Balon Mengembang Tanpa Ditiup 🎈🎈🎈

By Dee_Arif - June 13, 2019





Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya. Hijau, kuning, kelabu, merah muda dan biru. Meletus balon hijau, dooorrrr!! Hatiku sangat kacau. Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat. 




Siapa yang tak kenal lagu "balonku". Selain lewat lagu, balon menjadi teman akrab bagi anak-anak. Tak hanya hadir dalam acara pesta saja, balon juga menjadi mainan favorit anak-anak. 


Di rumah, kami selalu menyimpan balon. Bila anak butuh, ya tinggal tiup saja. Nah kali ini kelas sains Omah Rame juga tentang balon. Pada kelas kali ini, Chacha akan mencoba membuat balon mengembang tanpa ditiup. Ha? Emang bisa? Bisa dong. Baca terus ya 😊.


Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan percobaannya. Bahan-bahannya cukup mudah kok. Gampang di cari di rumah. 


Bahan : 





1. Balon (2 buah)
2. Botol minuman (2 buah)
3. Air cuka secukupnya
4. Soda kue secukupnya
5. Air biasa secukupnya


Langkah - langkah : 



1.   Letakkan botol di atas lantai atau meja, kemudian isi dengan air cuka hingga 2/4 tinggi botol.

2.    Masukkan soda kue ke dalam balon.

3.   Buka mulut balon yang telah berisi soda kue, kemudian pasang pada mulut botol tanpa menjatuhkan soda kue yang ada di dalamnya.

4.   Setelah langkah tersebut berhasil, secara perlahan-lahan campurkan soda kue di dalam balon dengan air cuka, dengan cara mengangkat ujung balon sedikit demi sedikit dan menggoyangkannya.

5.   Setelah bahan tersebut tercampur, maka terjadi suatu reaksi yang dapat menghasilkan gas yangmampu menggelembungkan balon tanpa harus ditiup.

6.   Apabila ukuran balon telah menggelembung sesuai keinginan, lepaskan mulut balon dari mulut botol dengan cara mengapit mulut balon dengan erat, kemudian ikat dengan tali. Maka balon pun telah menggelembung dengan sempurna.






Mau lebih jelas? Tonton video ini ya.


Tujuan dilakukan percobaan ini adalah untuk membuktikan bahwa balon dapat kita gelembungkan tanpa harus ditiup menggunakan mulut.


Mengapa balon bisa menggembung tanpa ditiup? Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka direaksikan dengan soda kue  menghasilkan gas karbondioksida, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan cara perubahan kimia, karena menghasilkan jenis zat baru. 


Hal ini dibuktikan melalui percobaan ketika asam cuka dan soda kue dicampurkan dan terjadi buih, sehingga balon yang tadinya kecil menjadi besar, karena disebabkan gas karbondioksida dari hasil reaksi tersebut.


Nah bagainana? Seru kan percobaan kali ini? Walaupun mungkin Chacha belum paham tentang reaksi kimianya, setidaknya dia semangat melakukan percobaan. Semangat belajar sains dan mencintai sains itu sendiri. 


Buat di rumah juga yuk. Selamat mencoba :)

  • Share:

You Might Also Like

2 comments