Bukit Jaddih, Wisata Ala Cappadocia di Pulau Garam

Bukit Jaddih


"Cappadocia? It's my dream, Mas!"

 

Semua pasti ingat dialog ini, ya? Cappadocia menjadi hits setelah munculnya serial "Layanan Putus". Cappadocia adalah salah satu wisata andalan di Turki. Menikmati keindahan bukit dari atas balon udara menjadi daya tarik Cappadocia ini. 

Pengen ke Cappadocia? Kalau belum kesampaian ke Cappadocia, bolehlah ke Bukit Jaddih dulu. Bukit Jaddih adalah salah satu wisata hits yang terletak di pulau garam, Madura. Keindahannya bisa disamakan dengan Cappadocia, lho! 

Penasaran? Baca sampai habis, ya!

Sejarah Bukit Jaddih

Bukit Jaddih merupakan bebatuan kapur yang terbentuk dari aktivitas penambangan batu kapur. Bentuk bukitnya yang unik dengan danau berair biru, membuat Bukit Jaddih disamakan dengan Cappadocia yang ada di Turki. 

Sebenarnya Bukit Jaddih ini adalah lokasi tambang kapur milik PT Sumber Gamping Energi. Bekas aktivitas penambangan tersebut membentuk bukit-bukit kapur yang indah. 

Di sini juga terdapat banyak goa. Konon katanya, goa-goa ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian oleh para pejuang di zaman penjajahan Jepang. 

Oleh karena itu, sampai sekarang masih bisa ditemui lubang-lubang gua yang dulu dipakai sebagai kamar persembunyian para penjajah. Bahkan, di dalam goa juga ada kamar yang dilukis. Sisa-sisa penjajahan Jepang di Indonesia. 

Fakta Menarik Bukit Jaddih

Bukit Jaddih tak hanya menyajikan pemandangan yang eksotis, tetapi juga punya beberapa fakta menarik. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Bukit Jaddih. 

1. Aktivitas penambangan yang masih berlangsung

Meski telah ramai sebagai sebuah tempat Wisata, Bukit Jaddih ini masih menjadi lokasi penambangan. Di sini aktivitas penambangan masih berlangsung. 

Jangan heran jika datang kesini masih banyak kendaraan proyek yang lalu lalang. Debu-debu pun beterbangan disini, pastikan selalu memakai masker saat datang kesini, ya. 

2. Memiliki bukit dengan pahatan yang indah. 

Bukit-bukit penambangannya tak hanya menyisakan pahatan atau ukiran saja, namun juga menghasilkan gua-gua kecil yang tak kalah menarik.

Wisata Madura


Ditambah lagi adanya kolam renang berwana hijau yang cantik. Air di kolam renangnya bersumber dari mata air alam. 

3. Dikelola oleh perusahaan tambang

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Bukit Jaddih ini dikelola oleh perusahaan tambang. Meski sudah lama viral dan jadi salah satu destinasi wisata di Madura, belum ada sinergi dengan pemerintah dalam pengolahannya. 

4. Terdapat bunker peninggalan Belanda

Di Bukit Jaddih terdapat bunker peninggalan Belanda. Bunker-bunker ini dulunya digunakan sebagai tempat penyembunyian senjata. Bila masuk ke bunker ini, kita bisa melihat kondisi bukit saat dulu kala. 

5. Tempat persembunyian para pejuang

Goa-goa yang ada di Bukit Jaddih ini digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang pada zama pendudukan Jepang. Memasuki goa-goa di Bukit Jaddih jadi pengalaman seru yang tak terlupakan. 

Hal yang Bisa Dilakukan di Bukit Jaddih

Apa saja sih yang bisa dilakukan kalau berkunjung ke Bukit Jaddih ini? Banyak! 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di Bukit Jaddih ini. 

1. Berburu spot instagramable

Tentunya disini kita bisa mendapatkan banyak spot-spot foto yang instagramable. Berfoto di tebing-tebing ataupun kolam renang yang ada disini.

2. Berenang

Jangan lupa bawa baju renang saat ke Bukit Jaddih, ya. Nikmati sensasi berenang di air kolam alami yang berwarna biru kehijauan ini. 

Travel Blogger

3. Naik rakit

Mau merasakan sensasi naik rakit? Ke Bukit Jaddih saja. Kita bisa naik rakit dengan beragam hiasan. Paling laris, rakit dengan hiasan hati. Duh, pasti romantis kalau naik rakit ini sama pasangan, ya!

Wisata Madura


4. Napak tilas zaman penjajahan

Bisa juga melakukan perjalanan napak tilas zaman penjajahan disini. Mulai dari masuk ke goa-gia bekas peninggalan pejuang hingga bunker-bunker senjata Belanda. 

5. Wisata kuliner

Bukit Jaddih

Jangan khawatir, kalau berkunjung kesini perut nggak akan kelaparan. Ada banyak penjual yang menyajikan beragam kuliner khas Madura, misalnya bebek goreng dan sate. 

6. Berburu oleh-oleh

Kuliner Madura

Ada juga kios oleh-oleh disini. Jadi sebelum pulang, pastikan berburu oleh-oleh khas Madura di Bukit Jaddih ini ya. 

Lokasi Bukit Jaddih 

Gimana? Sudah pasti penasaran dan pengen banget ke Bukit Jaddih, kan? Datang saja kesini. Dari Surabaya bisa lewat jembatan Suramadu

Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Bangkalan. Perjalanan dari Surabaya kesini bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Penutup

Yuk, nikmati serunya Wisata Madura di Bukit Jaddih. Para Travel Blogger wajib banget nih buat konten disini. 

Bukit Jaddih, wisata ala Cappadocia di pulau garam yang wajib dikunjungi. Jangan lupa, ceritakan pengalaman teman-teman saat berkunjung ke Bukit Jaddih di kolom komentar, ya!

