Serunya Bermain Maze Petualangan Tahfidzku

 

Maze Petualangan Tahfidzku

Lebaran tahun ini masih dalam suasana pandemi, ya. Ini membuat saya dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Biar nggak bosan, saya ajak anak-anak bermain maze. Kami bermain maze Petualangan Tahfidzku. 

Manfaat Bermain Bagi Anak

Anak-anak sangat suka bermain. Mereka hepi banget saat diajak main bersama. Selain membuat anak-anak senang, bermain punya banyak manfaat lho bagi tumbuh kembang anak. 

Ada banyak manfaat yang didapat  anak saat bermain, yaitu : 

Pertama, meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya, serta permainan pretend play dapat mendorong imajinasi dan kreativitas anak.

Kedua, melalui bermain, anak belajar tentang dunianya, proses sebab akibat, dan kemampuan penyelesaian masalah.

Baca Juga : Lakukan 3 Hal Ini, Agar Anak Sukses dengan GRIT yang Melejit

Ketiga, meningkatkan kemampuan regulasi diri, membangun kelekatan hubungan dengan orangtua dan teman sebaya.

Keempat, melalui permainan fisik anak mengembangkan daya tahan tubuh, melatih koordinasi, dan mengendalikan agresi.

Kelima, melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan dan gerakan halus lainnya yang terutama akan membantu anak menjalani kehidupan akademis mendatang.

Selain itu, dengan bermain bersama bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak. Bermain juga bisa menjadi salah satu media belajar anak. Seperti bermain maze Petualangan Tahfidzku ini. 

Review Maze Petualangan Tahfidzku

Maze Petualangan Tahfidzku

Maze Petualangan Tahfidzku ini sudah lama saya miliki. Saat kuliah Bunda Produktif, saya membeli maze ini untuk media bermain anak-anak. Sesuai dengan namanya, permainan ini bisa menjadi media anak-anak belajar tahfidz. 

Maze Petualangan Tahfidzku adalah sebuah permainan yang dibuat sebagai sarana muroja'aha anak-anaksambil bermain. Jadi, anak tidak jenuh saat muroja'ah karena dikemas dalam bentuk permainan. Maze ini seperti board games yang cocok untuk dimainkan bersama-sama. Pas banget buat mengisi libur lebaran. 

Alas maze didesain berupa nama surat dari An-Naba sampai An-Nas beserta artinya, dilengkapi dengan visual gambar dari katay yangbersangkutan. 

Tujuannya agar anak bisa dengan mudahm menghafalnama-nama surat di Juz 30. Menghafal nama surat membuatanak semakin familiar dengan surat-surat yang ada di juz3 0 dan akan memudahkan proses menghafal, karena membuat anak merasa dekat dengan yang akan mereka hafal.

Dalam Maze Petualangan Tahfidzku ini ada 32 kartu Hexa yang berisip pertanyaantentang ayat dan surat yang harus dibaca dan dijawabo olehanak-anak. Proses ini membuat anak muroja'ah hafalan secaral langsung 

Bagaimana jika belum hafal? anak bisa membaca sambil melihat mushaf. Tidak apa-apa. Proses ini membuat anak semakin familiardengan ayat Al Qur'an di juz 30. 

Orangtua juga bisa menjadikan momen ini sebagai saat untuk memperbaiki bacaan anakjika bacaan Al Qur'an-nya belum lancar.

Terdapat kartu melangkah sebagai pengganti dadu. Anak bisa dilatih menghitung dengan suara keras saat melangkah. Misal, maju enam langkah. Ajak anak mengucapkan satu, dua, tiga, empat, lima dan enam dengan suara keras saat dia melangkahkan pionnya. Ini sangat cocok untuk Aluna yang mulai berlajar berhitung. 

Lalu minta anak membacakan tulisan di kotak tempat pionnya berpijak. Ini melatih kemampuan verbalnya sekaligus memudahkan dia menghafal nama surat yang ada di kotak maze.

