Home Education Centre

Blog ini ditulis oleh Dian Kusumawardani, penulis buku "Ibuku adalah Sekolah Terbaikku". Praktisi home education yang aktif di beberapa komunitas parenting : Ibu Profesional, HEBAT dan RANGKUL. Blog ini akan membahas seputar Home Education. Mulai dari teori dan praktek. Juga berbagai tips tentang Home Education.

Catatan Perjalanan Xtra Miles di Hexagon City

Hexagon City

Dua pekan ini perjalanan perkuliahan Bunda Produktif sudah memasuki tahap X, alias Xtra Miles. Selama dua pekan ini kami diminta untuk melompat lebih tinggi. Artinya meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar tidak jalan di tempat. 

Meskipun saya merasa belum bisa melompat lebih tinggi, saya sudah bergerak. Setidaknya saya tetap berjalan meski tertatih, yang penting tidak jalan ditempat. 

Selama dua pekan ini kami diperkenalkan dengan 4 kuadran untuk mengetahui letak masing-masing aktivitas yang kami lakukan selama pelaksanaan project passion. 

Kuadran tersebut antara lain : Thankless (high effort, low impact), Fills in (low effort, low impact), Quick Wins (low effort, high impact), dan Major Project (high effort, high impact).

Baca Juga : Catatan Perjalanan Menjadi Hexagonia

Setiap aktivitas yang dilakukan dimasukkan ke dalam kuadran tersebut tergantung dari progress yang dimiliki. Namun posisi aktivitas tersebut tidak stagnan, melainkan sangat dinamis. Sebab bisa jadi saat ini aktivitas A berada di thankless. Namun dengan melakukan xtra miles, aktivitas tersebut bisa bergeser ke fills in atau pun quick wins. Tergantung dari progress yang dilakukan.

Dan ini adalah hasil matriks saya. 

Hexagon City

Setelah diskusi via zomm, kami semua warga CH 6 menggabungkan semua matriks kami. Dan ini adalah hasil gabungan dari matriks semua warga CH 6.

Hexagon City


Lalu sebagai bagian dari project passion, kami juga mengalami xtra miles dalam peluncuran antologi kami. Selama dua pekan ini kami mematangkan proses pembuatan buku antologi kami yang berjudul Mahir Menulis Apapun. Mulai dari final editing, pembuatan sampul, hingga yang paling seru adalah saat harus promosi bareng di hexamarket 12.12.

Hexagon City


Baca Juga : Zona 4E di Hexagon City Bunda Produktif

Di pekan ini kami menyelesaikan miles 4-5-6, Dan langsung lanjut ke miles 7-8-9 (masih proses untuk yang miles ini).

Hexagon City


Berikut miles 4-5-6 dan 7-8-9 kami : 

Hexagon City


Terus terang untuk desain buku dan promo di hexamarket saya tidak banyak mengambil peran. Karena desain dan marketing adalah dua hal yang tidak begitu saya kuasai. 

Tapi saya akan berpartisipasi di tahapan selanjutnya. Saat harus membuat caption promo. Saya bisa membuat caption, mungkin ini juga karena pekerjaan yang saya lakukan selama ini, influencer. 

Berharap dengan kemampuan saya ini saya bisa ikut menyukseskan project passion kami. Semoga. 

Comments

  1. ini project dari IIP kah Mba? Keren ya mba, menantang bangettt. Semoga bisa jadi project yang taknterlupakan dan berhasil sampai akhir.

    ReplyDelete
  2. wah lagi proses pembuatan buku antologi ya mba, semoga lancar ya. Januari sudah terbit ya? Keren jadi penasaran :)

    ReplyDelete
  3. Kegiatan bermanfaat :) Semoga ke depannya jadi makin produktif dan bermanfaat juga buat orang lain. Sepertinya aku mesti baca tulisan sebelum ini biar paham manusia Hexagonia tuh apaan.

    ReplyDelete
  4. Keren banget project nya, penuh tantangan. Secara ga langsung bisa jadi belajar lebih banyak ya. Semangat terus kak, semoga berhasil

    ReplyDelete
  5. Semoga diberikan kelancaran mbak dalam proses pembuatan bukunya...

    ReplyDelete
  6. Hexagon City itu apa ya Mbak? Sepertinya aku harus baca artikel sebelumnya. Tadinya kukira bahas apartemen atau kota gitu. Maaf kalau aku salah.
    Kayaknya sih kegiatannya asyik, perkara tulis-menulis hingga menerbitkan buku ya...

    ReplyDelete
  7. Wow.. proses bikin buku antologinya keren banget yaaa.. Semacam ada kelas khusus begitu. Sukses ya, mba :)

    ReplyDelete
  8. Semoga sukses ya mbak. Duh, jadi pingin bikin diagram suaranya sendiri. Biar aku juga bisa mengukur diri sendiri nih. Keren artikelnya mb. Selama ini aku rahunya suaranya itu berhubungan ama bisnis. Ternyata pencapaian kita pun bisa diukur pake ini juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, kok jadi typo sih. Mau bilang diagram quadran kok jadi suara. Tahu jadi rahu. Haha.. Maafkeun

      Delete
  9. Hexagon city membuat segalanya menjadi lebih terstruktur ya. Sepertinya implementasinya bisa dipakai di banyak tempat ya. Jadi kepengen belajar juga nih.

    ReplyDelete
  10. Semoga saja Mba Dian semakin produktif dan matang di bidang desain serta marketing, sehingga project impiannya bisa makin joss, aaamiiin...

    ReplyDelete
  11. Kuereeeeen ^^

    Selalu salut sama emak-emak yang rtap produktif ditengah menggunungnya kesibukan

    ReplyDelete
  12. Ini project apa mbak sepertinya menarik...semangat ya mbak life must go on..ups and down is ok

    ReplyDelete
  13. wah semangat yah, jalani prosesnya dengan bahagia. Insya Allah ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Hexagon City seperti apa sih, jadi penasaran. Boleh tahu cara bergabungnya gimana? Senang deh bisa belajar dan maju bersama dengan teman sefrekuensi

    ReplyDelete
  15. senangnyaaa yang lagi bikin buku antologi,,, semnagattt yaa mbakkk,, moga bisa ketularan bisa punya buku juga kayak kakak:)

    ReplyDelete
  16. selalu penasatran nih tiap liat kata hexagon city, kayanya oke oke banget kegiatannya dan bermanfaat sekali ya mbaaa

    ReplyDelete
  17. Salut banget sama IIP, ada saja program positifnya, kami para bapak sampe ndangak-ndangak karena terkagum. Sesuai namanya, xtra miles bikin akselerasi pengembangan diri ya Mbak. Moga antologinya sukses dan menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berdaya dan belajar. Kami pun jadi ingin belajar lagi!

    ReplyDelete

Post a Comment