PT. BPR Mitra Parahyangan Berikan Pendampingan Pada UMKM

 

PT BPR Mitra Parahyangan

PT. BPR Mitra Parahyangan Berikan Pendampingan Pada UMKM adalah kabar baik yang saya ketahui saat mengikuti webinar beberapa hari lalu. Ini menjadi angin segar bagi pelaku UMKM, khususnya di daerah Jawa Barat. PT. BPR Mitra Parahyangan ini tak hanya memberikan bantuan modal saja, tetapi juga berikan pendampingan usaha UMKM.

Peran UMKM terhadap Perekonomian Indonesia

Berdasarkan informasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) pada bulan Maret 2021 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07% atau Rp8.573,89 triliun. UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,42% dari total investasi di Indonesia.

UMKM adalah satu pilar perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang signifikan yaitu sebagai berikut:

1. UMKM telah berkontribusi besar terhadap PDB Indonesia yaitu 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp8.500 triliun di tahun 2020.

2. UMKM sukses menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yakni sekitar 97% dari daya serap dunia usaha di tahun 2020. Jumlah UMKM yang banyak berbanding lurus dengan menyebarnya lapangan pekerjaan di Indonesia sehingga UMKM memiliki andil besar dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

3. UMKM telah menyerap kredit terbesar di tahun 2018 kurang lebih sebesar Rp1 triliun.


Melihat betapa pentingnya peran UMKM ini, tentunya kita semua ingin UMKM bisa terus maju dan berkembang. Sayangnya, modal seringkali menjadi kendala bagi UMKM. 

Keterbatasan modal inilah yang biasanya membuat para pelaku UMKM kesulitan mengembangkan usahanya. Para pelaku UMKM ini kemudian mencari cara cepat dapat pinjaman usaha. Salah satunya adalah melalui Bank Perkreditan rakyat (BPR).

Bank Perkreditan Rakyat

BPR menjadi solusi pinjaman praktis UMKM. Mengapa demikian? Apa perbedaan antara BPR dengan Bank Umum?

Pengertian Bank Perkreditan Rakyat

Bank Perkreditan Rakyat  adalah Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum karena BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas, dan perasuransian.

Tujuan Bank Perkreditan Rakyat

Tujuan dari BPR adalah untuk fokus melayani masyarakat, khususnya masyarakat atau UMKM di daerah pelosok dan terpencil yang selama ini belum terjangkau secara maksimal oleh layanan bank umum.

Tugas Bank Perkreditan Rakyat

1. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berjangka, tabungan atau bentuk lainnya.

2.Memberikan kredit kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menyediakan pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah.

3. Menempatkan dana dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, sertifikat deposito, atau jenis tabungan lain.

PT. BPR Mitra Parahyangan

Salah satu Bank Perkreditan Rakyat yang memberikan bantuan modal kepada UMKM adalah PT. BPR Mitra Parahyangan. BPR Mitra Parahyangan ini adalah sebuah Bank Perkreditan Rakyat yang beroperasi di daerah Jawa Barat. 

BPR Mitra Parahyangan ini memiliki visi "Menjadi BPR yang kuat dan terpercaya di Bandung dan sekitarnya". Sedangkan misinya adalah "Mensejahterakan para stakeholder baik owner, karyawan, deposan maupun kreditur". 

Visi dan misi dari BPR Mitra Parahyangan ini digambarkan secara jelas dalam logonya, yang memiliki arti sebagai berikut : 

Bank Perkreditan Rakyat

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan

BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM melalui pemberian modal usaha. Selain itu, BPR Mitra Parahyangan juga memiliki berbagai produk layanan. Produk dari Bank Pengkreditan Rakyat Mitra Parahyangan ini antara lain adalah tabungan, deposito berjangka, kredit kendaraan bermotor, kredit kepemilikan rumah, investasi dan lain sebagainya. 

