Balon Mengembang Tanpa Ditiup 🎈🎈🎈

By Dee_Arif - June 13, 2019





Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya. Hijau, kuning, kelabu, merah muda dan biru. Meletus balon hijau, dooorrrr!! Hatiku sangat kacau. Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat. 




Siapa yang tak kenal lagu "balonku". Selain lewat lagu, balon menjadi teman akrab bagi anak-anak. Tak hanya hadir dalam acara pesta saja, balon juga menjadi mainan favorit anak-anak. 


Di rumah, kami selalu menyimpan balon. Bila anak butuh, ya tinggal tiup saja. Nah kali ini kelas sains Omah Rame juga tentang balon. Pada kelas kali ini, Chacha akan mencoba membuat balon mengembang tanpa ditiup. Ha? Emang bisa? Bisa dong. Baca terus ya 😊.


Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan percobaannya. Bahan-bahannya cukup mudah kok. Gampang di cari di rumah. 


Bahan : 





1. Balon (2 buah)
2. Botol minuman (2 buah)
3. Air cuka secukupnya
4. Soda kue secukupnya
5. Air biasa secukupnya


Langkah - langkah : 



1.   Letakkan botol di atas lantai atau meja, kemudian isi dengan air cuka hingga 2/4 tinggi botol.

2.    Masukkan soda kue ke dalam balon.

3.   Buka mulut balon yang telah berisi soda kue, kemudian pasang pada mulut botol tanpa menjatuhkan soda kue yang ada di dalamnya.

4.   Setelah langkah tersebut berhasil, secara perlahan-lahan campurkan soda kue di dalam balon dengan air cuka, dengan cara mengangkat ujung balon sedikit demi sedikit dan menggoyangkannya.

5.   Setelah bahan tersebut tercampur, maka terjadi suatu reaksi yang dapat menghasilkan gas yangmampu menggelembungkan balon tanpa harus ditiup.

6.   Apabila ukuran balon telah menggelembung sesuai keinginan, lepaskan mulut balon dari mulut botol dengan cara mengapit mulut balon dengan erat, kemudian ikat dengan tali. Maka balon pun telah menggelembung dengan sempurna.






Mau lebih jelas? Tonton video ini ya.


Tujuan dilakukan percobaan ini adalah untuk membuktikan bahwa balon dapat kita gelembungkan tanpa harus ditiup menggunakan mulut.


Mengapa balon bisa menggembung tanpa ditiup? Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka direaksikan dengan soda kue  menghasilkan gas karbondioksida, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan cara perubahan kimia, karena menghasilkan jenis zat baru. 


Hal ini dibuktikan melalui percobaan ketika asam cuka dan soda kue dicampurkan dan terjadi buih, sehingga balon yang tadinya kecil menjadi besar, karena disebabkan gas karbondioksida dari hasil reaksi tersebut.


Nah bagainana? Seru kan percobaan kali ini? Walaupun mungkin Chacha belum paham tentang reaksi kimianya, setidaknya dia semangat melakukan percobaan. Semangat belajar sains dan mencintai sains itu sendiri. 


Buat di rumah juga yuk. Selamat mencoba :)

  • Share:

You Might Also Like

26 comments

  1. sudah pernah aku coba sama anak2 asuhku

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah bikin percobaan itu. Sayangnyua baca di komputer yang lemot, nanti coba tonton videonya di ponsel agar bisa bikin percobaan bareng Palung. Tapi harus beli balon dan soda kue dulu, nih.
    Suka dengan cara gini bahwa bumbu dapur bisa dijadikan sarana belajar anak untuk mengenal sains. Terima kasih.
    Oh ya, sekadar saran. Saya rasa setiap langkah ada baiknya disertai foto penunjang agar yang kurang paham teknis seperti saya punya gambaran dan tidak takut salah.

    ReplyDelete
  3. Boleh dicoba ini, kebetulan sisa balon banyak banget cuma selama ini pake pompa itu, capek juga kok meski mompa kaya orang fitness, hahaha.

