Pentingnya Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

 

Pentingnya Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Siapa yang masih ingat, dulu sebelum belajar di sekolah selalu melakukan SKJ (Senam Kesegaran Jasmani)? Kalau buat anak 90 an, dulu sebelum jam pelajaran pertama, wajib ikut SKJ. 

Saya masih ingat, saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), setiap pagi harus ikut senam. Dulu sih kurang suka sama kegiatan seperti ini. Soalnya, bikin keringetan. Padahal masih pagi, baru masuk sekolah. Hehehe. 

Namun, kegiatan aktivitas fisik seperti senam ternyata sangat bermanfaat jika dilakukan sebelum belajar. Ini yang akhirnya membuat saya selalu mengawali kegiatan home education anak-anak dengan aktivitas fisik terlebih dahulu. 

Baca Juga : Rutinitas Home Education Aluna

Aktivitas Fisik

Sebenarnya apa sih aktivitas fisik itu? Apakah aktivitas fisik sama dengan olahraga? Aktivitas fisik itu berbeda dengan olahraga. 

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga/energi dan pembakaran energi. Contohnya, jalan kaki, jogging, push up, senam aerobik, bersepeda, dan lain sebagainya. 

Sedangkan olahraga adalah aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana mengikuti aturan yang berlaku, tujuannya tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga untuk meraih prestasi. 

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Anak

Melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat bermanfaat, lho. Saat anak rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari banyak manfaat yang diterima, misalnya : 

1. Menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit

2. Meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh

3. Membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan

Baca Juga : Atasi Perut Kembung Pada Anak

4. Meningkatkan rasa percaya diri

5. Mengurangi stress

6. Membuat tidur lebih nyenyak

7. Membuat wajah dan tubuh jadi segar

Manfaat Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Manfaat Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Melakukan aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi anak. Apalagi, jika dilakukan sebelum belajar. 

Anak yang melakukan aktivitas fisik sebelum belajar, bisa lebih pintar, lho! Kemampuan kognitif anak akan meningkat saat mengajaknya melakukan aktivitas fisik sebelum belajar. Demikian hasil studi dari sebuah universitas di Amerika. 

Baca Juga : Cerita Anak Bersekolah di Sekolah Murid Merdeka 

Tak hanya itu, melakukan aktivitas fisik sebelum belajar juga bisa meningkatkan daya konsentrasi anak. Tentunya daya konsentrasi ini penting ya dalam belajar. 

Ini yang saya rasakan. Saat mengajak anak-anak melakukan aktivitas fisik sebelum belajar, anak-anak jadi lebih fokus dan konsentrasi. Mereka juga lebih bugar dan semangat saat mengikuti pelajaran. 

Contoh Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Aktivitas fisik anak

Apa saja aktivitas fisik yang kami lakukan? Sederhana, kok.

Sebelum jam belajar mulai, saya mengajak anak-anak melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan mengelilingi kompleks. Atau kadang juga dengan bersepeda bersama.

Baca Juga : 7 Tips Agar Anak Bermain Di Luar Tetap Aman yang Perlu Diketahui Orang Tua

Bisa juga dengan bermain di taman. Anak-anak memainkan berbagai alat permainan yang ada di taman, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya. Melakukan aktivitas fisik di taman membuat anak-anak senang, sebab mereka bisa sekalian bermain. 

Terkadang kami juga main lempar tangkap bola. Atau melakukan olahraga bulutangkis. 

Baca Juga : Olahraga yang Bisa Dilakukan Bareng Anak

Kalau cuaca tidak mendukung, kami melakukan aktivitas fisik di rumah. Melakukan peregangan atau senam berirama. 

Penutup

Melakukan aktivitas fisik sebelum belajar itu sangat penting. Anak bisa jadi lebih bugar dan pintar. Mereka jadi lebih semangat belajar. 

Jadi, tunggu apalagi. Yuk ajak anak-anak melakukan aktivitas fisik sebelum belajar, ya!







Comments

  1. Banyak manfaat untuk aktivitas fisik ya Bunda. Setuju sekali untuk anak melakukan aktivitas fisik sebelum belajar. Keuntungan yang banyak dibandingkan langsugn belajar.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama anak era 90 an tahu rasanya SKJ. Banyak banget ternyata manfaat aktivitas fisik itu ya, apalagi dilakukan sebelum belajar. Bisa membuat anak ceria dan semangat belajar.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata aktivitas fisik sebelum belajar ini banyak sekali ya manfaatnya, saya jadi termotivasi menggunakan metode ini untuk mengajar juga. Karena sekarang memang aktivitas fisik berkurang pasca pandemi. Semoga bisa segera pulih dan bisa senam sama-sama. Cuma kadang di sekolah bimbang kalau mereka berkeringat banyak setelah aktifitas fisik. Jadi agak repot kalau harus bawa pakaian ganti.

    ReplyDelete
  4. oh jadi mindset saya selama ini salah ya..sy hindari aktifitas fisik sblm belajar krn takut rasa lelah bikin tak bisa konsentrasi. trmksh sharingnya yg membuka wawasan saya..

