Sepuluh Langkah Sederhana Melakukan SEO On Page

By Dee_Arif - March 10, 2020



Sepuluh Langkah Sederhana Melakukan SEO On Page - Mempelajari SEO masih tetap menjadi fokus belajar saya di kelas Bunda Cekatan ini. Makanya saya senang sekali saat di lamar mbak Susi untuk jadi buddy nya. Yeay, suatu kehormatan bisa menjadi buddy blogger senior seperti mbak Susi. Maka saya juga berusaha memberikan bekal terbaik, seperti tulisan ini. Cara mudah melakukan SEO On Page. 


Tujuan SEO On Page



Apa itu SEO On Page 



On Page SEO adalah cara agar bagaimana blog kita bisa teroptimasi terhadap mesin pencari dilihat dari dalamnya. Atau bisa dikatakan sebagai cara mengoptimasi dari web kita sendiri.


On page SEO ini tujuannya adalah agar blog kita bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari. Kalau sudah muncul dihalaman pertama, tentu akan banyak pengunjung yang mampir. Banyak pengunjung yang datang pasti akan meningkatkan performa blog. Kalau performa naik, pasti banyak cuan yang datang. Hehe, performa blog itu penting, apalagi yang ingin menghasilkan uang dari blog. 


Tujuan SEO On Page


Lantas apa sih tujuan dari kita melakukan SEO On Page? SEO On Page ini adalah langkah awal klo kita mau melakukan optimasi blog. Kalau on page saja belum, maka akan percuma melakukan optimasi lanjutan, SEO Off Page. 


Ada beberapa tujuan mengapa kita perlu melakukan SEO On Page ini : 

1. Bermanfaat bagi pengunjung

2. Pengunjung bisa bebas berekplorasi

3. Pengunjung akan betah berlama-lama di blog

4. Mesin pencari memahami struktur blog kita 


Cara Mudah Optimasi On Page 



Saya memang bukan ahli SEO, pun juga bukan blogger SEO. Tetapi hampir dua bulan ini saya tekun belajar SEO, mulai dari ikut kelas di SEO MOMS, baca web PanduanIM, berkunjung ke blog Carolina Ratri dan juga membaca buku Blogging : Have Fun and Get The Money. Dari beberapa sumber belajar itu, saya bisa menyimpulkan beberapa cara mudah melakukan optimasi on page.


1. Konten



Konten is king? Benarkah? Benar dong. Membuat konten yang berkualitas itu adalah langkah awal dalam mengoptimasi blog kita dari dalam. Bagaimana bisa pengunjung datang, kalau konten kita tidak berkualitas.

SEO On Page




Lantas pertanyaannya sekarang, bagaimana sih konten yang berkualitas itu? Kalau menurut saya, konten berkualitas itu ada 2 syaratnya : 

💠 Bermanfaat

💠 Mudah dipahami


2. Keyword 



Keyword atau kata kunci juga jadi bagian penting dalam optimasi on page. Bila menggunakan kata kunci yang tepat, maka tulisan dalam blog kita akan mudah muncul dalam mesin pencari.


Ada dua jenis keyword, short tail dan long tail. "Pengasuhan anak" adalah contoh short tail keyword. "Cara Pengasuhan Anak Usia Pra Sekolah" adalah contoh long tail keywordny. 


Sebelum menulis artikel blog, pastikan sudah menentukan keywordnya. Saya biasa menggunakan Ubbersuggest untuk mencari keyword.


3. Meta Deskripsi



Meta deskripsi ini adalah salah satu fitur SEO yang terdapat dalam blogger. Dari meta deskrispi kita tidak perlu menulisksn deskripsi blog secara manual. 


Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran.


Setelah itu fokus pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya. Terakhir tinggal  masukan deskripsi blog kita. Setelah itu jangan lupa klik "simpan perubahan" ya. 


