Identifikasi Aksi Tim Bengkel Bunda

 

Bengkel BundaBengkel Bunda

Tak terasa sudah memasuki materi kelima di Kampus Ibu Pembaharu. Pada materi kelima ini, mahasiswa Bunda Saliha diminta untuk melakukan identifikasi aksi. Ya, identifikasi aksi menjadi momentum untuk mulai bergerak. Melakukan beragam rencana untuk menyelesaikan problem statement yang telah dibuat.

Selama dua minggu ini tim Bengkel Bunda melakukan diskusi untuk menyelesaikan identifikasi aksi ini. Kami melakukan meeting secara rutin setiap hari Selasa dan Jumat. Namun di minggu kedua, meeting digeser di hari Sabtu karena kesibukan masing-masing.

Alhamdulillah setelah berdiskusi kami pun bisa menentukan identifikasi aksi dari tim kami. Berikut adalah identifikasi aksi tim Bengkel Bunda.

Identifikasi Aksi Highlights and Key Update

Bengkel Bunda

Pada tahap pertama kami membuat Identifikasi Aksi Highlights and Key Update. Hal pertama yang ada dipikiran kami adalah slogan dari tim kami. Bengkel Bunda memiliki slogan “Know Your Potential”. Dimana slogan kami tersebut menjadi dasar bagi kami dalam melakukan berbagai aksi untuk menjawab problem statement yang telah kami buat sebelumnya.

Slogan “Know Your Potential” ini juga yang akhirnya di breakdown satu persatu untuk menentukan key update. Dari “Know Your Potential” ada beberapa highlight yang akan menjadi identifikasi tim Bengkel Bunda, yaitu :

·         Know Youself

·         Set Your Goals

·         Comfort Zone

Timeline of Highlights

Bengkel Bunda

Setelah menentukan highlight yang akan menjadi identifikasi tim Bengkel Bunda kami pun membuat deskripsi dari masing-masing highligt.

·         Know Your Potential

Adalah slogan dari Bengkel Bunda. Bisa dibilang ini adalah ruh dari pergerakan Bengkel Bunda nantinya. Setiap anggota Bengkel Bunda harus sudah menjiwai slogan ini.

Harus mengetahui potensi yang dimiliki agar bisa percaya diri menghadapi masalah yang dihadapi.

·         Know Youself

Know Yourself artinya masing-masing dari kami harus sadar dan tahu akan karakter masing-masing. Paham akan potensi yang dimiliki.

Alhamdulillah, leader kami adalah seorang praktisi Talents Mapping. Leader membantu kami dalam mengenali potensi masing-masing berdasarkan hasil tes ST 30.

Dari hasil ST 30, kekuatan yang saya miliki adalah Mampu mangatur dan memerintah orang, kreatif dan senang mengekspolorasi , menganalisa, menulis, senang terjun dalam bidang pendidikan.

Sedangkan kelemahan saya antara lain melayani, administrasi dan pengelolaan keuangan, Pemasaran serta mengoperasikan peralatan secara teknis.

Dengan kekuatan dan kelemahan tersebut, saya berharap bisa memberikan kontribusi terbaik bagi Bengkel Bunda. Berkontribusi sesuai dengan potensi yang saya miliki. Misalnya, saya bertanggung jawab sebagai content writer atas website Bengkel Bunda nantinya.

·         Set Your Goals

Set Your Goals atau menentukan tujuan yang ingin dicapai. Sebenarnya ini sudah mulai kami lakukan pada jurnal keempat lalu. Masing-masing dari kami membuat KPI berdasarkan problem statement pribadi. Dimana sudah kami tuangkan di milestone 1. Nantinya ini juga yang menjadi KPI (Key Performance Indicator) dalam menentukan tujuan dari tim Bengkel Bunda. Menjawab problem statement tim.

·         Comfort Zone

Kami tidak ingin terus menerus berada di zona nyaman (comfort zone). Artinya kami harus berubah. Tidak boleh melakukan pembenaran terhadap kelemahan yang dimiliki. Bengkel Bunda, berubah untuk mengubah.

 

Sampai bulan Oktober kami akan berfokus menyelesaikan milestone pertama yang sudah kami buat. Masing-masing anggota Bengkel Bunda juga akan membuat konten yang akan dipublikasikan di website ataupun sosial media kami mulai bulan Oktober nanti. Selanjutnya di bulan November kami akan melanjutkan aksi yang sudah direncanakan. Mulai mengerjakan milestone dua.

 Campaign

Bengkel Bunda

Kami sudah membuat website dan sosial media Bengkel Bunda yang selanjutnya akan menjadi media kami dalam melakukan kampanye. Sedangkan untuk bentuk kampanyenya, kami akan membuat dalam format video. Oh ya, teman-teman jangan lupa berkunjung dan follow sosial media kami,ya.

Fundraising

Sejauh ini kami belum membutuhkan fundrising untuk penggalangan dana. Sebab kegiatan kami masih berupa sharing di website ataupun sosial media. Meski kami sudah membuat website berbayar, anggarannya dari kami semua.

Analisis SWOT

Bengkel Bunda

Membentuk tim dengan anggota yang berbeda-beda tentu menjadi tantangan tersendiri. Agar tidak mengganggu jalannya aksi yang sudah kami rencanakan, kami pun sudah membuat analisa SWOT dari Bengkel Bunda. Harapannya dari analisa ini kami bisa terus melangkah,. Konsisten dengan tujuan yang sudah dibuat.

 

Demikian identifikasi aksi tim Bengkel Bunda. Semoga ini bisa menjadi panduan kami dalam terus melangkah. Mencapai tujuan bersama yang sudah diteapkan. Mohon doanya, ya.

 

#identifikasiaksi

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

 


Comments