Review Film Keluarga Cemara 2, Kisah Ara dan Neon

Film Keluarga Cemara 2

Review Film Keluarga Cemara 2 - Halo, siapa disini yang sudah nonton Film Keluarga Cemara 2? Sekuel Film Keluarga Cemara ini rilis pada tanggal 23 Juni 2022. Film Keluarga yang sangat cocok untuk ditonton bersama. 

Film Keluarga Cemara 2

Film Keluarga Cemara 2 ini jadi lanjutan dari film sebelumnya. Babak baru bagi keluarga Abah. 

Profil 

Judul : Keluarga Cemara 2

Sutradara: Anggia Kharisma

Penulis : Irfan Ramli

Pemeran

Ringgo Agus Rahman 

Nirina Zubir

Adhisty Zahra

Widuri Putri

Niloufer Bahalwan

Penata musik : Ofel zobaja Setiawan

Sinematografer : Yadi Sugandi

Penyunting ' Hendra Adhi Susanto

Perusahaan produksi : Visinema Pictures, Jagartha, Blibli, Astro Shaw

Tanggal rilis : 23 Juni 2022

Durasi : 114 menit

Pemain Film Keluarga Cemara 2

Ringgo Agus Rahman sebagai Abah

Di sekuel ini, Abah akhirnya mendapatkan pekerjaan baru. Pekerjaan tetap di peternakan ayam. Abah menjadi pengawas di peternakan tersebut. 

Ini membuat Abah tidak bisa lagi menjemput Ara pulang sekolah. Abah ingin Ara pulang bersama Euis. Atau belajar pulang sendiri. 

Kesibukan Abah dengan pekerjaan barunya ini membuat Abah sudah tidak bisa banyak membantu Emak di rumah. 

Nirina Zubir sebagai Emak

Emak harus beradaptasi dengan kehidupan baru Abah. Hal ini sangat menantang bagi Emak. Apalagi banyak masalah yang Emak hadapi. 

Mulai dari opak yang jarang laku hingga si bungsu yang sering rewel.  Belum lagi, emak harus berpikir usaha baru apa yang bisa dijalani dengan Ceu Salmah (Astri Welas).

Adhisty Zahra sebagai Euis

Euis sudah SMA. Tentu ini membawa banyak perubahan. Euis mulai sibuk dengan tugas-tugas sekolah. Alhasil, dia seringkali tidak bisa pulang bersama Ara. 

Widuri Putri sebagai Ara

Film ini lebih fokus kepada Ara. Konflik anak tengah menjadi inti cerita pada film Keluarga Cemara 2 ini. 

Ara mulai kesepian, sebab keluarganya sibuk sendiri. Abah dengan pekerjaan barunya, Euis dengan tugas sekolahnya dan Emak yang kerepotan mengasuh Agil dan membuka usaha baru. 

Beruntung ada Ariel (Muzakkir Ramadhan), teman sekelasnya. Ara banyak menghabiskan waktu dengan Ariel. Hingga bertemu Neon si anak ayam. Ara mengisi hari-harinya dengan bermain bersama Ariel dan Neon.

Sinopsis Film Keluarga Cemara 2

Film Keluarga Cemara 2

Banyak perubahan yang terjadi dalam keluarga Abah. Perubahan ini menimbulkan banyak konflik  Dan ini menjadi inti cerita Film Keluarga Cemara 2.

Abah dan pekerjaan barunya

Di film kedua ini, kehidupan ekonomi keluarga Abah mulai membaik. Abah punya pekerjaan baru. Pekerjaan tetap sebagai pengawas di peternakan ayam.

Tentunya ini membuat Emak senang. Uang tabungan yang terkuras bisa terisi lagi. Abah sudah punya pekerjaan tetap. 

Namun, tentu ada konsekuensinya. Abah jarang ada di rumah. Berangkat pagi-pagi dan pulang saat malam hari. Abah tidak bisa banyak membantu Emak. Baik mengerjakan pekerjaan rumah maupun mengasuh Agil. 

Abah juga mulai tidak bisa menepati janjinya pada Ara. Ini membuat Ara sedih dan kecewa. 

Euis mulai puber

Film Keluarga Cemara 2

Masa SMA adalah masa yang paling indah. Menghabiskan banyak waktu bersama teman-teman. Inilah yang Euis rasakan. Euis mulai puber

Tak hanya sibuk mengerjakan tugas sekolah dengan teman-teman. Euis mulai mengenal cinta. Euis berpacaran dengan teman sekelasnya, Deni (Kafin Sulthan). 

