Serunya Virtual Tour Bersama Internetnya Indonesia

Virtual Tour


Manfaat internet benar-benar terasa bagi kehidupan saya. Apalagi sejak datangnya pandemi COVID-19. Internet membantu saya tetap bisa bekerja dari rumah, mendampingi anak-anak sekolah online hingga mencari hiburan.

Saya masih ingat, awal pandemi menjadi saat-saat yang penuh tantangan. Tak hanya bagi saya, tetapi juga bagi anak-anak. Mereka tak hanya harus beradaptasi dengan sekolah online, tapi juga terbatas ruang geraknya. 

Namanya juga anak-anak, pasti ingin bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Tapi, itu semua menjadi tidak mungkin. Awal pandemi, semua harus mengikuti pemerintah untuk tetap stay at home

Anak-anak juga tidak bisa lagi pergi piknik. Agenda piknik bulanan tak ada lagi. Tentu ini membuat mereka stres. Anak-anak jadi sering uring-uringan. 

Lalu, saat sedang scroll sosial media, saya menemukan iklan virtual tour untuk anak-anak. Wah, ini jadi penolong. Anak-anak bisa jalan-jalan meski dari rumah. Virtual tour menjadi cara wisata baru saat pandemi. 

Apa itu Virtual Tour?

Apa sih virtual tour? Terus terang istilah virtual tour juga hal yang baru bagi saya. Demi memuaskan rasa ingin tahu saya tentang virtual tour ini, saya pun bertanya pada ahlinya. 

Senang bisa bertanya langsung kepada Idfi Pancani seorang travel enthusiast yang juga kreator dari @piknikbarengidfi, penyelenggara virtual tour.

Menurut kak Idfi, virtual tour ini menjadi cara wisata baru di tengah pandemi. Virtual tour memungkinkan para traveler untuk bisa melihat tempat-tempat wisata tanpa harus keluar rumah. Virtual tour menjadi cara teraman untuk bisa traveling tanpa berisiko tertular virus COVID-19. 

Virtual tour mengajak para traveler untuk bisa melihat beragam tempat wisata melalui layar sambil mendengarkan cerita dari guide tour bersertifikat. Layaknya saat datang ke tempat wisata, ada pemandu wisata yang menemani kita berkeliling sambil bercerita tentang tempat wisata yang didatangi. 

Sebenarnya virtual tour ini bukanlah hal baru. Jauh sebelum datangnya pandemi, google earth & culture sudah menampilkan virtual tour dengan beragam destinasi di dunia.  Mulai dari museum, istana dan lain-lain. 

Bentuknya pun beragam, ada yang berupa slide foto dengan caption singkat, ada yang berupa video dengan voice over (VO). Tayangan dokumenter seperti tayangan-tayangan ala National Geographic juga bisa disebut sebagai  virtual tour. 

Kak Idfi sebagai salah satu pencetus virtual tour di Indonesia, menceritakan bahwa ide munculnya virtual tour saat pandemi ini adalah kreativitas para pemandu wisata untuk mengobati kerinduan para traveler berwisata.

Apa Manfaat Virtual Tour?

Manfaat virtual tour ini tentunya untuk mengobati kerinduan saat berwisata. Apalagi di masa-masa harus stay at home, virtual tour bisa mengusir rasa bosan di rumah saja. 

Virtual tour juga bisa jadi pemicu untuk mendatangi tempat-tempat yang akan dikunjungi. Tak heran, beberapa pengelola tempat wisata juga menyediakan virtual tour sebagai media promosi. 

Kalau bagai anak-anak, virtual tour bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan. Apalagi, konsep virtual tour yang dibuat oleh @piknikbarengidfi  berkonsep “edutainment” (education & entertainment) yang mengedepankan edukasi dan hiburan untuk semua umur. 

Pengalaman Ikut Virtual Tour

Saya sudah pernah beberapa kali mengajak anak-anak mengikuti virtual tour. Pertama, saat ikut virtual tour ke Sea World Ancol. Anak-anak antusias banget! Maklum, mereka belum pernah ke Sea World Ancol Jakarta. 

