Sains Asyik dengan Balon

By Dee_Arif - January 01, 2020







Haloo, bagaimana liburannya? Ada yang masih libur, ada yang sudah masuk sekolah ya. Kak Chacha masih libur hingga tanggal 6 Januari, jadi masih berkegiatan di rumah ni. Kalau biasanya kak Chacha melakukan percobaan sendiri, kali ini ada banyak temannya 😍😍😍


Ya, kami menjadi tuan rumah CBE HEBAT. CBE HEBAT kali ini diadakan di rumah kami. Sebagai kolaborasi Teras Baca Omah Rame. CBE kali ini temanya sains. Jadi kami akan praktek  melakukan berbagai percobaan dengan bahan utama balon.


Balon Ditusuk Tidak Meletus






Percobaan pertama adalah mengajak anak-anak untuk menusuk balon dengan jarum Balon sebelumnya di kasih selotip. Bagian yang diselotip kemudian ditusuk jarum. Ternyata balonnya tidak meletus. Anak-anak heran. Kok bisa ya balonnya tidak meletus.


Selotip membuat permukaan balon semakin tebal. Maka bila bagian ini ditusuk jarum, maka balon tidak meletus.


Sate Balon





Anak-anak diajak membuat sate balon. Disini balon ditusuk dengan tusuk sate. Balon yang sudah ditiup ditusuk dengan tusuk sate. Sebelumnya tusuk sate dioles dengan minyak. Tusukkan di bagian balon yang paling tebal. Di ujung balon yang diikat. Dan ternyata balon tidak meletus. 


Balon yang terbuat dari karet mempunyai sifat yang lentur karena terbuat dari bahan yang bernama latex. Balon juga terbuat dari rangkaian molekul yang bernama polimer.



Saat balon ditiup, bagian-bagian balon akan mengalami tarikan dan menjadi tipis. Sedangkan di bagian ujung balon yang diikat dan bagian ujung satunya lagi adalah bagian yang mengalami tarikan paling sedikit.


Bagian yang kita tusuk dengan tusuk sate tadi adalah bagian balon yang paling tebal dan tidak tegang dibandingkan bagian lainnya.


Sehingga saat ditusuk, bagian tersebut akan mengalami tarikan yang sedikit juga. Saat tusuk sate dimasukkan melalui bagian tersebut, rangkaian molekul tadi akan melebar di sekitar tusuk satedan menahan udara agar tidak keluar.


Sedangkan fungsi dari minyak goreng tadi hanya untuk membantu tusuk sate lebih mudah menembus balon.


Balon Mengmbang Tanpa Ditiup



Ternyata balon bisa mengembang tanpa ditiup lho. Ya, ini percobaan terakhir yang dilakukan anak-anak. Caranya cukup mudah kok, ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.






Langkah-langkahnya adalah :


1.   Letakkan botol di atas lantai atau meja, kemudian isi dengan air cuka hingga 2/4 tinggi botol.

2.    Masukkan soda kue ke dalam balon.

3.   Buka mulut balon yang telah berisi soda kue, kemudian pasang pada mulut botol tanpa menjatuhkan soda kue yang ada di dalamnya.

4.   Setelah langkah tersebut berhasil, secara perlahan-lahan campurkan soda kue di dalam balon dengan air cuka, dengan cara mengangkat ujung balon sedikit demi sedikit dan menggoyangkannya.

5.   Setelah bahan tersebut tercampur, maka terjadi suatu reaksi yang dapat menghasilkan gas yangmampu menggelembungkan balon tanpa harus ditiup.

6.   Apabila ukuran balon telah menggelembung sesuai keinginan, lepaskan mulut balon dari mulut botol dengan cara mengapit mulut balon dengan erat, kemudian ikat dengan tali. Maka balon pun telah menggelembung dengan sempurna.


Mengapa balon bisa menggembung tanpa ditiup? Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka direaksikan dengan soda kue  menghasilkan gas karbondioksida, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan cara perubahan kimia, karena menghasilkan jenis zat baru. 


Hal ini dibuktikan melalui percobaan ketika asam cuka dan soda kue dicampurkan dan terjadi buih, sehingga balon yang tadinya kecil menjadi besar, karena disebabkan gas karbondioksida dari hasil reaksi tersebut.





Puas melakukan beragam percobaan sains, anak-anak diajak main keluar. Mereka lomba meniup balon dengan sedotan. Balon yang sudah ditiup harus bisa bergerak tanpa disentuh. Balon hanya boleh digerakkan dengan cara ditiup.