    ReplyDelete
  5. Saya terakhir senam sudah lama sekali, teringat pas jaman sd, setiap sabtu pasti ada senam skj paginya dan siangnya pramuka. Memang habis senam, badan terasa segar.

    ReplyDelete
  6. aktivitas fisik memang membuat badan terasa lebih segar yaa. Ahh jadi ingat masa-masa sekolah dulu, setiap hari jumat sellau ada SKJ alias senam kesegaran jasmani

    ReplyDelete
  7. Aq setuju nih perlunya anak2 melakukan aktifitas fisik sperti SKJ, baik dirumah maupun di sekolah, cuma kadang aq suka kesel skj disekolah anak aq menggunakan musik2 dewasa bukan anak2

    ReplyDelete
  8. Banyak manfaat beraktivitas fisik sebelum belajar ya, Mbak...Kalau badan bugar, pikiran segar...pasti lebih semangat belajar:)

    ReplyDelete
  9. beberapa hari terakhir saya mulai melakukan banyak aktivitas fisik nih, tujuannya adalah agar tubuh lebih sehat dan lemak-lemak di tubuh bisa terhempas manja,hehehe

    ReplyDelete
  10. Ini serupa pemanasan setiap mau olahraga ya mbak?
    Jadi bakal membantu tubuh anak buat rileks dan menghindari cedera otot, efek sikap belajar yang sama dan cenderung jarang gerak saking fokusnya

    ReplyDelete
  11. Dulu nggak ngeh kalau aktivitas fisik itu sengaruh itu ke kegiatan kita, baik bekerja atau belajar. Makasi banyak tulisannya ya mba, saya jadi termotivasi buat ajakin anak beraktivitas fisik sebelum belajar. PR saya untuk cari aktivitas fisik yang dimaui anak karena anaknya moody dan suka bosen hehe

    ReplyDelete
  12. Aku jg ingat dulu pagi2 di sekolah pasti ada senam hihi, malah jadi segar rasanya sih karena tubuh diajak bergerak dulu sebelum akhirnya harus konsentrasi duduk di kelas berjam2.

    ReplyDelete
  13. Bisa jadi kalau kita ngantuk pas belajar tuh, karena memang nggak diawali dulu aktivitas fisik. Seperti 'pemanasan' lah istilahnya. Dan aktivitas fisik yang dilakukan pun termasuk yang ringan dan sederhana, seperti sekadar jalan-jalan atau bersepeda. Yang penting saat belajar, kondisi jadi lebih siap dan prima.

    ReplyDelete
  14. jalan kaki nih jadi kegiatan favorit aku dan anak sulungku.. alhamdulillah jadinya kalau traveling banyak jalannya dia jadi nggak mudah ngeluh.. emang seru dan penting ya aktivitas fisik tuh

    ReplyDelete
  15. aktivitas fisik sama anak yang paling sering saya lakukan adalah jalan kaki sih, hehe. karena mudah ya. tapi saya belum membiasakan dilakukan sebelum belajar, takutnya mereka malah ngantuk karena lelah, hehe. jadi baru dilakukan tiap hari minggu aja

    ReplyDelete
  16. Yang belajar di sekolah berarti bisa beraktivitas fisik dulu dengan berjalan atau bersepeda ke sekolah, ya

    ReplyDelete
  17. Agak jadi tantangan nih mba sebelum mulai belajar untuk aktifitas fisik. Dua tahun awalnya kebanyakan mager. Kayaknya harus dilatih untuk mulai melakukan aktifitas fisik. Makasih informasi dan sarannya mba :)

    ReplyDelete
  18. semenjak belajar di sekolah anakku makin semangat lho belajar, mungkin memang iya karena ada aktivitas fisik sebelum memulai kegiatan belajar, seperti pembiasaan pagi

    ReplyDelete
  19. Waah iya, dulu waktu SD sebelum masuk jam pelajaran suka ada SKJ atau pencak silat dulu di lapangan. Ternyata manfaatnya banyak juga yaa. Termasuk untuk orang dewasa juga bisa melakukan jalan pagi/jogging dulu sebelum pergi ke kantor.

    ReplyDelete
  20. Iya ya, zaman kita dulu masih SD pasti harus senam dulu, SKJ 88 hahaha. Berkeringat iya lah tapi manfaatnya banyak ya berolahraga sebelum belajar tuh. Otak rileks, bisa bikin semakin pintar dll. Bagusnya dibiasakan nih sekolah2 zaman now, semuanya.

    ReplyDelete
  21. Jangankan anak-anak kita aja yang beraktivitas fisik sebelum berkegiatan lainnya rasanya lebih fresh yaaa...Apalagi anak-anak, melakukan aktivitas fisik sebelum belajar jadi lebih bugar dan pintar sehingga makin semangat belajar.