Internetnya Indonesia

Apalagi di Sea World Ancol, anak-anak bisa melihat keanekaragaman dunia bawah laut. Melihat beragam jenis ikan, tentu sangat excited bagi mereka. 

Mereka bisa melihat beragam keunikan mamalia laut. Melihat keseruan interaksi pinguin dengan petugas wisata. Mereka juga bisa koleksi ikan air tawar seperti Arapaima Gigas hingga melihat biota unik seperti belut taman dan Moray. Selain itu, mereka juga melihat feeding show dan menikmati pemandangan bawah air di Antasena Tunnel.

Paling excited saat mereka melihat ubur-ubur. Maklum, biasanya mereka hanya melihat ubur-ubur dari tayangan kartun favoritnya, eh kini bisa lihat langsung meski secara virtual. 

Virtual tour ke Sea World Ancol ini juga memberikan kesempatan pada anak-anak untuk berkeliling ke museum laut dalam. Melihat beragam spesies yang tinggal di laut dalam. Tentunya menjadi pengalaman menarik yang tak terlupakan. 

IndiHome

Virtual tour juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berwisata ke luar negeri. Yup, saya  pernah mengajak anak-anak ikut virtual tour bersama kak Idfi. Mereka diajak jalan-jalan ke Jerman, seru kan!

Virtual tour Jerman ini mengajak anak-anak keliling beberapa kota besar di Jerman. Mulai dari Berlin, Hamburg, Frankfurt sampai Munich. Selain itu, anak-anak juga diajak mengunjungi ikon-ikon wisata di Jerman. Mulai dari Miniatur Wonderland sampai Black Forest.

Manfaat internet


Tak hanya jalan-jalan, anak-anak juga belajar banyak hal tentang Jerman. Mulai era pecahnya Jerman hingga runtuhnya tembok Berlin. Juga memberi wawasan ke anak-anak bahwa Jerman menjadi negara tempat asal-usul beragam makanan favorit anak-anak. Tahu nggak sih, ternyata Hot Dog, Hamburger, Kebab dan Kue Black Forest itu berasal dari Jerman, lho!

Semua cerita itu bisa dinikmati oleh anak-anak. Ini semua juga karena gaya kak Idfi menceritakannya. Kak Idfi menemani anak-anak melakukan virtual tour sambil bercerita dengan gaya storytelling yang lugas. 

Pengalaman virtual tour ke Jerman ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk jalan-jalan ke luar negeri. Mereka bisa menjelajah Jerman meski di rumah saja. 

Tips Agar Virtual Tour Jadi Seru dan Menyenangkan 

Seiring berjalannya waktu, peminat virtual tour di Indonesia ini semakin meningkat. Berdasarkan data yang dikeluarkan perusahaan pelopor virtual tour  Autorin, peminat  virtual tour terus meningkat. Sejak Juli hingga September 2020  dan sampai saat ini, sudah lebih dari 900 wisatawan virtual yang menjelajahi destinasi wisata di Indonesia.

Virtual tour bisa jadi hiburan yang seru dan menyenangkan. Nah, biar virtual tour yang dilakukan bisa seru dan menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Berikut adalah tips agar virtual tour jadi seru dan menyenangkan. 

1. Pilih operator virtual tour

Tips pertama agar virtual tour jadi seru dan menyenangkan adalah memilih operator virtual tour. Pastikan memilih operator virtual tour yang sudah berpengalaman. 

Misalnya, saat saya memiliki @piknikbarengidfi saat mengajak anak-anak melakukan virtual tour. Biasanya tempat-tempat wisata juga membuka layanan virtual tour. Seperti Sea World Ancol. Bisa jadi pilihan juga, memilih tempat wisata sebagai operator virtual tour. 

2. Pemandu wisata memandu dari lokasi wisata atau dari rumah

Jadi, ada dua pilihan virtual tour ini. Bisa pilih pemandu wisata yang memandu langsung dari tempat wisata seperti saat virtual tour ke Sea World Ancol. Pemandu wisata bisa menunjukkan secara langsung tentang jenis-jenis ikan yang ada di Sea World Ancol 

Atau bisa juga pemandu wisata memandu dari rumah, seperti yang dilakukan kak Idfi saat memandu virtual tour ke Jerman. Kak Idfi menceritakan Jerman lewat slide foto/gambar, Google Maps, Google Street View, YouTube, dan storytelling yang disampaikan. 

