Pengalaman Mengajar Kelas Edukasi Menyusui Secara Online

 

Kunci Sukses Menyusui


Kelas edukasi menyusui secara online dipilih menjadi jalan terbaik agar tetap bisa mengedukasi para ibu selama masa pandemi. Hari minggu kemarin saya berkesempatan menjadi pemateri pada acara SELAMI MENYUSUI 4. 


Konselor Menyusui


Sudah empat tahun terakhir saya menjadi seorang konselor menyusui. Konselor menyusui adalah profesional berpengalaman yang membantu ibu mengatasi kesulitan yang mungkin mereka alami saat menyusui. Konselor laktasi dapat membantu para calon ibu mempersiapkan mental dan fisik untuk menyusui.

Menyusui bukanlah sebuah proses yang mudah. Banyak faktor yang menjadi pendukung kesuksesan menyusui, diantaranya adanya informasi dan dukungan. 

Setiap ibu yang akan menyusui bayinya tentu harus memiliki informasi yang cukup seputar kegiatan menyusui. Mulai dari bagaimana posisi menyusui yang tepat, bagaimana cara meningkatkan produksi ASI hingga bagaimana bisa tetap memberikan ASI bila ibu tidak ada di samping bayi.


Baca Juga : Kunci Sukses Menyusui


Ibu menyusui juga butuh dukungan dari banyak pihak. Selain suami sebagai pendukung utama, ibu juga perlu dukungan dari profesional. Dukungan ini yang nanti bisa membantu ibu dalam mengatasi berbagai tantangan menyusui. Misalnya bila puting lecet, bagaimana jika bayi menolak menyusu dan tantangan-tantangan menyusui lainnya. 

Disinilah peran penting seorang konselor menyusuu. Konselor menyusui membantu ibu memberikan beragam informasi seputar menyusui yang valid. Konselor menyusui juga yang nantinya mendukung ibu bila mengalami kesulitan dan tantangan dalam proses menyusui.


SELAMI Menyusui 4


Kunci Sukses Menyusui
saya ketika menjadi pemateri dalam kelas edukasi menyusui


Selain menjadi konselor menyusui saya juga relawan di AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui) Cabang Jawa Timur. AIMI adalah sebuah organisasi nirlaba yang membantu para ibu agar sukses menyusui. 

Salah satu kegiatan rutin AIMI adalah mengadakan kelas edukasi. Ada dua jenis kelas edukasi, yaitu kelas edukasi menyusui dan kelas edukasi MPASI (Makanan Pendamping ASI). Kelas edukasi biasanya diadakan selama satu bulan sekali.


Kunci Sukses Menyusui
Panitia dan Peserta SELAMI 4 Berfoto Bersama

Masa pandemi seperti ini AIMI tidak mengadakan kelas edukasi menyusui dengan pertemuan tatap muka langsung. Kelas edukasi dilakukan secara online, dengan nama SELAMI (Sesi Online AIMI). SELAMI diadakan secara rutin setiap bulan. Biasanya diadakan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Setiap bulan akan ada AIMI pusta dan cabang yang bergiliran mengadakan SELAMI. Kebetulan hari minggu kemarin menjadi giliran AIMI Jawa Timur. Dan saya menjadi salah satu pematerinya. 


Kunci Sukses Menyusui
Saya Ketika Memperagakan Posisi Menyusui


SELAMI yang kami selenggarakan kemarin adalah SELAMI Menyusui 4. SELAMI Menyusui 4 ini membahas aneka macam tantangan menyusui, mulai dari puting lecet, payudara bengkak, nurshing strike hingga tips menyapih dengan kasih. 


Kunci Sukses Menyusui
saya ketika memperagakan pijat payudara


Baca Juga : Cara Memberikan ASI yang Benar


Pembahasan beragam tantangan menyusui ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti para ibu. Tetapi lebih untuk mempersiapkan para ibu agar siap menghadapi bermacam-macam tantangan tersebut. Jika memang mengalaminya, ibu akan sigap mengatasinya. 


