Membangun Zona Passion di Hexagon City IIP Bunda Produktif

By Dee_Arif - October 20, 2020

 

Institut Ibu Profesional


Setelah libur sepekan, saya kembali menulis jurnal di perkuliahan Bunda produktif. Pekan ini menjadi lebih seru dan menarik. Passion menjadi topik utama. Hmm bicara passion memang sangat menarik ya. Pasti akan selalu berbinar bila membicarakan apa yang kita sukai. 



Okey sebelum membahas passion, saya mau cerita dulu tentang tetangga-tetangga saya di Co-Housing 6 ya. 



Berkenalan dengan Tetangga Co-Housing 6 Kepenulisan


Institut Ibu Profesional



Tak kenal maka kenalan, hehe. Namanya tetangga ya harus saling mengenal toh. Maka sepekan kemarin wag Co-Housing Kepenulisan riuh dengan masa orientasi. 


Sesi pertama perkenalan dilakukan oleh our beloved lead, mbak Helena. Sebenarnya saya sudah sering mendengar nama mbak Helena. Maklum kami sama-sama blogger, sering bertemu melalui silaturahmi virtual alias blogwalking. 

Mbak Helena ini sudah sejak tahun 2016 ngeblognya. Wah klo gitu hormat pada sunbae ni. Secara saya anak baru di dunia blogging. Buat mbak Helena, ngeblog tu buat curhat. Curhat yang menghasilkan cuan tentunya, hehehe.

Selain mbak Helena, ini adalah tetangga-tetangga saya lainnya : 


1. Mbak Geta di Qata yang aktif menulis antologi dan proses merampungkan buku solo yang bercerita tentang pengalaman selama tinggal di Qatar, wah saya jadi penasaran. Semoga project buku solonya segera rampung.  


2. Mbak Thika di Jakarta yang womanpreneur dan makin produktif berkarya selama pandemi. Mbak Thika ini pintar memotivasi juga ahli menempatkan right man on the right place.


3. Mbak Lintang di Malang yang suka dengan dunia parenting dan bebikinan. Sudah pengalaman dalam menghandle antologi. 


4. Mbak Noura di Lampung yang puitis romantis. Suka bikin puisi yang bisa buat orang termehek-mehek, hehe.


5. Mbak Ninis di Surabaya yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19. Tapi tetap menyempatkan diri untuk bebikinan denga dua buah hatinya.


6. Mbak Nurul Ku di Pekalongan, pegawai negeri yang suka nulis. Punya banyak karya antologi dan menulis opini di media massa.


7. Mbak Uji di Makassar yang suka dunia anak dan sains. Impiannya menyampaikan sains (biologi) pada anak-anak dengan lebih mudah lewat buku.


8. Mbak Zaki di Yogyakarta yang menjadi pioner di RB Literasi. Suka menulis tentang pengembangan diri di blog pribadinya. 


Kanvas Passion


Tugas pekan ini yaitu mengisi kanvas passion atau passion canvas dengan template. Passion saya di bidang kepenulisan. 

Kalau ditanya sejak kapan suka menulis? Ya, sejak kecil. Saat masih SD saya suka menulis buku harian, puisi dan cerpen. Tapi kalau ditanya mulai kapan menulis sebagai profesi, ya baru tiga tahun terakhir.

Tahun 2017 saya mulai menggeluti dunia blogging. Lalu di tahun 2018 saya menerbitkan buku solo. 

Agar semakin mendukung passion menulis saya, saya memerlukan beberapa hard skills. Yaitu kemampuan menulis non fiksi yang baik, SEO blog, optimasi sosial media, fotografi dan desain.

Sedangkan soft skills yang saya butuhkan adalah manajemen waktu, konsistensi, disiplin dan fokus. 


Institut Ibu Profesional



Tantangan yang saya hadapi saat ini adalah banyaknya tawaran yang datang. Mulai dari tawaran untuk segera menerbitkan buku solo lagi, pekerjaan blogging, menjadi content writer dan juga influencer di sosial media. Semua tawaran itu sangat menggiurkan, saya mengambil semuanya. Tetapi jatuh bangun memanjemen waktunya. Menulis buku sering dikalahkan, ah sedih..

Solusinya tentu saya harus menentukan skala prioritas. Buku atau blog, saya harus memilih salah satu dulu. Biar lebih fokus dan hasilnya memuaskan. 

Banyak ide menari di pikiran saya, beberapa ide sudah tertuangkan. Buku solo sudah hampir rampung, buku duet sedang berproses, antologi beres mengumpul naskah. Target terdekat, akhir tahun launching buku solo. Amin...

Agar bisa terus menulis saya bergabung dengan komunitas kepenulisan. Selain sebagai PJ Rumbel Literasi Sidomojo, saya juga bergabung di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional, IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) dan Grup Drakor & Literasi. 

Project to Nation CH 6 Kepenulisan: Antologi


Dari pertama berada di Co-housing kepenulisan, saya ingin berkolaborasi menghasilkan karya bersama. Selama Bunda Produktif harus menghasilkan karya bersama, mumpung punya tetangga yang passion-nya sama : Menulis!

Seiring dengan program dari pengurus yaitu "Project to Nation". Maka, selama pekan ini kami brainstorming mengenai bentuk kolaborasi yang akan kami buat. Hasilnya adalah  CH 6 Kepenulisan membuat antologi yang berisi tips menulis buku berbagai genre juga menulis blog. 

Setiap Hexagonia akan menyumbang isi buku sesuai pengalaman dan ilmu masing-masing. Mulai dari menulis fiksi sampai non fiksi, menulis blog sampai buku. Intinya, apapun yang berhubungan dengan passion menulis.