Euis setiap malam mengobrol lewat telepon bersama Deni. Ini membuat Euis tidak nyaman bila harus sekamar dengan Ara. Euis ingin pisah kamar. 

Tentu ini semakin membuat Ara sedih. Euis bukan hanya tidak bisa pulang bersamanya, mereka kini juga harus pisah kamar. 

Ara merasa sendirian. Dia sedih. Abah dan kakaknya tidak bisa menempati janji. 

Persahabatan Ara dan neon

Ara bertemu neon, anak ayam di pinggir jalan. Ara senang, neon jadi teman bermainnya. 

Di film ini diceritakan Ara bisa mendengar suara ayam. Ara bisa berbicara dengan ayam. 

Film Keluarga Cemara 2


Hingga akhirnya Ara ingin mengembalikan neon ke keluarganya. Bersama Ariel, Ara mencari tempat tinggal neon di Kampung Badak. 

Penuh rintangan, hingga selalu gagal. Awalnya Ara ingin ditemani orang dewasa. Tetapi keluarganya tidak ada yang percaya jika Ara bisa bicara dengan ayam.

Perjalanan Ara menemukan keluarga neon jadi salah satu konflik dalam film ini. Berhasilkah Ara menemukan keluarga neon? 

Lesson Learn Film Keluarga Cemara 2

Layaknya sebuah film keluarga, Keluarga Cemara 2 ini banyak pelajaran yang bisa dipetik. Terutama bagi orang tua, banyak belajar dari film ini. 

Kerja sama pasangan

"Bikinnya berdua, urusnya juga berdua", pepatah dari Ayah ASI ini related banget dalam kehidupan keluarga. Bagaimanapun, suami dan istri perlu kerja sama. Baik dalam mengatur pekerjaan rumah maupun membersamai anak-anak. Itulah yang ingin ditunjukkan dalam film ini. 

Abah dan Emak harus tetap berkerja sama. Kesibukan pekerjaan Abah bukan alasan untuk tidak membantu Emak. Apalagi, Enak juga tetap mencari penghasilan. Untuk menggantikan uang tabungan yang sudah terkuras habis. 

Menghadapi remaja

Ada salah satu scene yang saya suka dalam film ini. Saat Emak mengajak ngobrol Euis. 

Emak tidak melarang Euis itu suka-sukaan dengan teman lelakinya. Namun, Emak mengingatkan bahwa setiap keputusan dan tindakan ada konsekuensinya. Euis harus bijak dalam mengambil keputusan.

Apa yang dilakukan Emak ini memang benar, ya. Berkomunikasi dengan remaja memang berbeda. Tidak bisa kalau hanya dilarang. Tetapi diajak diskusi dan dikenalkan dengan konsekuensi.

Pentingnya menepati janji

Janji adalah hutang. Makanya kalau berjanji harus ditepati. Inilah yang coba ditunjukkan dalam film ini. 

Kalau kita mengingkari janji, ada orang yang kecewa. Seperti yang dirasakan oleh Ara. 

Saking kecewanya, Ara sampai takut berjanji. Dia tidak mau menjadi orang yang berjanji, karena takut tidak bisa menempati. Seperti Abah dan Euis yang tidak menepati janji kepada Ara. 

Keluarga adalah segalanya

Film Keluarga Cemara 2 ini menunjukkan kepada penonton, bahwa keluarga adalah segalanya. Bagaimanapun kondisi kita, keluargalah orang yang selalu ada. 

Keluarga adalah tempat dimana kita pulang. Maka, jadikan keluarga sebagai prioritas utama. 

Penutup

Bagaimana? Apa teman-teman sudah menonton film ini? Keluarga Cemara 2 jadi bukti kalau film Indonesia juga nggak kalah menarik untuk ditonton. 

Atau mungkin selain Film Indonesia, teman-teman juga suka nonton Film Korea? Kalau mau cari referensi tentang film Korea, teman-teman bisa mengunjungi blog review drakor. 




Comments

  1. Aku liat trailernya Keluarga Cemara 2, rasanya gemesin banget.
    Apalagi melihat Ara sudah semakin dewasa dan keukeuh pengen melihara Neon. Hihii~
    Anak-anak suka banget sama ayam, aku jadi kangen masa kanak-kanak yang juga suka sama ayam kecil dengan bulu diwarna-warni.