    ReplyDelete
  4. Kami sudah pernah melakukan percobaan mengembangkan balon dengan metode ini. Seru.. anak-anak selalu happy kalau sudah diajak bereksperimen seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Wainii wajib praktek dong! Anakku juga suka mainan balon, tp dipompa..
    Pasti excited banget liat kayak gini

    ReplyDelete
  6. Siiipp buanget, Mbaa
    Ini bisa jadi ide buat isi liburan juga yhaa
    bikin percobaan yg anak2 sukaaaa

    ReplyDelete
  7. Wah, ternyata bisa ya. Baru tahu nih aku. Boleh nih dicobain praktek di rumah bareng anak-anak. Tapi pastinya mesti menyediakan bahan-bahan sedikit lebih banyak kalau-kalau percobaan pertama belum berhasil. Anak-anak tentunya suka penasaran dan ingin mencoba lagi sampai bisa, hehehe ...

    Thanks sharing-nya ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  8. Wah asyik nih, mau coba ah

    Keponakanku semua suka balon, soda kue dan cuka tersedia, tinggal beli balonnya

    ReplyDelete
  9. Saya pernah tau percobaan ini, yang belum adalah aksi nya, hehe Soalnya sering bikin rencana, ternyata eksekusinya sering terskip salah satu bahan. Terimakasih mba dian, jadi ingetin rencana bikin percobaan sains lagi bareng anak.

    ReplyDelete
  10. wow percobaan yang seru ini, mau buatbareng anak saya, buat balon tanpa ditiup.

    ReplyDelete
  11. Eksperimen gini anak pasti seneng nih, noted ah nanti libur kerja mau cobain sama anak.

    ReplyDelete
  12. Wah, aku pernah nyoba ini. Cuka dan Soda kuenya harus banyak ya. Anak-anak suka banget

    ReplyDelete
  13. Waaah, menarik banget nih eksperimennya. Mau aku kasih ke adikku biar dia coba, pasti para krucil (ponakanku) excited, deh! Thanks tutorialnya, Mba. Kereen!

    ReplyDelete
  14. Magic 🤗 ga susah2 lagi niup balon. Bermain sambil belajar sains yg menyenangkan ini, bisa di coba juga dirumah 😍

    ReplyDelete
  15. Patut dicoba nih. Duuh...aku ke mana aja? Koq belum pernah bikin-bikin percobaan kayak gini. Makasih idenya. Kayaknya artikelnya banyak yah tentang percobaan. Mampir ah ke artikel lainnya. Makasiiih...

    ReplyDelete
  16. Wuidiii...
    Pasti anakku seneng banget ini kalo bikin percobaan begini di rumah.
    Oh ya, itu air cuka sama soda kue doang ya? Trus air biasa buat apa? Apa cukanya dicampur air biasa dulu?
    Kepo nih, hihi

    ReplyDelete
  17. Wah ternyata balon bisa mengembaang tanpa ditiup dengan cara ilmiah sederhana seperti ini ya Mbak. Percobaan yang keren, tentunya nambah wqwasan juga buat anak-anak.

    ReplyDelete
  18. Kereeen mba percobaan sains di rumah ya, anakku pasti seneng banget, duh tapi emaknya ngeri balonnya meletus dorrr nanti hatiku jadi kacau 😂

    ReplyDelete
  19. Wah perlu dicoba nih, secara aku sering bete kalau anakku bolak balik minta ditiupin balonnya. Sudah ditiup, eh dikempesin lagi

    ReplyDelete
  20. Bagus ini buat percobaan acara liburan, mau juga mencoba dengan anak-anak.Pasti seru banget deh. Thanks sharingnya ya, Mbk.

    ReplyDelete
  21. Wow, balonnya bisa besar dengan cara ini. benar2 keren...ini jadi pelajaran ilmu fisika dan kimia buat anak2nya ya.

    ReplyDelete
  22. Wah bisa dicontek nih, biar gak capek2 niup balon hehe. Walau di rumah ada pompa buat balon sih tapi kdng males ngluarin. Kalau pakai cuka dan soda kue gini sekaian belajar sains ya :D

    ReplyDelete
  23. Saya baca postingan ini bareng si sulung (8 tahun), wah jadi tertarik nih dia pengen cobain eksperimen di atas. Makasih infonya ya mbak, benar-benar baru tahu saya tuh..

    ReplyDelete
  24. Saya pernah lakukan ini juga
    Alhamdulillah banyak yang views
    Waktu itu dikasih tantangan sama tim Playdate IP Surabaya

    ReplyDelete
  25. Boleh dicoba nih, anakku juga suka banget sama balon

    ReplyDelete