Menikmati Wisata Edukasi di Balai Pemuda Surabaya

Balai Pemuda Surabaya


Beberapa hari lalu, saya dan anak-anak berkunjung ke Balai Pemuda. Saya takjub, bangunan bersejarah ini banyak berubah. Balai Pemuda tak hanya bangunan bersejarah semata, tetapi menjelma sebagai destinasi wisata Surabaya yang wajib dikunjungi. 

Di Balai Pemuda Surabaya ada banyak fasad yang bisa dikunjungi. Bisa dibilang disini adalah pusat wisata edukasi Surabaya. Anak-anak pasti senang jika diajak jalan-jalan ke Balai Pemuda Surabaya. 

Hmm, memangnya ada apa aja di Balai Pemuda Surabaya? Baca sampai akhir, ya!

Sejarah Balai Pemuda

Oh ya, sebelum bercerita ada apa saja di Balai Pemuda Surabaya, saya mau cerita sedikit tentang sejarahnya ya. Dulunya, Balai Pemuda bernama De Simpangsche Societeit atau Simpang Club. Saat zaman kolonial dulu, ini adalah pusat hiburan bagi orang-orang Eropa yang ada di Surabaya.

Di Simpang Club ini, orang-orang bermain bowling,menggelar pesta dansa, atau sekadar menikmati minuman. Dulu, orang pribumi nggak boleh masuk kesini. Kalaupun ada pribumi disini, statusnya adalah pekerja di Simpang Club. 

Pasca kemerdekaan, Balai Pemuda banyak digunakan sebagai pusat kegiatan para pemuda. Lalu, pada masa orde baru, Balai Pemuda banyak difungsikan sebagai pusat pemerintahan.

Tahun 2000 an, Balai Pemuda digunakan sebagai pusat kebudayaan dan pariwisata Surabaya. Disini ada TIC (Tourist Information Center). Balai Pemuda rutin menyelenggarakan pertunjukan ludruk, ketoprak, tari remo, dan kebudayaan Surabaya lainnya. 

Wisata Edukasi di Balai Pemuda

Bisa dibilang Balai Pemuda kini menjadi pusat wisata edukasi Surabaya. Disini terdapat banyak fasad yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mencari hiburan sekaligus belajar. 

Berikut beberapa wisata edukasi yang ada di Balai Pemuda Surabaya.

1. Balai Budaya

Balai Budaya adalah tempat dimana pengunjung bisa menikmati beragam pertunjukan seni di Balai Pemuda Surabaya. Bisa dibilang, Balai Budaya ini adalah gedung utama yang ada di kompleks wisata Balai Pemuda Surabaya. 

Wisata edukasi Surabaya
Pertunjukan ludruk di Balai Budaya | suarasurabaya


Beragam pertunjukan seni digelar disini. Mulai dari yang tadisional seperti ketoprak, ludruk, tari remo, hingga yang kontemporer seperti orkestra. Jadwal pergelaran seni di Balai Budaya bisa diakses melalui sosial media Balai Pemuda Surabaya. 

2. Rumah Matematika

Mau belajar matematika dengan lebih menyenangkan? Yuk, ajak anak belajar matematika di Rumah Matematika yang ada di Balai Pemuda Surabaya. 

Rumah Matematika Balai Pemuda Surabaya
Belajar matematika di Rumah Matematika| Antara


Rumah Matematika ini diresmikan pada tahun 2017. Rumah Matematika menampung para siswa yang kesulitan belajar Matematika maupun siswa yang ingin lebih memperdalam pelajaran tersebut. Misalnya, siswa yang ingin mengikuti olimpiade matematika, bisa mempersiapkan diri belajar disini. 

Para pengajar di Rumah Matematika ini terdiri dari guru, mahasiswa dan dosen matematika di Surabaya. Pemerintah kota Surabaya bekerja sama dengan MGMP Matematika untuk memberikan pelajaran matematika yang lebih realistis di Rumah Matematika ini. 

3. Rumah Bahasa

Tak hanya belajar matematika, di Balai Pemuda Surabaya, juga bisa belajar bahasa asing. Di Balai Pemuda Surabaya terdapat Rumah Bahasa yang memberikan kursus bahasa asing secara gratis. 

Rumah Bahasa Balai Pemuda Surabaya
Rumah Bahasa | inspirasipagi


Rumah Bahasa ini diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, pada tanggal 4 Februari 2014, Rumah Bahasa Surabaya menjadi tempat pelatihan bahasa dan komputer yang disediakan gratis oleh Pemkot Surabaya. 

