Menikmati Kokeshi Jatim Japan Matsuri, Festival Jepang Pertama di Surabaya

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Menikmati Kokeshi Jatim Japan Matsuri, Festival Jepang Pertama di Surabaya menjadi pilihan kami di hari libur ini. Kebetulan si sulung lagi suka-sukanya hal-hal berbau Jepang. Mulai suka nonton anime hingga mengikuti kursus bahasa Jepang. 

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Kokeshi Jatim Japan Matsuri ini adalah festival Jepang pertama di Surabaya yang digelar oleh  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 

Baca Juga : Serunya Liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya 2022

Acara ini berlangsung selama dua hari, tanggal 10 dan 11 September 2022. Digelar di UPT P2TKI Disnakertrans Jawa Timur, Jalan Bendul Merisi Nomor 2, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Acara ini gratis, tidak dipungut biaya. 

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Saat datang ke sana, suasananya ramai sekali. Banyak orang yang datang, dan memang kebanyakan anak-anak muda. Beberapa diantaranya berdandan ala cosplay. Maklum saja, di Kokeshi Jatim Japan Matsuri juga akan ada lomba Coswalk & Cosplay. Tak heran, semua yang pakai cosplay berdandan maksimal. 

Baca Juga : Urban Sunset Festival 1.0, Senja, Padi dan Kamu!

Banyak sekali karakter yang menjadi ide cosplay. Mulai dari karakter-karakter dalam game Mobile Legend, Ultraman, One Piece, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Menikmati Wisata Edukasi di Balai Pemuda Surabaya

Tak hanya Coswalk & Cosplay Competition saja, tapi juga beragam konser musik dari beberapa bintang tamu. Mulai dari Hiroaki Kato, Koki Ota, Omikoshi, U-Maku Eisa Shinka, Bon Odori, Baby Metal Surabaya, dan masih banyak lagi.

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Panasnya Surabaya tidak menghalangi para wibu untuk berjingkrak-jingkrak menikmati alunan lagu para pengisi acara.

Ada juga lomba makan ramen, karaoke, dan pidato bahasa Jepang. Juga ada workshop origami dan shodo. 

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Anak-anak senang melihat beragam cosplay yang ada di sana. Belum lagi banyak jajanan yang bisa dinikmati. Mulai dari ramen, yakitori, sushi, ocha, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Corn Dog Leleh Ala KRAFT Quick Melt, Bekal Favorit Piknik Keluarga

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Ada juga tempat persewaan baju yukata, dan beragam stand yang jual pernak pernik serba Jepang di sini. Anak-anak memilih bando, dari karakter SPYxFAMILY. 

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Tidak hanya aksesoris saja yang dijual. Ada juga poster, gantungan kunci, hingga stiker. Uniknya semua penjual di sini juga berdandan ala Jepang. 

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Di sini juga ada omikosi (miniatur kuil yang merupakan simbol kendaraan terbaik dari para Dewa Shinto). Makanya, acara ini bisa disebut sebagai Matsuri (festival atau perayaan).

Kokeshi Jatim Japan Matsuri

Kokeshi Jatim Japan Matsuri tak hanya festival untuk mengenalkan budaya Jepang saja. Namun, juga mengenalkan kesempatan untuk bisa bekerja di Jepang. 

Banyak anak muda yang tertarik bekerja di Jepang. Saat ini sudah ada 345.140 orang Indonesia yang bekerja di Jepang, semuanya tersebar dalam 14 sektor kerja.

Baca Juga : Kesempatan Kerja bagi OYPMK dan Disabilitas

Bekerja di Jepang jadi peluang yang menjanjikan. Kalau berminat, bisa lho mendapatkan informasinya di Japan Training Center yang ada di kantor UPT P2TKI Disnakertrans Jawa Timur.  Tak hanya menjadi pekerja di sektor informal saja, tetapi juga diupayakan bisa mendapatkan peluang kerja di sektor formal. 

Demikian cerita hari Minggu kami kali ini. Anak-anak senang bisa jalan-jalan ke Kokeshi Jatim Japan Matsuri, festival Jepang pertama di Surabaya. 

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah teman-teman juga suka budaya Jepang? Atau bahkan ada yang berminat kerja di Jepang

Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.


