Lima Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Masjid Agung Surabaya

By Dee_Arif - January 15, 2020


Cuaca Surabaya sedang cerah, saya pung mengajak Aluna main di luar. Sudah lama saya tidak mengajaknya main di luar. Maka saat saya ajak, dia sangat senang. Hmm kemana jalan-jalan kami kali ini? Ke Masjid Agung Surabaya (MAS). 


Masjid Agung Surabaya (MAS)



Jalan-jalan kamj kali ini tidak terlalu jauh dari rumah. Ya, jarak rumah ke MAS ini hanya sekitar 5 km. Selain itu, lokasinya juga searah dengan kantor ayah. Jadi kami bisa nebeng ayah, lumayan irit ongkos hehe.


MAS ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia. MAS menjadi masjid kebanggan warga kota Surabaya. Masjid ini memiliki ciri khas, empat kubah kecil berwarna biru dan menara setinggi 99 meter.






Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Masjid ini bisa menampung 59.000 jamaah. 


Setiap minggu pagi masjid ini sangat ramai. Banyak pedagang menggelar dagangannya disekeliling masjid. Mulai dari pedangang makanan, mainan, pakaian dan lain sebagainya. Ada juga andong dan kuda poni yang bisa disewa untuk berkeliling sekitar masjid. 


Berhubung kami datang di hari kerja, suasana masjid sepi. Tapi jangan salah, meski sepi kami bisa tetap seru-seruan disini. Masjid menjadi area belajar yang menarik bagi Aluna.

Lha memangnya bisa ngapain aja sih di masjid ini. Banyak! Ada lima hal seru yang bisa dinikmati saat berkunjung di masjid agung ini.


Lima Keseruan di Masjid Agung Surabaya



1. Olahraga



Halaman masjid yang luas, membuat banyak orang bisa olahraga. Kalau di luar banyak yang jogging keliling masjid, di dalam juga banyak yang berolahraga. Disini setiap harinya diadakan senam pagi. Senamnya macam-macam, mulai senam lansia hingga senam jantung sehat.






Ada juga yang main badminton di area lapangan masjid. Kalau saya, mengajak Aluna olahraga lempar tangkap bola. Dia senang, lapangan masjid yang luas membuatnya leluasa bermain bola. Dia pun bebas berlarian kesana-kemari.


2. Mengenal Masjid



Pastinya saat datang kesini menjadi sarana mengenalkan anak pada masjid. Mengenalkan padanya bahwa masjid adalah tempat beribadah agamanya. Di masjid tempat orang melakukan shalat dan kegiatan ibadah lainnya. 






Berkeliling masjid agung juga memberi wawasan pada anak bahwa masjid menjadi pusat kegiatan umat. Di masjid ini banyak fasilitas lain yang mendukung. Mulai dari poliklinik, TPA, KB, TK, SD dan sekolah tinggi. Disini juga ada toko dan bank. Semua ini menunjukkan bahwa masjid tak hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga pusat kegiatan ekonomi dan pendidikan bagi umat. 


3. Wisata Menara






Masjid agung ini terkenal dengan menaranya yang sangat tinggi. Menara masjid agung ini tingginya mencapai 99 meter. Mau melihat kota Surabaya dari ketinggian? Coba wisata menara yang ada di masjid ini.






Dengan membayar Rp. 7.000 kita bisa naik keatas menara lho. Ada petugas yang akan mengantar setiap pengunjung yang ingin naik ke puncak menara menggunakan lift. Wisata menara ini buka setiap hari. Mulai jam 8 pagi hingga 4 sore. Puncak menara ini memiliki kapasitas 30 orang.





4. Jelajah Edupark








Masjid Edupark ini adalah fasilitas masjid yang baru dibangun. Disini kami bisa belajar aneka jenis tanaman. Khusunya tanaman obat. Disini juga bisa belajar tentang hidroponik lho.






Selain itu edupark ini juga memiliki area terapi. Pengunjung bisa berjalan diatas batu-batu yang sudah ditata rapi. Dalam edupark ini juga disediakan beberapa gazebo lengkap dengan wifi dan colokan listrik.





Wah kapan-kapan saya mau nyoba ngeblog disini ah. Pasti inspirasi lancar, bisa melihat yang hijau-hijau sekaligus menghirup udara segar yang ada disini.

Bisa juga buat tempat nongkrong sore bersama teman-teman. Bisa piknik juga disini. Makan roti dan minum teh bersama pasti asyik. Dalam edupark juga dilengkapi westafel. Dan ingat, tetap jaga kebersihan dan perilaku ya, sebab disini juga selalu dipantau dengan CCTV. 






5. Baca Buku di Perpustakaan 







Setelah puas jalan-jalan di edupark, saya dan Aluna beristirahat sejenak. Kami berkunjung ke perpustakaan yang ada di area bawah tanah masjid.





