14 Langkah Monetisasi untuk Mendapatkan Peluang Penghasilan dari Blog

By Dee_Arif - September 30, 2020

Monetisasi Blog




Langkah Monetisasi Blog - Menjadi blogger ternyata cukup menjanjikan lho. Banyak peluang penghasilan dari blog yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari iklan, afiliasi, menawarkan jasa hingga mengeluarkan produk. Tapi sebelum bisa memanfaatkan semua peluang penghasilan dari blog, ada yang perlu kita lakukan dulu ni. Blog kita perlu di monetisasi. 



Monetisasi Blog


Menetisasi blog menjadi langkah awal apabila kita ingin mendapatakan peluang penghasilan dari blog. 


Monetisasi Blog



Monetisasi blog adalah kegiatan pemasaran yang bisa memberikan keuntungan, baik dari sisi materi maupun exposure. Jika dari sisi materi kita bisa mendapatkan keuntungan langsung berupa uang, sisi exposure bisa menaikkan awareness website kita di mata audience. 


Langkah Monetisasi Blog


Beberapa hari lalu, saya berkesempatan mengikuti Webinar Ngeblog Bareng IM3 Ooredoo dan Ibu-Ibu Doyan Nulis. Webinar yang saya ikuti adalah seri episode 10 : Peluang Penghasilan dari Blog , bersama mbak Indriyas Wahyuni.


Dalam webinarnya, mbak Indri tidak hanya membagi apa saja peluang penghasilan dari blog, tetapi juga share caranya. Agar bisa mendapatkan peluang penghasilan dari blog, perlu melakukan monetisasi. 


Berikut adalah langkah-langkah monetisasi blog : 


1. Tentukan Audience


Monetisasi Blog



Saat ingin membuat blog yang memberikan penghasilan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mementukan siapa audiencenya. 


Misalnya saat kita menentukan audience blog adalah parents maka artikel yang ditulis akan banyak bercerita seputar parenting.


2. Memilih Niche Blog


Kalau sudah tahu siapa audiencenya, akan mudah menentukan niche blog. Niche blog adalah topik khusus untuk blog. 


Sebagaimana saat kita memilih audience parents, maka blog kita niche nya adalah parenting. 



Monetisasi Blog



Bila teman-teman suka jalan-jalan, niche kuliner akan lebih cocok. Atau bisa juga memilih niche techno buat teman-teman yang suka membahas gadget terbaru. 


3. Menentukan Konten


Langkah selanjutnya adalah mebentukan konten. Konten apa yang akan dibuat. Apakah perlu membuat konten artikel saja? Atau perlu ditambahkan video di artikel? Perlu konten sosial media juga apa tidak. 


4. Bangun Personal Branding



Monetisasi Blog



Membangun personal branding juga perlu dilakukan. Personal branding akan mempermudah orang lain atau brand untuk bisa bekerjasama.


5. Bangun Networking


Blogger perlu membangun networking. Semakin luas networking, akan semakin luat kesempatan mendapatkan peluang penghasilan dari blog.


Monetisasi Blog



Bergabung di komunitas-komumitas blogger akan memberikan banyak informasi terkait peluang penghasilan dari blog. Selain itu juga bisa saling belajar dengan sesama blogger. 


6. Help Others


Monetisasi Blog



Jangan ragu untuk memberikan free mentorship atau yang paling mudah adalah meninggalkan komentar positif di artikel blogger lainnya atau bisa juga dengan saling share postingan blog.



Baca Juga : Cari Duit dari Ngeblog



7. Konten yang Bermanfaat

Selalu buat konten yang bermanfaat di blog, jangan terlalu bingung dengan DA/PA , page view atau bagaimana agar artikel bisa muncul di halaman pertama google. 


Monetisasi Blog


Asalkan konten yang dibuat bermafaat, pasti akan ada visitor yang membaca. Visitor akan bertambah secara alami dan organik. 


8. Kolaborasi


Melakukan kolaborasi dengan sesama blogger juga perlu lho. Kolaborasi banyak macamnya, bisa saling menulis guest post atau menjadi narasumber webinar. 


