Teka-Teki Jeruk

By Dee_Arif - July 31, 2019



Sains asyik di Omah Rame kali ini adalah "Teka-Teki Jeruk". Kali ini Chacha akan mencari tahu ada kandungan apa di kulit jeruk. Apakah ada perbedaan antara jeruk yang masih ada kulitnya dengan jeruk yang sudah dikupas. Penasaran? Baca terus ya :)


Buah Jeruk | Pixabay



Buah Jeruk



Buah jeruk, siapa yang tidak suka buah jeruk. Buah jeruk sangat disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa. Buah jeruk ini kebanyakan rasanya manis walau ada juga yang masam. 


Bahkan kemanisan buah jeruk ini nikmatnya dianggap sebanding dengan nikmatnya membaca Al Qur an. Salah satu hadits mengatakan orang mukmin yang membaca Alquran diibaratkan seperti jeruk manis. Dari Abu Musa ra Rasulullah SAW bersabda, “Perumpaan orang mukmin yang membaca Alquran seperti jeruk manis, baunya harum rasanya enak. Perumpaan orang mukmin yanng tidak membaca Alquran seperti kurma, tidak harum tetapi rasanya manis. Perumpaan orang munfik yang membaca Alquran seperti bunga yang harum, baunya harum tetapi rasanya pahit. Dan perumpaan munafik yang tidak membaca Alquran seperti buah paria, tidak berbau dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari, Muslim, Nasa’i, Tirmidz).


Buah jeruk mudah di dapat, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Harganya yang ekonomis tapi punya banyak manfaat, menjadikan buah jeruk sebagai buah yang sangat diminati. 


Manfaat Buah Jeruk



Buah jeruk terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan antara lain : 


1. Memperkuat Sistem Imun



Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk mampu merangsang sel-sel darah putih untuk terus berproduksi. Ini pada akhirnya akan memperkuat sistem imun tubuh. 


2. Mencegah Kanker



Penyakit mematikan seperti kanker bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk. Ya, buah jeruk bisa mencegah kanker lho. Buah jeruk memiliki kandungan D-limonene yang memiliki kemampuan dalam mencegah bermacam penyakit kanker.


3. Menyehatkan Otak



Kandungan asam folat yang tinggi dalam buah jeruk berkhasiat untuk menyehatkan otak.


4. Menurunkan Kadar Kolesterol



Kolestrol tinggi bisa diturunkan dengan makan buah jeruk lho. Jeruk mempunyai kandungan Hesperidin dan Pectin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 


5. Melindungi Kulit Dari Radikal Bebas



Jeruk dapat melindungi kulit kita dari berbagai serangan radikal bebas. Buah jeruk memiliki antioksidan yang berguna dalam membantu kulit terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk, seseorang akan terlihat lebih awet muda.



Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari buah jeruk, Chacha semakin suka makan buah jeruk. Apalagi percobaan sains kali ini juga meneliti kandungan kulit jeruk. 



Percobaan Teka-Teki Jeruk


Bahan Percobaan | dokpri




🔎List bahan:

✓ 2 buah jeruk (1 yg sudah dikupas dari kulitnya, 1 yg masih utuh dengan kulitnya)
✓ Wadah transparan
✓ air secukupnya


🔎Tujuan Percobaan: 


Mengetahui apa yang ada didalam kandungan kulit 🍊


🔎Jalannya percobaan:

1. Siapkan alat dan bahan
2. Tuangkan air secukupnya  ke dalam wadah 1 dan wadah 2.
3. Masukan jeruk yg sudah dikupas dri kulitnya kedalam wadah 1
4. Masukan jeruk yg utuh kedalam wadah 2
5. Lihatlah apa  yang terjadi, pada jeruk di wadah 1 dan wadah 2
6. Catat hasil percobaan kedalam jurnal



Chacha senang melihat perbedaan kedua buah jeruk tersebut. Ada yang tenggelam ada yang terapung. Nah kira-kira kenapa ya bisa berbeda seperti itu?


Jawabannya adalah karena adanya gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi bumi yang dipengaruhi oleh massa benda (kita bisa menyebutnya juga sebagai gaya berat benda) dan memperoleh gaya angkat air yang dipengaruhi oleh volume benda. Jika gaya gravitasi lebih besar, maka benda tenggelam. Sebaliknya jika gaya angkat lebih besar, maka benda terapung.

Ternyata kulit jeruk mempunyai peran yang penting dalam mengatur tenggelam terapungnya jeruk. Kulit jeruk mempunyai volume yang relatif besar dan berat yang relatif kecil. Oleh karena itu kulit jeruk menyumbang cukup besar untuk meningkatkan gaya angkat air dan menyumbang kecil sekali untuk meningkatkan gaya berat benda.  Ketika kulit jeruk dilepaskan volum jeruk relatif jauh berkurang, sedangkan massa jeruk sedikit saja berkurang.


Meskipun mungkin Chacha belum paham sepenuhnya tentang gravitasi bumi, yang penting dia suka belajar. Suka melakukan eksperimennya. Selain itu, setelah tahu banyaknya manfaat buah jeruk dia semakin suka makan jeruk. Saat menyiapkan bekal sekolahnya, dia selalu minta ada buah jeruknya. Ini salah satu contoh bekal sekolah Chacha.


