Belajar Membaca dengan Taman Huruf

 

Belajar membaca

Hari ini Aluna belajar membaca. Belajar membaca kali ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Kami membuat taman huruf! Penasaran? Yuk baca sampai akhir, ya!

Belajar Macam-Macam Bunga

Hari ini Aluna belajar bermacam-macam nama bunga. Aluna melihat gambar bermacam-macam bunga. Mulai dari melati, kenangan, mawar, bakung, dahlia, cempaka dan kamboja.

Baca Juga : Serunya Membuat Lapbook

Setelah itu, Aluna mencoba menuliskan nama-nama bunga tersebut di selembar kertas. Kemudian, Aluna bernyanyi lagu yang berjudul "Semua Bunga", ada yang tahu lagu ini? 

Belajar membaca

Nah yang belum tahu, bisa baca lirik ini : 

"Melati, Kenanga, Mawar, Bakung, Cempaka, Dahlia, Kamboja, Semua Bunga. 

Sungguh cantik rupanya, lagi harum baunya. 

Melati, Kenanga, Semua Bunga"

Membuat Taman Huruf

Pelajaran membaca hari ini menggunakan alat bantu taman huruf. Membuat taman huruf cukup mudah, kok. 

Siapkan dulu bahan-bahannya, berikut ini : 

Belajar membaca

- tray telur

- worksheet 26 alphabet

- 26 stik es krim

- doble tip

- cutter

- gunting

Cara membuat

1. Gunting worksheet

2. Tempelkan double tip di masing-masing huruf

3. Tempelkan ke stik es krim

4. Bolongi tray telur dengan cutter

5. Susun taman bunga 

Cara bermain

1. Susun semua alphabet, ajak anak mengurutkan ke 26 huruf


Belajar membaca

2. Buat kata , misalnya saya mengajak Aluna menyusun beberapa huruf yang berhubungan dengan taman bunga, seperti : 

- bunga

- aster


Belajar membaca

- melati

- tulip

Hal yang Dipelajari

Kegiatan hari ini mengajak untuk belajar membaca dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, anak juga belajar bermacam-macam bunga. 

Baca Juga : Sains Asyik, Membuat Gunung Meletus

Anak juga terlatih kreativitasnya. Motorik dan kognitifnya juga terasah. Juga bernyanyi bersama untuk mengasah kecerdasan musikalnya. 

Jangan lupa juga mengajak anak bercerita, bahwa bunga adalah salah satu makhluk hidup ciptaan Allah. Agar fitrah keimanannya juga terasah. 

Oke, sekian cerita belajar Aluna hari ini. Alhamdulillah hari ini Aluna bisa lebih semangat saat diajak mengenal huruf. Aluna juga mulai mengenal semua huruf. Meski ada beberapa huruf yang masih lupa, seperti huruf W, X, Y, dan Z. 

Baca Juga : Mendidik Anak Agar Kreatif 

Bagaimana dengan teman-teman? Apa cara yang biasa teman-teman lakukan untuk mengajak anak belajar mengenal huruf dan membaca? 

Yuk share di kolom komentar, ya! 

Terima kasih.


Comments

  1. Inspiratif cara mengajarkan anak membacanya Mbak. Jadi menyenangkan dan enggak ada rasa terpaksa kalau caranya dengan taman huruf seperti ini ya. Selamat belajar Aluna, sehat dan tambah pintar ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak sudah senang pembelajaran juga jadi mudah diterima dan dipahami ya
      Ide belajarnya memang keren ya ini
      Sekarang setelah pintar baca selamat membaca...

      Delete
    2. iya ya mbak, jangan kan anak-anak, orang dewasa pun harus dibuat senang dulu, baru semangat untuk belajarnya muncul. Jadi membentuk suasana dan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan itu emang penting banget

      Delete
  2. Belajar membaca sambil bermain dan merangkai huruf-huruf nya, ini menyenangkan Kak Dee bisa diterapkan oleh orangtua dan keluarga di rumah

    ReplyDelete
  3. Keren Mbak. Memang belajar rasa bermain itu jauh lebih efektif jika diterapkan pada anak-anak ya? Daripada sistem pembelajaran jaman dahulu yang kaku.

    ReplyDelete
  4. kreatif sekali bundanya bikin begini buat anaknya belajar huruf. Semangat bun!

