Jelajah Pagi Aluna

By Dee_Arif - February 09, 2020



Jelajah Pagi Aluna - Apa yang penting di usia 0-6 tahun? Usia ini menjadi puncak berkembangnya fitrah keimanan. Bagaimana cara mengasahnya? Salah satu caranya adalah melakukan nature walk. 


Jelajah Pagi






Setiap hari, kami rutin memulai home education Aluna dengan jelajah pagi. Kegiatan jelajah pagi ini bisa disebut nature walk. Mengajak Aluna berjalan-jalan disekitar tempat tinggal. Mengenali ada apa saja di sekitar tempat tinggal kami. 


Hari ini kami akan jalan-jalan menuju perumahan sebelah. Jaraknya lumayan juga. Kami harus melewati 3 perumahan dulu agar bisa sampai di tujuan. 

Kami bermain di taman yang ada di perumahan kedung turi permai 2. Aluna senang main disini. Dia bisa main ayunan, jungkat-jungkit atau bergelantungan. Meski taman ini makin tak terawat tapi Aluna tetap bahagia. 


Di taman ini juga banyak bermacam-macam tanaman. Salah satu yang paling menarik perhatian Aluna adalah tanaman putri malu. Dia suka menyentuh daun-daun putri malu. 






Saat pulang, kami juga melewati taman di pojok kompleks perumahan kami. Disini ada berbagai macam hewan yang bisa dilihat. Aluna senang melihat burung love bird yang berwarna-warni. Dia juga suka melihat kura-kura yang ada di dalam ember. 


Manfaat Jelajah Pagi


Jelajah pagi menjadi momen yang tepat untuk mengasah fitrah keimanan anak. Dengan jelajah pagi anak bisa melihat beragam tanaman maupun hewan yang juga merupakan ciptaan Allah. Anak mengenal sang Pencipta melalui ciptaanNya.


Melakukan jelajah pagi bersama juga bisa meningkatkan bonding kami berdua. Dimana memang kedekatan dengan ibu di usia ini sangat penting. Sebagai cara untuk mengasah fitrah seksualnya. Anak perempuan dekat dengan ibunya. 


Baca Juga : Belajar Tumbuhan



Kami juga bisa belajar banyak hal. Saat melihat burung, Aluna tahu burung punya sayap. Burung bisa terbang. Saat melihat kura-kura, Aluna tahu kalau kura-kura hidup di dalam air. 


Tips Jelajah Pagi


Agar jelajah pagi menyenangkan jangan lupa membawa beberapa barang yang diperlukan ya. Mulai dari tempat minum, kotak bekal snack dan juga handsanitizer. Agar jelajah paginya juga minim sampah. Mengajari anak untuk peduli pada lingkungan.


Ini cerita jelajah pagi Aluna hari ini. Adakah yang juga sering melakukan jelajah pagi? Share yuk..

  • Share:

You Might Also Like

0 comments