    Haturnuhun Di..
    Rekomendasi blog review drakor lendyagassi - nya ^^

    ReplyDelete
  2. Keren kak pembahasannya. Semoga film indo ke depannya makin menarik dan tambah bagus

    ReplyDelete
  3. Belum sempat nonton ih. Padahal pengen banget. Saya tuh paling seneng film keluarga begini. Banyak insight yang didapat, ceritanya mengalir dan dengan acting yang natural.

    ReplyDelete
  4. Pengin banget nontooonnn
    Pilem ini heart warming bgt yaba
    Sukaaaakkk bgt

    ReplyDelete
  5. Aku belum nonton film ini, keluarga cemara banyak manfaat yang bisa diambil sih. Kekeluargaan di sini itu nyeees banget

    ReplyDelete
  6. Wah saya kudet nih, sampe belum nonton keluarga cemara 2. Hehe, btw Nirina Zubir adalah artis yang termasuk saya kagumi dalam peran di film2.

    ReplyDelete
  7. aku keluarga cemara yang pertama aja belum sempat nonton, ini udah ada kedua nya aja. ya ampun aku harus segera nonton nih supaya gak ketinggalan soalnya film nya bagus kan.

    ReplyDelete
  8. Film keluarga cemara ini menemani setiap sore waktu kecil. Sampai sekarang masih belum bisa move on ya, sampai ada film layar lebarnya, keren banget

    ReplyDelete
  9. Harus Ada pola Asuh Kolaboratif intinya ya mba antara suami dn istri.... "Bikinnya berdua, urusnya juga berdua" aplg anak2 menjelang remaja butuh perhatian khusus

    ReplyDelete
  10. Film Keluarga Cemara yang kedua gak kalah menarik sama yang pertama ya, apalagi sekarang ada adiknya Euis dan Ara. Lucu banget waktu liat Ara mencari keluarga neon

    ReplyDelete
  11. Baru tau udah ada keluarga cemara 2, pengen sih nontonnya kayak.y makin keren

    ReplyDelete
  12. Konflik di filmnya lebih kompleks ya, berhubungan sama edukasi baik pada keluarga juga. Menarik nih buat ditonton bareng2 sama keluarga kita

    ReplyDelete
  13. Wah Nirinaaaaa
    Untuk kesekian kali tand bareng Ringgo, de best banget keduanya kalo berakting
    Nonton ah, pengen tahu gimana Keluarga Cemara sesudah ditinggal Arswendo

    ReplyDelete
  14. Makin seru ya konflik ceritanya. Bikin penasaran sama kisah Ara, kayak apa selanjutnya. Siip, nih bisa dimasukkan jadwal buat ditonton

    ReplyDelete
  15. Saya langsung nonton nih film Keluarga Cemara 2, tepat di hari pertama penayangannya, khawatir gak banyak yang nonton di sini dan keburu turun layar. Apalagi dari jauh-jauh hari, anak-anak udah tahu bahwa film Keluarga Cemara 2 tayang di bioskop pada tanggal 23 Juni 2022, gak sabarlah mereka minta diajak nonton di bioskop.

    ReplyDelete
  16. Dulu nonton Keluarga Cemara bareng anak-anak. Suka bener sama cerintanya, membumi. Pas tayang di bioskop eh belum sempat nonton yang kedua ini. Ya ampun pesan moralnya bagus nih, relate sama usia anak-anakku. Mesti nonton:)

    ReplyDelete
  17. Dulu senang banget Nonton keluarga cemara, alhamdulillah dapat tulisan ini, bisa mengenang kembali. Mmg byk sekali pelajaran dari film keluarga cemara ini. Makasih tulisannya mbk🥰

    ReplyDelete
  18. Keluarga cemara 1 belum nonton akutu. Eh udah ada keluarga cemara 2. Bener dah. Keluarga adalah harta yang paling berharga. Anak tengah tu emang sering kali merasa terabai kayak Ara.

    ReplyDelete
  19. Salah satu tontonan dalam negeri yang berkualitas deh ya Keluarga Cemara ini. Dulu serial tv-nya selalu aku tonton. Filmnya yang baru belom aku tonton nih. Seru, kaya hikmah yang bisa dipetik.

    ReplyDelete
  20. Aku udah bolak balik mau nonton eh ngga sempet mulu. Dulu pas yang pertama juga nonton di bioskop, dan emang dapet banget vibesnya. Suka sama film ini karena banyak pesan moral tentang keluarga juga.