Beberapa bahasa yang diajarkan di Rumah Bahasa Surabaya meliputi (1) bahasa Jepang, (2) bahasa Korea, (3) bahasa Arab, (4) bahasa Mandarin, (5) bahasa Thailand, (6) bahasa Tagalog, (7) bahasa Inggris, (8) bahasa Prancis, (9) bahasa Jerman, (10) bahasa Belanda, (11) bahasa Spanyol, dan (12) bahasa Rusia. 

Tak hanya belajar bahasa asing, di Rumah Bahasa ini ada juga kelas bahasa Indonesia dan bahasa Jawa yang diperuntukkan khusus bagi warga negara asing. 

Namun, setiap kelas bahasa yang dibuka dibatasi jumlah pesertanya agar kelas lebih kondusif dan efektif. Jadi, jika ingin belajar bahasa secara gratis di Rumah Bahasa, pastikan melakukan registrasi terlebih dahulu, ya!

4. Rumah Kreatif

Di Balai Pemuda Surabaya juga terdapat Rumah Kreatif. Walikota Surabaya juga ingin warganya menjadi insan-insan kreatif. Oleh karena itu, didirikanlah Rumah Kreatif ini. 

Rumah Kreatif Balai Pemuda Surabaya


Rumah Kreatif ini akan memberikan kursus seni kepada para pengunjungnya, baik warga kota Surabaya maupun diluar warga kota Surabaya. Ada 13 macam kursus seni yang diajarkan di Rumah Kreatif Balai Pemuda ini. Dan kesemuanya ini diajarkan secara Gratis bagi warga Kota Surabaya, maupun warga luat Kota Surabaya.   

Berikut adalah pelatihan seni yang diajarkan di Rumah Kreatif. 

⏹️ Seni Lukis dengan menggunakan cat air, crayon dan pensil warna

⏹️ MC Jawa

⏹️ Seni Tari Hip-Hop Dance

⏹️ Seni Teather dan Pantomim

⏹️ SeniTari Kreasi Baru

⏹️ Seni Tari Remo

⏹️ Seni Vokal / Paduan Suara

⏹️ Seni Karawitan

⏹️ Seni Ludruk Anak

⏹️ Seni Musik Band

⏹️ Seni Musik Gitar, Biola dan Keyboard

⏹️ Seni Perkusi

⏹️ Seni Puisi dan Cerpen


Kalau ingin mengikuti kursus seni di Rumah Kreatif ini, silahkan melakukan pendaftaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya yang bertempat di gedung Siola lantai 2, ya!

5. Perpustakaan Balai Pemuda

Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Di Balai Pemuda Surabaya juga terdapat perpustakaan. Disini pengunjung bisa membaca beragam koleksi buku. 

Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya


Tak hanya bisa membaca buku, disini juga tersedia bimbingan belajar bagi siswa SD hingga SMA yang bisa diakses secara gratis. Ada juga pojok disleksia, yang membantu memberikan terapi kepada anak-anak pengidap disleksia. 

Beragam kegiatan literasi juga digelar disini. Mulai dari mendongeng, membaca puisi, hingga belajar kepenulisan. 

Ada juga pojok anak. Disini banyak koleksi buku-buku anak. Mulai dari buku pelajaran, buku cerita, hingga komik. Anak-anak betah jika berkunjung kesini. 

6. Korean Corner

Siapa yang demam Korea? Yuk berkunjung saja ke Korea Corner yang terdapat di dalam Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. 

Di Korean Corner kita bisa belajar tentang kebudayaan Korea. Mulai dari pakaian khasnya (hanbok), tulisan Korea (hangul), hingga produk-produk budayanya seperti drama Korea, film Korea, karya sastra Korea. 

Korean Corner Balai Pemuda Surabaya


Di Korean Corner ini kita bisa membaca beragam buku-buku dari Korea. Baik yang masih berbahasa Korea maupun yang sudah diterjemahkan. Buku-buku yang ada di Korean Corner ini beragam, ada novel, buku cerita, komik, hingga naskah drama. 

Disini juga bisa nobar (nonton bareng). Ada banyak tontonan yang bisa dinikmati di Korean Corner, mulai dari drama, film, variety show hingga konser dari idol K-Pop. 

7. Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya adalah wisata terbaru yang ada di kompleks Balai Pemuda. Alun-alun ini berbeda dengan alun-alun pada umumnya. Kalau biasanya alun-alun itu outdoor, disini indoor. 

Alun-alun Surabaya


Alun-alun Surabaya terletak di bawah tanah. Didalamnya ada mesin pendingin. Jadi, kita nggak akan kepanasan kalau berkunjung kesini. 

Di alun-alun Surabaya, kita bisa bersantai sejenak sambil menikmati beragam lukisan yang dipamerkan disini. Boleh juga kalau ingin membeli lukisan yang ada disini. 

