Pengalaman Live di Youtube dengan StreamYard

Virtual Conference

Pengalaman Live di Youtube dengan StreamYard - Ah, tantangan menjadi speaker dalam acara Virtual Conference Hexagon City telah saya TERIMA! Kali ini saya memilih live di platform yang belum pernah saya coba yaitu YouTube live. Demi mendukung live streaming YouTube, saya pakai StreamYard. Bagaimana keseruan saya saat menjadi speaker? Baca sampai habis ya 🤗

Virtual Conference Hexagon City

Kuliah di Bunda Produktif ini memang beda kok. Pengalaman mengikuti kelas di Institut Ibu Profesional, dari matrikulasi sampai sekarang, jujur ini yang paling menantang. 

Harus selalu siap dengan kejutan yang ada. Plus selalu ready dengan segala tantangannya. Duh, asli kudu kuat ikut kuliah Bunda Produktif! Contohnya minggu lalu ketika Bu Septi, Founding Mother, menantang Hexagonia untuk terlibat dalam Virtual Conference Hexagon City dengan konsep Open Space.

Wah wah, bikin konferensi virtual setahu saya nggak mudah lho! Harus siapin printilan ini itu. Dan biasanya dilakukan secara teamwork. Lha ini, semua harus dikerjakan sendiri! Mulai dari jadi speaker, bikin media promosi sampai acara live berlangsung, semua dilakukan sendirian. 

Baca Juga : Virtual Conference Hexagon City

Tapi namanya juga Ibu Profesional, meski penuh tantangan ya tetap maju jalan. Hanya dalam waktu tiga hari, sudah banyak speaker yang mendaftar. Termasuk saya!

Hexagon City Virtual Conference 2021 ini berlangsung selama 8-22 Februari 2021 di berbagai kanal, yaitu YouTube, Instagram, Facebook, Telegram, Whatsapp, juga Zoom. Setiap harinya ada puluhan kelas yang dapat diikuti umum. Jadwal dan Speakers Virtual Conference bisa diakses disini.

Live Streaming di YouTube

Virtual Conference

Saya sengaja mendaftar di gelombang pertama. Buat saya, yang penting maju dulu. Biar plong dan nggak kepikiran! Padahal saat mendaftar itu saya sama sekali nggak pernah tahu apa itu StreamYard. 

Modal nekat banget pokoknya! Asli baru kali ini juga bikin acara konferensi sendirian! Mungkin ini namanya tantangan Xtra Miles. Acara virtual conference ini membuat saya harus belajar untuk selalu mengembangkan diri. Termasuk memakai tools yang baru seperti YouTube Live dan StreamYard. 

Baca Juga : Catatan Perjalanan Xtra Miles di Hexagon City

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat media promosi. Berbekal sedikit skill di canva, akhirnya saya bisa bikin eflyer untuk acara YouTube live. Lalu buat materi presentasi. 

Lalu saya juga belajar bagaimana live di YouTube menggunakan StreamYard. Saya belajar dari video tutorial. Saat melihat video, rasanya kok mudah. Ya sama seperti saat live di Zoom. 

Saya pun tenang, lega sudah belajar. Apalagi malamnya juga sudah dipandu sama mbak Setiorini, selaku PJ YouTube Speaker dari Virtual Conference Hexagon City. 

Saya dipandu mulai dari log in akun Hexagon City sampai membuat link YouTube yang siap dibagikan sebagai media promosi. 

Cara Share Screen Saat Live di YouTube dengan StreamYard

Virtual Conference

Pada acara ini saya memilih tema "Sukses Menyusui Saat Pandemi". Saya butuh share screen materi, supaya bisa lebih jelas dalam menyampaikan materi. 

Sementara itu, live streaming di YouTube tidak bisa menampilkan layar lain, hanya wajah si pembicara. Maka, saya pakai aplikasi tambahan untuk share screen yaitu StreamYard.

StreamYard dapat diakses di streamyard.com. Tidak perlu install aplikasi, cukup buka dari browser. Setelah mengikuti proses registrasi, muncul pilihan mau broadcast di platform mana (Facebook, YouTube, LinkedIn, atau Periscope/Twitter).

Biar lancar, saya latihan dahulu di YouTube yang di private. Saya buat sendiri untuk melihat bagaimana tampilan jika memakai StreamYard di YouTube. 