Yuk lakukan percobaan sains ini, mencari tahu teka-teki buah jeruk. Percobaan ini akan membuat anak tahu lebih banyak manfaat buah jeruk. Dan akan semakin merangsang fitrah belajar anak. 


Agar lebih jelas bagaimana jalannya percobaan ini, silahkan lihat video berikut ya.




Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalaman percobaannya ya... 


Referensi : 


Materi kelas sains online 


Omah Rame, 22 Juli 2019.


#HomeEducation
#FitrahBasedEducation
#FBE. Chacha. 6y3m.
#FitrahBelajar

  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. wah bisa adicoba deh buat anak asuhku

    ReplyDelete
  2. dengan jeruk aja bisa seru menjadi kegiatan seru ya mba

    ReplyDelete
  3. Seru ya.. Main bareng ibu sambil belajar.. Saya juga dapat ilmu baru dengan perumpamaan buah jeruk dan manisnya membaca Al-Qur'an. Masyaallah, harus lebih semangat nih baca Qur'annya 😊

    ReplyDelete
  4. Seru sekali ini, patut dicoba di rumah nih pasti neng Marwah bakalan seneng nih main sains sambil belajar tentang buah jeruk. Thanks for sharing mom

    ReplyDelete
  5. Baca artikel ini mendadak pengen tuku jeruk aku mbk hahaha

    ReplyDelete
  6. Anakku juga suka jeruk...tapi yang manis.. hehe.. Boleh nih dipraktekin...tar dibandingkan jeruk yg jenisnya beda2 seru juga kayaknya

    ReplyDelete
  7. Wah, jadi terinspirasi nih buat ngajarin ke anakku. Thanks, Mbak...

    ReplyDelete
  8. Belajar bisa dari mana saja ya.. Lewat jeruk ternyata bisa jadi bahan pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka banget konsumsi jeruk mbak karena mampu membantu sistem imun tubuh. Yeay besok dipraktekkan bareng anak ini mbak.

    ReplyDelete
  10. seru bersama jeruk, ini beneran buah paling kaya manfaat ya :)
    Awal baca judulnya tadi saya kira teka teki biasanya itu, ternyata jadi media belajar yang bagus juga :)

    ReplyDelete
  11. Seru juga ya belajar dengan metode seperti ini. Kayaknya bakal lebih paham dan nempel dibandingkan hanya menjelaskan saja. Kakak Chaca pinter banget deh. Makasih sharingnya, Mbak. Bisa buat media belajar untuk anak saya nantinya.

    ReplyDelete
  12. kandungan buah jeruk selain vitamin jC, tenyata bisa juga buat memperkuat sistem imun, mencegah kanker, menyehatkan otak, melindungi kulit dari radiasi bebas dan dapat menurunkan kolesterol. yuk ... akh makan buah sebelum makan

    ReplyDelete
  13. Kreatif mom banget sih mbaknya ini. Aku gimana ya nanti kalau ngajarin anak tentang buah jeruk ini, soalnya daku doyan bet smaa jeruk. Ga bisa tuh jeruk lama-lama di atas meja. Bisa ludes. hihi...

    ReplyDelete
  14. Pelajaran gravitasi bumi itu dulu sekolah tingkat berapa ya? Aku aja udah lupa. Hehehe penjelasan massa benda dan volume benda pun lupa. Bisa nih nyoba bareng anak dirumah kan udah ada penjelasannya disini.

    ReplyDelete
  15. Kaka cerdas sekali...
    MashaAllah~
    Jadi ingat acara Galileo di salah satu TV Swasta dulu yaa...

    ReplyDelete
  16. Sebagai anak Matematika sungguh Ku Baru mengetahui hal itu mba, sesimple itu mainnya tapi ternyata memberikan banyak informasi dari sebuah jeruk.

    ReplyDelete
  17. Aku aja ngerasa takjub, ternyata kalau gak dikupas jeruknya gak terapung ya hihihi.
    Keren banget percobaannya, selain gravitasi anak jadi tahu ttg fungsi kulit jeruk ya :D

    ReplyDelete
  18. Wah seru banget nih percobaan sainsnya. Jadi kepengen praktekin juga bareng anak-anak. Bakalan suka mereka. Jeruknya sih emang favorit.

    ReplyDelete
  19. menarik banget nih...anakku pasti suka nih kalau dicoba di rumah

    ReplyDelete
  20. Aku paling suka dengan buah jeruk. Bisa kali sehari habis satu kilo. Soalnya kandungan vitamin C nya sangat bagus buat imun tubuh.

    ReplyDelete
  21. Aku ijin ngikutin sains nya ini ya bun...

    ReplyDelete
  22. Jeruk kalau di rumahku ini buah wajib yang ada, karena memang manfaatnya baik sekali untuk kita. Ini bikin percobaan gini jadi ingat waktu kelas percobaan di sekolah anakku, ada yang membuat ini juga.

    ReplyDelete
  23. Buah jeruk banyak manfaatnya buat kesehatan tubuh ya mba, harganya pun terjangkau

    ReplyDelete
  24. Percobaan sederhana tapi sangat bermanfaat ya, mbak. Btw saya juga penggemar jeruk nih. Hehe

    ReplyDelete
  25. Wuaaah ak baru tau semua yg d tulis ini apalagi yg soal hadist perumpamaan bagi org munafik, org iman yg memakan jeruk. Udah gitu percobaannya mengingatkanku pada percobaan fisika nih wkwk

    ReplyDelete