Berikut adalah daftar produk dari Bank Perkreditan Rakyat Mitra Parahyangan : 

Produk dari Bank Perkreditan Rakyat


BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM

BPR Mitra Parahyangan memberikan pendampingan usaha UMKM dengan memberikan kredit modal usaha. Produk RANCAGE dari BPR Mitra Parahyangan ini memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM mikro dan ultra mikro mulai dari 50 hingg 300 juta, sesuai dengan syarat dan ketentuan. 

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM


Bagi UMKM yang ingin mendapat bantuan modal dari BPR Mitra Parahyangan, pastikan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut : 

1. Memiliki usaha yang sudah berjalan dan ingin dikembangkan

2. Bersedia disurvei terlebih dahulu

3. Melengkapi syarat-syarat administratif, misalnya foto kopi KTP, KK dan juga NPWP.

4. Memiliki jaminan

PT. BPR Mitra Parahyangan Berikan Pendampingan Pada UMKM

BPR Mitra Parahyangan yang sekadar memberikan bantuan modal usaha saja. Tetapi juga memberikan pendampingan usaha UMKM. 

UMKM yang meminjam modal didampingi dengan cara diberikan pelatihan manajemen keuangan. Manajemen keuangan ini menjadi pilar utama dalam kesuksesan usaha UMKM. 

Selain itu, pendampingan ini juga untuk memastikan bahwa kredit yang diberikan benar-benar digunakan untuk keperluan mengembangkan usaha. Bukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. 

Dengan begitu, dana pinjaman bisa dikelola menjadi utang produktif yang mampu mengembangkan usaha. Banyak CEO-CEO perusahaan besar yang juga mengelola usahanya dengan bantuan modal. Sebut saja, Bob Sadino, Ciputra, Nadiem Makarim adalah contoh CEO yang sukses mengolah utang produktif. 

Bagaimana? Apakah teman-teman yang di daerah Bandung dan sekitarnya tertarik untuk mengembangkan usaha bersama BPR Mitra Parahyangan? Silahkan hubungi langsung BPR Mitra Parahyangan yang beralamat di Jalan BKR Lkr. Sel No. 154A, Cigelereng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Telepon: (022) 52262212. 





Comments

  1. asyik, nih. bukan cuma kucuran dana tapi juga ilmu dan pendampingan biar cepat berkembang, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget sih pendampingan ini biar dana yang ditera benar2 produktif ya hasilnya.

      Delete
    2. Diharapkan dengan demikian kondisi pelaku UMKM semakin sejahtera dan bangkit memulihkan perekonomian nasional

      Delete
  2. pendampingan ini penting banget buat para pelaku UMKM biar bisa lebih maju dan berdaya, semoga UMKM di Indonesia makin maju dan berkembang ya kak

    ReplyDelete
  3. Setuju banget kak. BPR emang fokus nasabah di kota kedua. Ada juga sih yang menyasar kelas menengah atas, yang notabene udah memiliki banyak aset dan suntikan modal dari pemeritah daerahya. Semoga peran BPR semakin meningkat, khususnya untuk memberdayakan UMKM Tanah Air.

    ReplyDelete
  4. Peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia gak main-main ya mbak. Bahkan mereka bisa memberikan 60,42% dari total investasi di Indonesia. Makanya udah sewajarnya banget harus didukung oleh pemerintah

    ReplyDelete
  5. Mantap ya ternyata, perannya UMKM ini, semoga adanya BPR semakin meningkat perannya untuk perekonomian di tanah air :)

    ReplyDelete
  6. Memberikan pinjaman memang seharusnya diimbangi dengan pendampingan. Sepertib PT. BPR Mitra Parahyangan Berikan Pendampingan Pada UMKM, ini suatu sinergi yg bgs buat pelaku UMKM

    ReplyDelete
  7. Nah itu pe er banget bisa mengolah utang2 secara produktif karena selama ini bebannya utang itu susah bayarnya..tapi kalo ada pendampibgan ky BPR Mitra Parahyangan bagus banget

