Belajar SEO di SEO MOMS

By Dee_Arif - January 27, 2020

Belajar SEO di SEO MOMS- Menjadi seorang blogger profesional ternyata tak hanya bisa membuat konten berkualitas saja. Tetapi juga perlu mempelajari teknik SEO. Tujuannya, supaya tulisan kita lebih banyak dibaca orang. 



Tentang SEO



SEO adalah search engine optimization atau optimalisasi mesin pencari. Bahasa awamnya, rangkaian proses peningkatan kualitas website/situs/blog secara keseluruhan, agar mudah ditemukan oleh user melalui mesin pencari.





Dengan teknik SEO kita akan bisa menghasilkan artikel yang banyak di baca. Artikel yang kita tulis akan muncul di halaman utama google. Saat ini google masih menjadi mesin pencari terbanyak di dunia.


Manfaat SEO



Mempelajari SEO ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. SEO harus dipahami pelan-pelan. Memang butuh effort yang tinggi. Tapi semua lelah itu akan terbayar indah.


Manfaat mengusasi teknik SEO bagi seorang blogger itu banyak lho. Pertama, tulisan kita akan terbaca oleh banyak orang. Akan sayang sekali bila tulisan bagus tidak diketahui oleh banyak orang. Ya kan?





Kedua, dengan teknik SEO blog kita akan banyak mendatangkan penghunjung organik. Ini akan membuat blog kita semakin dikenal.


Ketiga, performa blog akan meningkat. Kualitas blog akan meningkat bila kita bisa menulis rutin artikel-artikel dengan teknik SEO.


Keempat, tentunya bila performa blog meningkat kita bisa mendapat banyak penghasilan dari blog. Akan banyak tawaran review, sponsor post dan content placement yang akan kita terima.


Belajar di SEO MOMS



Ketika memutuskan ingin belajar SEO, saya mendapatkan kesempatan belajar SEO gratis dari mastahnya. Belajar dengan mas Qbenk di grup WhatssApp SEO MOMS.






Grup ini dibuka khusus bagi mom blogger yang ingin belajar SEO. Cara belajarnya interaktif. Maa Qbenk memberikan materi lalu semua perserta boleh bertanya. Lalu peserta akan dibimbing untuk mempraktekkan materi yang diberikan.


Saya suka belajar seperti ini. Interaktif dan bisa dipraktekkan. Apalagi yang membimbing sudah mastahnya. Pasti materinya akan mudah di praktekkan.
Sudah dua pekan kami belajar bersama. Dua materi sudah diberikan. Belajar SEO onpage dan offpage.


SEO Onpage



Optimasi on-page berkaitan bagaimana konten atau tulisan yang kita buat itu memiliki peringkat tinggi. Onpage seo merupakan faktor terpenting dalam sebuah blog, baik pengguna blogspot maupun wordpress ( selanjutnya saya sebut WP), onpage secara umum adalah mengoptimalkan blog dari dalam, artinya hal-hal yang terkait dengan blog harus kita susun secara sistematis agar mesin pencari mampu merayapi dengan baik keseluruhan isi konten yang kita miliki dan ada kesinambungan atau keterkaitan antara title blog, deskripsi dan isi dari blog tersebut


Secara sistematis umum, struktur onpage blog terdiri dari :

1. Title Blog
2. Meta deskripsi
3. domain
4 Posting
5. Meta Deskiripsi penelusuran ( Blogspot)
6 Penetapan H1 -H4 pada postingan
7. Tampilan yang responsive




SEO Off-page


SEO Offpage merupakan salah satu teknik atau cara untuk mengoptimalkan blog yg kita miliki dari luar. Dalam SEO offpage pada dasarnya ada beberapa inti saja yang mesti kita lakukan. Yaitu :


💠Verifikasi google webmaster
💠Link building
💠Link wheel



Optimasi off-page tak jauh dari kredibilitas blog dan backlink berkualitas. Kredibilitas blog harus dibangun dan ditingkatkan. Jangan sampai salah langkah. Ini terlihat dari MOZ, Alexa, DA/PA, dan lain-lain.


