Eksperimen Apel Berubah Warna 🍎🍎

By Dee_Arif - August 11, 2019



Apel adalah buah yang banyak disukai oleh banyak orang. Rasanya manis dan punya banyak segudang manfaat. Rutin mengkonsumsi Apel akan membuat kita jarang bertemu dokter. Kok bisa? 


Apel nyaris tidak mengandung lemak dan rendah kalori, namun kaya akan antioksidan,  flavoid, serat, air, vitamin C, kalium, pektin, dan asam ursolat. Manfaat apel bagi tubuh juga dikarenakan buah ini mengandung karbohidrat vitamin A, vitamin K, dan folat. 


Rutin mengkonsumsi apel bisa membuat kita terhindar dari beberapa penyakit. Apel bisa menjaga kesehatan usus, baik untuk jantung, baik untuk kesehatan otak, menirunkan risiko diabetes dan mencegah kanker. Dengan mengkonsumsi apel 3 kali sehari, juga akan membantu menurunkan berat badan. 

Banyak cara untuk menikmati buah apel ini. Mulai dari dimakan langsung, di jus, di buat salad atah dijadikan campuran beragam jenis kue seperti pie apel atupun struddle apel. 


Chacha juga suka makan apel. Kalau chacha lebih suka jika apel yang sudah dikupas kulitnya.







Nah kali ini Chacha akan melakukan eksperimen dengan apel. Mengamati perubahan warna pada apel. Penasaran? Baca terus ya..


Pertama mari kita siapkan bahan-bahannya. 


πŸ”Ž List bahan:
1. Apel
2. Mangkuk


πŸ”ŽJalannya percobaan:
1. Siapakan alat dan bahan
2. Potong buah apel menjadi dua bagian atau lebih
3. Masukan potongan apel kedalam mangkuk
4. Amatilah yang terjadi pada apel.
5. Catat hasil pengamatan pada jurnal masing-masing



Apel mulai kecokelatan | dokpri




Tujuan percobaan ntuk mengetahui kandungan yang terdapat pada apel yg berubah warna menjadi coklat.


Perubahan warna yang terjadi pada daging buah apel disebabkan karena adanya perubahan enzimatis pada buah apel tersebut. Perubahan enzimatis merupakan perubahan yang terjadi akibat adanya  keterlibatan dari  enzim di dalamnya, yang menimbulkan perubahan kondisi pada suatu produk akibat bereaksi dengan enzim. Proses pencokelatan yang dialami oleh apel merupakan proses pencokelatan enzimatik yang dipengaruhi oleh kerja enzim fenolase.


Apel yang sudah berwarna coklat ini masih aman untuk dikonsumsi kok. Asalkan tidak terlalu lama. Namun sebaiknya segera konsumsi apel setelah dikupas. Atau kalaupun harus disimpan, simpan di wadah makanan yang bertutup.


Selamat mencoba ya. 

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Salah satu cara untuk menghindari perubahan warna pada apel adalah dengan cara perendaman di air Mba. Namun, risiko lain dengan perendaman ini adalah larutnya Vit c yang terdapat pada apel. Oh ya, btw setelah melakukan percobaan di atas, jadi enzim apa yang terkandung di apel tsb mba?

    ReplyDelete
  2. Waah simple tapi informatif yaa mom. Next bisa tentang gimana caranya apel ga berubah warna nih, atau menunaikan perubahan warna pada apel yang sudah dikupas, hehe

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya aku lebih suka tidak dikupas kulit apelnya karena kandungan vitaminnya banyak disitu. Tentunya sebelum dimakan cuci dulu dong.

    ReplyDelete
  4. Akupun selalu gitu mba,, klo makan buah langsung gak pernah disimpan aplg klo sdh dikupas, apel salah satu favorite ini

    ReplyDelete
  5. Jadi inget materi kuliah dulu pas praktikum disuruh bawa buah apel terus dibuktikan di lab, fenolase itu ada gugus O yg mudah teroksidasi , jadi baiknya setelah kupas langsung makan

    ReplyDelete
  6. Apel Buah kesukaan anak-anak juga nih. Ada Caranya biar gak berubah coklat mba, tapi agak ribet hehehe saya juga lebih sering setelah kupas langsung makan.

    ReplyDelete
  7. Aaahh apel ini sering jadi pengganti makan siangku :)

    ReplyDelete
  8. Kalau kami pakai air garam. Setelah kupas langsung celup ke air matang yg dikasih sedikit garam. Udah deh lumayan warna agak tahan lama...

    ReplyDelete
  9. Aku tipikal bisa memakan apel yang dikupas ataupun langsung gigit. Banyak soalnya vitamin yang terkandung didalamnya.

    ReplyDelete
  10. Aku sering kalau udh ngupas apel terus ga habis.endingnya simpen kulkas dan jadi coklat dehh wkwk

    ReplyDelete
  11. Oh iya, ingat aku, kalau tidak salah ini namanya proses oksidasi. Cara mencegahnya direndam dengan air garam... Asyik ya, belajar IPA dari kejadian sehari-hari...

    ReplyDelete
  12. Duluu waktu kecil, apel udah jadi coeklat gini gak mau aku makan soalnya dikira busuk. Ternyata malah rasanya manis. Agak gedean dikit, kupikir cokelat-cokelat itu gula yang terkaramelisasi (?).

    Eh tapi ternyata ada perubahan enzimatis hehe. Terimakasih atas tulisannya kak :D

    ReplyDelete
  13. Kalau buah-buahan yang punya kulit memang bakal teroksidasi sih kalau dibiarin gitu. Kayak pisang itu kulitnya juga berubah warna

    ReplyDelete
  14. Jadi terinspirasi buat ngejelasin ini ke bocah2 yang dateng ke rumah. Biar mereka tau, bukan sekedar makan. Hehe. Nice share mba.

    ReplyDelete
  15. Eksperimen yang menarik nih mbaa, pas banget buat edukasi sambil main bareng sama si kecil nanti.

    ReplyDelete
  16. Kadang sudah ditutup kalau kelamaan juga bisa berwarna kecoklatan.. Jadinya harus cepat eksekusi, hap haha

    ReplyDelete
  17. Mba, ada beda nggak perubahannya jika memakai buah apel tertentu? Belum nyoba aku :)

    ReplyDelete
  18. Wah seru nih main percobaan Sains. Sederhana tapi bakalan menarik buat anak. Aku pernah bikin percobaan ini. Gak sengaja bikin sih, tapi anak-anak penasaran dengan apel mereka yang jadi kecoklatan. Langsung aja aku tambahin apel yang aku celup ke air garam. Hasilnya gak kecoklatan. Dibandingkan keduanya, anak-anak jadi takjub. :)

    ReplyDelete
  19. Wah eksperimen yang luar biasa dan belum pernah nyobain juga dirumah, info yang bermanfaat banget

    ReplyDelete
  20. Nyamm kriuk2 apel. Ini penjelasannya sederhana banget tapi bisa bikin anak paham adanya enzimatis ya mbak :D
    Seru banget nih percobaannya :D

    ReplyDelete
  21. selama ini aku merasa perubahan warna pada daging d apel itu karena adanya proses oksidasi mba, ternyata karena ada kandungan enzim fenolase ini yah

    ReplyDelete