5 Pelajaran Parenting dari Drama Korea Green Mother's Club

drama Green Mother's Club


Sejak jadi ibu, saya sering belajar ilmu parenting dari mana saja, termasuk dari drama Korea. Ya, jangan salah, drama Korea tak hanya jadi hiburan tersendiri, tetapi juga sarat makna. 

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari drama Korea, tak terkecuali tentang ilmu parenting. Ada banyak drama Korea bertema parenting yang bisa dijadikan rujukan belajar pengasuhaan, salah satunya drama Green Mother's Club.

Drama Korea Green Mother's Club

Profil Drama

Drama: Green Mothers' Club

Revised romanization: Green Mothers Club

Hangul: 그린마더스클럽

Director: Ra Ha-Na

Writer: Shin Yi-Won

Cast

Lee Yo Won sebagai Lee Eun Pyo

Choo Ja Hyun sebagai Byun Chun Hee

Kim Gyu Ri sebagai Seo Jin Ha

Jang Hye Jin sebagai Kim Young Mi

Joo Min Kyung sebagai Park Yun Joo 

Network: JTBC / Netflix

Episodes: 16

Release Date: April 6 - May 26, 2022

Runtime: Wed. & Thu. 22:30

Language: Korean

Country: South Korea

Sinopsis Drama Korea Green Mother's Club 

Drama Korea Green Mother's Club ini bercerita tentang perjuangan lima ibu dari SD Sangwe. SD Sangwe ini adalah sekolah negeri terbaik di Korea Selatan. Banyak orang tua ingin menyekolahkan anaknya di sini.

Baca Juga : Review Film Keluarga Cemara 2, Kisah Ara dan Neon

Kelima ibu itu ingin anaknya sukses, tak heran mereka pun rela melakukan segala cara. Mulai dari antar les sana-sini, ikut beragam perlombaan, memasukkan ke kelompok belajar, hingga bersaing masuk kelas siswa berbakat.

Masing-masing punya cara tersendiri. Ada Lee Eun Pyo yang berusaha mencari metode belajar yang paling cocok untuk anaknya. Ada Byun Chun Hee yang sangat ambisius, tak hanya mengikutkan anaknya les ini itu, tapi juga memenuhi kebutuhan gizinya. 

Kalau Seo Jin Ha, adalah ibu sempurna. Anaknya juga anak yang sempurna, terlahir cerdas. Tak perlu les ini itu sudah pintar dan punya banyak prestasi.

Ada Kim Young Mi, ibu yang sangat berbeda dari ibu-ibu SD Sangwe. Bagi Young Mi, anak tidak perlu dipaksa belajar keras sejak dini. Kedekatan orang tua dan anak adalah hal yang utama.

Baca Juga : Cerita Anak Bersekolah di Sekolah Murid Merdeka

Terakhir, ada Park Yun Joo. Ibu yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik, meski secara ekonomi dia tidak mampu. Yun Joo rela bekerja paruh waktu untuk menambah biaya les anaknya. 

5 Pelajaran Parenting dari Drama Korea Green Mother's Club

drama Green Mother's Club

Drama ini membuat saya belajar banyak hal seputar parenting. Ada 

5 pelajaran parenting yang bisa dipetik dari Drama Korea Green Mother's Club

1. Kenali gaya belajar anak

Lee Eun Pyo membuat saya belajar betapa gaya belajar anak sangat mempengaruhi prestasi belajarnya. Sebelum tahu apa gaya belajar anaknya, anak Eun Pyo kesulitan memahami pelajaran.

Namun, saat tahu apa gaya belajar anaknya, anaknya pun jadi anak paling berprestasi di sekolah. Hingga, masuk ke kelas siswa berbakat.

2. Setiap anak punya bakat masing-masing

Ikan pandai berenang, monyet pandai memanjat. Begitu juga dengan anak-anak. Mereka punya bakatnya masing-masing. 

Baca Juga : Pentingnya Aktivitas Fisik Sebelum Belajar

Orang tua harus paham, bahwa setiap anak itu unik. Mereka punya bakatnya sendiri. 

Tugas orang tua adalah membersamai agar anak bisa mengembangkan bakatnya masing-masing. Bukan malah membandingkan dengan anak lainnya. 

3. Jangan memaksakan kehendak kepada anak

Hal yang mengharukan dari drama ini adalah saat melihat anak sulung Byun Chun Hee yang dipaksa belajar dan ikut beragam les. Padahal dia tidak berbakat, hingga sangat kesulitan dalam memenuhi tuntutan orang tuanya. 

