Home Education Centre

Blog ini ditulis oleh Dian Kusumawardani, penulis buku "Ibuku adalah Sekolah Terbaikku". Praktisi home education yang aktif di beberapa komunitas parenting : Ibu Profesional, HEBAT dan RANGKUL. Blog ini akan membahas seputar Home Education. Mulai dari teori dan praktek. Juga berbagai tips tentang Home Education.

Rutinitas Home Education Aluna







Aluna sekarang sudah berusia 3 tahun 5 bulan. Berbeda dengan kakaknya dulu, saat ini Aluna masih belum mau sekolah. Dia masih ingin di rumah.



Membuat jadwal home education Aluna ini lumayan sulit. Bagaimana tidak, dia sering menolak jadwal belajar yang saya sodorkan. Selama ini dia lebih senang aktivitas outdor.





Maka tiap pagi home education Aluna selalu diawali dengan jalan-jalan keliling perumahan. Dilanjutkan main bola di lapangan.


Menurut neutoparenting, pada anak di bawah 7 tahun bagian otak sensori motorik dan cerebellum telah tumbuh sempurna. Sehingga mereka memiliki dorongan motorik yang luar biasa. Mengawali HE dengan aktivitas motorik akan berdampak postif untuk Aluna.


Setelah itu Aluna melihat ikan yang ada di kolam. Memunguti bunga-bunga yang gugur. Saya mengajaknya berdialaog tentang siapa yang menciptkan ikan dan bunga. Alhamdulillah dia sudah tahu jika Allah yang menciptakan.






Lalu terkadang kami mampir beli kudapan di mini market. Selesai belanja Aluna tak pernah lupa untuk memasukkan uang ke kotak amal. Saat kembali tiba di rumah, Aluna memilih bermain puzzle.


Begitulah aktivitas harian Aluna. Sederhana memang, namun semoga bisa membantunya berkembang sesuai fitrahnya.



Omah Rame, 26 Agustus 2019


#HomeEducation
#FitrahBasedEducation
#FBE.Aluna.3y5m
#FitrahKeimanan
#FitrahBelajar
#FitrahFisik


Comments