    ReplyDelete
  8. Seru ya kalau UMKM bisa dibantu dengan pinjaman dana yang memudahkan dan bikin semangat untuk terus berusaha mendapatkan keuntungan sebagai balas jasa pinjaman yang ga ribet

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, senang banget nih BPR Mitra Parahyangan gak hanya sekadar memberikan bantuan modal usaha, tapi juga memberikan pendampingan usaha UMKM. Apalagi setelah pandemi UMKM memang butuh suntikan modal dan pendampingan untuk bisa pulih

    ReplyDelete
  10. Keren ada pendampingannya, jadi dana yang diperoleh untuk modal usaha bisa benar-benar efektif dan produktif

    ReplyDelete
  11. mantap inii euy! jadi mendongkrak UMKM juga yaaa mbaa, pendampingan untuk UMKM ini skrg yg dibutuhkan banget sebenernyaaa

    ReplyDelete
  12. Wah enak ya ada pendampingan. Jadi pelaku UMKM bisa mudah mendapatkan informasi dan ada tempat untuk bertanya

    ReplyDelete
  13. BPR rata-rata memang punya program pemberdayaan dan pendampingan yaa mba, untuk UMKM pasti terbantu banget sih

    ReplyDelete
  14. Bagus programnya ya selain dipijami kredit juga diberi pendampingan keuangannya jadi ga dibiarkan jalan sendri UMKM nya

    ReplyDelete
  15. Semoga dengan adanya bantuan pada para pelaku UMKM dari BPR Mitra Parahyangan omzet usaha semakin meningkat dan maju ya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  16. ini salah satu pentingnya blogger menulis
    karena sebelumnya saya belum tahu tentang BPR Mitra Parahyangan lho
    padahal dulu saya pelaku UMKM, tinggal di Bandung dan butuh pendampingan :D

    ReplyDelete
  17. Seneng banget dengar kabar seperti BPR Mitra Parahyangan yang mendukung program-program UMKM untuk memulihkan ekonomi Indonesia kayak gini.

    ReplyDelete
  18. Bersama BPR Mitra Parahyangan maka akan banyak sekali mitra UMKM yang terbantu karena dana yang mudah dan lancar untuk usaha mereka. Semoga bisnis lancar, kredit berdaya dan bermanfaat untuk semua.

    ReplyDelete
  19. UMKM zaman sekarang tuh dimudahkan banget ya dengan inovasi dari BPR Mitra Parahyangan, jadi makin semangat menjalankan usaha dan memasuki dunia persaingan usaha yang makin besar

    ReplyDelete
  20. Untunglah sekarang UMKM bisa dapat pendampingan dari BPR Mitra Parahyangan. Semoga para pelaku UMKM bisa berkembang dan sukses usahanya

    ReplyDelete
  21. Keren banget deh PT. BPR Mitra Parahyangan ini, peduli dengan UMKM dan memberikan bantuannya berupa modal. Kalau UMKM maju kan, perekonomian Indonesia juga ikut maju

    ReplyDelete
  22. Bagus sekali ini program BPR, pastinya sangat membantu untuk para pelaku UMKM. Apalgi ada kegiatan trainingnya juga,menambah ilmu berwirausaha

    ReplyDelete
  23. Wah bisa jadi salah satu solusi untuk mendapatkan bantuan modal ya kak. Terutama untuk UMKM yang sedang berkembang

    ReplyDelete
  24. Dengan merangkul UMKM pastinya jadi lebih produktif dan berkembang sehingga roda perekonomian nasional bergerak terus, good job

    ReplyDelete
  25. alhamdulillah semoga peran BPR semakin meningkat ya, khususnya untuk memberdayakan UMKM

    ReplyDelete
  26. Wah berita baik untuk pelaku UKM seperti saya nih. Pengurusan perbankan secara syariah nih sekarang sudah jadi pilihan banyak UKM Mbak. Dengan harapan bahwa pengaturan keuangannya tidak menyalahi aturan-aturan agama.