Comments

  1. Anakku yang cewek mbak suka dengan banyak hal tentang Jepang. Dari budaya, musik, seni, bahasa, dan anime nya. Dia bercita-cita kuliah, kerja dan kemungkinan tinggal di Jepang :D

    Btw itu di Kokeshi Jatim Japan Matsuri ada pengenalan kesempatan untuk bisa bekerja di Jepang juga ya. Menarik banget itu. Pasti banyak peminat yang datang ya.

    ReplyDelete
  2. waah seruuu yaaa... Kalau ada di makassar, aku juga pengin dateng deh.. Anakku yg bontot (kls 2 SD) belum terlalu banyak ngerti hal-hal berbau Jepang sih. Cuma dia suka banget mengaku sebagai wibu..wkwkwk.. Gara-gara dia suka anime jadi ngaku wibu. Trus suka kujawab, aku juga wibu....(w)ibumu...hihihihi

    ReplyDelete
  3. Ihh keren banget sih Dinas Ketenagakerjaan Jawa Timur, caranya menarik minat calon pekerja di Jepan dengan mengadakan Kokeshi Jatim Japan Matusuri ya mbak. Pasti lah sebagian besar pecinta karakter manga bakal datang dan cosply. Aku tertarik dengan lomba yang diaadakan, dari coswalk, cosplay, makan ramen, sampai pidato bahasa Jepan. Mantap sih ini eventnyaa

    ReplyDelete
  4. Ih suka sekali liatnya budaya Jepang ini!
    Aku pengagum apa apa yang seni dari Jepang, haluuus banget pembuatannya dan ahli gitu loh!
    Jarang ada buatan tangan mereka yang "sekedarnya"

    ReplyDelete
  5. seru banget mba festivalnya.. aku juga sempat mengikuti Japan Festival di Wellington beberapa waktu yang lalu dan peminatnya juga ramai banget.

    ReplyDelete
  6. Wah penggemar segala hal yang berbau Jepang pasti seneng banget ya ada acara Kokeshi jatim Japan Matsuri ini.
    Kalau saya sukanya nonton kartun Jepang mbak hehehe... kalau makanannya belum cocok di lidah

    ReplyDelete
  7. Aiihh serunyaaaa. Eh zaman dulu ada juga festival jejepangan gini pa dulu ada les2an apa gtu lupaaa. Kalau ikutan gini enak ketemu banyak teman2 wibu #eh :D
    Aku tu belakangan ngracunin anakku ma jejepangan gini biar mereka tertarik belajar bahasanya haha :D

    ReplyDelete
  8. Happy banget datang ke festival seperti ini apalagi ada cosplay nya makin seru deh sudah lama banget nggak datang ke acara festival Jepang gini, dulu waktu masih kerja di Summitmas sering banget ada acara seperti ini

    ReplyDelete
  9. Wah seru banget ini. Aku suka deh festival-festival budaya begini. Jangankan festival negara kayak Jepang yang memang jadi salah satu negara favorit dan negara impian yang kepengen aku datangi; festival budaya lokal aja seruuuu.

    ReplyDelete
  10. Wah, banyak para wibuuu..
    Aku dulu pas kuliah juga ikutan Tari Yosakoi tapi pakai bendera Japanese Culture and Language dari ITS.
    Soalnya memang ambil les di sana dan programnya memang seru-seru banget.

    Huhu...kok aku liat di daftar acaranya kemarin ITS uda gak ikut ambil bagian yaa..?
    Apa sudah gak ada lagi gitu?
    Padahal dulu pas angkatanku rame banget... Dan sahabatan sampai sekarang para penarinya. Solid parah siih..

    ReplyDelete
  11. Lhooo saya kok gak dapet info acara ini ya. Padahal seru ya, bakal tahu sedikit serba serbi Jepang.

    ReplyDelete
  12. Semoga acara seperti ini sering di laksanakan di pelosok negeri Indonesia. Gusti yeni

    ReplyDelete
  13. Seru banget pasti, ya, Mbak. Pengin bisa ikut acara festival seperti ini, belajar lebib jauh tentang kebudayaan Jepang.

