PERCOBAAN PERMATA ES

By Dee_Arif - December 09, 2019



Halooo, jumpa lagi dengan sains asyik dari Omah Rame. Teman-teman, tahukah kamu jika air ada di sekitar kita. Air berada di atmosfer sepanjang waktu. Air berubah dari cair menjadi padat saat temperaturnya turun hingga 0° C-pada tekanan atmosfer normal.





Nah pada sains asyik kali ini, kita akan melakukan percobaan permata es. Percobaan ini tujuannya untuk mengetahui perubahan wujud benda dan pengaruh air hujan.


Bahan-bahan nya dibutuhkan dalam percobaan ini sangat mudah di dapat lho. Jalannya percobaan juga gampang. Baca sampai habis ya 😊😊😊



🔎 List alat dan bahan :






1. Wadah bening (Untuk menampung air hujan, jika tidak hujan boleh diganti dengan air yang di isi air cuka)


2. Penggaris (Untuk mengukur curah hujan)


3. Gunting


4. Benang


5. Cetakan muffin plastik untuk didalam lemari es(jika tidak ada boleh wadah kecil yang berbentuk seperti cetakan)


6. Daun kering/bunga yang sudah jatuh


🔎 Jalannya percobaan :






1. Beberapa curah hujan di daerahmu? Letakan wadah kosong di luar ruangan selama beberapa hari. Lalu, ambil kembali dan ukur jumlah air hujan yang tertampung, lalu gunakan air itu untuk membuat gantungan pertama.


2. Isilah cetakan muffin dengan air hingga masing-masing cetakan terisi setengah penuh.


3. Potonglah benang dengan jumlah sesui muffin masing-masing, lalu rendam tali dan buatlah seperti gantungan, rendam hingga kedua ujungnya terendam sepenuhnya


4. Pilihlah beberapa daun dan bunga yg kalian sukai dan masukkan kedalam air di cetakan. Pastikan seluruh bagian masuk kedalam air.






5. Bekukan gantungan-gantungan es it selama semalam. Lalu, gantungkan di dahan pohon diluar atau diatas bak mandi serta bak cuci piring.


6. Catatlah berapa lama waktu yang diperlukan es-es itu hingga meleleh? Dan hitunglah 



Selamat mencoba semoga berhasil 💞🤗🙏

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Wah mau nih nyobain ini. Percobaan sains sederhana kayak gini bagus untuk menstimulasi kecerdasan anak ya mbak

    ReplyDelete
  2. Mau ah cobain percobaan ini bareng anakku mba, bagus dan mudah dilakukan step demi step nya

    ReplyDelete
  3. Harus nyoba bareng anak ku ini mom, sepertinya mudah ya mom.

    ReplyDelete
  4. Aih lucunya. Kayaknya keponakanku kalau diajak ikut percoabaan seperti ini, bakalan suka deh

    ReplyDelete
  5. Wah keren kecil kecil sudah seperti ahli cuaca. Percobaab sederahana untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang science

    ReplyDelete
  6. Enggak perlu cek data d BMKG deh..dengan persobaan sederhana ini bisa tahu curah hujan di area kita jadinya. Keren Mom, makasih sharingnya:)

    ReplyDelete
  7. Keren dengan percobaan sederhana ini bisa tau curah hujan ya

    ReplyDelete
  8. Mau lihat contoh hitungannya doonk, kaka...
    Kaka rajin banget yaa..melakukan percobaan sains.

    Kereen~

    ReplyDelete
  9. Wah jadi pengen nyobain, kayaknya seru ngajak kakaknya nih. Anak bakalan nggak nyadar kalau lagi belajar ya, Bun.

    ReplyDelete
  10. Wah aku agak kurang mudeng ini sama percobaannya. Tapi penasaran juga sama hasilnya

    ReplyDelete
  11. Cobain ah percobaan ini sama anak di rumah pasti seneng deh anakku.

    ReplyDelete
  12. Waah keren sekali ya kecil-kecil dah bisa bikin percobaan sederhana. Mamanya kreatif...

    ReplyDelete
  13. Makasi y bunda infonya saya mau praktekan dirumah bareng sikecil ,seru dan juga beredukasi

    ReplyDelete
  14. Percobaan yang menarik nih. Apalagi anak dijarkan langsung untuk mengetahui terkait perubahan wujud benda dan kaitannnya dengan pengaruh hujan. Jadi bisa nambah wawasan juga ya Mbak klu dopraktikkan langsung oleh si anak.

    ReplyDelete
  15. Nah ini pas nih lagi turun hujan. Mau nyobain juga ah barengan sama ponakan, kalau udah agak lowong kerjaan

    ReplyDelete
  16. waaah mumpung hujan2 bikin percobaan begini anak pasti suka. apalagi dia dilibatkan dalam pencatatan, melatih tanggung jawab juga deh

    ReplyDelete
  17. Saya nggak ngerti.. Kenapa kok namanya permata es? Kenapa namanya bukan berlian es, intan es, mutumanikam es?

    ReplyDelete
  18. Seru banget ini mainan percobaan ilmiah, anak2 usia segitu emang lagi muncul rasa penasarannya yaa

    ReplyDelete
  19. jadi itu nantinya air esnya dibekukan ya mbak. seru nih seperti permata jadinya. nantinya hitungannya gimana mbak ?

    ReplyDelete
  20. Ini namanya kretifitas tanpa batas. Anak-anak semakin berinovasi dengan cerdas.

    ReplyDelete