PERCOBAAN BONEKA MANDI HUJAN

By Dee_Arif - December 06, 2019



Haloo, jumpa lagi dengan sains asyik Omah Rame. Kali ini Chacha ingin mengetahui kain jenis apa ya yang bisa digunakan sebagai bahan jas hujan. Caranya dengan melakukan percobaan boneka mandi hujan.



🔎 List alat dan bahan :



✓ Keret gelang 3buah
✓ toples kecil/bks air mineral gelas 3bh
✓ 3 Jenis kain 
     1. Kain katun 1bh *ukuran lebih besar mulut toples/gelas*
     2. Kertas warna-warni 1bh *ukuran lebih besar mulut toples/gelas*
     3. Plastik warna-warni 1bh *ukuran lebih besar mulut toples/gelas*
✓Gunting
✓Cat/pena tahan air



🔎 Tujuan

Untuk mengetahui bahan-bahan yang bisa menyerap air dan tidak menyerap air


🔎 Materi :


Kita melihat perbedaan interaksi antara beragam bahan dengan air beberapa bahan bersifat tahan air, sementara yang lainnya tidak, bahan apa sajakah yang bersifat tahan air dan tidak tahan air ?






🔎 Jalan percobaan :


1. Guntinglah beberapa kain yang sudah disediakan, gunting membentuk lingkaran yang berdiameter lebih besar dari lubang wadah yang disediakan.



2. Ikat kain yang sudah digunting dibagikan atas toples dengan karet, ini akan menjadi topi boneka pada saat mereka mandi.


3. Lukislah wajah lucu pada toples/wadah atau jika tidak ada cat lukis boleh ganti dengan kertas kemudian tempelkan seluruh bagian kertas dengan lem plastik. Buatlah pada masing-masing toples/wadah yang sudah disediakan.


4. Setelah selesai diamkan wadah itu di tempat yang terkena hujan, jika tidak turun hujan ananda bisa membuat hujan buatan sendiri dengan menyiramkan air diatas masing-masing wadah.


5. Catatlah yang terjadi, kain mana yang basah saat disentuh?  Toples/wadah mana yang penuh terisi air? Kain bahan dasar apa yang kalian ingin jadikan jas hujan/topi mandi? 




Nah bagaimana tertarik mencoba? Kira-kira bahan apa ya yang tahan air? Toples mana yang penuh terisi air?


Selamat mencoba, semoga berhasil.
😘😘😘

  • Share:

You Might Also Like

0 comments