Dengan penuh percaya diri, saya coba share screen. Ternyata nggak semudah itu ferguso! Buat menampilkan share presentasi di StreamYard nggak segampang pencet share screen dan ambil filw saja. Prosesnya panjang!!.

Beruntung saya dipandu oleh mbak Citra. Via video call mbak Citra memberitahu bagaimana caranya agar bisa share screen di StreamYard. Caranya : 

1. Ubah file presentasi dalam bentuk pdf. 

2. Letakkan file tersebut dalam satu folder di PC.

3. Copy link folder yang terdapat dalam PC

4. Buka tab baru di PC selain StreamYard, gunakan Chrome

5. Paste link folder ke tab baru tersebut

6. Pilih Share Screen, pilih yang Share From Chrome

7. File presentasi pun muncul di StreamYard

Maaf saya nggak sempat foto-foto langkah-langkahnya. Maklum saya baru tahu caranya saat 15 menit sebelum Live! Asli panik! Tapi alhamdulillah, acara Live pun bisa berjalan lancar. 

Oh ya, buat yang tidak sempat menonton secara Live, bisa lihat video dibawah ini ya. 

Sekarang saya jadi tahu caranya Live YouTube via StreamYard. Saya juga punya pengalaman bagaimana mempersiapkan acara konferensi sendirian! Menjalani semua prosesnya dari awal hingga akhir. 

Sungguh luar biasa kuliah Bunda Produktif ini. Benar-benar membuat semua pesertanya berani mencoba hal baru yang menghasilkan sesuatu yang produktif. 

Hmm, lalu apalagi ya kejutan selanjutnya di Bunda Produktif ini? Kita lihat saja nanti dan jangan lupa untuk selalu siap belajar! 



Comments

  1. Wah, super bener mbak DIan ini :) Tahu cara share screen di YT 15 menit sebelum mulai, deg2an pastinya ya...Hehehe aku aja ga tau caranya wkwkkww. Jadi pembicara live kayak gini pasti jadi punya pengalaman tersendiri ya. Apalagi materi yang dibahas tentang menyusui saat pandemi, biasanya mahmud pada nyariin tuh :D Sukses terus yach.

    ReplyDelete
  2. maak.. makasi ya buat tips live youtube pakai stream yard dan bisa share screen, detailnya yang ini:

    1. Ubah file presentasi dalam bentuk pdf.

    2. Letakkan file tersebut dalam satu folder di PC.

    3. Copy link folder yang terdapat dalam PC

    4. Buka tab baru di PC selain StreamYard, gunakan Chrome

    5. Paste link folder ke tab baru tersebut

    6. Pilih Share Screen, pilih yang Share From Chrome

    7. File presentasi pun muncul di StreamYard

    ngebantu banget loh

    ReplyDelete
  3. more online platform that we can definitely try ya mba.. Aku belum pernah coba Streamyard walaupun beberapa kali pakai live YT sih

    ReplyDelete
  4. Dari pengalaman live youtube via streamyard ke depannya jadi berbagi lagi ya. Aku malah belum pernah nyobain nih

    ReplyDelete
  5. Mbak Diaan keren, masya Allah, malah memilih menjadi pendaftar awal. Masya Allah .... alhamdulillah ya belajar banyak dan bisa membagikan kisahnya di blog.

    ReplyDelete
  6. Keren bener siapin presentasi sendiri dan sukses LIVE-nya. Terima kasih saya jadi tahu juga caranya Live YouTube via StreamYard. Ternyata memang tidak semudah itu Ferguso, untung call a friend bisa membantu. Sukses untuk konferensi dan live lainnya, Mbak

    ReplyDelete
  7. 15 menit sebelum acara mulai, baru ketemu caranya. Wah hebat mbak dan alhamdulillah acaranya lancar ya. Saya kalau live youtube langsung link dari zoom aja, belum pernah kalau pakai streamyard ini

    ReplyDelete
  8. Yihaaa, maki mantuulll nih mba Dian
    Keren! Terus berbagi manfaat dan berkah ya mba
    kece khanmain!

    ReplyDelete
  9. Jadi tambah ilmu juga ya mba di Hexagon City Virtual Conference 2021 sukses terus bisa memberikan pengalaman buat orang2 keren...

    ReplyDelete
  10. Asiiik, dapat ilmu baru buat stream yard di youtube. Aku ga tau kapan mau live di YT hihihi tapi nanti melipir ke sini ah kalau butuh tutoroialnya. Ih semua aksesnya free gitu ya, mak?

    ReplyDelete

Post a Comment