Percobaan Transportasi Pengangkutan Air Pada Tumbuhan

By Dee_Arif - October 23, 2019







Halooo, apa kabar semuanya? Jumpa lagi di sains asyik Omah Rame ya. Kali ini Chacha dan Aluna mengadakan percobaan sains apa lagi ya? Penasaran? Baca terus ya πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰


Nah kali ini, Chacha dan Aluna mau belajar bagaimana sih pengangkutan air pada  tumbuhan. 


Di dalam batang tumbuhan terdapat yang namanya xilem. Xilem inilah yang mengangkut air dari dalam tanah. 


Air merambat melalui pori2/lorong ini ke seluruh bagian tumbuhan. Selain xilem ada juga floem. 
Nanti kita akan berkenalan dengan floem yang mengangkut gula dan zat lainnya hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.


Namun percobaan kali ini bertujuan untuk mengetahui/ mengamati proses pengangkutan pada tumbuhan yang terjadi pada xilem.




Siapkan bahan dan alat percobaannya dahulu ya..





πŸ”Ž List bahan:

1. 2 Toples bening
2. Sawi putih secukupnya
3. 2 Pewarna Makanan
4. Air secukupnya
5. Silet 1 buah
6. Batang Pengaduk



πŸ”ŽJalannya percobaan:


1. Siapkan alat dan bahan
2. Isi gelas dengan air.
3. Beri beberapa tetes pewarna makanan, makin pekat warnanya makin baik.
4. Iris bagian bawah sawi putih.
5. Rendam sawinya di dalam gelas.
6. Amati perubahan warnanya.
7. Catat hasil percobaan





Setelah melakukan percobaan, ternyata sawi putih berubah warnanya.  Ini menunjukkan bawah air yang telah diberi pewarna diangkut oleh xilem tersebut.


Meskipun mungkin Chacha dan Aluna belum paham sepenuhnya tentang xilem maupun transportasi pada tanaman, yang penting mereka bergembira. Mereka selalu antusias bila diajak melakukan percobaan sains sederhana. 







Harapannya, semua kegiatan bisa mengasah fitrah belajar mereka. Sekaligus fitrah keimanannya. Bahwa apa yang mereka amati pada tanaman sawi kali ini adalah bukti kebesaran ciptaan Allah.


Nah bagaimana apakah teman-teman ingin mencoba percobaan ini? Yuk di coba, dan share pengalaman kalian di kolom komentar ya πŸ€—.

  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. Langsung sy catat bahannya mbak. Mau ajak sulung yang sedang seneng-senengnya mencoba hal baru seperti ini. Di rumah juga kebetulan ada sawi sama pewarna makanan. Ini sangat mudah dipraktikkan.. Terima kasih sharingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mbak, sama sama..

      Nanti ditunggu cerita serunya setelah melakukan percobaan ya mbak :)

      Delete
  2. Aku suka deh baca artikelnya Mom. Beberapa kali ada percobaan sains di blog ini semua bahannya mudah sekali didapat. Caranya juga tidak sulit.

    ReplyDelete
  3. Anakku suka ini, bling-bling di matanya mengisyaratkan kekaguman dan timbul banyak pertanyaan lanjutan. Anak lebih suka eksperimen ternyata ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.

      Tiap diajak bereksperimen mata anak2 selalu berbinar binar

      Delete
  4. Mbak, ini bisa di praktekan mulai usia anak berapa?

    ReplyDelete
  5. Belum kepikiran untuk mencoba ini ke anak, mba. Kayaknya aku harus praktekkan karna anakku suka sains mba

    ReplyDelete
  6. ini pakai bunga sedap malam juga bisa. malah setelah itu bisa jadi hiasan ruangan sebab warnanya yg jd menarik

    ReplyDelete
  7. Klo kyk gini bisa menjelaskan dengan mudah ke si kecil ya.

    ReplyDelete
  8. Wah perlu dipraktekkan nih percobaannya biar anak tambah pengetahuannnya tentang sains ..kreatif bngt deh moms kamuh

    ReplyDelete
  9. noted, mau nyoba juga ah sma anakku biar ga gadget mulu nih

    ReplyDelete
  10. Wah, keren ini ada percobaan sains. Pakai sawi putih pula ya bahannya mudah dan murah bisa dibeli di warung dekat rumah. Memang deh anak2 dan orangtua mesti kreatif biar ga bosan kan belajar melulu hehehe :)

    ReplyDelete
  11. Xilem dan floem, jadi ingat pelajaran IPA saat SD.
    Nanti coba praktek ke anak2 jg ahh, pasti seru. :)

    ReplyDelete
  12. Bundanya Chacha dan Aluna rajin banget.. Ngadain sekolah buat si kecil di rumah. Tapi emang anak-anak homeschooling sama Mbak kah?

    ReplyDelete
  13. keren nih mba, mesti banget dipraktikkan ke anak-anak baik di rumah ataupun di sekolah. btw, aku jadi kepikiran anakku home schooling aja deh.

    ReplyDelete
  14. kereen percobaannya. main sambil belajar biasanya akan lebih mudah diingat oleh anak-anak. bener-bener jadi berubah warna ya sawinya.

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat pelajaran biologi atau ipa nih pas sekolah. Seru banget nih kalau di sekolah juga sering percobaan begini

    ReplyDelete
  16. Seru banget nih mbak aktivitasnya, anak2 jadi ikut berpikir aktif ya. Saya pun waktu masih zaman sekolah suka banget saat pelajaran IPA, karena selalu praktek. Dgn mempraktekkan sendiri, pastinya akan selalu ingat dan makin tau ya

    ReplyDelete
  17. aku baru tau istilah xilem, nambah wawasan lagi deh. makasi ya sharingnya

    ReplyDelete
  18. Sebagai orang MIPA aku sennag melakukan percobaan ini semasa kuliah sekekaligus pengabdian ke pelosok. Saat punya anak pengen kukenalin anakku lewat eksprimen tapi nunggu dia rada nalar hehe.

    ReplyDelete
  19. Percobaan sainsnya keliatan somple ya Mbak. Bahan-bahan yang digunakan juga sederhana banget. Jadi tertarik mau praktikkan juga ke anak2 saya nanti kalau sudah seumuran Chacha dan Aluna

    ReplyDelete
  20. Kreatif dan edukasi banget nih percobaan ilmiahnya mba. Jadi dapat ilmu baru deh akunya.

    ReplyDelete
  21. Kalo praktek gini supaya anak tambah kreatif dan daya pikirnya akan tereksplore dengan baik. Aku pas SMA paling senang kalo ada praktek ilmiah walaupun awalnya disuruh masuk IPA tapi aq lebih minat sejarah

    ReplyDelete