Pion wayang soleh solehah yang disiapkan dalam permainan ini akan membuat anak semakin bersemangat bermain. Anak akan merasa bahwa pion tersebut adalah dirinya. Ini akan membuat permainan menjadi lebih seru. 

Ada gambar orang menggunakan masker, agar saat bermain bisa menyelipkan nilai edukasi penggunaan masker di era pandemi seperti ini.

Baca Juga : Sains Asyik dengan Balon

Selain itu, terdapat papan hias lucu sebagai alas pemberat untuk menyeimbangkan pijakan pion. Diempel di bawah pion ya. Caranya mudah, tinggal buka double tip yang ada di bawah pion, lalu tempelkan papan hias lucu di bawahnya sebagai penyeimbang pion.

Terdapat kartu kemenangan dalam kit yang disiapkan sebagai lembar meletakkan stiker apresiasi bagi pemenang permainan.

Semakin sering memenangkan permainan, akan semakin banyak stiker yang bisa ditempel di lembar kemenangan. Dengan kartu dan stiker ini diharapkan anak akan senang mengulang permainan.

Sehingga secara tidak langsung mereka juga akan semakin sering muroja'ah dan membaca Al Qur'an.

Permainan ini membutuhkan partner dalam pelaksanaannya. Minimal dua orang dan maksimal empat orang yang memainkan agar lebih seru. 

Akan menyenangkan bila bermain maze Petualangan Tahfidzku ini bersama semua anggota keluarga, sebab bisa meningkatkan bonding. 

Maze Petualangan Tahfidzku ini bisa digunakan berulang-ulang dan bisa dimainkan di mana saja, baik di rumah, di sekolah, maupun saat sedang bepergian. Seperti hari ini, kami mengisi libur lebaran dengan bermain bersama maze Petualangan Tahfidzku. 

Apa Saja Isi Maze Petualangan Tahfidzku? 

Satu kit maze Petualangan Tahfidzku ini berisi : 

⏺️ Maze untuk dibentangkan yang berisi 63 kotak.

⏺️ Kartu hexa berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh pesertaa yang sampai di kotak 'ambil kartu hexa'. berisi 32 kartu.

⏺️ Kartu melangkah sebagai pengganti dadu. Berisi 8 kartu. 

⏺️Pion kartun untuk melangkah. Berisi 4 pion. 

⏺️ Pemberat pion untuk  menyeimbangkan posisi berdiri pion.

Lepaskan double tip yang ada di bawah pion lalu tempelkan alas berbentuk bunga sebagai alas pijak pion.

⏺️ Stiker apresiasi diberikan kepada pemenang permainan atau mendapatkan kartu hexa terbanyak.

⏺️ Kartu kemenangan sebagai tempat untuk menempelkan stiker.

⏺️ Pouch penyimpan kartu sebagai tempat untuk menyimpan kartu dan kelengkapan permainan lainnya.

Cara Bermain Maze Petualangan Tahfidzku

Cara bermain maze Petualangan Tahfidzku ini cukup mudah lho. 

⏺️ Bentangkan Maze Petualangan Tahfidzku di lantai atau meja.

⏺️ Letakkan kartu yang bertuliskan 'kartu hexa' di kotak yang disediakan.

⏺️ Kartu melangkah bisa disimpan di dekat pemain untuk memudahkan.

⏺️ Peserta minimal dua orang (bisa anak dengan orang tua atau anak dengan teman-temannya).

⏺️ Setelah memilih pion wayang, peserta melakukan suit untuk menentukan giliran melangkah.

⏺️ Pemain yang lebih dulu melangkah dipersilahkan mengambil kartu untuk melangkah.

⏺️ Jika diminta maju, gerakkan pionnya untuk maju. Jika diminta diam di tempat, maka diam di ttempat. Kartu melangkah selalu dikocok setiap kali akan diambil.