    ReplyDelete
  14. Wahh menarik sekali ya acara Kokeshi Jatim Japan Matsuri ini. Kreatif-kreatif anak-anak muda zaman now, dari cosplay busana-busana anime hingga ada omikosi pula.
    Btw kerja di Jepang emang banyak peminatnya, karena memang gajinya gedhe dan juga pengalamannya itu loh.. temenku dan ponakanku juga ada yang kerja di sana. Dan betah banget, sih. Haha.

    ReplyDelete
  15. wah seru sekali mbak festival Kokeshi Japan Matsurinya. Alhamdulillah bisa bekerjasama dalam bidang pariwisata ini yaa juga ada peluang untuk bekerja di Jepang juga. Keren lah acaranya, moga tiap tahun diadakan ya

    ReplyDelete
  16. Moga2 thn depan ada lagiiiu
    Mauuu bgt nonton k sana
    Pastiii meriaahh ya

    ReplyDelete
  17. wah buat yang suka Jepang dan hal-hal yang berbau Jepang pastinya nggak boleh ketinggalan acara ini ya, mbak. Jadi ingat dulu banget juga pernah ada acara festival Jepang begini di kotaku

    ReplyDelete
  18. Wah kalau lihat acara2 kayak gini auto inget zMan kuliah. Hehe sering datang buat pakai kimono dan menikmati kuliner Jepang. Seru!

    ReplyDelete
  19. Waahhh seruuu... seneng loh lihat anak2 klo pada cosplay-an gitu. Eh bukan anak aja ya, kebanyakan malah remaja dan dewasa hehehee... effort buat dandannya itu loh yang patut diacungi jempol

    ReplyDelete
  20. waah, sepertinya ini memang acara yabg seru yaa.. terima kasih sdh berbagi pengalaman ini. saya ygblm pernah sekalipun mengikuti festival seperti ini jadi berharap berkesempatan datang menikmatinya secara langsung suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  21. Akuuuuu! Aku penikmat apa pun yang berbau Jepang, mulai dari tarian sampai ke aneka craft yang mereka buat dengan sepenuh hati itu.

    Unik nya Jepang tuh sampai ke bungkusannya aja pake seni!

    ReplyDelete
  22. Kapan ya acara sebagus ini hadir di Lombok. Saya paling suka berlama-lama menikmati adat budaya bangsa atau suku di luar keseharian saya sebagai yang terlahir di suku Sasak Lombok.
    Bisa jadi pembelajaran, suku dan bangsa apapun, memiliki nilai-nilai luhur tersendiri. Yang kemudian bisa menjadi inspirasi kita dalam hidup bersama masyarakat banyak

    ReplyDelete
  23. wah penggemar japan pasti senang sekali ada di event ini ya mba.. kita juga bisa mengenal budaya, tradisi, pakaian dengan cara menyenangkan seperti ini. eh iya aku belum pernah cobain baju yukata dan pernak perniknya, hihi

    ReplyDelete
  24. Seru banget kalau ada acara tentang Jepang. Biasanya suka lihat cosplay anime. Suka sama budaya Jepang disana orang-orang disiplin apalagi tempat nya.

    ReplyDelete
  25. festival jejepangan ini dulu pernah juga ada di jogja. sayangnya aku nggak ikutan nih. seru banget bisa pakai pakaian ala jepang gitu ya mba

    ReplyDelete
  26. Saya membaca dari tulisan ini saja sudah bisa membayangkan bagaimana keseruan festival, apalagi ini festival jepang, pasti ramai banget ini ya, apalagi bagi pecinta jepang ataupun anime, acara seperti ini tidak boleh dilewatkan.

    kalau saya, biasanya ketika datang ke acara festival seperti ini yang dicari utama tentu kulinernya, apalagi ini festival jepang pasti banyak sekali itu kuliner khas jepang yg bisa dipesan

    ReplyDelete
  27. Totalitas banget saat Japan Matsuri ya..
    Semoga terus diadakan sehingga menjadi hiburan dan semangat bagi yang sedang ingin ke Jepang.

    ReplyDelete
  28. Yang suka hal-hal berbau Jepang pasti gak akan melewatkan acara ini. Ahh Jepang adalah salah satu negara impian yang pengen saya kunjungi. Semoga suatu saat nanti saya bisa menginjakkan kaki ke sana, amiiin

    ReplyDelete

Post a Comment