Monetisasi Blog



Saling bekerjasama dan berkolaborasi dengan sesama blogger. Bukan terus bersaing ya. 


9. Teknikal Skill


Tampilan blog yang clean, user friendly, mudah di ingat visitor, tidak ramai dengan elemen yang tidak perlu, memerlukan sedikit pengetahuan teknis. 


Monetisasi Blog



Mempelajari hal-hal teknis seperti ini juga perlu dilakukan oleh  seorang blogger. Ini akan membawa manfaat tersendiri. 


10. Menentukan Target Pendapatan


Monetisasi Blog



Saat teman-teman ada target berapa yang akan dihasilkan dari blog, misalnya setahun akan mendapat 10-20 juta, maka teman-teman akan berusahan mencari tahu bagaimana caranya. 


11. Personal dan Blog Development


Selalu mau untuk memperbaiki dan menambah hal-hal serta ilmu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan blog yang dikelola.


Monetisasi Blog



Contohnya, kita bisa mengikuti webinar ngeblog bareng IM3 Ooredoo dan IIDN. 


12. Contact


Monetisasi Blog



Letakkan contact yang mudah dihubungi di blog. Ini akan memudahkan klien untuk mengajak bekerjasama.


13. Laman Kerjasama


Monetisasi Blog



Update selalu laman kerjasma. Tulis brand-brand apa saja yang sudah pernah bekerjasama. Ini juga berfungsi sebagai portofolio. 


14. Rate Card


Monetisasi Blog



Buat rate card yang masuk akal. Agar memudahkan klien untuk menjalin kerjasama.



Baca Juga : Ini Dia 4 Peluang Penghasilan dari Blog yang Bikin Kamu Makin Semangat Ngeblog



Internet dan Blogger


Profesi blogger mulai dikenal pada tahun 2005. Diawal kemunculannya, blogger masih belum banyak dilirik. Seiring tahun bersamaan dengan perkembangan internet membuat banyak orang yang memilih menjadi blogger. 


Blogger makin berkibar saat ditetapkannya Hari Blogger Nasional pada tahun 2007. Kini, seiring dengan berkembangnya internet, semakin banyak yang menjadi blogger.


Monetisasi Blog



Menurut data APJIII (Asosiasi Penyelenggara Jas Internet Indonesia), pengguna internet aktif di Indonesia pada tahun 2019 mencapai angka 171 juta jiwa. Dan pada tahun 2019, tercatat jumlah blogger di Indonesia mencapai 3,8% dari penguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta jiwa. 


Blogger menjadi sebuah profesi yang lahir dari adanya internet. Pekerjaan sebagai blogger juga tergantung dari keberadaan internet. Pastinya, bagaimana bisa blogging kalau nggak ada internet. Ya kan?


IM3 Ooredo Bikin Ngeblog Makin Lancar


Monetisasi Blog



IM3 Ooredoo turut mendukung blogger untuk makin berkembang. Dengan jaringan 4G plus yang dimilikinya, IM3 Ooredoo menjamin blogging akan makin lancar. 


Selain itu IM3 Ooredoo mengeluarkan beragam produk baru yang mendukung aktivitas blogging. Salah satunya adalah IMPreneur. 


Monetisasi Blog



IMPreneur adalah produk terbaru dari IM3 Ooredoo. IMPreneur adalah paket khusus yang dirancang bagi pelaku SME (Small Medium Enterprises) di Indonesia yang ingin memberikan kemudahan  tunjangan komunikasi bagi karyawannya.


Di dalam paket ini, pelanggan bisa membagikan kuota, nelepon ke operator lain kepada karyawannya. IMPreneur menjadi solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini, bisnis bisa dilakukan dari mana saja.


IMPreneur membuat kita bisa membagikan kuota internet ke semua tim hingga 20 orang dan bisa membuat grup sesuai dengan kebutuhan bisnis.


Meski untuk bisnis, paket IMPreneur ini juga bisa digunakan untuk keluarga. Atau bisa juga untuk komunitas. 


