Selamat Hari Pahlawan 2020 : Begini Peringatan Hari Pahlawan di Masa Pandemi COVID -19

By Dee_Arif - November 11, 2020

Hari Pahlawan

Peringatan hari pahlawan tahun ini sungguh berbeda. Jika biasanya hari pahlawan diisi dengan pawai teatrikal ataupun iring-iringan karnaval, kini sunyi. Tak ada kemeriahan merayakan hari yang sangat historis ini. 

Pandemi COVID - 19 sejak Maret lalu memaksa kita semua untuk saling menjaga jarak. Membatasi aktivitas di luar rumah. Tak hanya work form home, anak-anak pun sudah 8 bulan sekolah dari rumah. 

Ini membuat hari pahlawan tak lagi dirayakan sebagaimana biasanya. Seperti hal nya kondisi new normal yang menuntut kita beradaptasi dengan pola kehidupam baru, peringatan hari pahlawan pun beradaptasi. Tahun ini, hari pahlawan dirayakan dengan cara baru!

Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Kemarin, 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Peringatan hari pahlawan ini begitu spesial bagi saya yang merupakan arek suroboyo asli. Sejarah hari pahlawan ini tidak bisa dilepaskan dari kota Surabaya. 

Kala itu, pasukan sekutu marah besar! Jenderal mereka ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Brigadir Jenderal A.W.S Mallaby tewas tertembak peluru dari seorang pemuda Indonesia yang sampai saat ini tidak diketahui identitasnya. 

Ini tentu membuat sekutu marah besar. Tentara sekutu mengeluarkan ultimatum bahwa semua rakyat Surabaya harus menyerahkan senjata yang dimiliki. Kalau tidak, Surabaya akan digempur dari darat, laut dan udara. 

Lalu bagaimana sikap rakyat Surabaya terhadap ultimatum ini? Pidato Bung Tomo yang sangat heroik, membuat arek suroboyo dengan tegas menolak ultimatum ini. Mereka menantang sekutu! Pecahlah pertempuran 10 November 1945. Sekutu memborbardir Surabaya dari segala arah. Pasukan Surabaya kalah total! Meski begitu keberanian arek-arek suroboyo ini layak diapresiasi. Inilah yang akhirnya membuat 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Dan Surabaya pun dijuluki sebagai kota pahlawan. 

Peringatan Hari Pahlawan di Masa Pandemi COVID - 19

Tahun ini meski tak semarak sebagaimana biasanya, peringatan hari pahlawan tetap dilakukan. Sekolah anak-anak punya cara tersendiri untuk memperingati hari pahlwan. 

Beberapa kegiatan yang dilakukan sekolah untuk memperingati hari pahlawan antara lain : 

1. Lomba Foto Mirip Pahlawan

Tahun ini adalah perayaan hari pahlawan pertama bagi Aluna. Maklum baru tahun ini dia masuk sekolah. Sekolah TK Aluna mengadakan lomba foto mirip pahlawan untuk memperingati hari pahlawan.

Kami pun mendandani Aluna seperti Laksamana Malahayati. Pahlawan perempuan dari Aceh. Keumalahayati adalah nama aslinya. Dia mendapat gelar Laksamana karena keberaniannya memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal. 

Hari Pahlawan


Sengaja memilih Laksamana Malahayati agar menambah pengetahuan anak-anak bahwa banyak pahlawan perempuan yang bisa diteladani. Laksamana Malahayati mungkin tak setenar R.A Kartini ataupun Cut Nyak Dien, tapi keberaniannya patut dikagumi. 

Selain itu, harapannya Aluna bisa meneladani sikap Laksamana Malahayati. Bahwa menjadi perempuan juga bisa berani dan mampu memimpin. 

2. Perayaan Hari Pahlawan Secara Virtual 

Bagaimana dengan sekolah Chacha? Sekolah Chacha memperingati perayaan hari pahlawan secara virtual. Anak-anak diwajibkan  menyaksikan peringatan hari pahlawan dengan aplikasi Zoom. 

Hari Pahlawan

Beragam acara digelar, mulai dari menyanyikan lagu nasional, pembacaan puisi hingga doa bersama untuk para pahlawan. Ah, rasanya tetap khidmad meski dilakukan secara virtual. 