    ReplyDelete
  27. Kabar gembira untuk pelaku UMKM di daerah Bandung dan sekitarnya untuk mengembangkan usaha dengan bantuan modal dari BPR Mitra Parahyangan. Pengelolaannya juga transparan dan sesuai hukum syariah, pelaku usaha jadi lebih tenang.

    ReplyDelete
  28. Bantuan modal dan pendampingan usaha dari BPR tentu akan sangat berarti bagi UMKM yang memang sangat membutuhkannya untuk maju dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak Rien.
      Pandemi memang memukul dengan kuat para pelaku usaha UMKM. Jadi kudu mengubah strategi dan semoga adanya kemudahan modal dari BPR maka menciptakan ide-ide baru yang didukung kemudahan pinjama modal untuk mewujudkannya.

      Delete
  29. Wah kereen nih BPR Mitra Parahyangan. Sampai ada program buat pendampingan UMKM segala. Tapi emang sih beberapa tahun belakangan ini UMKM bener-bener semakin banyak dan semoga aja semakin kuat. Karena banyak yang kebantu dengan adanya UMKM.
    Makanya butuh dukungan banyak pihak ya biar UMKM kita bisa terus berkembang, salah satunya ya pendampingan kaya gini.

    ReplyDelete
  30. seneng banget kalau mendapati adanya pihak-pihak yang peduli dengan umkm. karena memang masih banyak umkm yang belum berdaya, baik secara finansial maupun kemampuan akses sumber pendanaan. apalagi disertai dengan pendampingan. salut dah!

    ReplyDelete
  31. Senang dengan banyak yang mendukung pelaku usaha sehingga dapat mengembangkan bisnis

    ReplyDelete
  32. Udah dibantu pendanaan dan diberi pendampingan, cukup menjanjikan nih buat para pemula, setidaknya pelaku UMKM jadi lebih terarah dan biar siap berkembang

    ReplyDelete
  33. Seneng dah kalau lihat banyak pihak yang terlibat dalam mendukung pengembangan UMKM. Karena sadar atau tidak, UMKM tuh berperan penting dalam perekonomian negara kita.

    ReplyDelete
  34. Dukungan dari berbagai pihak untuk UMKM tentu sangat penting. Seperti PT. BPR Mitra Parahyangan yang tak hanya memberikan bantuan modal saja, tetapi juga berikan pendampingan usaha UMKM.

    ReplyDelete
  35. Aku pernah jadi nasabahnya, dan bersama rekanan juga mengelola satu perusahaan dengan modal ini dan mengelola utang menjadi produktif, memang sangat membantu banget BPR ini untuk kita semua yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahhh teh nchie nasabah di sana rupanya. Alhamdulillah ya bisa turut mendapatkan manfaat. Semoga demikian halnya juga dengan para UMKM ini, bisa belajar banyak hal dan meningkatkan skillnya.

      Delete
  36. Luar biasa, keren ini program dsri BPR, sangat membantu UMKM untuk upskill dan reskilling ilmu wirausaha dengan training yang diadakan ya

    ReplyDelete
  37. UMKM nih selain butuh dana. Jg perlu pendampingan yaaa. Agar bs berkiprah dgn lebih baik lagi.