Happy travelling...


Comments

  1. Madura makin banyaaaak wisata nya ya mba 😍. Aku belum pernah kesana, padahal udah lamaaa masukin dalam bucket list pengen ke Madura. Awalnya aku mau ke Madura Krn aku tau kulinernya enak2, teutama yg berbahan bebek kan. Tapi setelah baca ini, kayaknya ga bisa cuma sehari ke Madura nanti, tempat wisata alamnya bagus2 juga ternyata 😄😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, kalo ke Madura perlu pengetahuan ekstra tentang penginapan lokal Madura yang profesional. :)

      Delete
  2. Saya tau bukit jaddih ini dari youtube Gleen Prasetya, Mbak. Waktu itu, dia sengaja melakukan pemotretan di sana. Dan dari video saja sudah indah sekali. Apalagi melihat langsung ya, Mbak.
    Hanya mungkin harus terus pakai masker, karena aktivitas penambangan masih berlangsung. Pastinya masih banyak debu-debu yang beterbangan.

    ReplyDelete
  3. Koreksi dikit, mungkin yang dimaksud "Layangan Putus"? Saya belum pernah ke Madura, btw. Semoga suatu hari bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  4. Sayang ketika ke madura kami tidak sempat mampir ke sini, karena keburu laper makan di bebek sinjay lanjut ke pamekasan keburu kesorean.

    3 hari 2 malam kami explore madura dari pulau ke pulau, maduraa kereen banget apalagi di pulau oxigent gili iyank. Semoga madura banyak yg melirik untuk di explor lebih jauh yaa

    ReplyDelete
  5. Ternyata ada destinasi wisata keren Bukit Jaddih di Madura.
    Madura kudu jadi list kunjungan wisata nih, banyak objek wisatanya yang harus dikunjungi dan gak boleh terlewatkan.

    ReplyDelete
  6. Memang Indonesia ini punya banyak tempat wisata ya tapi kenapa Cappadoccia aja yang disebut-sebut? Kalau aku prefer keliling Indonesia ini termasuk ke Bukit Jaddih kalo ada kesempatan.

    ReplyDelete
  7. Pas awal-awal lihat foto ini di internet, kupikir bukit jaddih tuh wisata alam di mana. Eh ternyata masih di jawa timur ya

    ReplyDelete
  8. diriku dulu sempet ikut penelitian dosen selama 3 bulan bulak balik Malang Madura. Kalau pengalaman ku dulu lebih banyak eksplorasi makanan. lumayan banyak menu kuliner yang ku cari dan emang rata rata unik banget sih. Banyak yang bikin terkejut hehehe

    ReplyDelete
  9. Boleh nih rekomennya, kalau tabungan belum cukup ke Cappadocia, bisa ke Bukit Jaddih dulu nih karena masih sama² di Indonesia

    ReplyDelete
  10. Temen udah berkali kali ajakin trip kesini, tapi selalu bentrok sama jadwal aku. Padahal pengen liat langsung "keajaiban alam" ini

    ReplyDelete
  11. Akibat adanya aktivitas penamangan, bukit jadi kelihatan unik gitu, ya. Selain itu, suasana dan pemandangan di sekitarnya mendukung..cocok.untuk refreshing sambil menikmati aneka kuliner di sana.

    ReplyDelete
  12. Indonesia itu banyak hidden gems nya ya, banyak miniatur negara-negara luar yang juga tak kalah indahnya, MasyaAllah
    yasudahlah, gak usah ke Cappadocia dulu, ke Bukit Jaddih aja dulu kayaknya masih masuk akal untuk nabungnya :D

    ReplyDelete
  13. Eh aku salfok sama warung yg di dalem gua deh, asik banget tuh kayaknya. Seneng nih kalau lihat pihak tambang yg mau aktif memanfaatkan lahan tambangnya, btw emang mirip cappadocia ya mbak batu2nya hjhihi

    ReplyDelete
  14. Di kalimantan juga ada nih tempat-tempat yang kayak gini, sama-sama bekas tambang juga, suasananya memang agak beda yaa.

    ReplyDelete
  15. Tebingnya ngingetin aku sama Tebing Breksi Jogja, heheh... Cakep ya viewnya. Ini masuk bayar berapa?

    ReplyDelete
  16. Wah, seru ya, Mbak. Gak perlu jauh2 ke Turki, ternyata Madura juga punya wisata andalan yang gak kalah dengan Turki. Jadi, penasaran pengen ke Bukit Jaddih.

    ReplyDelete
  17. Aku mau ke Maduraa..
    Masku tinggal di Madura, Di.. Dan biasanya kalau ke madura ya..nginepnya di rumah masku. Tapi ga pernah diajakin wisata. Mungkin bagi orang yang tinggal di Madura, Bukit Jaddih ini kurang seru yaa.. Padahal banyak sejarah dan kisah juga wiskul Madura yang bisa dinikmati.

    ReplyDelete
  18. gak pernah kepikiran liburan ke madura, ternyata ada aja ya serba-serbi unik. semoga bisa ke sana

    ReplyDelete
  19. Terakhir ke Madura waktu zaman kuliah. Hmmm, ternyata sudah 17 tahun yang lalu hehehe... Bukit Jadih ini Wisata yang unik ya...

    ReplyDelete
  20. Baru tahu, di Madura ada yang namanya Bukit Jaddih dan pesona alamnya tidak kalah dengan Cappadocia. Boleh nih jadi referensi apalagi buat yang punya mimpi pengen ke Cappadocia tapi belum jua terealisasi. Bolehlah berwisata ke Bukit Jaddih ini dulu sebelum ke Cappadocia

    ReplyDelete

Post a Comment