Review Jurnal 7 : Apresiasi Aksi

 

Bunda Saliha

Setelah 3 minggu berjibaku membahas dan mempraktikkan materi 7 bersama tim Bengkel Bunda, kini waktunya melakukan Buddy Review. Melalukan review jurnal materi Apresiasi Aksi sesama mahasiswa Bunda Saliha


My Buddy Review


Buddy Review saya di jurnal ketujuh ini adalah mbak Virniati Agustina. Mbak Virni ini berasal dari IP Bekasi. Mbak Virni terlebih dahulu menghubungi saya. 


Mbak Virni tergabung dalam tim Mindful Morning Indonesia. Tim Mindful Morning Indonesia ini terdiri dari 6 orang. 


Saya dan mbak Virni saling bertukar link jurnal. Kemudian saling berdiskusi lewat chat WA. 


Analisa Dampak

Bunda Saliha

Tim Mindful Morning Indonesia ini telah melakukan aksi dengan menggelar empat kulwap dengan materi-materi yang sesuai dengan kebutuhan anggota tim. Kulwap digelar secara internal. 


Yaitu tentang Mindful Morning, Manajemen Waktu, Kontrol Diri dan Relese Emosi. Keempat materi tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan anggota. Menjawab problem statement tim, yaitu manajemen diri dan tidak berani tampil di depan publik. 


Membaca jurnal mbak Virni, saya merasa hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh tim saya, Bengkel Bunda. Bengkel Bunda juga ingin membuat setiap perempuan tampil percaya diri dengan potensinya masing-masing. Pun saat pekan aksi, Bengkel Bunda juga lebih fokus ke internal.


Melihat analisa dampak yang dibuat oleh tim Mindful Morning Indonesia, saya merasa sudah tepat. Tim menggelar aksi untuk membantu para anggota tim agar lebih percaya diri tampil di depan publik. 


Theory of Change

Bengkel Bunda

Theory of Change dari tim Mindful Morning Indonesia juga sudah dituliskan secara detail. Tim ingin bisa menularkan semangat dan berbagi ilmu mengenai manajemen diri dan mindful morning routine. 


Aktivitas yang dilakukan juga sudah sesuai. Yaitu dengan membuat to do list, jurnal syukur, sharing di medsos dan membuat kulwap atau Webinar. 


The Logic Model

Bunda Saliha

The Logic Model yang sudah dibuat oleh tim Mindful Morning Indonesia juga sudah sesuai. Semua proses sudah ditulis secara rinci dan detail. 


Yaitu, Inputnya membuat postingan medsos seminggu sekali terkait morning mindful, Asumsinya semua anggota tim bisa produktif mengisi medsos dan menjadi fasilitator. Aktivities yang dilakukan adalah dengan cara to do list, jurnal syukur, sharing di medsos dan membuat kulwap atau Webinar. 


Table Risk Management dan Table Stop

Bunda Saliha

Table risk management dan table STOP sudah sesuai struktur berpikirnya. Semuanya sudah ditulis dengan lengkap. Setiap kemungkinan risiko dan solusinya sudah dituliskan. 


Penutup


Demikian review jurnal 7 dari mbak Virni. Semoga nantinya tim kami Mindfull Morning Indonesia dan Bengkel Bunda bisa saling berkolaborasi. Mengingat tema aksi yang kami buat hampir sama. 


#sistemumpanbalik

#apresiasiaksi

#ibupembaharu

#bundasalihah

#darirumahuntukdunia

#hexagoncity

#institutibuprofesional

#semestaberkaryauntukindonesia

#ibuprofesionaluntukindonesia

Comments