4. Deskripsi Postingan 



Deskripsi postingan dibuat setiap kita membuat post baru. Fitur ini akan aktif, bila kita sudah mengaktifkan meta diskrispi blog yang sudah kita bahas sebelumnya.

SEO On Page




Cara mengaktifkan deskrispi blog( ini mudah. Jika sudah mengaktifkan meta deskripsi,  maka setiap kali kita menulis postingan, di bagian kanan editor postingan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan. 


5. Permanlink



Kita bisa mengatur long tail keyword dengan menggunakan fitur custom permanlink. Membuat permanlink yang mengandung keyword, tentu memudahkan artikel kita mudah ditemukan di mesin pencari.


SEO On Page



Cara membuat permanlink yang sesuai keinginan kita cukup mudah kok.  Saat menulis postingan,  klik menu Permanlink pada bagian kanan dan pilih Custom Permanlink, setelah itu tinggal masukan permalink sepanjang yang dinginkan.


6. Gambar



Gambar pada artikel juga bisa mendukung optimasi on page lho. Caranya adalah ketika kita memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut. 


SEO On Page



Selain itu ada beberapa tips dalam memilih gambar untuk artikel, 


💠 Pilih gambar yang berhubungan dengan artikel yang kita buat

💠 Pastikan gambar memiliki resolusi yang jelas

💠 Kompres gambar sesuai dengan ukuran yang optimal


7. Internal Link



Saat menulis artikel, pastikan menyisipkan internal link. Pilih yang berhububgan dengan artikel yang ditulis.


Internal link ini bisa membuat pengunjung lebih lama berada di blog kita. Dan ini pada akhirnya akan menurunkan bounce rate pada blog.


SEO On Page




8. Tampilan Responsive



Desain template blog juga mempengaruhi optimasi on page. Blog dengan tampilan yang responsive tentu lebih baik untuk optimasi. Oh ya, pilih juga tempalate blog yang mobile friendly ya.


9. Share ke Media Sosial



Jangan lupa untuk memasang tombol share di blog. Selain itu setiap selesai membuat artikel, jangan lupa juga membagikannya ke media sosial. Media sosial bisa membangun brand blog kita lebih cepat. 


10. Rajin Update



Terakhir, untuk optimasi on page adalah dengan sering menulis. Mesin pencari akan suka dengan artikel-artikel yang selalu fresh. 


SEO On Page



Studi dari Hubspot, semakin banyak artikel yang di publish per bulan, semakin banyak traffic yang masuk ke blog tersebut.


Mungkin ini saja yang bisa saya berikan untuk mbak Susi. Semoga bekal ini  bisa membantu melakukan optimasi on page. 









  • Share:

You Might Also Like

46 comments

  1. Wow.... bahasan yang menarik banget buat para blogger supaya blognya laris manis dibaca ya. Konten adalah raja memang benar. Foto2 juga diperhatikan alt text dll. Sepertinya aku sudah melakukan poin2 di atas..mungkin ada yang perlu diedit aja. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah mengubah properti Poto. Haha berarti itu penting ya Mba..

      Delete
  2. Aku belum pernah meletakkan permalink mba.. thanks ya idenya. Sama membuat keterangan di Poto.. mudah-mudahan nanti banyak progres yang baik setelah saya terapkan di saat saya menulis

    ReplyDelete
  3. Belajar SEO memang nggak mudah ya Mbak, banyak langkah2nya. Dulu waktu belum fokus mah saya asal saja ngeblog hehe sekarang baru menerapkan langkah2 yang sudah mbak sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  4. tips yang ok. Maklum saya masih newbie, jadi pas buat bahan belajar di rumah

    ReplyDelete
  5. Wah ini yang sedang aku cari cari. Thanks kak, penting banget buat newbie kek aku belajar seo nih, selama ini nulis ya nulis aja hehehe

    ReplyDelete
  6. Tengkiyu tipsnya, mo ikuti ah
    Soalnya aku untuk judul kadang memang sengaja kayak judul sinetron yg lucu atau unik
    Eh malah bakal susah ya ke mesin pencari kata hehe