Jangka waktu pembuatan antologi ini sekitar 3 bulan dimulai minggu ketiga Oktober 2020.

Antologi ini semoga menjadi solusi atas tantangan yang dihadapi penulis maupun yang tertarik di bidang kepenulisan. Mulai dati kebingungan cari ide, kaidah menulis fiksi dan non-fiksi, juga mengelola blog dan beragam peluang kepenulisan akan dijawab di sini.

Mohon doanya ya, Hexagonia! Agar project ini lancar dan berkah. Amin...


#HexagonCity

#Hexagonia

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional




  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. mengerjakan sesuatu yg kita cinta memang menyenangkan ya Mb
    Passionate itu yg bikin kita makin bergairah.
    Ada semangat di sana :D

    ReplyDelete
  2. Keren banget komunitas Ibu Profesional ini.. benar-benar menggali potensi sejauh batas pata Ibu mampu berjuanh. Yang tadinya serasa nggak mungkin, ternyata mungkin setelah digembleng sama IP. Sayang aku belum sempat gabung. Seru banget kayaknya ya

    ReplyDelete
  3. Aku siap menunggu buku antologinya.. Butuh ilmu menulis juga selain menulis blog. Tapi ya kui Mbak, sama kayak Mbak Dian, aku jadi kurang fokus. hahhaha

    ReplyDelete
  4. Seru ya belajar di komunitas IIP, bisa menggali potensi yang dimiliki. Semangat untuk projectnya mbak, semoga antologinya cepet kelar 😁

    ReplyDelete
  5. Temen2 jadi supporting team ya mbak...keren amaaaat ini mah :)
    semoga lancar proyek2 menulisnya ya mbak :)
    suka banget ih lihat gambar2 ilustrasi di sini

    ReplyDelete
  6. Keren ya Mbak ... jadi memetakan diri sendiri, termasuk kemampuan yang dimiliki dan segala potensinya.

    ReplyDelete
  7. Saling berbagi ilmu di Institut Ibu Profesional, jadi saling menguatkan juga ya dalam mendidik anak. Masing-masing anggotanya punya potensi juga untuk berbagi ya

    ReplyDelete
  8. Kayaknya aku pernah gabung komunitas ibu profesional tapi luapa, atau jangan2 udh ga lagi ya hihihi. Hebat banget mbak Dian udh memiliki buku solo. Salut 🤩

    ReplyDelete
  9. Ini penghuni dan tetangga sama-sama keren semua, bisa saling menginspirasi dan memotivasi ya. Sukses untuk berkembangnya passion menulis bersama Institut Ibu Profesional

    ReplyDelete
  10. menjalankan sesuatu yang sesuai dengan passion itu memang menyenangkan, jadi ingat dulu itu passionku adalah bekerja di perusahaan media cetak dan enjoy banget kerja disana. Sampai akhirnya menemukan passion baru, fotografi karena pas sering dinas luar kota dan suka foto-foto.

    ReplyDelete
  11. Institut Ibu Profesional memang selalu membuat anggotanya maju dan berkembang ya mba..>Termasuk dalam upaya menemukan passion dan berkarya sesuai passion

    ReplyDelete
  12. Saya beberapa kali lihat postingan Hexagon City ini di media sosial teman-teman. Baru ngeh maksudnya setelah baca postingan ini. Jadi makin penasaran sama IIP nih, keren bener~

    ReplyDelete
  13. Projectnya banyak yaaa. Salut deh buat emak2 yang bertahan dengan kelas IP ini hehe. Semoga mulus jalannya nih menjadi ibu profesional terutama dalam manajemen waktunya baik itu ngurus kerjaan, RT, anak, maupun aktualisasi diri sendiri.

    ReplyDelete
  14. Aamiin nba. Semoga antologi ini lancar sukses ya mba. Senangnya bisa memberikan kontribusi positif ya

    ReplyDelete
  15. Senangnya...sudah berada di track yang tepat dan dikuatkan dengan berkomunitas bersama.
    Semoga semakin banyak karya yang menginspirasi para Ibu yaa, Di.
    Sukses selalu.

    ReplyDelete
  16. Seru banget mbk belajar bersama di Institut Ibu Profesional Bunda Ptoduktif. Sukses untuk antologinya mbk

    ReplyDelete
  17. Banyak teman yang ikut komunitas ini, mereka bagus manajemen waktunya, sudah ditempa di IIP ya..keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin manajemen waktu, kok aku baru ngeh ya kalau dulu sebelum gabung di IIP, manajemen waktunya emang kocar-kacir Mbak 😂

      Delete
  18. Kolaborasi ya mba, bener deh sekarang semangat kolaborasi itu bisa membuat kita tambah greget. Semoga proyek antologinya bisa mendukung dunia literasi tanah air. dan semoga makin banyak program Ibu Profesional yang bisa dirasakan semua anggota

    ReplyDelete
  19. Bicara soal passion kita sama ya, Mba. Kita suka menulis diawali dengan tulisan diary yaaa. Masa2 galau anak muda jaman dulu. Kagak ada sosmed, curhatnya ke diary. Xixixi.

    ReplyDelete
  20. Mbak, dirimu produktif banget nget nget lho. Takjub aku sama kegiatanmu. Aku baru ngblog tambah jualan daster aja udah kewalahan begini. Resep e apa Mbak? Kapan-kapan ditulis dong, resep strongnya.

    ReplyDelete
  21. keren banyak banget kegiatan..dan kelas yang diikuti, produktif banget. sukses untuk proyek antologinya ya..

    ReplyDelete
  22. Semoga tercapai semua targetnya, mba.
    Semangat dan terus produktif.

    ReplyDelete