Kunci Sukses Menyusui
saat menunukkan berbagai media pemberian ASIP


Persiapan Mengajar Online



Sebelum acara berlangsung saya melakukan berbagai persiapan, agar nanti bisa lancar dalam pelaksanaannya. Beberapa hal yang dipersiapkan sebelum acara adalah : 

a. Materi : 

Materi adalah hal pertama yang harus disiapkan. Kebetulan untuk slide materi sudah disediakan oleh AIMI Pusat. Saya tinggal membaca dan memahami materi dengan baik. Agar bisa lancar saat memberikan edukasi pada para ibu menyusui.

b. Simulasi Kelas : 

Bersama teman-teman lain yang juga bertugas di SELAMI 4, kami melakukan simulasi kelas. Simulasi kelas ini membantu kami agar nanti lebih siap dan lancar saat pelaksanaan acara. 

c. Peralatan Pendukung


Kunci Sukses Menyusui
Konseling KIt

Sebelum acara dimulai saya mempersiapkan peralatan pendukung yang dibutuhkan, yaitu konseling kit. Konseling kit adalah pearalatan yang biasa dibawa oleh konselor menyusui saat akan memberikan pendampingan pada ibu menyusui. Konseling kit terdiri dari boneka bayi, boneka payudara dan alat-alat pemberian ASIP (ASI Perah). 

Konseling kit ini akan saya butuhkan saat memperagakan berbagai posisi meyusui ataupun menjelaskan anatomi payudara hingga memperkenalkan beragam media pemberian ASIP.

d. Teknologi yang Mendukung 

Mengadakan kelas edukasi menyusui secara online tentu membutuhkan teknologi yang mendukung. Mulai dari laptop hingga jaringan internet. Sebelum kelas berlangsung saya sudah mempersiapkan laptop yang sudah terisi penuh dan meletakkan kabel charger disekitar laptop. Agar sewaktu-waktu bila dibutuhkan saya tak perlu mencari-cari lagi. 

Saya juga sudah memastikan jaringan internet di rumah sudah terkoneksi dengan baik. Tinggal berdoa semoga tetap lancar koneksinya saat kelas sedang berlangsung. 


Baca Juga : Tips Menyapih dengan Kasih


Kesan Mengajar Kelas Edukasi Secara Online

Saya memang sudah berkali-kali mengajar secara online saat pandemi. Saat pandemi saya beberapa kali menjadi narasumber di kelas-kelas online seputar kepenulisan dan parenting. Tetapi bila mengajar kelas edukasi menyusui adalah sebuah pengalaman pertama. 

Meski pengalaman pertama, kemarin saya bisa melaluinya dengan cukup baik. Ini semua juga berkat dukungan teman-teman AIMI Jawa Timur lainnya yang juga bertugas bersama saya kemarin. 

Semua materi bisa tersampaikan dengan baik. Semua pertanyaan juga sudah dijawab dengan baik. Para peserta juga antusias mengikuti kelas. Alhamdulillah.

Ini menjadi pengalaman berharga bagi saya. Saya berharap bisa berkesempatan kembali mengisi acara SELAMI berikutnya. Dan semoga peserta bisa terbantu dengan pelaksanaan SELAMI ini.

Semoga semakin banyak ibu yang berhasil menyusui bayinya. Srmoga semakin banyak bayi yang mendapatkan ASI. Sebab ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. 

Comments

  1. Wah,Keren banget Mbak..Alhamdulillah bisa berbagi ilmu pada para Ibu tentang ASI khususnya proses menyusui ya...Senangnya kini edukasi menyusui juga bisa diadakan secara online kelasnya...Semoga sukses dan berkah ilmunya ya. Bermanfaat dan memotivasi para Busui untuk terus semangat mengASIhi putra-putri

    ReplyDelete
  2. Masyaallah. Senangnya tetap bisa mengedukasi secara online, ya. Semoga semakin banyak yang tercerahkan.

    ReplyDelete
  3. Masyaallah inspiratif sekali mbak. jadi teringat moment "belajar" menyusui kurang lebih 2,5 tahun yang lalu. rasanya pengen nangis darah, puting lecet, stress, capek juga dg pekerjaan rumah dan sikon yang nggak mendukung. Next kl pnya anak lagi memang harus ke konselor laktasi kl ada masalah ya mbak, biar nggak nambah stress :)

    ReplyDelete
  4. Keren banget mba, di kantor pas awal lahiran pernah nge-datengin konselor ASI juga...Luar biasa dedikasinya untuk mengedukASI ibu-ibu agar tetap semangan mengASIhi

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat jaman dulu sebelum lahiran anakku terus aku ikutan kelas menyusui dan beli beberapa buku bacaan tentang ASI. Alhamdulillah dulu bisa ASI selama 1 tahun 8 bulan karena aku sempat DBD waktu itu dan sudah tidak ASI lagi pas aku sakit.