Misalnya kita bergabung dalam komunitas blogger, nah selain bisa sharing ilmu seputar blogger kita juga bisa sharing kuota internet.


IMPreneur ini terdiri dari 3 pilihan paket :  Max, Pro dan Fit. Semua memiliki fitur istimewa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.


Monetisasi Blog



Misalnya, teman-teman memilih paket Pro untuk kebutuhan internet komunitas blogger. Paket ini memiliki kuota 130 GB dan bisa di sharing hingga 10 orang. 


IMPreneur ini juga memberikan akses pada aplikasi harian seperti sosial media, e-comerence dan juga layanan e-money. 


IMPreneur makin mendukung teman-teman untuk semakin lancar bloggingnya. Selain itu teman-teman bisa mengatur kebutuhan kuota internet komunitas setiap bulannya. 


Monetisasi Blog



Kalau teman-teman tertarik dengan produk IMPreneur ini, teman-teman bisa menghubungi sales agent IM3 Ooredo di tempat tinggal masing-masing ya. 


Optimalkan Peluang Dunia Blogging Bersama IIDN



Monetisasi Blog



Salah satu komunitas blogger yang sangat membantu blogger melakukan monetisasi blog adalah IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis).


IIDN adalah komunitas khusus penulis perempuan. Banyak program yang dilakukan oleh IIDN untuk membantu permpuan mengoptimalkan skill menulisnya. 


Program-program yang diadakan oleh IIDN antara lain : 


💠 Program rutin di Facebook Group : #SeninSemangat, #SelasaBlog, #RabuBuku, #KamisKuis, #JumatFiksi dan #SabtuPUEBI.

💠 Kerjasama denga pihak lain dalam penulisan buku, kampaye digital ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kepenulisan.

💠 Membantu anggota IIDN untuk menerbitkan buku, baik buku solo maupun antologi. 


IIDN membantu blogger melelakukan monetisasi dengan cara menggelar webinar series yang bekerjasama dengan IM3 Ooredoo. 


Webinar series ini diadakan mulai tanggal 25 Agustus hingga 3 Oktober 2020.  Webinar sepanjang 25 episode ini menjadi peran nyata IIDN dalam membantu blogger melakukan monetisasi.


Tema-tema yang dibahas di webinar sangat menarik, mulai dari menulis konten untuk pemula hingga ilmu-ilmu lain yang sangat membantu mengoptimalkan peluang blog seperti desain, public speaking hingga teknik SEO. 


Selain mengikuti webinar, peserta juga bisa mengikuti lomba blog IM3 Ooredoo X IIDN. Hadiah lombanya sampai 7 juta rupiah lho teman-teman. Menarik sekali bukan?  


Monetisasi Blog



Semoga artikel ini membantu teman-teman untuk bisa melakukan monetisasi blog ya. Biar teman-teman semakin optimal ngeblognya. 


Jangan lupa untuk sharing pengalaman monetisasi blog yang sudah teman-teman lakukan di kolom komentar ya....


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging.


  • Share:

You Might Also Like

73 comments

  1. Sebagai new blogger informasi ini sangat bermanfaat sekali nih apalagi di dukung im3ooredoo dan juga komunitas iidn jadi bersinambungan satu ke lainnya sehingga blogger yg optimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, alhamdulillah jika bermanfaat :)
      yes, IM3 Ooredoo bikin blog makin lancar

      Delete
  2. alhamdulillah banget gak salah aku tahun 2016 memutuskan untuk monetasi blog, manfaatnya luarbiasa buat aku dan keluarga dari segi penghasilan

    ReplyDelete
  3. Ooo perlu ya dibuat laman kerjasama. Saya malah ga kepikiran. Iya juga ya, jadi kita bisa takar ratecard dr beberapa brand yang kita ikutim

    ReplyDelete
  4. Banyak cara monetisasi ya. Kalau kita bersungguh-sungguh semuanya bisa kita jalani ya. Lumayan banget.