4. Ibu punya peran penting dalam mendidik anak

Drama ini menunjukkan bahwa, ibu punya peran penting dalam mendidik anak. Para ibu berjuang keras mendampingi anaknya belajar. 

Tak hanya jadi sopir antar jemput ke  sekolah dan tempat les saja, tapi juga menemani belajar. Hingga mencari program belajar yang paling sesuai untuk anaknya. 

5. Perhatikan nutrisi anak

Kalau mau anak tumbuh cerdas dan berprestasi, tak hanya memintanya untuk belajar saja. Namun juga memperhatikan nutrisi anak. 

Baca Juga :  Ide Bekal Anak yang Murah, Simple dan Lezat

Seperti yang dikatakan oleh Byun Chun Hee. Dia selalu memastikan anaknya makan makanan bergizi. Makanan tinggi nutrisi, agar baik untuk perkembangan otaknya. 

Penutup

Menonton drama Korea Green Mother's Club membuat saya banyak belajar seputar parenting. Saya semakin tahu bagaimana cara menjadi ibu yang baik bagi anak-anak saya. 

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah sudah menonton drama Korea Green Mother's Club ini? Apa kesan teman-teman terhadap drama ini? 

Ditunggu sharingnya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.




Comments

  1. Eh baru tau malah Drakor ini. Di akun Drakor yg aku ikutin, ga ada direview soalnya. Menarik juga nih temanya. Tapi memang Drakor mah tema nya macem2 yaaa mba. Bikin ga bosen jadinya 😅.

    Kalo soal mengajari anak, aku pun ga mau maksa .. kalo memang anakku ga berbakat les piano misalnya, ga akan aku paksa utk ikut itu. Belajar dr pengalamanku dulu, yg dimasukin macam2 les Ama papa, dan jadinya malah bosan juga ga mau serius. Lah aku ga tertarik soalnya.

    Ga pengen anak2 begitu juga. Cara mereka belajarpun memang hrs diperhatikan. Anakku yg pertama lebih suka belajar dengan cara dibacain keras2. Beda Ama adeknya, yg harus di ruangan tertutup dan sepi 😅. Jadi mau ga mau, mereka ini kalo belajar ga bisa disatuin, Krn bakal ganggu yg lain 😄

    ReplyDelete
  2. Kalau boleh tahu di speel lebih panjang keren banget mbak, Ini literasinya emakable banget. Anak tumbuh besar butuh referensi terkait, dan next boleh nih nonton drakornya. Bagi link ya mbak

    ReplyDelete
  3. Ini film bisa jadi rekomendasi buat tontonan nih. Kebetulan sudah lama nggak menonton :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sarat makna dari tayangan ini juga ya kak,
      Bisa menambah wawasan dan trik pola asuh anak

      Delete
  4. haduh jadi penasaran nonton dramanya mau liat pengalaman orangtua korea terutama ibu dalam mendampingi anak menyelesaikan pendidikanya.

    ReplyDelete
  5. Drakor Green Mothers Club aku dah nonton walaupun belum habis semua rapi dah ambil ksimpulan gimna jadi ibu gk bisa mksain keinginan kepada anak walaupun anaknya cerdas skalipun karna pasti bkin stress anak

    ReplyDelete
  6. Baru dapat sekarang ulsan Film Drakor yang mengangkat sisi parenting di dalamnya. Boleh nih jadi list utnuk ditonton

    ReplyDelete
  7. Drama tentang anak, bagus banget buat ditonton, dapet ilmu, sesuatu banget buat mak pekerja kek saya nih

    ReplyDelete
  8. wahh saya kok kelewat yaa sama drama ini? keren nih temanya, jadi pengen nonton dramanya. nanti coba cari ahh

    ReplyDelete
  9. Bukan hanya menghibur, tapi juga mendidik. Drama Korea memang bagus sih.

    ReplyDelete
  10. aku nonton nih Green Mothers Club dan menguras emosi dan jiwa raga tapi relate sih sama kehidupan peremak-emak-an komplek yang anaknya gak mau kalah sama anak2 lain secara prestasi

    ReplyDelete
  11. Menarik nih tema drakornya, gak umum kayak romantis2an, tapi malah jadi ada pelajaran yg bisa diambil.

    Aku pun one day klo jadi ibu, mau kasih yg terbaik dlm mendidik anak, tapi gak mau maksa juga. Harus ssuai dgn bakat dan minat mereka.

    ReplyDelete
  12. Warbiyasak sineas Korsel klo bikin tayangan tuh apiikk bgt 👍😉idenya macam2, eksekusinya jg kerem bgt dah

    ReplyDelete
  13. Belum nonton, siy.. tapi itu yang difoto ceritanya memerankan emak-emak semua yah? mantap! harus nonton, nih! heuheuhe.