    ReplyDelete
  6. SELAMI ini dari AIMI ternyata ya mbak, Waktu aku menyusui juga belajar banyak informasinya jdai AIMI nih. Alhamdulillah bisa lulus ASI Exclusive trus dilanjut sampai 2 tahun.
    Berbagi lewat kelas edukasi online supaya para ibu lebih tau ilmu menyusui

    ReplyDelete
  7. Salut deh sama mbak Dian ini. Bisa ngajarin edukasi ASI secara online. Propertinya juga keren ada bokea, dll. Jadi yang melihatnya juga lebih mengerti. Ide yang mantap banget :) Aku dulu menyusui anak2ku juga sampai 2 tahun alhamdulillaah :)

    ReplyDelete
  8. Yeay keren. Makin hari perkembangan teknologi semakin lama dikembangkan akan semakin bermanfaat. Nggak kepikiran awalnya pasti bisa memberikan pelajar menyusui melalui online seperti ini ya

    ReplyDelete
  9. Wuih keren banget mbak, alhamdulillah lancar ya, semoga ilmunya berkah untuk semua :)

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah dapat ilmu dari kelas edukasi menyusui online, bekal seperti ini dibutuhkan oleh semua ibu supaya mengASIhi anak bisa lancar

    ReplyDelete
  11. Mbak Dian banyak banget kegiatannya. Nulis gencer tapi masih berbagi ilmu di mana-mana. Btw, untuk menjadi konselor laktasi itu apakah ada pendidikan khusus ya Mbak?

    ReplyDelete
  12. Wah seru ya jd konselor. Eh kalau gak pandemi berarti ke rumah2 gtu ya mbak kasi konsultasinya?
    Sekarang makin gampamg mendapatkan ilmu menyusui bahkan lewat vcall sekalipun ya. Penting soalnya menyusui itu susah buat sebagian org.

    ReplyDelete
  13. Keren, Mbak Dian. Di masa pandemi gini tetap bisa berbagi ilmu tentang laktasi. Konselor laktasi gini biasanya buka praktik atau datang ke rumah-rumah kalau ada panggilan, Mbak?

    ReplyDelete
  14. Jadi inget waktu hamil anak pertama dulu, pas makan di warung dikasih kartu nama aimi. Mungkin maksudnya biar bergabung. Hehe. Terus aku join di grup fbnya.

    ReplyDelete
  15. semangat menebar kebaikan ya mbak, justru mungkin kalo online gini lebih enak daripada ketemu langsung karena yang jauh-jauh dan sulit hadir event offline tetep bisa ikut. semoga aimi makin sukses mengedukasi para ibu

    ReplyDelete
  16. Teknologi memudahkan proses edukasi ya mbak...semoga semakin banyak yang mendapatkan edukasi tentang menyusui ini ya...

    ReplyDelete
  17. Ibu menyusui bisa belajar dari rumah lewat kelas online ini, Mbak.
    Kalau aku waktu melahirkan anak kedua barulah diajari menyusui yang benar di RS. Alhamdulillah membantu banget kelancaran menyusui.

    ReplyDelete
  18. Mbkk keren banget. Aku pernah denger ada kelas online menyusui, ternyata ada beneran ya. Ilmu menyusui ini penting sekali, sekarang semua dipermudah ya. Banyak kelas online yang sangat menarik

    ReplyDelete
  19. Wuih keren banget. Pastinya ya, pengetahuan tentang edukasi menyusui ini penting banget. Jadinya walopun gak bisa secara tatap muka, edukasinya bisa dilakukan secara online. Aku nih, 4 kali menyusui pun, selalu aja panikan. Dulu gak kenal dengan konselor ASI.

    ReplyDelete
  20. Barakallahu fiik, Di..
    Senangnya bisa berbagi dan saling memberi semangat kepada para ibu-ibu menyusui dari seluruh Indonesia.
    Bersama SELAMI AIMI, sukses selalu.

    ReplyDelete
  21. Barokallah, Mak Di.
    Karena sudah lama belum punya bayi lagi, jadi agak kuper dengan istilah-istilah laktasi seperti SELAMI AIMI.

    Senangnya jadi Mom zaman sekarang ya, banyak materi "bergizi",tinggal pilih.
    Online atau offline.

    ReplyDelete
  22. Untung kemajuan teknologi memudahkan ya mbak...jadi tetap.bisa mengajar meskipun dari rumah. Banyak tabungan pahala ini mbak, mengajari dan memotivasi ibu2 untuk semangat mengASIhi buah hati. Saluut...

    ReplyDelete

  23. It is very important for mothers to know this because today many mothers try to give breast milk to their children. even the artists do that because it is very important

    ReplyDelete
  24. MasyaAllah mba, luar biasa kamu
    Aku mau ikutan kapan-kapan songm belajar ajdi calon ibu yang baik

    ReplyDelete
  25. Kerennnn banget sih mbak, btw itu peralatannya mendukung banget buat simulasi ya mbak

    ReplyDelete

Post a Comment