⏺️ Peserta yang melangkah diminta bersuara saat menghitung langkahnya. Lalu, di kotak tujuan diminta membacakan dengan keras yang tertulis di kotak. 

Baca Juga : Serunya Membuat Lapbook

Misal, berhenti di kotak nomor 3,

'Abasa: Dia bermuka masam. Minta anak membacakan dengan keras.

⏺️ Jika peserta sampai di kotak 'mengambil kartu hexa', ambil kartu hexa dan bacakan dengan keras pertanyaan yang ada di sana lalu jawablah. 

Setiap jawaban yang betul, mendapatkan kartu tersebut untuk disimpan. Jika jawabannya salah, kartu diletakkan kembali secara acak.

⏺️ Pemenang permainan ini ada dua kategori. Yang pertama kali sampai di garis finish dan yang mendapatkan kartu hexa terbanyak.

Pengalaman Bermain Maze Petualangan Tahfidzku

Maze Petualangan Tahfidzku


Hari ini saya, Chacha dan Aluna bermain maze Petualangan Tahfidzku. Tak lupa sebelum main saya sudah menyiapkan juz ammah. Biar mudah bila harus membaca surat yang belum dihafakan. 

Aluna masih belum banyak hafalan suratnya. Meski begitu dia sangat bermanfaat saat diminta murojaah surat An Nas. 

Begitu juga dengan Chacha, dia senang bermain maze Petualangan Tahfidzku ini. Dia bisa sekalian melatih murojaahnya. Saat ini Chacha sudah sampai pada surat Al Buruj.

Selain itu, Chacha dan Aluna bisa mengetahui nama - nama dan arti surat - surat yang ada di dalam Al Quran. Belajar tahfidz menjadi lebih mudah dan menyenangkan dengan bermain maze Petualangan Tahfidzku ini. 

Libur lebaran kami menjadi lebih seru dan bermakna. Alhamdulillah. 

Bagaimana dengan teman-teman?Apa kegiatan yang dilakukan saat libur lebaran ini? adakah yang juga tertarik bermain maze Petualangan Tahfidzku seperti kami ini?



Comments

  1. orang dewasa aja suka ya mak main maze, apalagi ini maze-nya petualangan, makin seru dan menambah ilmu agama juga ya.

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya mainnya... Apalagi bisa dapet tmbahan pengetahuan juga nih... Cocok ya buat anak-anak main di rumah selama gak bisa banyak aktivitas di luar rumah

    ReplyDelete
  3. Main Maze-nya selain seru tapi sangat bermanfaat juga untuk memudahkan Anak menghafal ayat-ayat Al-Qur'an, Masya Allah. Waktu liburan jadi diisi dengan kegiatan positif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Ih seruu.. anak2 suka nih. Aku punya di rumah. Sekalian murojaah tapi sambil fun mainan ya mbaa. Smoga kita slalu dimudahkan yaa mendampingi anak2

    ReplyDelete
  5. Seru ya main maze, apalagi kalau rame-rame berempat. Anak-anak bisa menambah pengetahuan juga lewat permaunan ini. Liburan jadi menyenangkan buat anak-anak, meskipun cuma di rumah saja, gak kemana-mana.

    ReplyDelete
  6. Kreatif banget ya penemu game Maze Petualangan Tahfidzku. Banyak pembelajaran yang bisa diperoleh anak dengan memainkannya.

    ReplyDelete
  7. Di tengah gempuran mainan di gadget, mainan maze dan semacamnya bareng keluarga jadi oase yg menyegarkan ya... Apalagi ketika bisa mengemas hal serius menjadi menyenangkan. Nggak terasa anak bermain sambil belajar :)

    ReplyDelete
  8. Seru pisan main Mazenyaa, beneran deh bikin Orangtua juga bisa menjadikan momen ini sebagai saat untuk memperbaiki bacaan anakkalo bacaan Al Qur'an-nya belum lancar. Jadi sama2 belajar

    ReplyDelete
  9. Pengalaman yang menyenangkan untuk Chacha dan Aluna nih, bermain sekaligus mendapatkan pengetahuan baru tentang bacaan Qur'an yang sebelumnya tidak hapal. Selamat bermain Maze Petualangan Tahfidzku yaaa...

