Pengalaman Mengajar Kelas MPASI Online

 

mpasi aimi

Pandemi belum berakhir, namun upaya AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) untuk melakukan edukasi seputar menyusui tidak berhenti. Seperti hari ini, AIMI menggelar SELAMI (Sesi Online AIMI). Kali ini saya berkesempatan menjadi salah satu pemateri dalam SELAMI MPASI 2. 

MPASI

Ketika bayi berusia 6 bulan, maka sudah saatnya diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI). MPASI berarti memberikan makanan lain sebagai pendamping ASI yang diberikan pada bayi usia 6 bulan hingga 24 bulan. 

Baca Juga : Kunci Sukses Menyusui

Mulai usia 6 bulan, kebutuhan energi bayi tak lagi bisa dipenuhi dari ASI saja hingga dibutuhkan tambahan pangan. Kebutuhan energi yang meningkat ini akan seiring dengan bertambahnya usia yang ditandai dengan penambahan berat dan tinggi badan serta gerak aktif anak.

SELAMI MPASI 2

Saya masih ingat dulu, saat si sulung memasuki usia 6 bulan, saya bingung. Apa yang harus saya berikan? Bagaimana saya memberi makan? Sebagaimana menyusui, pemberian MPASI juga menjadi hal baru yang cukup menantang bagi para ibu. 

Tentunya, ibu perlu informasi yang relevan seputar MPASI ini. Agar saat memberikan MPASI ibu sudah tahu apa yang tepat bagi bayinya. Mulai dari bahan makanan apa saja yang bisa diberikan, tekstur, hingga berbagai hal lain yang berhubungan dengan pemberian makanan pada bayi. 

AIMI menyadari keresahan-keresahan ibu saat akan memberikan MPASI kepada bayinya. Oleh karena itu, selain kelas edukasi menyusui, AIMI juga mengadakan kelas edukasi MPASI. 

mpasi aimi


Di masa pandemi seperti ini AIMI tidak mengadakan kelas edukasi MPASI dengan pertemuan tatap muka langsung. Kelas edukasi dilakukan secara online, dengan nama SELAMI (Sesi Online AIMI). SELAMI diadakan secara rutin setiap bulan. Biasanya diadakan pada hari Sabtu dan Minggu. 

Baca Juga : Cara Memberikan ASI yang benar

Kebetulan hari ini, saya dan teman-teman AIMI Jatim bertugas menyelenggarakan SELAMI MPASI 2 ini. Di SELAMI MPASI 2 ini ada lima materi yang dibahas, yaitu : 

⏺️ GTM (Gerakan Tutup Mulut)

⏺️ Masalah Berat Badan Saat MPASI

⏺️ Bayi Alergi

⏺️ MPASI Saat Sakit dan Pemulihan

⏺️ Tips MPASI untuk Ibu Bekerja

Persiapan SELAMI 

Agar acara berjalan lancar, sehari sebelumnya saya dan teman-teman mengadakan kelas simulasi. Kami latihan dulu, juga mencoba beberapa hal terkait masalah teknis. Mulai dari mencoba share slide presentasi, memutar video dan bagaimana penyampaian materi. 

Baca Juga :



Menyapih Tanpa Drama

Selain itu, sebagai persiapan saya juga membaca materi, mulai dari slide presentasi hingga bahan bacaan lain yang terkait. Juga memastikan peralatan pendukungnya sudah siap. Mulai dari laptop hingga jaringan internet.

Pengalaman Mengajar Kelas MPASI Online

Terus terang, baru pertama saya menjadi pemateri kelas MPASI online ini. Lumayan bikin tegang sih, meski sebelumnya pernah menjadi pemateri kelas MPASI secara tatap muka. 

SELAMI MPASI 2 ini sungguh luar biasa. Antusiasme peserta sangat tinggi lho. Bahkan bisa dibilang kelas ini peminatnya membludak. Pendaftar ada 75 orang tapi yang bisa ikut hanya 25 orang. 

Baca Juga : Pengalaman Mengajar Kelas Edukasi Menyusui Secara Online

Peserta kelas tersebar dari seluruh Indonesi. Bahkan hari ini ada peserta yang berasal dari Jepang! Kelas juga berlangsung meriah. Banyak peserta yang bertanya.

mpasi aimi

Tak hanya bisa tahu banyak informasi seputar MPASI, di kelas hari ini juga ada giveaway. Ada hadiah buku dari Dr. Tan bagi 3 orang penanya terbaik. 

Buat teman-teman yang juga ingin ikutan SELAMI ini, jadwalnya bisa dilihat di akun instagram AIMI ya. Setiap bulan akan ada kelas edukasi online.




Comments

  1. Semoga dengan adanya SELAMI secara rutin makin saling support sesama buibu yaa, dan bertukar pikiran dan nambah wawasan lagi soal seputar keluhan2 menghadapi anak ketika lagi GTM, MPASI dll

    ReplyDelete
  2. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali ya. Apalagi untuk ibu-ibu muda yang senantiasa menggali ilmu untuk tumbuh kembang yang terbaik buah hatinya. Sangat mengedukasi supaya nggak bingung seperti saya dulu..

