Habit to Nation: Membangun Habit di Hexagon City IIP Bunda Produktif

By Dee_Arif - November 10, 2020

Bunda Produktif

Saat ini perkuliahan Bunda Produktif sudah masuk ke zona H di Hexagon City. Saat ini tiba bagi kami untuk membangun habit yang bisa memperkuat karakter dalam menjalankan #ProjekPassion Mahir Menulis Apapun. Saya penasaran, apakah H itu untuk Habit?Entah. Lalu, habit apa yang dipilih? Bagaimana pengalaman menerapkan habit selama dua pekan? Baca terus cerita saya ya....

Pertama-tama, sebelum menentukan habit, ada baiknya untuk selalu mengingat goalss yang telah ditentukan. Mengingat goals atau tujuan ini penting lho,  supaya tetap on-track menjalani project selama 5 bulan ke depan.

Bunda Produktif


Dari timeline, kami di Co Housing 6 membreakdown menjadi milestone. Zona H kali ini masih berfokus pada milestone 1. Ya, step by step. 


Bunda Produktif


Di milestone 1 yaitu menulis naskah selama bulan November 2020, ada lima habit yang diperlukan (sticky notes kuning), penghambat/blockers (stikcy notes merah muda), dan solusi untuk memecahkan penghambat (sticky notes oranye).


Bunda Produktif


Baca Juga : Membangun Zona Passion di Hexagon City IIP Bunda Produktif


Bunda Produktif


Dari lima habit di atas, masing-masing Hexagonia memilih habit yang ingin dijalani selama milestone 1. Saya memilih untuk konsisten sebagai habit yang ingin dilatih. Saya melatih konsisten dengan rutin mematuhi jadwal harian dan to do list. Ini penting agar saya bisa tetap fokus dan mindfull menjalani semua kegiatan saya. 

Bunda Produktif


Selama dua minggu ini saya membuat jadwal harian dan to do list. Agar tidak melewatkan agenda penting, termasuk jadwal diskusi rutin di Co Housing dan perkuliahan Bunda Produktif. 

Saya juga konsiten mencari referensi tema menulis saya untuk proyek antologi Co Housing kami. Saya membaca buku setiap harinya minimal 15 menit. Membaca buku adalah bagian yang tidak boleh dilupakan oleh penulis. Bagaimana bisa menulis bila tak pernah membaca? 

Saya juga membuat target bulanan. Saya harus membagi waktu antara menulis buku dan menjadi blogger. Diluar tugas utama sebagai ibu tentunya. 

Baca Juga : Memupuk Kegemaran Membaca Bersama KLIP Reading Habit Tracker

Saat ini saya berusaha agar bisa tetap rutin ngeblog dan menyelesaikan proyek antologi bersama para tetangga di Co Housing. Pun berusaha agar buku solo saya bisa selesai akhir bulan ini.

Saya senang mengikuti kuliah Bunda Produktif ini. Bersama para tetangga, saya menjadi senang dan makin bersemangat untuk semakin produktif dengan menulis. Kami bisa saling berbagi, mendukung juga curhat. Ini membuat saya menjadi tidak sendiri dalam menjalankan project di Bunda Produktif. Terima kasih, tetanggaku tercinta!

#HexagonCity

#Hexagonia

#HabittoNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional


  • Share:

You Might Also Like

0 comments