Dua-duanya tentu memberikan pengalaman yang berbeda. Sama-sama seru sih, sesuai kebutuhan masing-masing saja. 

Telkom Indonesia


3. Sistem pembayaran

Saat ingin melakukan virtual tour, cari tahu juga tentang sistem pembayarannnya. Sebab, virtual tour ini punya beragam sistem pembayaran.

Ada yang free alias gratis, ada yang sudah ditentukan HTM (Harga Tiket Masuk) nya, hingga dengan sistem pay as you wish. 

Sistem pay as you wish ini, traveler diberi kebebasan untuk membayar virtual tour sesuai tingkat kepuasaan selama mengikuti tour. Traveler boleh bayar berapa pun untuk  menghargai jasa seorang pemandu wisata.

4. Siapkan perlengkapan pendukung

Biar seru dan memberikan pengalaman secara real, sediakan perlengkapan pendukung. Misalnya, saat virtual tour ke Sea World Ancol, anak-anak memakai kacamata renang. Mereka seolah-olah sedang menyelam ke bawah laut! Hehehe, kreatif kan!

5. Gawai yang mumpuni

Jangan lupa, gunakan gawai yang mumpuni saat ikut virtual tour ini. Gunakan laptop atau smart tv agar bisa menikmati dengan jelas tempat wisata yang dikunjungi secara virtual. 

6. Jaringan internet

Last but not least, pastikan jaringan internet stabil. Namanya juga virtual tour, ya pastinya dilakukan secara virtual yang mengandalkan jaringan internet. 

Jaringan internet ini faktor kunci keberhasilan sebuah virtual tour. Kak Idfi sendiri bercerita, bahwa perlu internet yang stabil agar acara virtual tour berjalan lancar.

Itu juga yang saya alami. Pengalaman beberapa kali ikut virtual tour, semuanya berjalan lancar sebab saya pakai jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia


Virtual Tour Bersama Internetnya Indonesia

Mengapa virtual tour bersama IndoHome bisa berjalan lancar? Ya itu karena sinyal internet IndiHome ini cepat dan stabil. Tak ada buffering saat menikmati virtual tour bersama internetnya Indonesia ini. 

IndiHome ini kuotanya juga unlimited, lho. Tak ada batasan kuota. Jadi, saya tak perlu khawatir kehabisan kuota saat ikut virtual tour. 

Pilihan paket internet dari IndiHome ini beragam, lho. Ada paket Single Play, Dual Play dan Triple Play. Selain itu juga ada pilihan paket gamer, study, music, dan entertainment. Pilih saja sesuai kebutuhan. 

Jaringan IndiHome ini sudah tersebar luas di pelosok negeri. Semua bisa merasakan manfaat tak terbatas internetnya Indonesia ini.

IndiHome


Selain itu, beberapa kelebihan IndiHome adalah : 

1. Penggantian perangkat yang rusak secara gratis. 

2. Membayar tagihan mudah, bisa lewat mobile banking, minimarket, marketplace, e-money atau datang langsung ke kantor IndiHome. 

3. Aplikasi MyIndihome yang memudahkan akses dalam satu genggaman, mulai dari bayar tagihan, aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguang, cek tagihan, cek Poin myIndiHome hingga info pemakaian.

4. Layanan add on yang beragam, bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

5. Beragam fitur bantuan yang memudahkan pelanggan. 

6. Harga terjangkau, dengan harga mulai dari Rp. 200.000, kita sudah bisa memanfaatkan jaringan internet IndiHome Telkom Indonesia ini. 

IndiHome Bikin Virtual Tour Jadi Seru

Bersyukur sudah menjadi pelanggan IndiHome sejak lama. Saya menjadi saksi manfaat tak terbatas internetnya Indonesia ini. Virtual tour jadi salah satu manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari. 

IndiHome membuat acara virtual tour berjalan lancar. Virtual tour bersama IndiHome ini seru dan menyenangkan. 