Selain itu, di alun-alun Surabaya juga tersedia wahana untuk bermain skateboard. Kita juga bisa lho membuat sketsa wajah disini. Mau berbelanja beragam produk UMKM Surabaya, juga bisa.

Alun-alun Surabaya bisa diakses secara gratis. Alun-alun dibuka setiap hari, kecuali hari Senin.

Oke, sekian cerita tentang wisata edukasi di Balai Pemuda Surabaya. Balai Pemuda Surabaya adalah salah satu destinasi traveling wajib dikunjungi saat ke Surabaya. 

Oh ya, tips traveling saat datang ke Balai Pemuda Surabaya adalah siapkan Smartphone yang mumpuni ya. Tak hanya untuk berburu konten Lifestyle dan Traveling saja, tapi juga untuk mengisi buku tamu. Sebab, buku tamunya berbentuk digital, dengan scan barcode dan mengisi formulir. 

Selamat menikmati wisata edukasi di Balai Pemuda Surabaya. Ditunggu cerita pengalamannya di kolom komentar.

Terima kasih.

Comments

  1. Pas benar sebagai wisata edukasi ya Balai Pemuda Surabaya ini. Wajib ajak anak-anak ke sini nih kalau ke Surabaya lagi. Segala rupa ada termasuk Korean Corner juga. Yang unik menurutku alun-alun di bawah tanah itu. Keren Surabaya!

    ReplyDelete
  2. wuah banyak banget ya wisata edukasi di surabaya
    ku kira cuma museum2 doang loh

    wuah kapan2 harus coba nih

    ReplyDelete
  3. Bagus banget kalau ada tempat wisata begini ya Mba. Aku juga Alhamdulillah pas liburan kemarin bawa anak-anak ke Museum Geologi Bandung. Jadi bisa wisata sekalian edukasi.

    ReplyDelete
  4. Cukup banyak ya tempat yang bisa dikunjungi di balai pemuda. Kayanya seru ajak anak kesini

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau sejarah Balmud yang begitu elegan. Jadi ingat kalau dulu main ke Balmud ya...pengen nonton bioskop murah.
    Sekarang bioskopnya uda ga ada, jadi sedih..
    Pokoknya nongki di Balmud dulu asa cuma sak lemparan kolor. Ternyata ada banyak hal yang bisa diikuti dan semua aktivitasnya edukatif.

    Terpukau dengan Balai Pemuda Surabaya.

    ReplyDelete
  6. Saya murid Rumah Bahasa di Balai Pemuda. Sering ikut kelas conversation bahasa Inggrisnya. Lumayan, supaya tetap terasah speakingnya. Pernah ambil kelas bahasa Mandarin dan bahasa Korea juga di situ. Mereka punya program bagus-bagus.

    Dulu, Balai Pemuda kerap juga jadi tempat pameran dan festival--sebelum banyak mol di Surabaya. Pameran perumahan, pameran pendidikan, pameran tanaman, dan sebagainya. Waktu kecil, setiap akhir pekan pasti diajak ortu ke acara-acara di Balai Pemuda. Sekarang Balai Pemuda makin bagus setelah direnovasi dan ditambah bangunannya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah dimudahkan sekali ya mba warga Surabaya untuk terus belajar dan berkreasi. Sementara untuk kursus bahasa asing di luaran biayanya cukup mahal. Terima kasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  8. Ya ampun banyak banget.. Paling tertarik sama rumah kreatif nih. Ntar kalo main ke Surabaya wajib kesini ah.

    ReplyDelete
  9. Wahh ternyata surabaya memiliki wisata yang menarik yah..

    ReplyDelete
  10. Sering ke Surabaya tapi belum pernah kesini. Kayanya bisa dijadikan tujuan trip berikutnya nih...

    ReplyDelete
  11. Wah aku belum eksplore merata nih kayaknya ..kmarin cuma masuk alun2 dan area yang seperti galery poto ...butuh kesnaa lagi nih

    ReplyDelete
  12. jadi tahu nih mesti ke mana kalau suatu saat ada kesempatan jalan-jalan ke Surabaya. Saya tuh ingatnya Almond Crispy Cheese aja, hahaha.. camilan favorit. Soalnya tiap transit di bandara Juanda, ya pasti beli ini.

    ReplyDelete
  13. Komplit gitu ya yang ditawarkan oleh Balai Pemuda Surabaya, mulai dari belajar budaya, bahasa hingga matematika. Destinasi yang wajib dikunjungi keluarga nih.

    ReplyDelete
  14. waaah aku suka tempat tempat kaya gini, udah gitu satu tempat banyak banget wahananya lg.... untuk biaya masuknya berapa mba?

    ReplyDelete

Post a Comment