3. Kampanye Twibbon

Ternyata selain menggelar peringatan secara virtual, sekolah Chacha juga memeriahkan hari pahlawan dengan kampanye twibbon. Twibbon memang lagi viral akhir-akhir ini.

Anak-anak diminta memasang fotonya pada twibbon yang dibuat oleh sekolah. Tak ada aturan fotonya seperti apa. Namun kebanyakan teman-teman Chacha mengirim foto menggunakan pakaian profesi. Ada yang jadi tentara, dokter , polisi dan lain-lain.

Melihat ini saya jadi bingung. Maklum pemberitahuan foto twibbon ini mendadak. Setelah anak-anak mengikuti zoom, baru ada kabar ini. Duh, kami belum sempat sewa baju profesi!

Hari Pahlawan

Beruntung Chacha bersedia berdandan seperti adiknya juga. Dia ingin foto ala Laksamana Malahayati. Dia bosan kalau tiap hari pahlawan pakai baju profesi terus. Dulu di TK  dan kelas 1 selalu pakai baju profesi buat pawai hari pahlawan. 

Tahun ini dia mau yang beda. Mau jadi pahlawan kemerdekaan. Alhamdulillah, kami tak perlu repot-repot cari baju profesi.

Makna Memperingati Hari Pahlawan

Peringatan hari pahlawan bagi anak-anak bukanlah untuk seremonial saja. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari peringatan tahunan ini. 

Di hari pahlawan anak-anak bisa dikenalkan pada pahlawan-pahlawan yang sudah berjuang untuk bangsanya. Sebagaimana kami mengenalkan anak-anak pada Laksamana Malahayati. 

Selain untuk mengenang jasa pahlawan, peringatan hari pahlawan juga bisa menjadi momentum bagi anak-anak untuk meneladani sikap para pahlawan. Meladani keberanian dan jiwa rela berkorban para pahlawan tentu akan membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang mulia. 

Terakhir, tentunya peringatan hari pahlawan ini diharapkan mampu memupuk rasa nasionalisme anak-anak. Agar kelak mereka bisa menjadi pahlawan bagi bangsanya, berperan aktif bagi kemajuan bangsa. 

Ternyata, pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang peringatan hari pahlawan. Perayaan tetap bisa dilakukan dengan khidmad meski secara virtual. 

Sekian cerita  tentang peringatan hari pahlawan tahun ini  Bagaimana dengan teman-teman, adakah cerita menarik tentang perayaan hari pahlawan tahun ini? Ceritakan di kolom komentar ya....


  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. MasyaAllah, keren sekalii. Meskipun nggak bisa memperingati hari Pahlawan langsung di sekolah tapi tetap nggak mengurangi semangat untuk mengenalkan pahlawan sama anak-anak

    ReplyDelete
  2. wah lomba fotonya cakeep, yah.. pose dan ekspresinya juara hihi ya gitu dong masa sekolah2 tuh kalo hari pahlawan mestii berbaju lorek2 ijo item gitu, bosyeen :D

    ReplyDelete
  3. Penting banget ini memupuk rasa nasionalisme pada anak dengan mengikutsertakan dalam lomba mirip pahlawan ya.
    Di tempatku adem ayem saja,palingan yang ramai di WAG Media mensosialisasikan tema Pahlawan Sepanjang Masa.
    Selamat Hari Pahlawan yaa..

    ReplyDelete
  4. Tadi kirain pahlawan wanitanya Cut Nyak Dien ternyata beda ya. Tapi sekilas mirip. Selamat hari pahlawan, semoga semangat para pahlawan menginspirasi kita semua..

    ReplyDelete
  5. Iya ya Mba tahun ini sedih juga karena perayaan Hari pahlawan tidak semeriah biasanya. anak-anak biasanya di sekolah ada pawai keliling namun sekarang cukup diam di rumah saja karena masih tidak dianjurkan untuk ke mana-mana. Semoga tahun depan kita bisa kembali merasakan semaraknya Hari pahlawan.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah gemes banget Aluna... tetap semangat memperingati hari pahlawan secara virtual ya

    ReplyDelete
  7. Yg lomba mirip pahlawan nasional, itu idenya keren banget. Bisa ditiru oleh yg lain ya untuk meramaikan acara Hari Pahlawan ini

    ReplyDelete
  8. Penting ya memupuk rasa nasionalisme sejak dini ke anak supaya mereka lebih cinta sama Indonesia

    ReplyDelete

  9. Creative ideas, yes, can give children new experiences and new inspiration

    ReplyDelete
  10. Wuih keren nih cara merayakannya. Itu yang lomba foto mirip pahlawan keren banget. Pastinya ya, di masa pandemi kayak sekarang, lombanya dilakukan online. Tapinya tetap, gak bikin kehilangan makna Hari Pahlawannya sendiri ya.