Jadi, kalau teman-teman ingin merasakan keseruan virtual tour ini, jangan lupa gunakan internet dari IndiHome, ya! 

Ditunggu cerita keseruan virtual tour bersama internetnya Indonesia di kolom komentar. 

Terima kasih. 

Referensi

1. https://indihome.co.id/

2. https://idfipancani.com/2022/01/behind-the-scene/

3. https://communication.binus.ac.id/2020/11/09/virtual-tour-trend-wisata-masa-depan/

Comments

  1. Virtual tour emang pilihan banget sih di kala pandemi. Kita masih bisa traveling dengan cara ini meski nggak bisa keluar rumah. Menyenangkan banget. Apalagi kalau jaringan internetnya lancar.

    ReplyDelete
  2. Di masa pandemi keberadaan internet sangat di butuhkan, apalagi kita diharuskan stay dirumah, toko-toko pada tutup.

    Mungkin kalau tidak ada internet bakal BT kali yaa,.emak mesti puter otak tiap hari untuk mengisi kegiatan anak yang positif.

    Virtual gour ini salah satu kegiatan keren, banyak ilmu yang didapat seolah olah kita sedang berlibur beneran.

    Keberadaan indihome membantu ke-BT an dirumah akibat pandemi, apalagi I dihome sudah banyak menjangkau di pelosok daerah (gusti yeni)

    ReplyDelete
  3. aku juga senang kalau ikutan virtual tour mbak, bisa dibilang hemat juga dan nggak perlu keluar rumah saat pandemi
    waktu awal-awal tingginya angka penderita covid, bisa dibilang aku juga bosan WFH dirumah terus, jadinya ya ikutan virtual tour buat refreshing. apalagi kalau didukung sama kualitas internet yang baguss

    ReplyDelete
  4. Wah keren, berkat IndiHome yang jaringannya lancad, virtual tour pun makin seru. Bahkan anak2 merasa betah mengikuti arahan guide ya mbak, sehingga virtual tour ini terasa makin mengasyikkan bahkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Asyik banget nih walo cuma di rumah aja tapi kita bisa travelling ke berbagai tempat melalui Virtual Tour yaaah, jadi gak jenuh dan bosen sekalian nambah wawasan juga deh

    ReplyDelete
  6. Aku malah belum pernah ikut virtual tour... tp anak2ku pernah virtual tour ke boscha. Kalau virtual tour emang prmting banget jaringan inet yg stabil macem indihome. Biar tournya ga macet2 ya kan mbam...

    ReplyDelete
  7. Pas pandemi kemarin anak-anak tidak ada wisata edukasi di sekolah. Diganti dengan virtual tour ke Turki. Emaknya boleh ikutan sih. Waah langsung cuzz soalnya aku penggemar drama Turki

    ReplyDelete
  8. dengan adanya internet pun kita bisa kenalin ke anak ya, apalagi banyak pelajaran bua anak-anak jadi gak bosen selama di rumah aja

    ReplyDelete
  9. Iya ya, virtual tour trus inetnya nggak lancar tuh bisa-bisa kayak ikut tour guide tapi kitanya ketinggalan guide-nya. Beneran nggak seru! Makanya perlu internet yang lancar kayak IndiHome.

    ReplyDelete
  10. Emang pandemi sempet bikin bisnis travel anjlok. Untung ada solusi virtual tour kaya gini. Aku ketinggalan info tuh yang sesi Ancol Sea World, mayan kan bisa ikutan jalan2 meski dari rumah. Kan ak juga pake IndiHome anti buffering.

    ReplyDelete
  11. saat pandemi gak bisa ke mana-mana, semua serba virtual jadinya membuat orang-orang melakukan travel secara virtual

    ReplyDelete
  12. Salah satu cara mengisi kebosanan di saat pandemi bisa lewat virtual tour.

    Kalau aku dulu buka album2 lama traveling, kira2 mana yang belum aku kupas pengalaman di tmp tersebut aku tulis di sosmed buat hiburan atau dejavu🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pengen banget nulis pengalaman jalan2 yang udah lewat, tapi ngga kuat magernya mba hehe. Padahal sapa tau tulisan kita juga bermanfaat buat orang lain yah, yang pengen ke destinasi yg sama.