    ReplyDelete
  5. Keren ini metodenya. Dengan sistem belajar seperti itu anak tidak hanya bisa baca tapi juga tahu pemenggalan kata ya

    ReplyDelete
  6. Inspiratif nih cara mengajak anak mengenal huruf. Nggak cuma mengenal huruf jadinya, karena melibatkan motorik saja lewat kegiatan menempel dan menyusun

    ReplyDelete
  7. kreatif banget Mbak

    sederhana tapi mengena karena anak2 emang gak harus punya produk mahal untuk belajar

    ReplyDelete
  8. kreatif, Mba. Saya contek idenya yaa, mau saya terapkan sama anakku

    ReplyDelete
  9. Cara kreatif mengajak anak belajar, bermain dan beraktifitas motorik bersama orang tua. Selalu ada cara orang tua komunikasi dengan anak.

    ReplyDelete
  10. MashaAllah. Kreatifnya Mbak. Tulisan Aluna juga termasuk rapi dan jelas loh. Seneng saya lihatnya. Nanti saya coba teruskan tulisan ini kepada keponakan-keponakan saya yang lagi banyak mengasuh balita. Pasti mereka pada seneng deh bacanya. Dan mempraktekannya juga.

    ReplyDelete
  11. Wah, seru banver, ya. Sederhana, tapi krearif. Peralatannya juga biasa ada di rumah. Mau coba, aah, sama ponakanku.

    ReplyDelete
  12. Wah cantik & imut taman hurufnya. Bikin semangat untuk belajar membaca. Kl zaman aku dulu biasanya belajar baca dengan ngebacain baliho atau spanduk yang tulisannya gede-gede.

    ReplyDelete
  13. Lucuu banget siih itu tray bisa disulap jadi taman huruf, benean kreatif pisaan. Makin tambah smangat buat belajar membaca yaa.
    Duh, aku lupaa dulu ngajarin gimana yaa, jaman dulu masih pake buku2, poster2, pake cd edukatif hahahaa duhh jadi kangen masa kecil anak. Sekarang anaknya udah 19 tahun.

    ReplyDelete
  14. Mba creative banget deh, ini mesti dicoba nih di rumah sama saya pas main sama ponakan.Biar tambah seru belajar membacanya.

    ReplyDelete
  15. Seru Mbak DK, belajar baca jadi nggak tertekan ya kalo caranya menyenangkan gini. Jadi pengen berkreasi ngenalin huruf ke anak pake kayak gini juga. Liat ibu-ibu bikin kreasi gini jadi suka pengen ikutan. Wkwk..

    ReplyDelete
  16. Baguss kreatif maak, hal sederhana tapi bakal di ingat anak-anak. Biasanya memang anak2 mudah mengingat hal yang colourfull, unik, sambil bermain seru.

    ReplyDelete
  17. Aduh jadi ingat pengalaman mengajar anak TK dulu di Thailand. Suka bikin media belajar menarik gini.. Biasanya anak-anak suka dan bersemangat kalau belajar kayak gini. Nanti harus rajin nih bikin untuk anak sendiri. Hehehe

    ReplyDelete
  18. Woow.. Kreatif.. Saya malah dibuang tuh tray telur. Tau gitu bisa buat mainan barenga bocah ya. Ma kasih idenya mbaa..

    ReplyDelete
  19. Wah lucu banget nih metodenya. Pasti anak-anak suka ya, terutama anak perempuan. Ada ide untuk anak laki-laki kah bun?

    ReplyDelete
  20. Ihhh lucu ya mainannya.. Taman Huruf ini bikin happy anak-anak buat belajar tentang huruf.. Gak monoton ..

    ReplyDelete
  21. Mbaaak kreatif bangeet sih. Anakku juga lagi belajar membaca. Ntar aku bikinin ginian ya biar dia semangaat.

    ReplyDelete
  22. Belajar membaca pun perlu melibatkan kreativitas agar anak-anak senang belajar ya Mbak. Belajar sambil bermain itu menurut saya adalah sebaik-baiknya belajar. Mainnya dapat, ilmunya menyusul :)

    ReplyDelete
  23. Wah..seru banget belajar mengenal hurufnya, Aluna.
    Dari apa yang ada di sekitar kita, bisa menjadi alat belajar yang menarik. Kreatif banget..mama Aluna.