    ReplyDelete
  11. Iya, sekarang perayaannya pun virtual ya Mbak, unik banget lomba foto mirip pahlawan..keren dek kayak Laksamana Malahayati..

    ReplyDelete
  12. Syukurlah ya, Mbak pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang peringatan hari pahlawan. Perayaan tetap bisa dilakukan dengan khidmad meski secara virtual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. harus tetap kreatif meski di masa pandemi seperti ini. Semoga semangat kepahlawanan senantiasa mengalir di diri kita dan generasi muda yaa mbak.

      Delete
  13. Anakku belum sekolah. Kalo udah sekolah pasti seru ya Ada perayaan begini Mbak. Udah lama ngga ngerayain Gini hihi

    ReplyDelete
  14. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Karena itu maka pandemi tidak menyurutkan semangat untuk tetap bisa memperingati hari Pahlawan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi.

    ReplyDelete
  15. Waah serunya peringatan Hari pahlawan vesi mba Chacha.. baru tau juga dong ada pahlawan wanita Laksmana Malahayati (kelihatan ya kudetnya aku :')) di sekolah Yaya malah santai selow aja ga ada apa2 :(

    ReplyDelete
  16. Wah, seru ya sekolahnya tetap mengadakan peringatan Hari Pahlawan secara virtual. Sekolah anak-anak upacara doang hehehe.

    ReplyDelete
  17. Kreatif ya..jadi anak-anak tetap merasakan kemeriahan hari pahlawan. Keren lho, mirip dengan laksamana malahayati..

    ReplyDelete
  18. Wuahh seru yaa mbak. Meski sedang di masa pandemi, tetap bisa merayakan hari pahlawan dengan cara yang kreatif.

    ReplyDelete
  19. Jas merah : jangan sampai melupakan sejarah. Betul sekali mba, peringatan Hari Pahlawan tak semata-mata urusan seremonial. Ada banyak hal di balik peringatan tersebut yang bermanfaat untuk anak-anak kita. Yang terutama tentang pengenalan sejarah dan rasa bangga pada negaranya.

    ReplyDelete
  20. Seneng bngt bisa mengajarkan anak2 juga ya memperingati hari pahlawan secara virtual sehingga bisa menanamkan jiwa patriotisme pada anak2

    ReplyDelete
  21. Aku belum mengenalkan Hari Palawan ke anakku nih. Kemarin ga ada perayaan apa-apa. Tulisan ini jadi inspirasi buat memperkenalkan Hari Pahlawan ke anakku tahun depan :)

    ReplyDelete
  22. Senang sekali melihat anak-anak aktif mempelajari dan meneladani para pejuang.
    Semoga para pejuang yang telah gugur diberi kelapangan kubur dan in syaa Allah husnul khatimah.

    Selamat Hari Pahlawan, Aluna dan Chacha.
    Merdeka!

    ReplyDelete
  23. Lomba mirip pahlawan...unik tuh..lucu. semoga dengan memperingati hari pahlawan..anak2 jafi paham bahwa memperjuangkan kemerdekaan itu tidak mudah..dan menghargaina..

    ReplyDelete
  24. Bagi saya makna pahlawan di kondisi saat ini yaitu orang-orang yang patuh memakai masker dan menerapkan protokol kesehatannya. Membela kesehatan diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  25. Seru banget ya kak yang lomba mirip pahlawan itu anak-anak lebih kreatif dan juga merasa bangga menjadi bagian dari Indonesia

    ReplyDelete
  26. seru juga kalo di kampung saya ada lomba menyerupai para pahlawan.. sayangnya ga ada ide ke situ di sini hehehe

    ReplyDelete
  27. Memberikan pengertian makna hari pahlawan pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Mereka akan selalu ingat ya. Selamat hari pahlawan Aluna dan Cha

    ReplyDelete