      Delete
  13. Virtual tour membutuhkan banyak internet, dan itu bisa terjawab karena pakai IndiHome, jadinya makin mengasikkan karena gak akan tersendat

    ReplyDelete
  14. Molly juga bisa virtual tour ke korea nih bareng indihome. Sinyalnya cepet dan lancar jaya.

    ReplyDelete
  15. Virtual tour seru juga yaa, aku malah belum pernah. Sekarang masih ada enggak yaa?

    ReplyDelete
  16. Asyik banget ya mbak, sekarang bisa ajak anak-anak untuk virtual tour. Bersyukur ada jaringan yang lancar dari IndiHome.

    ReplyDelete
  17. Betul, perlu internet stabil supaya virtual tour dapat berjalan lancar dan selesai sampai tujuan. Indihome bisa diandalkan untuk itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dee ini aku ya. Mbak Rien - Katerina.
      Namaku ga muncul di komen. Entah kenapa kalau BW dari HP selalu gini 😁

      Delete
  18. Keren nih, aku pribadi baru tau soal pekerjaan virtual tour. Memang ya internet make everythinh easier. Jadi memang penting memilih ISP yang stabil.

    ReplyDelete
  19. Wah aku belum pernah ajak anak2 virtual tour nih. Kapan hari ada yang nawarin ke korea eh ternyata pas lagi gak bisa ..ehm padahal asyik ya ...anak2 jadi punya wawasan baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata dengan jaringan internet lancar memungkinkan untuk mendapatkan pengalaman virtual tour yang seru yaa..
      Semoga abis ini traveling beneran dan bakalan sudah tahu duluan karena sudah pernah virtual tour sebelumnya.

      Delete
  20. Seru banget ya kak virtual tour gitu. Meski berada di rumah tapi bisa serasa jalan-jalan

    ReplyDelete
  21. Virtual tour membuat pengalaman menjadi lebih banyak ya..
    Gak hanya tau dari buku, tapi melihat langsung melalui kisah dan jalan-jalan secara virtual. Sungguh petualangan yang luar biasa bisa lancar virtual tour menggunakan jaringan internet yang juara kecepatannya. Indihome, Internetnya Indonesia.

    ReplyDelete
  22. Seru banget virtual tour apalagi pas covid nggak bisa kemana-mana terhibur dengan ada virtual tour

    ReplyDelete
  23. Selama pandemi memang kegiatan virtual ini menjadi pilihan utama ya, Mbak. Kita bisa mengikuti serasa tour beneran kalau sinyal internet nggak ngadat. Untung ada IndiHome yang memberikan jaringan sinyal internet lancar ya, Mbak.

    ReplyDelete
  24. Walopun sensasinya beda bgt dgn tour beneran (ya iyalah) kita ttp excited ikutan virtual tour ya mba

    Itung2 nambah wawasan, dan be ready klo.suatu saat beneran cuss k lokasi itu

    IndiHome terbaeekk bgt dah

    ReplyDelete
  25. Asyiknya dari rumah aja anak-anak bisa tur secara virtual ke Sea World dan Jerman. Memang manfaat internet luar biasa..dunia ada di genggaman kita. Apalagi pakai jaringan IndiHome yang juwaraaa..
    Anakku juga aku ajakin virtual tur ke Sea Wotld..dan sekolahnya mengadakan virtual tur ke TMII dan Kanada- seru karena ada guide langsung di tkp di Kanada ..aku aja ikutan keseruannya.

    ReplyDelete
  26. Virtual tour mengingatkan aku pada masa pandemi yaa,ga bisa traveling, langsung deh banyak ide yang kreatif untuk mengadakan acara virtual tour.Tentunya dibutuhkan koneksi yang kenceng atau stabil untuk mengaksesnya.