    ReplyDelete
  22. Jalan-jalan keliling komplek, entah berjalan kaki atau sepedaan, nyenengin banget lho. Aku sering melakukan itu sama anak dan suami. Sambil jalan liat liat suasana, lewat taman ngobrolin bunga-bunga, kupu-kupu, dan lainnya. Lewat sungai (di komplekku ada sungai) ngobrolin biawak, ular dan lainnya. Lewat pinggir komplek ngobrolin pohon-pohon tinggi. Ngobrol dapet, olahraga dapat, senengnya dapat. Apalagi kalau pagi pas matahari sedang bersinar hangat, wah sehat banget rasanya. Tapi ini hanya terjadi saat weekend. Kalau weekdays mana keburu. Jam 6 pagi udah sat set berangkat sekolah dan kerja haha

    ReplyDelete
  23. gak kepikiran ada hubungannya ativitas fisik dengan belajar, walau sering banget dilakukan. Ternyata bisa mempengaruhi semangat juga ya. Biasanya pagi-pagi ajak si bocah jalan, tapi bisanya hanya libur aja.

    ReplyDelete
  24. Usia anak-anak memang harus diperhatikan juga kebutuhan bergeraknya ya, apalagi sekarang anak-anak sudah terpapar game atau aplikasi di gawai, bikin malas gerak, yang utama juga sih orangtua bisa menyontohkan dan menyemangati olahraga setiap hari

    ReplyDelete
  25. Anak sy yg cowok (sekolah sd) keringetan terus di sekolajmh dari sebelum masuk sampai pulang sekolah pasti ada acara main kejar-kejaran heuheu. Dia suka cerita sampai gurunya di kelas bilang anak laki2 istirahat ga boleh main bola karena kelas jd bau keringat. Anak cowok kayaknya gitu ya

    ReplyDelete
  26. Angkatan 90-an ikutan ngacung nih! Iyaa dulu ada SKJ dan SPI atau Senam Pagi Indonesia yang harus kita hapalkan gerakannya yaaah. Ternyata banyak juga manfaat aktivitas fisik untuk stimulasi anak belajar yaaah, harus dibiasakan nih

    ReplyDelete
  27. Widiih pantesan jaman SD dulu, klo mau sekulah, diajakin SKJ duluuu

    keren euyyy sekolah jaduuull

    ReplyDelete
  28. Jaadiii kangenn....
    Aku salah satu murid yg sukaa senam skj semangat banget pokoknya, dah gitu pernah ikut lomba juga juara. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  29. Pas zaman pjj, sebelum sekolah tiap pagi saya ngajak anak olahraga pagi dulu biar fokus belajarnya, hehe...

    ReplyDelete
  30. Anak pandemi itu banyak rebahan, huhuhu. Mudah2an sekarang mmebaik ya keadaan supaya anka - anak banyak gerak, jadi bisa lebih fokus lagi belajarnya.

    ReplyDelete
  31. Dulu saat sekolah, ada senam hanya di hari Jumat. Tapi ya tiap hari pulang pergi jalan kaki. Jadi masuk aktivitas fisik yaaa

    Anak zaman sekarang, kayanya udah jauh beda. Ganti aktivitas fisik lain deh biar semangat belajar dan bergerak

    ReplyDelete
  32. Iya mbak, aktivitas fisik membuat badan menjadi bugar dan siap belajar ya mbak. Btw, wah dulu saya malah suka senam SKJ karena jadinya kan belajar di luar kelas hehehe

    ReplyDelete
  33. Selain bikin badan sehat, aktivitas fisik ini membantu kita makin fokus ya. Itulah mengapa kita mesti olahraga rutin.

    ReplyDelete
  34. Pantesan waktu di TK sebelum belajar, anak-anak dikasih pemanasan dulu yaitu aktivitas fisik. Pasti ini ada tujuan khusus berarti, salah satunya bisa melatih koordinasi gerak motoriknya.

    ReplyDelete
  35. Seneng banget sebelum beraktivitas ada pemanasan dulu sehingga pikiran lebih tenang dan hormon kebahagiaan bisa mengalir. Belajar pun bisa lebih berkonsentrasi.

    ReplyDelete
  36. Waah aku baru tau lho mbak kalau aktifitas fisik itu bisa membuat anak lebih pinter dan kemampuan kognitif anak akan meningkat apabila melakukan aktifitas fisik sebelum belajar

    ReplyDelete
  37. ini yang ku perhatikan ke anakku, harus puas motorik kasar dulu sebelum belajar yang butuh banyak motorik halus.
    pantesan aja yaa zamannya kita dulu pakai senam SKJ. Masih hafal lagunya, hahaha

    ReplyDelete
  38. Setujuuu. Aku waktu sekolah di US, kayanya setiap 2 hari sekali ada pelajaran olahraga. Jadi memang stamina dan fisik jadi bagus. Sampai sekarang juga staminaku alhamdulillah lumayan kuat, untung banget karena kerjanya juga di lapang hihi

    ReplyDelete
  39. Iya, ya. Aktivitas fisik ini membantu pertumbuhan dan kesehatan otak. Otak terjaga karena kita melakukan aktivitas fisik. Juga bikin lebih kreatif ya :)

    ReplyDelete
  40. wah saya baru tahu nih kalau sebelum belajar itu dianjurkan beraktivitas fisik dulu karena bisa membantu dalam proses belajar. harus diingat nih kalau nanti misalnya mau mengajak anak belajar di rumah

    ReplyDelete

Post a Comment