Telur Ayam dalam Larutan Cuka

By Dee_Arif - June 19, 2019




Halo apa kabar semuanya, semoga baik-baik saja ya. Masih semangat menemani ananda belajar di rumah setelah libur panjang kan? Harus tetap semangat ya.. 


Seperti kami di Omah Rame yang masih semangat bermain dan belajar membuat eksperimen sains sederhana. Kali ini bahan eksperimennya gampang banget, bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur.


Yup, pada percobaan kali ini kita akan melihat bagaimana pengaruh air cuka terhadap kulit telur mentah.  






Kita mulai siapkan bahannya ya.


💠 Bahan
1. Telur ayam mentah (1 butir)
2. Cairan asam cuka (1 botol)
3. Toples bertutup


💠 Langkah Percobaan
1. Masukan 1 telur ayam mentah ke dalam toples.
2. Lalu tuangkan cuka sampai telur terendam cuka (kurang lebih 1 botol cuka). 
3. Setelah itu, tutuplah toples tersebut dan simpan di tempat yang aman.
4. Hal yang dilakukan hanyalah *mengamati telur tersebut selama 2 x 24 jam (2 hari).


Ternyata pada hari pertama, muncul gelembung-gelembung cokelat. Kulit telur mulai memudar. Hari kedua, kulit telur sudah tak terlihat lagi. Lalu telurnya menjadi seperti telur yang sudah direbus. Wah, kok bisa gini ya. Apa ya rahasianya?





Kulit telur mengandung kalsium karbonat. Saat cangkang telur direndam didalam air cuka, kalsium karbonat bereaksi dengan air cuka membentuk garam kalsium karbonat larut sehingga yang tersisa adalah protein pengikat yang elastis karena kulit telur rentan terhadap asam cuka. Makanya telur kehilangan kulitnya, dan berubah menjadi seperti telur yang direbus. 


Mudah dan gampang bukan percobaan kali ini. Selamat mencoba ya.


😊😊😊

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

  1. wah ini belum aku coba dengan anak asuhku, coba ah

    ReplyDelete
  2. Wah percobaannya kayaknya seru juga. Jadi pengen nyoba sama anak-anak deh

    ReplyDelete
  3. Asik banget ya percobannya... bisa nih aku coba dirumah. Bahannya juga mudah dicari. Semangat bikin mainan edukasi 😊

    ReplyDelete
  4. Patut dicoba nih bareng anak, tapi telurnya bisa dimakan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bau cuka bgt, jadi pada g mw nyoba makan, haha

      Delete
  5. ini jadinya macam telur yang sudah direbus ya mbak? bisa dimakan telurnya?

    ReplyDelete
  6. Wah so simple tapi meaningful ya mba. Apalagi Kalo ngajak anak bereksperimen seperti ini, Dia jadi tahu hal Bari.

    ReplyDelete
  7. Aku juga jadi kepo itu telornya tetep mentah apa jadi mateng semacam telur asin gitu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mateng mbak..

      Cuma krn bau cuka bgt ya pada g brani nyoba makan

      Delete
  8. dulu pernah praktek ini pas SMA, dan bener jawabannya karena kalsium karbonatnya larut, cocok ini buat praktekin ke anak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalsium karbonat..

      Bisa buat main anak2, sains asyik

      Delete
  9. Ada reaksi yang terjadi dari percobaan sederhana yang dapat dilakukan di rumah

    ReplyDelete
  10. Terus itu telurnya enak dimakan ga mb? Penasaran... Hihi..

    ReplyDelete
  11. Wah beneran mudah ya, bahan nya pun mudah didapat
    Itu tekur tanpa kulit jadi matang ya
    Bisa dimakan gak sih?

    ReplyDelete
  12. Bagus, ya, percobaan kayak gini. Bahan mudah didapat dan bisa sekalian belajar. Mengasah kreativitas anak juga

    ReplyDelete
  13. Wah percobaannya bagus, ngajarin science ke anak sedari dini yaaa :D BTW lalu kalau udah jadi matang gtu apa boleh dimakan mbak? Hehe penasaran.

    ReplyDelete
  14. Percobaan yang keren nih. Baru tahu kalau telur direndam sama cuka selama dua hari hasilnya bisa jadi kayak telur rebus gitu. Jadi penasaran juga nih Mbak, itu telurnya bisa dimakan gak? Hehe

    ReplyDelete
  15. Hehee...anak-anak pasti suka diajakin eksperimen sederhana begini yaa..
    Mengamati dan mengutarakan apa yang dilihat.

    Serruu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinternya kakaaa...
      Abis ini mau eksperimen apa lagi yaa..?

      Delete
  16. Wuih keren, praktekin percobaan sains. Aku udah lama nih gak ngajak anak-anak main beginian lagi. Padahal anak-anak suka. Jadi kepengen bikin lagi deh lihat ini :D

    ReplyDelete
  17. Anakku baru usia tiga tahun sih. Tapi dia sudah menunjukan ketertarikan dengan eksperimen hal-hal baru. Mungkin next aku jadiin sebagai salah satu kegiatan main kami deh.

    ReplyDelete
  18. Keren mba, bisa buat referensi eksperimen bareng anak dengan bahan yang gampang dicari

    ReplyDelete
  19. Wah telurnya jadi matang gitu? Bisa dimakan nggak ya? Kupikir ini percobaan yang bisa bikin telur masuk botol itu. Hihi

    ReplyDelete
  20. Seru nih dipraktekan di rumah bareng anak. Jadi belajar fun science. Ntar aku coba praktekkan ah di rumah

    ReplyDelete
  21. Telurnya bisa dimakan mba sesudahnya? Jadi keingat percobaan waktu smp, seru banget

    ReplyDelete
  22. Eksperimen yang keren......tengkyu sudah mau berbagi, terus bereksperimen dan berbagi ya...biar kami juga tau

    ReplyDelete
  23. Kerennn nih.jadi kepikiran bikin eksperimen telur dengan bahan yang lain nih hehehe

    ReplyDelete
  24. wah jadi inget praktikum anorganik pas kuliah dulu mbak hehe
    seru emang percobaan ini

    ReplyDelete
  25. yang gini gini aman gak sih kak? masih agak takut takut gitu

    ReplyDelete
  26. Gampil banget pula yang ini ya...anak-anak suka banget nih percobaan yang gampil2 gini...

    ReplyDelete
  27. Percobaan yang aku lakuin saat SMP! Dan emang science semenarik itu. Gak sabar lihat yang lainnya. 😍

    ReplyDelete
  28. Wah asyik banget percobaannya. Ini utk sajian2 ringan utk acara2 tertentu, pasti cantik & unik bgt nih. Hehe

    ReplyDelete
  29. Berarti telurnya sudah mateng ya mba?. Kalau dimakan aman ngga ya? Hehehe.

    ReplyDelete
  30. Jadi penasaran pengen coba, klo di tetesin aja reaksinya bakal sama nggak yah kaya direndam?

    ReplyDelete
  31. Wah batu tahu saya, bisa dicoba nih

    salam
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  32. Lumayamn nih, bisa dicoba bareng bocil, eksperimen Sains sederhana.. Tfs

    ReplyDelete
  33. Baca eksperimen ini, saya kok jadi pengin telur rebus ya hehehe

    ReplyDelete