Perpustakaannya sangat nyaman. Tempat membaca yang nyaman dan pendingin ruangan membuat pengunjung betah berlama-lama. Apalagi koleksi buku anaknya banyak. Wah ini membuat Aluna bahagia. Dia bisa memilih banyak buku menarik.





Nah itu tadi keseruan yang kami rasakan saat mendatangi masjid agung. Ternyata masjid juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak. Anak bisa seru-seruan bermain sambil belajar banyak hal. Bagaimana, apa sudah ada yang pernah wisata keliling masjid agung? Kalau belum, yuk segera.

  • Share:

You Might Also Like

38 comments

  1. Ya ampun, saya baru tahu kalau ada perpustakaan dan Edupark nya, hahaha.
    Noted nih, bisa dibuat kegiatan jalan-jalan sama anak-anak.
    Paling enak tuh main ke sini pas abis sholat Ashar atau sekalian Ashar di sini, sembari menanti Magrib bisa explore masjidnya ya :)

    Kami sering ke sini, tapi baru tahu 2 hal terakhir itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi di hari Minggu juga asyik banget ke sini, apalagi sekalian sholat Subuh, setelahnya bisa langsung Olahraga di sekitarnya, abis olahraga shoping-shoping dan kulineran, lemak nambah lagi deh hahaha

      Delete
  2. Wow bagus sekali nih untuk destinasi wisata baik jasmani terlebih rohani educated banget ya mbak

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, semoga diperbanyak masjid masjid seperti ini ya mba. Sehingga anak-anak terbiasa datang ke masjid. Dan semoga suatu hari nanti mereka juga yang memakmurkan mesjid. Kebanyakan masjid sekarang malah dikunci, hanya pada jam jama solat aja dibuka.

    ReplyDelete
  4. Seru banget. Ada wisata menara, toko, bank, edupark. Keren deh Masjid Agung Surabaya ini.

    ReplyDelete
  5. Wih komplit banget ya fasilitasnya, ada bank nya juga. Ini bisa jadi contoh buat kota lain, bahwa masjid bukan cuma untuk sholat tapi juga pusat kegiatan umat

    ReplyDelete
  6. Ih bagus banget wisata menara, walaupun saya takut dengan ketinggian..keknya boleh juga nih buat foto-foto

    ReplyDelete
  7. Wah bikin ngiri nih masjid nya
    Lengkap dan sukses penghijauan nya
    Ibu Risma gitu lho

    ReplyDelete
  8. Cukup murah ya naik ke menara bayar sekitar 7000 K saja. Kalau di Bandung naik menara sejenis di Masjid Agung bayarnya puluhan ribu...

    ReplyDelete
  9. Bisa lebih sering ke masjid ya? Konsep masjid yang seperti ini inviting banget.

    Aku tertarik sama peroustakaannya. Kalau saja masih single menumukan perpustakaan seperti ini aku bisa ga pulang hahahaha

    ReplyDelete
  10. Hmmm ... Jadi kepengen memasukkan mesjid agung di setiap kota yang aku kunjungi. Aku lumayan sering lho ke Surabaya untuk bekerja. Biasanya pelatihan kami diadakan di daerah Jemursari. Ini masih jauh nggak sih dari lokasi Mesjid Agung Surabaya? Kalau dekat kan bisa tuh sekalian berkunjung, hihihi ...

    ReplyDelete
  11. Masjidnya indah dan asri didukung dengan banyaknya fasilitas pendukung bikin orang pasti betah ke Masjid yaa mba. Semoga makin banyak masjid seperti ini di setiap daerah.

    ReplyDelete
  12. Cantik masjidnya dan cukup lengkap juga ya mbak fasilitas pendukungnya. Btw, saya ngebayangin pepotoan di menaranya itu kok malah kliyengan sendiri ya, wkwkwk.

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu ada masjid Edupark. Semakin lengkap dan menyenangkan fasilitas masjid.Kalau kesini pas hari Minggu aku suka nyari Semanggi Surabaya, di pinggir trotoar itu.

    ReplyDelete
  14. Ini idenya keren. Masjid pun harus bisa ikut berinovasi tentunya dalam batasan masih wajar. Dengan membuat edupark, perpustakaan, areal bermain anak yang fasilitatif, anak-anak pun menjadi semangat ke masjid. Mungkin niat awalnya ke masjid adalah supaya bisa masuk eduparknya, tak apa-apa, lama-lama anak pun akan lurus niatnya pergi ke masjid untuk mengaji, shalat, dan menuntut ilmu agama. Semoga semakin banyak konsep masjid seperti ini di Indonesia ya mba.

    ReplyDelete
  15. Wah lengkap banget fasilitas di Mesjid nya ya mbak.. ada edupark, perpustakaan hingga wisata menara juga 😍 bisa betah berlama-lama di Masjid ini..