Kita juga harus memperhatikan bounch rate dan spamscore, selain brokenlink. 
Saat ini saya sedang praktek melakukan SEO Offpage. Tak jauh menantang dari Onpage. Tapi harus tetap semangat.



Mencari Potluck SEO di Bunda Cekatan



Awalnya, saya pikir tidak ada mahasiswa Bunda Cekatan yang ingin belajar SEO juga. Ternyata ada! Saya menemukan satu yang juga tertarik belajar SEO ini.


Saya mencicipi potluck dari mbak Susindra. Beliau menulis tentang 4 pilar SEO. Ini melengkapi referensi belajar saya tentang SEO.





Semoga selama 100 hari nanti saya bisa paham teknik SEO. Bisa mempraktekkannya dalam setiap artikel blog saya.


Oh ya bisa tonton video ini ya, untuk lebih tahu ilmu SEO yang sudah saya dapatkan di SEO MOMS.



  • Share:

You Might Also Like

31 comments

  1. Wahhhh gitu yaaa, SEO penting jugaaa
    Harus pake strategi juga ngeblog tu hehe
    Makasih pencerahannyaa

    ReplyDelete
  2. Belajar SEO tuh susah ya mbak, akupun musti pelan-pelan dan masih banyak yang belum aku paham2 juga. Untuk belajar secara online aku tuh kurang tanggap mbak, untung nya teman ku mo ngajarin.

    ReplyDelete
  3. SEO memang penting bgt buat para kreator konten
    Terutama buat para bloger yk

    ReplyDelete
  4. Belajar SEO ini memang penting sekali ya mbak buat kita sebagai blogger. Sy pribadi belum menguasai. Sambil jalan sambil belajar terus Insya Allah..

    ReplyDelete
  5. yg blom nikah boleh ikutan juga nggak? biarpun blom nikah tp aku kan blogger. jadi ilmu seo tuh penting bgt utk kukuasai

    ReplyDelete
  6. auto dibintangin nih blognya

    sangaat bermanfaat banget SEO moms, pengen ikutan dong kelasnya

    ReplyDelete
  7. Auto dibintang auto melek mata saya buat baca baik-baik kalimat demi kalimat di artikel ini, asli itu istilah nya apa agar blog makin eksis.

    ReplyDelete
  8. Wah.. menarik banget mbak, sampai sekarang sama belum terlalu mengerti tentang SEO, padahal penting banget adanya untuk kita sebagai blogger 🤗 saya jadi tertarik nih belajar SEO juga

    ReplyDelete
  9. Wah tulisan nya harus saya book mark nih. Saya sedang belajar SEO dengan cara mudah
    Tulisannya Dee renyah mudah dicerna

    ReplyDelete
  10. belajar SEO kok kelihatan kayak susah ya ? semakin dipelajari semakin banyak ilmunya yg belum di mengerti. lewat artikel ini aku jadi makin yakin kalau memang belajar SEO itu penting dan punya banyak manfaat

    ReplyDelete
  11. Wah, surprise banget ada nama saya di sini. Bahagianya....
    Dan lebih bahagia lagi karena kita sama-sama mengunyah daun yang sama ya. Bisa saling kunjung-mengunjungi, nih.

    Btw, saya pengen ikut SEO MOM juga, Sayang sudah full seat ya. Semoga Mas Qbenk bikin lagi, laah...

    ReplyDelete
  12. Sejujurnya aku tuh blom konsen ma SEO ini. Bukan apa-apa kak, blogku baru karna yang lama aku dah gak bisa masukin.huhuhu...

    ReplyDelete
  13. SEO ini tema yang gak ada matinya ya. Selalu aja ada yang baru. Seiring dengan algoritma mesin pencari yang terus berkembang, terutama Google. Dan seru banget ini temanya. Duh... kepengen belajar lagi deh tentang SEO ini. Biar bisa ikutan lomba SEO yang hadiahnya bikin ngiler itu. :D

    ReplyDelete
  14. MAsih jauh banget mengenal SEO ini, lihat postingan di FB jadi penasaran. Dan memang SEO penting, walaupun gaptek akut aku nih, pingin ikutan ngeh jga. Semoga makn ke sini lebih paham SEO...