    ReplyDelete
  3. maasyaaallah sekarang mah serba nyaman ya buibu memberikan mpasi pada anaknya, karena ada SELAMI ini untuk saling support sesama ibu dan memberikan informasi terkait menu mpasi

    ReplyDelete
  4. Aku belum jadi Ibu, tapi lagi ikut belajar MPASI karena ada keponakan bayi. Paling sering aku yang milih makanannya. Kuwanti-wanti juga biar gak makan sembarangan kaya chiki-chiki. Ada banyak makanan bayi ternyata

    ReplyDelete
  5. Nah itu Mbak, kenapa ya para baby ada aja yang GTM. Jadi bingung saya dulu tu pas ngebikinin MPASI buat anakku. Beda ma ponakanku yang sekarang, pokoknya dia GBM deh gerakan buka mulut hehehe.

    ReplyDelete
  6. Masyaallah enak banget ya sekarang bahkan MPASI lun ada kelasnya. Dulu aku bingung dong harus kasih makan apa mana semua yg aku bikin disembur kan. GTM anakku pertama parah banget sampe stres deh. Untungnya anak kedua ga seribet kakaknya. Malah hampir semua makanan diterima

    ReplyDelete
  7. aku nih lagi ada di GTMnya anak usia mau 3th. ya ampun bener deh sulit banget ketika mereka udah bisa bargaining jadi peer banget buat aku yg harus sedia menu2

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah, barakallah mbak, senang sekali edukasi tentang menyusui tetap dilaksanakan meskipun di masa pandemi. sekarang mudah kok ya, malah jangkauannya juga semakin luas karena dilakukan secara online jadi menjangkau semua belahan dunia juga

    ReplyDelete
  9. waktu anak pertama MPASI aku manut aja apa kata ibuku. Ga tau deh bener salahnya padahal ya seorang ibu harus punya ilmu yang benar dan terkini. Lewat Selami membantu banget untuk mamah muda belajar seputar MPASI apalagi saat anak GTM.

    ReplyDelete
  10. Berkat AIMI dan grup AFB aku jadi bisa menuntaskan menyusui dua anak selama dua tahun Alhmdulillah bersyukur banget, keren mak jadi pematerinya..

    ReplyDelete
  11. Keren nih mba. Kalau tahu aja aku ikutan, soalnya lagi perlu ilmu tentang MPASI lagi.

    ReplyDelete
  12. MPASI memang ngak mudah ya mbak, butuh teknik tersendiri agar anak mudah menerima beragam makanan, apalagi kalau sudah mengalami GTM atau anak alergi dengan jenis makanan tertentu, karenanya ibu harus diedukasi nih agar sukses menjalankan MPASI nya.

    ReplyDelete
  13. Wah super yang minat banyak ya mba sayang yang berkesempatan ikutannya cuma 25 orang tapi semoga bisa diadakan terus acaranya ya mba karena bekal juga buat ibu2 nih

    ReplyDelete
  14. Edukasi yang sangat penting sekali bagi para Ibu baru.
    Dan semoga dibuka kelas SELAMI lagi yaa..agar yang gak kebagian, bisa mendaftar dan ikut acara yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  15. Ya ampooonn kangen banget ikut acara2 AIMI. Dulu zaman msh punay bayi juga suka ikutan edukasinya AIMI, terutama yang anak pertama tuh.
    Beruntung walau jauh dr keluarga tapi banyak edukasi kyk gini jd tau anaknya kudu mpasi apa utk pertama kali :D

    ReplyDelete
  16. info yang bermanfaat nih webinar untuk bu ibu muda. Pastilah mereka yang baru pertama kali jadi ibu butuh edukasi mengenai mpasi yg benar ya

    ReplyDelete
  17. Baca tulisan ini jadi nostalgia, inget nyiapin mpasi buat anak sebelum ngantor, jamannya mash ngantor heheh

    ReplyDelete
  18. Wah keren mbak, kelas mpasi ini memang penting deh apalagi untuk newmom.. Soalnya aku dulu pengalaman waktu mpasi anak pertama beneran bingung mau kasih dia makan apa aja hehe

    ReplyDelete
  19. keren mbak berbaginyaa
    aktif di aimi ya, circleku banyak yang di aimi
    dulu pengen jadi konselor cuma cita2 aja seh wkwk belum sempet sayang ilmunya kayak skrg aja babywearing aku anggurin ga diapa2in L:")

    ReplyDelete
  20. Penting sih edukasi mpasi..kebanyakan sebelum 6 bulan udah mlasi..terus menunya udah langsung ada rasa asin msg..semacam vubur nasi ladahal untuk memulai bisa buah..dulu , untuk mengenalkan..

    ReplyDelete
  21. Salut sama kiprahnya. Kalau saya perhatikan Mbak sangat aktif di Aimi dan sering melakukan sharing ilmu. Salut dengan manajemen waktunya. Salut dengan kemauan untuk terus upgrade pengetahuan. Maju terus ya, Mbak. makin banyak menebar manfaat.

    ReplyDelete
  22. Luar biasa mba, berbagi tentang pengetahuan seputar MPASI bagi mom yang lain ini keren loh. Tak sedikit soalnya yang bingung tentang seluk-beluk pemberian MPASI ketika masa itu tiba bagi mereka. Bakalan membantu banget nih sharing yang mba lakukan.

    ReplyDelete
  23. Duuh saya ketinggalan nih ikut kelas ini. Perlu banget soalnya beberapa bulan lagi akan ada di fase Mpasi. jadi penting banget.

    ReplyDelete

Post a Comment