    ReplyDelete
  10. Seru banget bermain sekaligus meningkatkan bonding dan otomatis murojaah ayat-ayat yang selama ini sudah dihapalkan ananda.
    Maze Petualangan Tahfidzku sangat menyenangkan...

    ReplyDelete
  11. Wah.. Keren maze begini mbak. Jd anak makin semangat belajar tahfiz ya. Anak2 kalo belajarnya sambil main emang cepet banget masuknya.

    ReplyDelete
  12. Ide main yang keren, Mbak Dian. Bikin anak semangat untuk murojaah, ya. Aku mau nyoba ah maze petualangan tahfidzku ini, soalnya anakku masih suka males-malesan kalau diajak murojaah.

    ReplyDelete
  13. Kok aku jadi pengen juga ini punya Maza Tahfidzku, seru ini kalau main bersama anakku. Selain salah satu ide biar si kecil gak menatap layar gadget terus ini ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Permainannya bagus sekali Mba. Anak bisa bermain sambil menghafal surat-surat Al-Quran tanpa bosan.

    ReplyDelete
  15. Aku kmrn beli ini via Helena blm aku buka haha.
    Mumpung masih liburan dan tugas anakku dah pd selesai nanti coba ah mainan ini. Biar anak2 makin kuat nih hafalan surat2nya :D

    ReplyDelete
  16. Honestly, aku baru tahu tentang maze petualangan tahfidzku ini.
    Membacanya saja sudah terbayang keseruannya.
    Apalagi jika dimainkan secara nyata.
    Bisa nih jadi referensi!

    ReplyDelete
  17. kok seru ya mak ini kayak ular tangga versi kece banget ya
    bisa belajar sambil mengenalkan agama juga ya mak
    seneng pasti tanya jawab gini seruuu
    pas tar lagi liburan kenaikan sekolah lama bisa mainan ini

    ReplyDelete
  18. Kayaknya anak2ku butuh ini deh, biar waktunya bermanfaat untuk belajar yang baik2, bermain sambil belajar kan.

    ReplyDelete
  19. Wah boardgamesnya seru dan beda nih dari boardgames biasa yaaaa.. kayanya aku mesti beli juga nih buat ngisi waktu anak anak supaya ga main gadget..

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nyoba bermain maze yg model begini. Seru juga dan unik ya. Anak-anak suka banget pastinya karena secara tampilan juga oke

    ReplyDelete
  21. seneng banget ya, anak-anak bisa diajak bermain maze

    pekerjaan rumah (atau malah alternatif menyenangkan) untuk orang tua yang anaknya kecanduan gadget

    ReplyDelete
  22. aku punya nih maze Tahfidzku. Sebelum mulai main, siapkan juz amma punya anakku supaya bisa lihat suratnya seperti apa, hehe. Ga cuma anakku yang hafalan, akupun ikutan belajar.

    ReplyDelete
  23. Aq sempat mikir gimana ya supaya anak2 hafalan surat tanpa bosan. Ternyata maze tahfiz ini menjadi jawabannya. Bisa sambil bermain dan belajar hafalan surat. Good solution nih

    ReplyDelete
  24. Dengan main maze ini anak2 juga jadi happy ya ngapalin suratnya karena belajarnya sambil santai seperti main-main

    ReplyDelete
  25. wah seru ya, mbak permainannya. ini bisa untuk anak umur berapa ya?

    ReplyDelete
  26. Ini masih produksi nggak ya. Aku jadi tertarik beli. Suka dengan mainan edukatif yg ttp concern ttg agama islam juga ;)

    ReplyDelete

Post a Comment