CBE ditutup dengan dongen dari Bunda Fitri. Bunda Fitri bercerita tentang kisah semut dan merpati. 





CBE hari ini sangat berkesan. Anak-anak bisa seru-seruan bermain bersama. Bisa belajar banyak melalui media balon. Kegiatan kali ini mengasah fitrah belajar mereka. 


Alhamdulillah...

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Waah, seru sekali. Saya baru tahu mengenai poin 2 dan 3. Anak saya suka balon, pasti akan sangat senang jika diajak melakukan berbagai percobaan di atas. Thanks for share, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Seruuu pake banget, Mbaaa!!
    Lanjutkaannn dgn aneka eksperimen yg cihuy lainnya yhaaaa

    Good job!!

    ReplyDelete
  3. Mantul nih percobaan sains nya yaa Mbak Dee, pingin nyoba juga buat 4r hehe...ternyata dalam balonnya rangkaian molekul melebar di sekitar tusuk sate dan menahan udara agar tidak keluar. Noted.

    ReplyDelete
  4. Eksperimennya asyik nih buat dipraktekkan. Bahan-bahannya sedikit dan mudah ditemukan juga. Apalagi mulut nggak perlu maju-maju ya buat meniup, hihihi ...

    ReplyDelete
  5. baru tau kak bisa dibuat balon sate gitu. Ilmu ni, saya malah waktu kecil ga ada yang beginian. Cuma ngejar layang-layang

    ReplyDelete
  6. Seru banget aktivitasnya. Asyik ni balonnya bisa ngembang tanpa ditiup

    ReplyDelete
  7. Keren sekali aktivitas mengisi liburan bareng teman2. Eksperimen menusuk balon, menggelembungkan balon tanpa ditiup pasti menjadi sebuah pengalaman belajar yg akan selalu teringat.

    ReplyDelete
  8. Seru banget ya. Aku baca artikel bersama keponakanku. Doi penasaran banget jadinya hihi seru mbak eksperimennya, kita juga pengen cobain nih

    ReplyDelete
  9. Kebayangin wajah anak-anak, pasti bengong ya ketika mendapati balon yang ditusuk gak meletus. Padahal dah ngerasa ngeri duluan ati. Hahhaa

    ReplyDelete
  10. Pengen coba di rumah sama anak aya, sekalian bonding dan bermain dengan pengalaman edukasi

    ReplyDelete
  11. Setelah baca infonya saya jadi pengen praktek langsung di rumah sama anak-anak. Jelas mereka bakal seneng banget kak

    ReplyDelete
  12. Wah mau nyobain ah bareng keponakan ku, pasti mereka senang
    Inspiratif banget

    ReplyDelete
  13. Wah seru banget. Ga bisa bayangin pas nusukin tusukan sate deg degan pasti itu. Takut meledak haha

    ReplyDelete
  14. Keren laah bisa bikin tusuk sate pada balon hehehe 😍 Aku jadi kepengen coba deh. Eh tapi tanya duluuu.. itu tusukannya diolesi minyak apa ya? Minyak goreng kah? Misal ada bagian tusukan yang ga mulus kena minyak gimana tuh hihihi...ngeri meledak di depan muka wkwkwkwk... kreatif deh 😁

    ReplyDelete
  15. Wah ini namanya benar2 liburan seru.. Bermain sambil belajar sains dan sangat mengedukasi sehingga anak2 mendapat pengetahuan dari praktek yang dilakukannya...

    ReplyDelete
  16. Asyik benar anak2 diajak main balon, apalagi pas lagi liburan ini bisa untuk mengisi liburannya dengan hal yang positif

    ReplyDelete
  17. Kegemaran anak saya nih bikin-bikin percobaan gini. Sains itu kalau dipelajari dengan cara seperti ini emang jadinya lebih asyik ya.

    ReplyDelete
  18. Astik banget...
    Saya beberapa kali ikutin si kecil semacam kelas after school science for beginner ya isinyabmain2 begini, sayang peminatvkurang jadinya keknua g lanjut di sini. Suka bangetbdg ide-ide kecenya.

    ReplyDelete
  19. Asyiknya diajak main balon pas untuk mengisi liburannya dengan hal yang positif. Suka banget ide kreatifnya

    ReplyDelete
  20. Wah seru ya kegiatan liburnya diisi drngan eksperimen yang berkaitan dengan balon. Eksperimennya juga tak kalah seru nih, ternyata ada banyak percobaan yang bisa lakukan dengan balon ya Mbak. Seperti yanh Mbak sudah sebutkan di atas.

    ReplyDelete