    ReplyDelete
  7. Konten masih tetap menjadi rajanya, ya. Selalu berada diurutan pertama deh kalau tentang konten ini

    ReplyDelete
  8. Ini pentiiingg pake banget nih.
    Siapapun yg bergelut di kancah digital kudu paham tentang SEO on Page.
    Makasiii sharingnya ya

    ReplyDelete
  9. Makasih mba, baru belajar SEO on page wordpress. Alhamdulillah Nemu postingan ini jadi bisa utak Atik SEO untuk blogger

    ReplyDelete
  10. Wah, Mbak Dian, terima kasih rangkumannya. Saya nih baru belakangan ini sadar pentingnya SEO jadi belajarnya telat. Untung ketemu wag SEO Moms bisa belajar bareng meski sering ketinggalan hehehe. Kalau dirangkum gini jadi lebih enak belajar dan praktiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiknya udah gabung WAG mom seo. saya baru nerapin beberapa yg sesederhana ini nih. kudu konsisten biar gak lupa ya

      Delete
  11. Udah tahunan ngeblog, tapi baru bulan ini saya menerapkan 10 step di atase
    Terlambat banget ya?

    ReplyDelete
  12. Mudah dipahami tapi seo tuh pilihan sih ya..aku nulis aja sih gak jepikiran nyenangin gugel hehe

    ReplyDelete
  13. Suka banyak yg lupa kalau sdh nulis padahal.sdh pda tau..huhu..males kayaknya xixixi

    ReplyDelete
  14. OK. semua yang ditulis di atas sudah dilakukan. tapi nomer 10 yang paling sulit, huhu..
    makasih ilmunya, mbak. belajar kembali supaya tidak pernah terlewat untuk SEO on page

    ReplyDelete
  15. konten tetap yang utama ya, rajin update ini yang masih jadi kendala. Semangat update menggebu, sudah banyak draft postingan, tapi belum seberapa yang diselesaikan sampai publish

    ReplyDelete
  16. Tips yang sangat bermanfaat buat aku yang ingin belajar, sekarang sudah tau step by stepnya

    ReplyDelete
  17. Tipsnya bermanfaat sekali Mbak apalagi bagi yang ingin menaikkan traffic di blognya
    Tapi saya sendiri untuk posting organik lebih banyak itu sulit sekali
    Semoga setelah membaca artikel ini Jadi lebih semangat untuk menulis lagi sehingga traffic bisa naik

    ReplyDelete
  18. Lagi nyari banget ilmu tentang SEO, eh ketemu di sini. Langsung dipraktekkin loh, Mbak. Suka banget tulisannya.

    ReplyDelete
  19. Wah buka tulisan langsung nemu pertama tulisan yang bergizi. Oh ya mba mu tanya. Menurut mba untuk permanlink sebaiknya masukin kata kuncinya yang panjang atau kata kunci pendek aja?

    ReplyDelete
  20. Nah yg terakhir itu mbak yg masih bikin garuk-garuk kepala belom nemu ide mau posting apa hehehe

    ReplyDelete
  21. WA makasih banyak tipsnya mba, bermanfaat sekali. Saya yg meta deskripsi belum dicoba, langsung praktek ah biar ga lupa

    ReplyDelete
  22. lengkap dan mudah di pahami ini cara

    ReplyDelete
  23. Saya baru mulai belajar memanage blog. Banyak sekali istilah istilah yang baru saya ketahui, seperti SEO ini. Bertambah lagi deh pengetahuan saya, terima kasih ya..

