Jurnal Kupu - Kupu Minggu Keenam

By Dee_Arif - June 30, 2020






Tak terasa sudah memasuki minggu keenam di tahap kupu-kupu ini. Minggu keenam ini lumayan berat bagi saya. 


Saya mulai minggu ini dengan melakukan komunikasi produktif dengan mentor. Mencoba mengungkapkan apa yang saya rasakan. Saya merasa bahwa mentor terlalu pasif. Maksudnya, mentor sampai saat ini tidak memberi materi apapun terkait bidang yang dijadikan mentorship.


Memang selama ini mentor selalu menjawab bila saya bertanya. Penjelasannya memang selalu singkat, tapi sudah cukup menjawab pertanyaan saya. Masalahnya, terkadang saya nggak tahu apa yang harus saya tanyakan. Bukan karena sudah paham dan menguasai, tapi bingung mau tanya apalagi.

Mentor pun sudah minta maaf. Kondisinya memang membuat beliau tidak bisa terlalu aktif melakukan mentoring. Bahkan beliau mempersilahkan menyudagi program mentoring bila saya sudah merasa cukup.


Padahal, bukankah mentoring harus tetap dilaksanakan hingga akhir? Padahal ganti mentor di tengah jalan itu dilarang.


Akhirnya saya mencoba mencari solusi sendiri. Saya akan mencari sumber belajar lain yang mendukung. Mulai dari membaca buku  seputar blogging hingga berselancar mencari seputar blogging.

Buku yang menjadi rujukan saya adalah Blogging : Have Fun & Get The Money. Lalu saya juga sering mampir ke blog-blog senior yang aktif membahas tips seputar blogging, ada Carolina Ratri dan Indrias Wahyuni. Hasil belajar di luar ini, bila masih ada yang saya kurang mengerti akan saya diskusikan bersama mentor.


Contohnya, minggu ini saya bertanya pada mentor tentang bagimana meningkatkan DA/PA blog. Menurut mentor, agar DA/PA blog meningkat, maka harus melakukan SEO off page. Dimulai dengan membuat link building. Banyak website-website dengan kualitas mumpuni yang bisa digunakan untuk membuat link building, misalnya Kompasiana, Indonesiana, Kumparan, Medium, Viva dan Wikipedia. 


Meski berat, minggu ini saya merasa banyak mendapat kesuksesan. Mulai dari berhasil melakukan komprod dengan mentor, share artikel ke mentor dan mendapat feed back, mencoba rutin menulis di Kompasiana untuk membangun backlink dan bertukar backlink dengan teman-teman di grup Drakor & Literasi.


Dua artikel saya yang berjudul 6 Drama Korea Medis yang Wajib Ditonton dan Manfaat Menonton Drama Korea Bagi Keharmonisan Rumah Tangga, bisa muncul di page one google. 


Rencana saya minggu depan adalah : 

1. Konsisten menulia artikel SEO friendly, minimal 3 artikel per minggu.


2. Menulis di website lain untuk mendapatkan backlin berkualitas, minimal 2 kali per minggu.


3. Membuat daftar judul tulisan selama satu bulan penuh.

Demikian aliran rasa minggu ini. Saya berharap akan ada peningkatan setiap prosesnya. Hingga di akhir mentoring kemampuan SEO saya meningkat dan mampu mendukung profesi saya sebagai blogger profesional.


Amin..

#jurnalke6
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional

  • Share:

You Might Also Like

0 comments