    Keren bgt 😍😍😍

    ReplyDelete
  38. Dana dan pendampingan dua hal yang dibutuhkan UMKM. Semoga bantuan pinjaman dari PT. BPR Mitra Parahyangan bisa menyelesaikan kendala yang ada sehingga bisa terus maju dan berkembang. Aamiin

    ReplyDelete
  39. UMKM itu emang banyak banget kendalanya Mbak. Sudah sumber daya manusia minimal (pengalaman sendiri), modalnya juga pas-pasan. Nah untung ada yang bersedia kasih pinjaman dari BPR ya...Masalah ya itu tadi, kebanyakan UMKM juga masih sulit akses permodalan karena BPR atau bank biasanya minta jaminan aset :)

    ReplyDelete
  40. UMKM berperan besar dalam membangkitkan perekonomian Indonesia di masa pandemi ini, karena itu penting untuk didukung dalam segi apapun termasuk dalam hal finansial

    ReplyDelete
  41. Peranan semua pihak membantu mendorong umkm, salah satunya dari per bank stake holdernya.

    ReplyDelete
  42. Suka deh sama Bank Perkreditan Rakyat yang gak hanya bantu pendanaan, tapi ngasih pendampingan juga. Jadi lebih terarah kan modalnya ini mau dikemanakan

    ReplyDelete
  43. Pascapandemi ini UMKM mulai bangkit lagi. Dengan adanya pendampingan, pelaku usaha diharapkan makin optimal dalam mengelola modal & meningkatkan omset penjualannya.

    ReplyDelete
  44. Bisa banget untuk umkm di jawa barat. Mau modal usaha bisa mengajukan di bpr biar usahanya jalan terus.

    ReplyDelete
  45. Nah kan.. Emang UMKN itu berperan penting banget dalam pembangunan bangsa kita. UMKM banyak membuka lapangan kerja dan ini membantu pemerintah buat mengurangi angka pengangguran. Bersyukur banget udah banyak yang menyadari dan bekerja sama dengan UMKM y kak..

    ReplyDelete
  46. Semoga UMKM di negeri kita bisa bangkit kembali akibat pandemi, angin segar juga buat UMKM dengan adanya pinjaman dari BPR. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  47. Penting banget nih jika pendampingan UMKM juga dilakukan untuk memastikan bahwa kredit yang diberikan benar-benar digunakan untuk keperluan mengembangkan usaha dan bukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. BPR Mitra Parahyangan bagus sekali ini karena tidak hanya yang sekadar memberikan bantuan modal usaha saja.

    ReplyDelete
  48. Wah BPR ternyata juga membntu UMKM ya mbak dalam hal oendanaan. Bagus banget nih kalau banyak yang terbantu utk bioa mengembangkan usahanya :D
    Aku kepoh kalau usahanya gak di Bandung apa masih bisa dapat pinjaman ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPR emang dari dulu terkenal sangat membantu rakyat kecil ya mbak, sesuai namanya. BPR tersebar di berbagai daerah hingga pelosok itu lho yang jadi nilai plus.

      Delete
  49. Keren ya sekarang, banyak korporat dan lembaga yang memberi pendampingan dan dukungan terhadap UKM. Gak hanya lembaga yang besar saja. Bahkan lembaga seperti BPR juga. Jadinya UKM semakin besar potensinya untuk berkembang.Semoga kolaborasi seperti ini bisa membawa manfaat yang besar bagi semua pihak.

    ReplyDelete
  50. UMKM zaman sekarang sebenarnya lebih banyak kemudahan juga ya mak meskipun tantangannya juga semakin komplek. dimudahkan juga dengan inovasi dari BPR Mitra Parahyangan, jadi makin semangat menjalankan usaha dan memasuki dunia persaingan usaha yang makin besar

    ReplyDelete
  51. UMKM pasti akan sangat terbantu ya dan pastinya dengan ada ya BPR Mitra Parahyangan akan semakin memudahkan bisnis ke depan.

    ReplyDelete
  52. Alhamdullilah, UMKM semakin banyak yang memperhatikan ya, Mba, semakin banyak yang support jadi semakin maju, Insallah

    ReplyDelete
  53. Alhamdulillah sekarang UMKM makin terbantu yah dengan adanya BPR MItra Parahyangan ini, mudah2an UMKM semakinmaju dan sukses.

    ReplyDelete

Post a Comment