    ReplyDelete
  16. MasyaAllah.. terakhie ke Surabaya waktu aku masih kecil. Semoga ada kesempatan mengunjungi masjid agung Surabaya

    ReplyDelete
  17. Saya dua kali ke masjid agung Surabaya. Mampir salat doang. Nggak tau ada perpus se nyaman itu.
    Lain kali harus lebih explore lagi keknya. Makasih infonya nih mba

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah mba, aku jadi pengen kemari pengen ke Surabaya belum jadi-jadi
    pengen wisata menara sama naik liftnya pengalaman seru banget ini.

    ReplyDelete
  19. Wah ada wisata menara, edupark sampai prpustakaan juga! Bisa jadi salah satu ajangmengajari anak untuk mencintai masjid dan juga familiar dengan lingkungan masjid yaa.

    ReplyDelete
  20. Jadi kayak Monas yaa... ada wisana menaranya.

    Aku belum pernah ke Surabaya, tapi dikasih oleh-olehnya sering :D

    ReplyDelete
  21. Wah aku baru tahu kalo ada edupark. Baru banget ya?! Seru juga ya klo ngeblog disana. Bosen juga nulis di coworking space hahaha.. saatnya cari tempat yang baruuu

    ReplyDelete
  22. hehe emang sih ini karna mesjid ny besar ya bisaaa dibuat apa aja mb

    ReplyDelete
  23. Subhanallah, indah banget masjidnya mba. Inilah sebenarnya fungsi masjid seperti zamannya Rasulullah dulu. Selain tempat ibadah, juga sebagai tempat kegiatan umat seperti masjid Agung Surabaya. Apalagi ada tempat sport nya. Luar biasa. Jarang2 saya lihat masjid yang mempunyai fasilitas lengkap seperti itu.

    ReplyDelete
  24. Saya paling suka kalau naik ke menaranya, bisa melihat Kota Surabaya dari ketinggian, asyik banget

    ReplyDelete
  25. Wah saya baru tahu nih masjid terbesar kedua di Indonesia ada di Surabaya. Banyak tempat menarik di MAS ini ya.. apalagi anak-anak bisa sekaligus diajak ke sana sambil kasih edukasi ke mereka.

    ReplyDelete
  26. Aku pernah main kesini mbak jaman kuliah dulu, numpang mandi, hihi. Masjidnya besar dan sangat bersih mbaakk, beda sama istiqlal pokoknya, masjid ini terawat

    ReplyDelete
  27. Di mana-mana masjid agung tidak sekadar untuk beribadah, ya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Pastinya aktivitas positif semua

    ReplyDelete
  28. Wah masjidnya keren ya. Fasilitasnya lengkap banget gitu sampai ada perpus anak dan eduparknya juga. Ohya, ada poliklinik dan bank juga kan... cocok buat wisata keluarga

    ReplyDelete
  29. Waaa seru banget bisa wisata religi k MAS ini, dulu padahal aku beberapa kali k sby karena kuliahku d Malang mba hehe tp yo belum pernah kesini

    ReplyDelete
  30. Aku berkali-kali salat di sana kok gak pernah nemu akses ke menaranya ya? Hehe patut dicobalah next time.

    ReplyDelete
  31. Masyallah ..banyak fasilitas ya mbak di masjidnya. Jadi ingat zaman rasulullah dulu. Masjid bukan sekadar tempat ibadah. Tapi juga tempat berkumpulnya para umat untuk membahasa banyak hal. Semoga banyak masjid-masjid yang kayak gini ya. Aamiin..

    ReplyDelete
  32. Fasilitasnya lengkap ya mbak, cocok kalau bawa anak-anak jadi bisa sambil bermain dan anak juga anteng. Jadi kepingin mampir ke Surabaya, soalnya kalau mudik ke Jember cuma lewat aja, kepingin mampir ke masjid ini sekalian keliling Kota Surabaya.

    ReplyDelete
  33. wah keren ini banyak aktivitas yg bisa dikerjakan

    ReplyDelete
  34. Aah jaman single aku juga suka nongkrong di sini. Adem dan gedeee banget
    Tapi baru tau aku ada taman edupark 😍

    ReplyDelete
  35. Seru banget ya bisa wisata di Masjid Agung Surabaya, ada eduparknya segala. Kereen..

    ReplyDelete
  36. Bagus Banget yah mom, disamping Masjid ada edupark nya, baru tau kalau MAS ini masjid terbesar kedua di Indonesia, belum pernah singgah di Surabaya, paling sekedar lewat aja. Jadi nyaman buat ajak anak2 untuk lebih mengenal Masjid . Apalagi ada perpustakaan dan wisata menara nya. Banyak aktivitas yang bisa dikerjakan dan sangat bermanfaat untuk anak2 :)

    ReplyDelete
  37. Kayaknya waktu aku ke surabaya dulu sempat ke sini deh trus naik menaranya. Baru tahu nih ternyata ada perpustakaan juga di sana

    ReplyDelete