Belajar Tumbuhan

By Dee_Arif - December 23, 2019






Hari ini agenda home education kak Chacha adalah belajar tentang tumbuhan. Mengenal bagian tumbuhan, mulai dari biji, akar hingga daun.


Diawali dengan menanam. Menanam kacang hijau pada dua media tanam yang berbeda. Yaitu di tanah yang diletakkan di ruang terang, juga di kapas yang diletakkan di ruang gelap. Belum tahu bagaimana hasilnya, karena masih butuh waktu agar kacang hijaunya tumbuh.






Lalu kami melakukan nature walk. Keliling kompleks sampai mampir di taman yang ada di perumahan sebelah. Nature walk pagi ini sangat seru. Berbekal aplikasi PlantNet, kakak jadi tahu beragam tanaman yang ada disekitar.


Melalui aplikasi ini Chacha jadi tahu jenis-jenis tanaman yang ada disekitar rumah. Nature walk kami hari ini bertemu banyak tanaman mulai dari murbei, lemon, asparagus, nanas, putri malu dan alpukat.


Lalu kami mencari beragam jenis daun. Daun ada empat jenisnya ; menjari, melengkung, sejajar dan menyirip. Kami memungut daun-daun yang sudah gugur. Pantang bagi saya mengajarkan anak memetik tanaman.






Setelah tiba di rumah, daun-daun tersebut ditempel di buku jurnal. Saya pun memberitahu Chacha bahwa daun itu sangat penting bagi tumbuhan. Daun memasak makanan di helai daun yang terdapat kloroplas yang mengandung klorofil dan mampu menyerap cahaya matahari.


Kisah daun juga ada di dalam Al Qur an, “... dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula)…”
QS, Al an ‘am 59. Dari daun Chacha bisa belajar tentang ketetapan Allah. Ikhlas menerima takdir. 



Alhamdulillah, hari ini Chacha senang. Dia pun bertambah pengetahuannya.


Omah Rame, 23 Desember 2019
#HomeEducation
#FitrahBasedEducation
#FBE.Chacha.6y9m
#FitrahKeimanan
#FitrahBelajar


  • Share:

You Might Also Like

60 comments

  1. Bermain sambil belajar lebih mengena emang kalau buat anak-anak, bahkan lebih bagus daripada terus terusan dikelas 😂🤟

    ReplyDelete
  2. Mba! tengkiuuuuu..
    Saya jadi punya ide buat main sama anak besok.
    Kami bakal ke taman mengumpulkan daun, terus cari tahu jenisnya .
    Ini bakal jadi main yang seru deh, karena anak-anak saya senang bisa keluar rumah hahaha.

    Maklum mamaknya suka males keluar rumah, apalagi hujan gini :D

    ReplyDelete
  3. Menyenangkan sekali ya...
    Ilmunya dapat, kedekatan dapat, asiknya dapat juga hehe

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada aplikasi untuk mengetahui berbagai macam tanaman ya. Bagus nih sekaligus anak diajarkan bermain sekaligus mengenal berupa dedaunan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada mbak, memudahkan kita tahu jenis jenis tanaman

      Delete
  5. Makasih mbak atas ide bermain sambil belajar nya.
    Besok aq mau ngajarin anakku seperti ini

    ReplyDelete
  6. Membahas tentang dedaunan, kalau anak2ku sih paling demen daun singkong hihihihi karena bisa jadi sayur yang enak, pakai santan, irisan tempe dan teri goreng :) Di rumah mamahku banyak daun mamangkokan alias daun mangkok :) Bisa dimakan dijadiin lalaban loh dan rasanya enak.

    ReplyDelete
  7. Mengenal dedaunan bisa jadi ajang pembelajaran ya. Kreatif nih. Bisa dicoba di rumah saya juga.

    ReplyDelete
  8. Nampak sepele ya?
    Belajar tentang alam berarti belajar mengenai ciptaanNya yang ga bisa ditiru manusia, salah satunya oksigen

    ReplyDelete
  9. Activity yang sangat educate ini, sih. Aku juga pingin begini tapi sayang ga punya lahan, cuma semoat nyoba di pot..nice share mbak...

    ReplyDelete
  10. Aktivitasnya mengasyikan ya. Bisa belajar sekaligus seru main. Thanks mbak, mau kucoba cari aplikasi yang sama buat anak-anak di rumah.

    ReplyDelete
  11. Masya Allah.Saya catat aplikasi PlantNet ya namanya. Bisa jadi ide buat liburan ini. Makasih ya Mbak.

    ReplyDelete
  12. Keren keren kereenn!!
    Memang jadi Ibu kudu telaten dan kreatif dalam mendidik dan membimbing buah hati yhaaa

    ReplyDelete
  13. Wah.. ini dia cara asik belajar 😍 inspiratif banget dan bisa aku praktekin juga nih ke kids di rumah 🤗 thank you mbak..

