Percobaan Biji Menari

By Dee_Arif - September 04, 2019







Hari ini saya mengajak Chacha melakukan percobaan sains asyik. Percobaan kami kali ini adalah tentang biji menari. Awalnya Chacha heran, bagaimana cara biji menari. Jadi dia sangat antusias melakukan percobaan kali ini.


πŸ”Ž List bahan:

1. Biji jagung secukupnya
2. Gelas bening
3. Air secukupnya
4. Cuka
5. Soda kue

πŸ”Ž Tujuan Percobaan:

Untuk mengetahui reaksi apa yang terjadi pada air sehingga mengakibatkan jagung menari-nari di dala air. 





πŸ”ŽJalannya percobaan:


1. Siapkah gelas yang sebelumnya telah diisi air, 2. lalu masukan 3 ons cuka
Kemudian ambil soda kue seujung sendok makan, kemudian aduk aduk.

2. Masukkan juga berbagai biji jagung.

3. Tambahkan lagi soda kue sedikit.

4. Sekarang, tusukkan gelembung yang terbentuk di sekitar biji jagung dengan menggunakan cungkil gigi.

5. Amatilah dengan sekasama ketika biji jagung tersebut tenggelam

6. Apa yang terjadi? menari nari kan jagungnya? keren sekali


Pada percobaan kali ini yang membuat biji menari adalah adanya reaksi kimia yang dihasilkan. Reaksi kimia yang dihasilkan antara campuran cuka dengan soda kue akan menghasilkan suatu gas yang biasa disebut karbondioksida. Karbondioksida ialah gas yang tidak dapat terlihat, tetapi pada percobaan yang tadi sudah kita coba, kita akan dapat melihatnya dengan berbentuk gelembung.
Gelembung ini, yang lebih ringan daripada air/larutan cuka, melekatkan diri pada setiap biji jagung dan mengambang biji tersebut ke permukaan gelas. Ketika menabrak udara, gelembung itu akan meletus dan biji jagung kembali akan tenggelam ke dasar gelas.


Meskipun Chacha mungkin belum paham tentang reaksi kimia yang terjadi, namun dia suka melakukan percobaan ini. Dia senang mencoba hal-hal baru dan belajar sains secara asyik. 


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba percobaan ini di rumah?


Biar lebih jelas, bisa nonton video dibawah ini ya.



Selamat mencoba semoga berhasil ya :)

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Asiknya sedari dini belajar percobaan-percobaan kecil sama anak. Besarnya jadi peneliti ya naaakk.

    -Mutiara Fhatrina-

    ReplyDelete
  2. Pinternya Chacha. percobaan sains sederhana kayak begini bareng si kecil bikin suasana belajarnya ga ngebosenin ya mom

    ReplyDelete
  3. Ooooh jadi bentuk gelembung2 itu ya karbondioksidanya? Wah, keren banget mom bareng si kecil melakukan percobaan seperti ini. Jadi menari deh biji2 jagungnya yeay! Kreatif ya jadi ga mumet deh belajar makin giat. Mantap!

    ReplyDelete
  4. Nah anakku senang banget ada percobaan seperti ini mba. Dan kayaknya dia praktekkan ya mba. Ntar aku bilangin ya :)

    ReplyDelete
  5. Wah keren nih bund. Bisa nambah bonding dengan anak plus jadi edukasi buat anak. Izin saya contek ya, suatu hari di praktikkan, Insyaallah.

    ReplyDelete
  6. Tertarikk juga nih percobaannya ingin coba biar nanti jadi peneliti,bahan2 percobaannya cukup simpel ya gampang di dapat

    ReplyDelete
  7. Wah percobaannya asyik ya Bund; bahannya pun simple. Boleh nih saya coba praktikkan juga sama si kecil nanti.

    ReplyDelete
  8. Edukatif banget nih eksperimennya ya Mba.
    Dengan adanya kegiatan sains begini membuat anak semakin berimajinasi ya

    ReplyDelete
  9. Bagus banget pelajarannya, bikin anak excited liatnya. Biji jagung kok bisa menari. Hihi. Gemes

    ReplyDelete
  10. Wah bagus banget percobannya mbak dan saya mau coba di rumah buat si kecil biar jadi menari2 gitu hehe

    ReplyDelete
  11. Wah lucu ya, mbak percobaannya. Biasanya dapat ide beginian carinya di mana ya, mbak?

    ReplyDelete
  12. Menarik juga ya, semua bahan yang dibutuhkan pun tergolong mudah utk ditemukan.

    ReplyDelete
  13. Seruuu anaknya pasti happy banget mainnya interaktif dan penuh edukatif, jadi jauh dari gadget niih

    ReplyDelete
  14. Seru banget ya mbak melakukan eksperimen spt ini ke anak2. Selain senang, tentunya akan menambah pengetahuan mereka. Saya jadi pengen praktek nih di rumah

    ReplyDelete
  15. Seru mbak, anak2 jd paham knp ada biji yang mengambang ada yang tenggelam :D
    Meskipun keliatannya sederhana tapi percobaan kyk gtu melekat di ingatan anak sampai besar, pelan2 jg mereka akan belajar alasan/ fakta ilmiahnya ya :D

    ReplyDelete
  16. kalo anak-anak dikasih permainan edukatif yg berhubungan sama sains gini emang jadi seru banget lho!

    ReplyDelete
  17. widih keren ya, ngajari sains bisa dari bahan-bahan sederhana begini ya mbak
    aku izin contek mau cobain ke anakku ya mbak
    ^_^

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen bereksperimen lagi bareng Salfa
    Sekarang saya fokus sejenak ke adiknya dulu

    ReplyDelete