    ReplyDelete
  24. Dirimu rajin Mak, tapi memang ngajarin anak2 harus dibikin menarik ya biar mereka semangat

    ReplyDelete
  25. Wah seru banget. Belajar membaca harusnya memang dengan cara yang menyenangkan begini.Kalau anakku dulu kesulitan belajar membaca saat pakai cara mengeja. Jadi aku bacain buku cerita aja tiap hari. Tau2 jadi bisa baca sendiri.

    ReplyDelete
  26. Seru banget ini belajar membacanya jadi pengen juga ajak anak kayak gini seru abis deh bisa makin happy dan cepat belajar

    ReplyDelete
  27. Membangun semangat belajar anak itu yang sulit, jadi sebagai orangtua harus kreatif dan inovatif untuk membangun dan mendorong minat belajar anaknya. Salah satunya dengan metode seperti ini anak jadi lebih semangat dan senang saat belajar dan nggak mudah jenuh. Apapun yang ada disekitar kita bisa menjadi alat belajar yaa

    ReplyDelete
  28. Keren banget idenyaaa.. kebetulan anak ke 2 juga sedang belajar membaca, bisa nih ditiru, makasih banyak idenya mbak.. kayaknya saya kurang kreatif haha

    ReplyDelete
  29. terima kasih atas ulasannya, bermanfaat sekali ini buat dedek nasya yang sedang gat belajar membaca buat persiapan masuk SD

    ReplyDelete
  30. Mamanya kreatif banget nih bekas template telur bisa jadi taman huruf yang cantik untuk belajar baca, semangat belajar ya Aluna!

    ReplyDelete
  31. Yakin sih. Anak pasti happy belajar membacanya dengan cara begitu. Seru banget. Si mama kreatif banget euy....

    Aluna makin pintar membaca ya, dek. Bikin taman hurufnya makin cakep nanti.

    ReplyDelete
  32. Belajar sambil bermain gini yang disukai anak-anak yaa dan mereka juga jadi lebih cepat paham dibandingkan diajarkan dengan cara biasa

    ReplyDelete
  33. Menyenangkan banget nih metode belajar membacanya, anak pun jadi seru dan asyik ya ketika belajar. Mungkin huruf besar dan kecil dibuatin berbeda aja mba, biar sekalian belajarnya, membedakan penggunaan huruf besar dan kecil.

    ReplyDelete
  34. The real definition 'belajar sambil bermain' dan 'bermain sambil belajar'. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana dan mudah didapatkan. Cuma saya salfok sama kata 'DAHLIA' yang ada di gambar, tadi sempat bingung karena L-nya tidak menggunakan huruf kapital ya.

    ReplyDelete
  35. Mba makasi idenya, aku jadi pengen bikin juga soalnya anakku lagi di fase belajar baca juga ini. Cara bikinnya mudah pula,, thank you idenya

    ReplyDelete
  36. Ah kreatif sekali membuat taman huruf. Membuat anak-anak lebih tertarik buat belajar, apalagi semuanya berasa dalam permainan, jadi makin semangat dan senang belajar taman huruf. Ide yang menarik

    ReplyDelete
  37. kreatif banget mbak metodenya. kalau saya masih mengandalkan main kartu aja sih sama guru tk-nya buat mengenalkan huruf. hehe

    ReplyDelete
  38. Kebetulan di rumah juga ada tray telur nih..
    Mau ikutan Aluna...biar menjadi Taman Huruf yang seru...
    Hurufnya diganti hangeul yaa.. Biar yang belajar akunya. Hihii~

    Haturnuhun idenya, Aluna.

    ReplyDelete
  39. Ide seru buat belajar membaca untuk anak nih, sy belum kepikiran manfaatin rak telur, thank you mom tipsnya

    ReplyDelete
  40. Pas banget di rumahku masih ada tray telur gini. Tapi anakku udah gede semua. Ga ada yang PAUD hehe...

    ReplyDelete
  41. cara belajarnya kok asyik banget ini mbak, pengen kutiru buat aira deh. btw Aluna umur berapa mbka? Udah sekolah TK atau SD ?

    ReplyDelete
  42. anak-anak sekarang pendekatan belajarnya memang harus dengan gambar yaa biar lebih cepat bisanya, karena mereka belajarnya dengan perasaan yang happy riang gembira

    ReplyDelete

Post a Comment