ReplyDelete
  4. Ini salah satu projek keluarga di sekolah anakku yang dibuat oleh temannya waktu itu. Anakku semenjak ada projek keluarga itu selalu mencoba eksperimen-eksperimen lainnya di rumah.

    ReplyDelete
  5. bisa dipraktikkan bareng anak juga nih di rumah. makasi lho mba udah bikin tulisan bermanfaat ini

    ReplyDelete
  6. Waahh bisa nih dicoba dirumaaah bareng anakku. Mudah pula bahannya.

    ReplyDelete
  7. Percobaan Permainan lewat permainan tekanan udara memang sangat sederhana tapi bisa mengajarkan fisika . sedari kecil di ajarkan ketertarikan dunia pengetahuan kalau sudah besar jadi prifesor nih

    ReplyDelete
  8. Bisa ditiru ini... Mengenalkan sains melalui kegiatan sehari-hari...

    ReplyDelete
  9. Ini games edukatif yang bermanfaat kak, simple buat dipraktikkan di rumah

    ReplyDelete
  10. tertarik dooong... aku mau coba bikin bareng anakku hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah, ternyata untuk melakukan percobaan ini bahan2nya mudah dan murah ya. Tinggal kemauan dan kreativitas anak2 dan orangtua kudu diasah penuh semangat. Kalau begini kan ga bosa belajar melulu text book hehehe. Keren!

    ReplyDelete
  12. Boleh nih di praktekin ya buat anak2 dirumah murah meriah bahannya, edukatif lg permainannya. Jd tambah kreativitas

    ReplyDelete
  13. Wah, sangat menarik ya, belajar IPA dengan melakukan percobaan

    ReplyDelete
  14. Boleh banget nih dicoba. Agar anak aku sekalian belajar sains. Peralatan nya juga murah meriah tapi ada unsur edukasi yg bagus

    ReplyDelete
  15. Anakku suka banget nih percobaan ipa nya agar anak2 bisa tertarik dengan Sains aku mau coba sama anakku makasih bngt loh moms tulisannya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  16. Trus apa yang terjadi? hehe.. belum dipraktekin nih, jadi mau tahu hasilnya dulu. Soalnya anakku sukanya diceritain dulu baru semangat ngerjain prakarya

    ReplyDelete
  17. Eh caranya gampang yaaa. Nanti kalau Zril udah agak gedean bakal saya ajak main eksperimen begini ah. Seruuu

    ReplyDelete
  18. Seru percobaannya. Caranya pun cukup mudah jika mau dipraktekkan ya. Jadi mau praktekin di rumah nih

    ReplyDelete
  19. Simpel tapi banyak ilmu yang didapat ya, mbak. Btw anak saya kayaknya kalau lihat lilin malah semangat buat menipu kayak kue ulang tahun. Hibi

    ReplyDelete
  20. sederhana ya...mau coba juga ah di rumah percobaan tekanan udara ini. Anak-anak senang pasti. Terima kasih idenya Mbak

    ReplyDelete