    ReplyDelete
  21. Wah baru tahu sudah ada film Keluarga Cemara 2. Mau nonton ntar.
    Yang film pertama sukses bikin aku mewek, hiks

    ReplyDelete
  22. Film Cemara yang selalu menginspirasi, biar keluarga tuh harus gimana. Ceritanya simple seperti cerita nyata pada kehidupan. Yah memang dilema ya jika abah ekonominya membaik tapi jarang pulang, apalagi suka lupa janji emang bikin kecewa.

    ReplyDelete
  23. Pastinya menarik sekali ya masa liburan ini nonton Keluarga Cemara di bioskop udah lama banget Aku nggak nonton di bioskop apalagi temanya keluarga banget

    ReplyDelete
  24. Ya ampun pengen nonton ini dari kemarin blm kesampaian, suami sibuk bangett bulan kemarin, dan anak jg blm bisa ditinggal hiks. terakhir ntn tahun 2019 yg waktu itu tayang di bioskop dan aku nangiss hiks, membekas banget film ini

    ReplyDelete
  25. wah aku belum tonton nih film yang keduanya. kalau yang pertama udah... dari ulasannya bikin jadi penasaran sama lanjutan ceritanya.

    ReplyDelete
  26. Bagiku film Keluarga Cemara dan Keluarga Cemara 2 ini beneran film bagus. Kualitas akting pemain dan keseluruhan penggarapan film matang dipersiapkan.
    Senang sekali film Indonesia berkualitas seperti ini....

    ReplyDelete
  27. Aku blum.nontoonnn

    Mupenggg bgt euy
    Mumpung lagi liburan yaa, pingin cusss bioskooppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss nonton mbak, mumpung masih liburan dan mumpung filmnya masih ada di bioskop. Khawatir gak banyak yang nonton terus udah keburu hari Kamis lagi, itu jadwalnya film Indonesia yang baru masuk bioskop lagi. Jadi yang lain kemungkinan bisa tergeser.

      Delete
  28. Yang bagian satu satu aja saya belum nonton versi film lepas ini. Tapi kalau sinteron di televisi jaman dulu saya suka nonton. Karena saya itu emang belum ada gadget. Jadi hiburannya ua ke televisi hehehe

    ReplyDelete
  29. Temen saya bilang pengen nonton film Keluarga Cemara 2. Baca review film dari Kak Dee bikin saya juga pengen nonton film ini. Seru, ya, kisah Abah, Ara, EuIs. Film ini lekat dengan kehidupan Kita sehari-hari, pastinya banyak pelajaran kehidupan yang bisa diambil dari film ini.

    ReplyDelete
  30. Suka sekali dengan film satu ini. Cerita keluarga yang penuh kehangatan. Emang mbak, bagiku juga keluarga itu segalanya, tempat kita pulang.

    ReplyDelete
  31. Aku auto nyanyi "Selamat pagi, emak.. Selamat pagi, Abah."
    Zaman dulu tontonan keluarga cemara ini memang beda dari sinetron pada umumnya. Sehingga sampai kini Keluarga Cemara 2 tetap dinanti kehadirannya sebagai tontonan keluarga yang menarik.

    ReplyDelete
  32. duh pengan nonton ini, aku lagi concernma anak kedua nih, si ara yang merpakan anak kedua membuatku belajar ttg karakater anakkedua.

    ReplyDelete
  33. Belum sempat nih nonton film keluarga cemara 2, padahal udah rencana jauh-jauh hari mau ngajak anak-anak sekalian isi liburan tapi malah sampai sekarang ngak sempat-sempat karena sibuk PPDB online, mudah-mudahan setelah ini bisa nonton soalnya jarang banget ada film bagus bergenre keluarga.

    ReplyDelete
  34. Sudah nonton mba bareng anak2..Betul banyak lesson learn dan insoght yang bisa diambil dari nonton film keluarga cemara ...
    Harta yg paljng berharga adalah keluarga..

    ReplyDelete
  35. Belum sempat nonton film ini, film pertamanya saja udah bikin haru gimana film keduanya

    ReplyDelete
  36. wah seru ini. belum sempet nonton ini sama anak-anak, jadi whistlist buat di tonton akhir pekan ini.

    ReplyDelete
  37. Kemarin sempet liat trailernya di bioskop pas nonton film lain. Kliatannya memang menarik ya mba. Fokus film ini jadi si Ara. Kalo film pertama kan Euis Yaa fokusnya..

    Sayang belum sempet nonton nih... Udah niatin banget mau ajak anak2 sbenernya. Apalagi film pertamanya aku sempet nonton, jadi film yg kedua ini harus nonton juga 😄

    ReplyDelete

Post a Comment