    ReplyDelete
  14. Aplikasi PlantNet? Wuih, baru denger aku. Tinggal diinstall di Playstore, kah? Kepengen juga nih mendampingi anak-anak mengenai flora di sekitar kami. Apalagi kami masih tinggal di komplek perumahan yang bagian belakangnya masih banyak kebun yang menghubungkan komplek kami dengan pemukiman penduduk desa.

    Sejauh ini, sukanya baru sama fauna aja nih, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa belajar banyak tanaman di kebun tuh..

      Delete
  15. Edukatif ya mbak, bermain sekaligus belajar tanaman bersama buah hati

    ReplyDelete
  16. Mbak, edukatif sekali jadi pingin aku praktekin jga klo Julio udah gede. Makasih mbaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo da gede bisa dipadukan sambil brlajr IPA mbak

      Delete
  17. Wah, indah sekali kebersamaannya, Mba. Nature walk sambil belajar. Asyik banget, tuh, Mba. Dan tentang aplikasi PlantNet, wah serius, saya belum pernah pakai. Cocok juga nih untuk ponakan saya yang masih krucils. Mau infoin ke adik saya ah, agar diinstall dan pakai. Thanks for share, Mba.

    ReplyDelete
  18. Saya sering bertanam sama anak, tapi tak kepikiran bikin jurnal daun. Padahal ini penting dan bagus ya untuk pengetahuan dan pengalaman anak. Thanks Bund, saya jadi punya ide biar ngga mati gaya di musim libur kali ini. PlantNet bisa jadi salah satu aplikasi yang edukatif juga ya.

    ReplyDelete
  19. Bagus sekali artikelnya kak... menjadi inspirasi juga nih untuk membuat anak belajar rasa bermain. Thank you yaa...

    ReplyDelete
  20. Wah seru sekali bermain sambil belajar, jadi imgin mengaplikasikannya sama anak. Thanks for share Mbak.

    ReplyDelete
  21. Aplikasi PlantNet semua ada disana tentang tumbuhan menjari, melengkung, sejajar dan menyirip. Asyik juga bermain sambil belajar

    ReplyDelete
  22. Allahamdulillah ilmu yang sungguh bermanfaat mbak😊

    Sya sempat menysalkan juga krna membiarkan ank memetik bunga dn daun di depan rumah. Maklum usianya msih balita. Jadi penasaran juga nih dengan bukunya Mbak Dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya silahkan..
      Monggo klo mw pesan buku, msh ada :)

      Delete
  23. Waahh, asyik juga nih buat ngisi liburan, bisa menambah ilmu juga

    ReplyDelete
  24. Wahhh keren idenya, Mba 👍. Anak-anak jadi bisa belajar dengan metode yang menyenangkan yaa, plus menguatkan bonding ibu dan anak juga 👍

    ReplyDelete
  25. Tentang daun ini kok bikin inget salah satu novel hehe :D
    Wah noted nih jadi jangan memetik tapi ambil yang udah gugur ya. Jd keinget zaman D suka nyimpan juga daun dalam buku utk dipelajari

    ReplyDelete
  26. wah serunya.. belajar dari lingkungan sekitar sbnrnya bisa menyenangkan ya.. Alam jadi media pembelajaran langsung

    ReplyDelete
  27. Senang nya ya, bisa mengajarkan anak tg tumbuh2an. Ternyata ada ya aplikasi nya, jd anak2 gak bosan ya, bs bermain sambil belajar.

    ReplyDelete
  28. Belajar tentang tumbuhan gini pastinya menyenangkan, anak jadi gak bosan juga yah.

    ReplyDelete
  29. Seruuu bangeet mbaak, chacha bisa bermain sekaligus belajar mengenai daun dan jenis"nya 😁 jd penasaran juga sama aplikat PlantNet mbaak. Baru pertama kali denger hehehe. . Oiya salam kenal mbak diaan, baru pertama kali BW kesini 😁☺️

    ReplyDelete
  30. sederhana tapi bermanfaat banget ya, mbak kegiatannya. btw saya jadi penasaran nih sama aplikasinya. ntar donlot ah

    ReplyDelete
  31. Seru banget bisa belajar mengenal alam seperti ini. Anak jadi lebih mudah memahami yang diajarkan ya mbak ^^

    ReplyDelete
  32. Belajar langsung di alam itu memang menyenangkan, anak-anak juga lebih mudah mengerti. Saya juga sering lho mengadakan kegiatan ini di anak dampingan saya

    ReplyDelete
  33. Sebenarnya kalau kita mau, belajar dari alam itu lebih pas dan mengena buat si anak ya mb. .

    ReplyDelete