    ReplyDelete
  15. Aku terlambat masuk WAG SEO MOM. Pas mau masuk eh sudah penuh. Nyesel banget. Semoga bisa masuk di kelas berikutnya. SEO ini kayaknya ilmu wajib buat blogger. Biar blognya semakin banyak dilirik klien dan agency.

    ReplyDelete
  16. begitu baca pas awal sepertinya saya pernah membaca yang di mba susi, eh ternyata memang kelas bersama ya. aku mau banget belajar juga ilmuunya bermanfaat banget untuk optimasi blog personal

    ReplyDelete
  17. Saya dari dlu belajar SEO belum begitu ngerti juga, sampai beli bukunya segala hehehee...
    Sekarang sudah mulai menerapkan, tapi belum sempurn juga. Sambil jalan sambil brlajar deh insya Allah...

    ReplyDelete
  18. Wah aku mau ikutan juga tapi belum jadi moms hehe.
    Belajar SEO memang harus sambil di praktekkan yak, supaya bisa lancar

    ReplyDelete
  19. Belajar SEO termasuk perjuangan banget buat saya mba. Menjalankan yang on page saja masih banyak nerabanya, belum yang off page. Tapi jaman sekarang rasanya sudah jadi keharusan ya.

    ReplyDelete
  20. Awalnya aku abai sama SEo, tapi setelah tau kalau SEO penting banget dalam dunia blog akhirnya pelan-pelan aku belajar. Benar kata kakak, SEO itu ga mudah tapi nanti pelan-pelan pasti bisa kalo dipelajari hehe.

    ReplyDelete
  21. Ternyata SEO juga penting ya mbak untuk blog. Aku baru tahu jika menulis saja tidak cukup, namun harus paham juga tentang SEO agar tulisan kita dapat muncul dihalaman pertama.

    ReplyDelete
  22. Ini nih yg belum kuterapkan di blog, SEO itu masih berat rasanya. Tapi pengen belajar juga doong ama Mastahnya.

    ReplyDelete
  23. Wahh ternyata yaa.. baru paham2 kukit2 nya doang nih, Masi kudu belajar lagii

    ReplyDelete
  24. Belajar SEO ini buat saya berat, susah haha tapi harus dikerjakan. Belajar pelan - pelan lumayan bikin saya semangat nih belajar SEO.

    ReplyDelete
  25. boleh nggak aku belajar sama sista mengenai seo. soalnya aku tuh nggak paham mengenai seo, cuma bisa nulis aja. sesuai dengan kata hati. Padadahal seo itu sangat penting banget ya untuk mendapatkan pengunjung organik di blog kita

    ReplyDelete
  26. Syukur akhir-akhir ini setelah mencoba memaksimalkan SEO on-page, aku dapat lebih bnyk unique visitor. ^^

    ReplyDelete
  27. Aku masih belum menerapkan SEO nih...masih ngikutin kata hati semoga bisa segera belajar mengoptimalkan SEO biar blognya makin ciamik amin

    ReplyDelete
  28. Menurutku, sih. Belajar SEO ini bisa dibilang susah-susah gampang. Asal semua metode diterapkan dengan benar, insya Allah lancar kok proses optimasinya. Tapi ya itu, harus pinter-pinter nyusun keyword.

    ReplyDelete
  29. Belajar teknik dasarnya saja sudah gak mudah apalagi secara detail tapi saa juga sangat tertarik ingin belajar SEO. Btw gimana caranya Mbak untuk bisa belajar di SEO MOMS ini

    ReplyDelete
  30. Untuk yang bergerak di dunia digital seperti kita ini, pengetahuan tentang SEO memang membantu banget dalam banyak hal, selain itu juga blog yang sehat bisa mendatangkan peluang lebih banyak. Eh tapi di saat yang sama, SEO juga bisa membantu tulisan kita menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan informasi. Keren nih grup SEO MOM. Lanjut teruslah ya, semoga makin banyak blog-blog yang sehat setelah ini dan peluang di dunia blogging makin terbuka lebar

    ReplyDelete
  31. Wah tertarik banget kalau udah SEO mbak tertarik lagi kalau aku Juga bisa ikut di grup SEO Moms nya. Penting banget ilmu ini untuk para blogger macam kita biar DS terus meningkat

    ReplyDelete