    ReplyDelete
  5. Aku sampe sekarang ga berani targetin karena bingung juga yaa kalo ga dapet trus gimana, hahah.. akhirnya ngalir aja dan buat konten yang bagus (semoga). bersyukur sampai sekarang asal aktif terus sih pasti ada aja yang nyantol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mengalir dengan terus optimalisasi ya mbak

      Delete
  6. Yeayy, tinggal ikuti 14 langkah di atas. Insya Allah kita bisa mulai melakukan monetisasi blog yaa kak. Bagus banget nih diterapkan.

    ReplyDelete
  7. Ini dia ilmu yang lagi aku cari tentang blog dan sosmed. Lengkap bgt sampe puas aku bacanya

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget nih infonyaaa

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya utk monetisasi blog. Nah sebagai blogger perlu belajar juga ya hal-hal teknis (Teknikal Skill), ini yang bikin aku pusing haha. Kalau blog ada error, langsung deh bingung sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya, sama
      kadang masalah teknikal bikin pusing

      Delete
  10. Mantap sekali kalo hobi bisa juga menghasilkan bala-bala yes.
    Tipsnya bagus banget diterapkan nih.
    Selain itu untuk jadi bloger memang diperlukan sinyal internet yang kencang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,
      klo urusan sinyal serahkan ke IM3 Ooredoo saja biar makin lancar ngeblognya

      Delete
  11. Wah tema workshopnya bagus banget ini tentang monetisasi blog, setuju banget deh dengan niche blog dan yang penting sih kalau menurutku tuh konsisten menulis. Kadang aku selum tentu nih seminggu bisa 2-3 tulisan, kalau pandemi gini emang yang terpenting kuota internet itu aman.

    ReplyDelete
  12. Langsung inget laman Kerjasama ku yang belum kud update juga hahaha. Padhal penting ya mbak untuk nambah porto folio kita sebagai blogger. Apalagi blogger dan internet tidak bisa dipisahkan ya, 3 juta orang jadi blogger wowh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ayo di update..
      iya, internet ini kebutuhan utama buat blogging..
      klo pake IM3 Ooredoo makin lancar lah ngeblognya

      Delete
  13. Mantap, saya mesti siap2in laman kerjasama, cari potensi, ngembangin konten. Kadang kalau baca begini malu sendiri ngaku blogger hehehe

    ReplyDelete
  14. Lengkap banget mba tips nya.. berguna bnget buat blogger yang pengen ngembangin blognya buat mencari penghasilan tambahan.

    ReplyDelete
  15. Sangat bermanfaat nih mbak, kepengen juga bisa dapat penghasilan yang lumayan dari blog... Masih selalu belajar buat optimasi biar blog dan tulisan-tulisan memang layak buat monetasi

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, banyak sekali jalan unyuk mendapatkan penghasilan lewat blog. Aku pengguna IM3 Ooredoo udah lama banget

    ReplyDelete
  17. Cocok banget pekerjaan menulis blog itu untuk ibu ibu di masa Pandemi gini, gak harus keluar rumah

    ReplyDelete
  18. Saya msh blm konsisten nulis nih sok sibuk ini itu. Yg sy suka dr indosat kuotanya lbh murah hehhe jd enak klp internetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, terus konsisten nulisnya...
      ya IM3 Ooredoo ini sinyal kuat tapi harga bersahabat

      Delete
  19. Happy banget ya kalau bisa menghasilkan dari blog. Menulis sesuai passion dan mendapatkan potensi penghasilan tambahan. Ada yang bilang, pekerjaan yg menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, emang paling enak itu hobi yang dibayar

      Delete
  20. Makasih tipsnya nih. Aku sekitar 1 tahun ini lbh sdikit nerima job krn mau fokus sm si kecil di rumah n mau lbh ke tulisan organik. Krn proses aku melompat nih. Branding n audience blm maksimal tp udah ke networking. Jd mmg hrs perbaiki dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ayo mbak, terus semangat monetisasi blognya