    ReplyDelete
  24. Konten yang paling utama, update postingan setiap hari aku belum bisa menjalani nih... Mesti harus digiatkan akh .. mulai dari sekarang. Thanks you tipsnya

    ReplyDelete
  25. Wah.. Pagi-pagi berkah dapat ilmu gading dari sini. Makasig sharingnya mbk, tinggal aku praktekin aja nih. Bismillah, sempat istiqomah

    ReplyDelete
  26. wah terimakasih banyak mba, ini pembahasannya mudah dipahami dan sebagai team blogspot aku juga masih belum optimal untuk seo on page ini. Langsung auto catet, karena kalo ga gitu gampang lupa hehe

    ReplyDelete
  27. Makasih sharing artikelnya mbak. Masih PR banget yang poin ke-10 nih. Jarang update kalo ga terpaksa hehee.

    ReplyDelete
  28. Mbak ilmunya cakeeep banget. Aku ijin share ya. Plus bookmark

    ReplyDelete
  29. Noted banget ini sampai saya save, makasih banyak loh ini artikelnya, soalnya saya masih blank masalah SEO

    ReplyDelete
  30. Rajin update jadi PR besar banget untuk saya belakangan ini. Waktu yang super duper sempit sebenarnya malah memancing banyak sekali ide, sayang eksekusinya kurang. Ditambah saya masih suka lupa memasukkan keyword di alt text pada image. Terima kasih banyak sudah mengingatkan kembali, Mba.

    ReplyDelete
  31. Dulu sempat rajin diriku menerapkan seo off Page ini mulai dari search kata kunci sampai ke deskripsi tulisan. Sekarang mulai malas malahan. He

    ReplyDelete
  32. Penjelasan SEO on page yang gamblang dan mudah dipahami. Kadang males belajar seo kalo nemu artikel seo yang belibet. Sudah rumit oenerapan seonya eh artikel panduannya pake bahasa dan istilah yang susah dimengerti

    ReplyDelete
  33. Wah, terima kasih makanan lezatnya, Mbak... Komplit dan sesuai dengan teknikku, nih.
    Yang permalink itu, saya sudah punya alarm. Gak boleh lupa. Jadi tiap sudah menulis judul, permalink saya urus dulu agar cantik. Baru mulai menulis.

    ReplyDelete
  34. aku udah lakuin ini mba hehehe semoga blogku makin baik lagee walaupun masih ga ngerti SEO lainnya hahaha

    ReplyDelete
  35. Wah runut dan mudah dipahami, seo buat blogger kalau dipelajari nggak seseram yang dibayangkan. Harus konsisten juga

    ReplyDelete
  36. waaa terima kasih banyak info dan tipsnyaa, ku mau langsung praktekin aaah kebetulan lagi ada draft juga yang mau diselesaikan malam ini ehehehe

    ReplyDelete
  37. Terimakasih info SEO-nya mba, sedang butuh mengoptimasi blog juga nih. Oiya aku gugur di kelas bunda cekatan ini karena waktu itu harus mengejar banyak deadline. Moga tahun depan bisa ikutan lagi..

    ReplyDelete
  38. Saya juga baru mulai mencoba tipsnya mbak Carra
    Dan ngerasa nyesel kok ga sejak dulu 😁😁😁

    ReplyDelete
  39. Nah poin terakhir nih yang masih suka males2. Duuh jupdate seminggu sekali. Cuma bln terakhir ini aja nih yg rada males.. duuh

    ReplyDelete
  40. Harus rajin update dan melakukan perbaikan terus menerus biar bisa SEO on pagenya bagus. Kalau di wordpress aku suka lihat pakai plugins Yoast SEO

    ReplyDelete
  41. Masih belum telaten buat konten setiap hari. Huhu. Ngakunya penulis tapi masih suka kedistrak hal yang lain. makasih kak tipsnya. Akan dicoba segera.

    ReplyDelete
  42. Aku di wordpress pakai plugin YOAST SEO yang mengecheck semua komponen pas nulis. Kalau udah oke, ada lampu hijau gitu hehehe. Seru sih dan jadi terbiasa nulis dengan SEO yang baik.

    ReplyDelete
  43. Tips yang sangat bermanfaat bagi para blogger. Harus diterapka. Dan dicoba
    Terpenting rajin update blognya

    ReplyDelete