Semarak Kemerdekaan di Sekolah Murid Merdeka

 

Sekolah Murid Merdeka

Beberapa hari lalu, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke 77. Sekolah-sekolah menyambut Hari Kemerdekaan ini dengan beragam kegiatan yang menarik. Mulai dari upacara bendera, lomba Agustusan, bazar, hingga karnaval. 

Perayaan Hari Kemerdekaan di sekolah-sekolah tak hanya sebagai ritual tahunan saja. Tetapi juga bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air pada bangsanya. Murid-murid sebagai generasi penerus bangsa tentu harus punya rasa cinta tanah air pada bangsanya. 

Tahun ini perayaan Hari Kemerdekaan sangat meriah. Maklum, setelah dua tahun pandemi, baru kali ini sekolah bisa merayakan Hari Kemerdekaan dengan bertatap muka secara langsung. 

Baca Juga : 7 Tips Agar Anak Bermain Di Luar Tetap Aman yang Perlu Diketahui Orang Tua

Bagaimana dengan Sekolah Murid Merdeka? Meski Sekolah Murid Merdeka adalah sekolah yang berbasis blended learning, tetap ada lho perayaan Hari Kemerdekaan. 

Hari Jumat kemarin, melalui kelas Homeroom, Sekolah Murid Merdeka (SMM) menggelar perayaan kemerdekaan secara online. SMM menggelar acara yang bertajuk 'Semarak Kemerdekaan'. 

Baca Juga : Cerita Anak Bersekolah di Sekolah Murid Merdeka

Chacha dan Aluna juga ikut merayakan Semarak Kemerdekaan ini. Chacha mengikuti kelas Homeroom pada pukul 8 pagi, sedangkan Aluna di pukul 10 pagi. 

Agar lebih meriah, kawan murid disarankan menggunakan atribut bernuansa merah putih. Chacha dan Aluna memakai baju merah putih. Aksesorisnya menggunakan pita merah putih. Tak ketinggalan pin bendera merah putih disematkan di baju. Ada virtual background yang bisa digunakan saat kelas Homeroom dimulai. 

Hmm kegiatan apa saja yang dilakukan pada acara Semarak Kemerdekaan ini? Yuk, baca ceritanya sampai habis, ya!

Menonton Film Kemerdekaan

Sekolah Murid Merdeka

Kegiatan Semarak Kemerdekaan diawali dengan menonton film kemerdekaan. Film yang memberikan gambaran kepada kawan murid SMM tentang bagaimana perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. 

Film ini tak hanya memberikan pengetahuan tentang sejarah bangsa saja. Tetapi juga bisa memupuk semangat rasa cinta tanah air. 

Membuat Kreasi

Sekolah Murid Merdeka

Setelah menonton film, kawan murid diajak membuat kreasi bertema kemerdekaan. Chacha berkreasi membuat mahkota merah putih yang terbuat dari kertas origami. Sedangkan Aluna, berekreasi membuat pembatas buku. 

Baca Juga : Menikmati Wisata Edukasi di Balai Pemuda Surabaya

Kegiatan membuat kreasi ini sangat bagus untuk mengasah kreativitas anak. Selain itu juga bisa merangsang saraf-saraf motoriknya. 

Lomba Makan Kerupuk

Sekolah Murid Merdeka

Rasanya tak afdol jika merayakan Hari Kemerdekaan tanpa menggelar perlombaan. Lomba makan kerupuk selalu jadi lomba favorit saat merayakan pesta kemerdekaan. 

SMM pun tak ketinggalan, menggelar lomba makan kerupuk. Sebenarnya lomba ini hanya untuk kelas 1 SD, tetapi Chacha ingin menemani adiknya berlomba. Jadi kami pun buat dua tali untuk lomba makan kerupuk. 

Meski digelar secara online, lomba tetap berlangsung secara meriah. Anak-anak tetap gembira bisa lomba bersama teman-teman. 

Perayaan Hari Kemerdekaan akan jadi pengalaman tersendiri bagi anak-anak. Semarak Kemerdekaan di Sekolah Murid Merdeka bisa menjadi kamar kenangan terindah bagi kawan murid. Memberikan perasaan bahagia yang sangat bagus untuk kesehatan mental mereka. 

Bagaimana dengan perayaan Hari Kemerdekaan di lingkungan teman-teman? Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.


Comments