    ReplyDelete
  14. Belum nonton waah kereb nih cocok buat tontonan emak emak. Memang bener sih gaya belajar anak hrs orang tua tahu supaya anak bisa maksimal dalam belajar. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  15. Emang beneran bisa belajar banyak ilmu parenting dari drama Korea sih yaah, asal kita beli untuk bisa lihat hikmahnya aja. Drama ini kayaknya kelewatan deh sama aku, belum nonton soalnya huhu, otw nonton ah

    ReplyDelete
  16. Kalau melihat culture orang Korea yang memang gak bisa selow, rasanya jauh banget pengasuhannya sama Ibuk-ibuk di Indonesia. Semoga pembelajaran yang bisa diambil dari drama membuat anak-anak tetap menggemari yang namanya fitrah belajar tanpa tekanan dari pihak manapun.

    ReplyDelete
  17. Di mana -mana sama aja ya ibu itu yang selalu memikirkan gimana sekolah anaknya. Dan kalo dengan memaksakan kehendak orang tua juga kasihan si anak. Aku belum nonton drakor Green Mothers Club

    ReplyDelete
  18. Drama ini mengingatkan Molly sama drama Sky High. Persaingan antar anak sekolah dlm bidang akademis memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang korea. Gak heran banyak drakor yg mengangkat tema serupa.

    ReplyDelete
  19. Belum nonton sih drakor Green Mother Club ini tapi sepertinya Kita bisa belajar banyak dari kehidupan para ibu di film ini. Anak memang perlu dikenali bakat dan minatnya apa, biar bisa diarahkan oleh orang tuanya

    ReplyDelete
  20. Drama ini ngingetin aku sama drama Sky Castle, mirip gak siih. Aku belum nonton, tapi baca ulasannya jadi tertarik buat nonton. Bisa buat nambahin tips2 parenting jugaa.

    ReplyDelete
  21. Tema nya ga terlalu umum, tp klo baca reviewnya tampaknya drama ini punya
    Alur cerita yg menarik lantaran menyoroti kehidupan para ibu rumah tangga yg tidak hanya berperan sebagai istri, tapi juga membesarkan anak yang telah duduk di bangku sekolah. Cukup relate dgn kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  22. Mirip ga sih persaingan buibu Korea dengan Indonesia urusan ambisi anak berprestasi?
    Asik juga nonton drakor ini karena temanya bukan romance tapi parenting. Jadi banyak belajar dan refleksi diri.

    ReplyDelete
  23. DraKor yang wajib ditonton nih untuk para orangtua termasuk aku ibu dari 2 anak. Jadi banyak masukan bagi aku nih mom. Setuju mom ibu berperan penting dalam mendidik anak
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  24. Saya suka banget menyimak atau menonton drama Korea yang ada pesan moral dan pelajaran parentingnya loh Kak karena jadi banyak belajar pola asuh dari berbagai bangsa dan budaya.

    ReplyDelete
  25. Aku udah nonton iniii. Mirip drmaajepang apatuh lupa jduulnya, bedanya gak ada ibu2 yang meninggal gtu. Emang Koreamirip Indoensia yaa soal persaingan sekolah/ prestasi anak2.
    Ini bags ditonton buat ibu2 supaya bisa aware akan kebutuhan pendidikan anak2nya nih.

    ReplyDelete
  26. Aku belum nonton drakor ini. Pengen nonton juga sih karena related sama kehidupan. Tapi masih suka nonton yang menegangkan dulu.

    ReplyDelete
  27. Drakor ini masih jadi salah satu list drakor yang mau aku tonton.. Pernah juga baca reviewnya dan tertarik banget mau nonton karena relate sama kehidupan buibuk ya.. :D Setuju banget sama semua pelajarannya, termasuk tau gaya belajar anak. Ini juga yang lagi aku amati dari anak-anak Mba.. :)

    ReplyDelete
  28. Drama Korea memang sering menyimpan pesan atau amanat yang bisa dipetik oleh penonton. Termasuk drakor ini ya kak. Kayaknya cocok banget ditonton sama orang tua, biar ada gambaran lebih tentang parenting dengan pengemasan yang enak dilihat.

    ReplyDelete
  29. belum sempat nonton drama ini saya, mbak. ini pure drama gitu ya ceritanya atau ala sky castle yang ada persaingan antara para ibu itu?

    ReplyDelete
  30. wah masuk list juga nih drama yang ini. aku seneng kalau ada drama yang berbau parenting atau marriage life kayak gini

    ReplyDelete

Post a Comment