      Delete
  21. banyak yang bisa kita lakukan dengan blog ya mbaaa,,,, yang penting semangat terus memberi yang terbaik dan mendapat banyak manfaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak..
      yes harus terus berusaha monetisasi

      Delete
  22. Makasih ya Mbak seringnya ada beberapa hal yang perlu aku tambahkan dari yang telah aku lakukan selama ini dalam mengelola blog

    ReplyDelete
  23. Mulai di ceklist lagi niih...mana yang sudah dilakukan dan belum dilakukan.
    Serunya iku webinar IIDN.
    Ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  24. Tipsnya bagus banget. Jujur bagiku susah menerapkan semuanya karena dari awal aku ngeblog buat ngisi waktu luang doang

    ReplyDelete
  25. Technicall skill ini mau gak mau mesti dimiliki juga ya Mbak, ilmu ngoprek blog dikit2 hrs bs. Nice share, Mbak Dee sayangkuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ayuk makin semangat monetisasi blognya bu dosen kesayangan

      Delete
  26. wah itu semua emang harus dimiliki oleh blogger yang memang mau memperoleh pendapatan dari blognya. memang nggak mudah yaa hihi kalo mau mudah ya duduk diem aja :)) at least semua itu bisa dipelajari :D

    ReplyDelete
  27. Siapa sangka yaa dari menulis di blog, kita pun bisa menghasilkan rupiah. Istilahnya apa tuh, hobi yang dibayar.

    ReplyDelete
  28. Makin ke sini makin banyak orang yang mulai sadar kalo blog bisa jadi kesempatan bagus untuk investasi jangka panjang kalau ditekuni dengan baik. Cara2 tersebut udah pasti ngebantu banget dan patut diaplikasikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makin banyak yang harus dilakukan ya mbak

      Delete
  29. betul mba kita harus berjejaring, saya ikut komunitas blog baru baru ini dan dapat banyak teman juga ilmu yang saya dapat :)

    ReplyDelete
  30. Kalau emang tertarikgtertarik dengan blog dan ingin jadikan memonetize nya emang harus bisa lakukan langkah-langkah ini, kalau diseriusi, yakin deh blog ini bisa mendatangkan rejeki tersendiri buat kita, yang penting konsisten tuk isi konten dengan baik, tak lupa juga ikut komunitas-komunitas yang bisa menunjang performa ngeblog kita seperti IIDN yang keren ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus rajin monetisasi..
      yes, IIDN bantu optimalkan blogging

      Delete
  31. Banyak yang mengira menjadi blogger itu mudah dan cepat. Padahal butuh proses dan banyak hal yang harus dilatih untuk mejadi blogger yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus banyak usaha yg dilakukan
      termasuk monetisasi

      Delete
  32. Butuh proses dan ketekunan untuk punya penghasilan dari blog.

    ReplyDelete
  33. rajin nulis dan rajin ikutan kelas blog supaya wawasan kita semakin luas. supaya blog bisa dijadikan ladang pekerjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rajin menghasilkan konten yang berkualitas

      Delete
  34. Awal ngeblog pas jaman kuliah sekitar tahun 2010.. dan emang pada waktu itu blogger masih jarang dilirik sama brand. Penghasilan utama blogger ya dari adsense. Kalau sekarang adsense bukan yang utama, asal konsisten dan menerapkan tips di atas, insya Allah penghasilan sebagai blogger bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, sudah satu dekade ya mbak..
      aku baru 3 tahun ini

      Delete
  35. Wuaah banyak ya Mbak. Banyak juga ccara monetisasi blog. Rangkaian webinar kemarin bener bener lengkap menurutku, aku ikut beberapa :D sayangnya ada beberapa yang kelewatan ngga daftar, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, banyakkk
      iya materinya kece-kece
      mendukung optimalkan blogging

      Delete
  36. Pertama kali punya blog langsung berpikiran untuk monetisasi mbak, jadi sampai sekarang sudah berpenghasilan melalui blog.

    ReplyDelete
  37. Tulisannya lengkap banget, sudah merangkum apa yg kudu dilakukan seorang blogger utk blogpost nya.

    ReplyDelete