    ReplyDelete
  27. Iyaa nih pas pandemi kemarin banyak banget acara virtual tour. Paling seneng kalau tour ke LN trus pemandunya dah tinggal lama banget di sana sehingga pengalaman hidupnya jg banyak dan suka kasi tips2 kalau ke sana beneran sebaiknya gmn aja.
    Adanya inet memungkinkan bisa jalan2 ke mana aja ya

    ReplyDelete
  28. Aku ikut virtual tour beberapa kali saat pandemi, seneng yah bisa mengenal destinasi wisata yang kita belum pernah mengunjunginya. Bahkan bisa jadi enggak tahu kapan bisa kesana. Nah bener yang penting tuh selain gawai atau smart tv, tentu wifi yang stabil. Di rumah udah 8 tahun pakai wifi IndiHome, nggak bisa ke lain hati deh, hehehee

    ReplyDelete
  29. Sekarang tuh koneksi internet penting banget, karena memang sudah setiap harikan kita selalu menggunakannya. Selain memang untuk kebutuhkan update konten, meeting, dan lainnya yang terpenting itu buatku nonton drama Korea harus lancar.

    ReplyDelete
  30. Keberadaan internet memang membawa manfaat bagi kita ya, Mak.. Terus terang, baca tulisan ini saya jadi berpikir. Kalau tidak ada internet, di masa pandemi kemarin, anak-anak ngga bisa sekolah dong? Karena ada internet, setidaknya anak-anak bisa tetap sekolah meski secara online.

    Dan ternyata, kita juga bisa jalan-jalan virtual dengan internet ya.. Jadi, meski raga kita di rumah saja, kita tetap bisa melanglang buana.

    ReplyDelete
  31. Andalan banget nih kalo virtual tour pake Indihome. Soalnya kalo internet ga stabil sering putus wah traveling virtualnya jadi ga seru

    ReplyDelete
  32. Jaringan internet yang cepat dan stabil emang diperlukan banget buat kita yang pengen virtual tour. Biar kenapa? ya biar terasa banget tuh pengalaman tur secara virtualnya. Kan gak lucu ya misal kualitas visualnya jadi gak bagus karena koneksi internet yang gak stabil. Hiks..

    ReplyDelete
  33. virtual tour awalnya kukira ga oke lho. Ternyata malah nagih bgt. Anakku waktu itu sempat ikut jg dan happy

    ReplyDelete
  34. Aku selama pandemi juga sering ikut virtual tour. Apalagi banyak travel yang menyediakan virtual tour secara gratis. Emnag enka kalau ikut virtual tour pakai INdiHome. Koneksinya stabil. Jadi nyaman selam aikut vitual tour. Tidak akan bete karena koneksi ngelack. Paling sebel kan kalau lagi seru-serunya virtual tour eh gambar tiba=tiba ngelack.

    ReplyDelete
  35. Selama pandemi gini emang banyak virtual tour yah, meskipun pandemi namun masih tetep bisa jalan - jalan yah.

    ReplyDelete
  36. Tadinya skeptis dengan virtual tour ini apakah akan menarik dan tidak membosankan ternyata pas baca artikel ini anak-anak menikmati jalan-jalan virtual ini ya apalagi kalau jaringan internetnya lancar berkat Indihome...

    ReplyDelete
  37. Sebagai traveler yg terpaksa stop traveling pas pandemic kemarin, salah satu yg aku lakuin juga ikutan virtual tour, utk ngobatin kangen Ama jalan2 mba πŸ˜„. Tapi aku ga terlalu puas juga sih, krn kayak ga maksimal. Makanya cuma coba beberapa kali doang. Untungnya sih skr udh bisa traveling lagi, jadi terkadang kemarin2 , aku coba bawain trip ku via IGStory, JD temen2 bisa nonton dan melihat temoat2 yg aku datangin. Ternyata bagus juga responnya.. jadi besok2, tiap ngetrip lagi, aku juga mau bawain langsung via story' 😁

    Indihome udah jadi provider internet langganan keluargaku juga mba. Dari awal nikah udh pake ini, dan puas bgt. Ga kepikiran utk ganti, Krn selama ini jrg ada masalah Ama Indihome. Kalopun ada ya, selalu cepet respon dari mereka utk fix the problem

    ReplyDelete
  38. Virtual tour emang seru ya...kita serasa jalan-jalan beneran ke luar negeri atau kemana pun deh.. Bahkan mungkin ke luar angkasa ya...

    ReplyDelete

Post a Comment