Panca Indra

Beberapa hari terakhir ini, Aluna belajar tentang panca indra. Bagi anak kelas satu, tentu akan mudah bila belajar panca indra dengan cara bermain. Tak melulu membaca teks yang ada di buku.

Saya pun mengajak Aluna belajar panca indra dengan berbagai kegiatan yang menarik. Berikut 7 cara belajar panca indra yang seru dan menyenangkan.

1. Video animasi

Bersyukur sekali hidup di era digital seperti ini, banyak kemudahan dalam mendapatkan materi belajar. Salah satunya, melalui video animasi. 

Di YouTube banyak sekali video animasi tentang panca indra. Pilih saja mana yang paling menarik, dan sesuai usia anak. 

Baca Juga : 5 Pelajaran Parenting dari Drama Korea Green Mother's Club

Maklum saja, pembelajaran panca indra ini ada mulai jenjang TK hingga SMA. Materi panca indra yang selalu dibahas di setiap jenjang pendidikan, membuat kita harus selektif mencari yang memang khusus usia anak. 

Contohnya, untuk kelas satu SD , materinya sederhana. Hanya mengenal apa saja panca indra dan fungsinya. 

Saya memilih video animasi yang cocok untuk Aluna. Lewat video animasi ini, dia belajar panca indra secara teori. Bagi anak yang audiovisual, video animasi adalah cara belajar yang cocok.

2. Lagu panca indra

Anak-anak seusia Aluna, masih senang bernyanyi, bahkan bernyanyi bisa jadi salah satu cara belajar. Saya mendapatkan lagu tentang panca indra di internet. Begini liriknya : 

"Mata untuk melihat

Hidung untuk mencium

Lidah untuk mengecap

Telinga untuk mendengar

Kulit untuk meraba

Itulah panca indra 

Panca.. Indra

Berguna untuk kita"


Ajak anak bernyanyi lagu panca indra. Gunakan nada lagu "Naik Becak", ya!

Dengan bernyanyi seperti itu, anak jadi lebih mudah mengerti apa saja panca indra beserta fungsinya. 

3. Lembar kerja

Mengerjakan lembar kerja juga bisa menjadi cara belajar panca indra. Biar seru, anak tidak sekadar menjawab lembar kerja saja. Tetapi melakukan pengamatan disekitarnya. 

Fungsi panca Indra


Misalnya, saya mengajak Aluna mengisi lembar kerja dengan melihat benda yang ada disekitarnya. Kebetulan, kami sedang ada di ruang belajar. 

Aluna harus menjawab lembar kerja berdasarkan apa yang ada disekitarnya dan yang dilakukannya.

Baca Juga : 5 Wisata Sejarah di Medan yang Layak Dikunjungi

Misalnya, saat belajar lidah untuk mengecap, Aluna merasakan biskuit yang sedang dia makan. Untuk meraba, dia meraba mainan kaktus yang ada di meja belajarnya.

Seru, kan?

4. Lapbook

Panca Indra adalah

Lapbook juga jadi cara belajar yang menyenangkan untuk memahami materi panca indra ini. Kebetulan Aluna juga sudah membuat lapbook Anggota Tubuh. Dimana salah satu bagiannya adalah tentang panca indra. 

5. Menggambar dengan mata tertutup

Saya mengajak Aluna menggambar dengan mata tertutup. Permainan ini untuk mempelajari apa fungsi mata. Mata berfungsi sebagai Indra pengelihatan. 

Cara belajar panca indra


Tanpa melihat dengan mata, kita tidak bisa menggambar dengan baik. Aluna menyadari itu. 

6. Berburu harta karun

Akan seru jika anak-anak diajak belajar sambil berburu harta karun. Itu yang saya lakukan bersama Aluna untuk memahami materi panca indra. 

Permainan ini cukup mudah. Pertama, buat daftar pertanyaan barang-barang yang harus ditemukan oleh anak. Kedua, ajak anak menemukan barang-barang tersebut sesuai petunjuknya.

Panca Indra


Permainan berburu harta karun juga untuk mengetahui fungsi mata sebagai indra pengelihatan.

Saat bermain ini Aluna juga aktif bergerak. Maklum saja, dia haru naik turun tangga. Sebab, kami menulis pencarian harta karun di lantai dua, sedangkan barang-barang yang harus ditemukan berada di lantai satu. Hehe, sekalian melakukan aktivitas fisik biar sehat!

7. Gantungan panca indra

Membuat gantungan panca indra ini seru juga, lho. Alat dan bahannya juga mudah didapat.

Siapkan kardus, kertas lipat, kertas HVS, gunting, lem, tali, dan pensil. 

Bentuk kardus dan kertas lipat menjadi bentuk lingkaran. Oh ya, pilih kertas lipat dengan lima warna yang berbeda ya. 

Lalu, gambar masing-masing kertas lipat dengan panca indra. Tulis juga nama dan fungsi panca indra. 

Lagu panca Indra


Setelah itu, tempelkan di atas kardus, satu persatu. Saat menempelkan, berikan lem di bagian atasnya saja ya, begitu seterusnya. 

Lalu, tempelkan lingkaran kertas HVS yang ditulis "Panca Indra" sebagai bagian depan gantungan.

Terakhir, tempelkan tali dibagian belakang kardus. Gantungan panca indra pun jadi!

Membuat gantungan panca indra ini tak hanya mengajak anak belajar panca indra saja, tetapi juga melatih keterampilan dan kreativitasnya. 

Meski seorang travel blogger dan book reviewer, saya tetap punya kewajiban utama untuk menjadi home educator bagi anak-anak di rumah. 

Memastikan mereka bisa belajar dengan baik dan menyenangkan. Semoga 7 cara belajar panca indra yang seru dan menyenangkan ini juga bisa menginspirasi teman-teman, ya. 

Oh ya, kalau ada ide cara belajar yang seru dan menyenangkan lainnya, boleh lho share di kolom komentar.

Terima kasih.

Comments

  1. Menggambar dengan mata tertutup ini kayaknya menantang ya. Pasti pada abstrak semua. Ya nggak sih? 🤣

    Kalo aku dulu pas main sama adek, aku sering cerita sambil meragain dan dia jadi ikutan. Trus kadang aku suruh dia yang cerita sambil diperagain. Yang jelas ceritanya nggak nyambung semua saking kreatinya 🤣

    ReplyDelete
  2. Wahh makasih banget Kak, bisa aku coba praktikkan untuk sesi belajar di rumah bareng Saladin. Penasaran ama hasil menggambar dengan mata tertutup. Kalo aku seringnya latihan menggambar dengan tangan kiri hehehehhe.

    Sekarang belajar makin menyenangkan ya karena bisa pakai banyak media pembejalaran, gak hanya buku.

    ReplyDelete
  3. Aku udah nyobain semua sama anakku mbak. Ada kalanya pas anteng mau duduk ngerjain worksheet tp klo pas energi berlembihan aku ajak bebikinan nari2 atau main cari harta karun fitu

    ReplyDelete
  4. Wah inspiring banget kak. Berburu harta karun tuh seru banget kayaknya. Memang jadi orang tua dituntut harus kreatif agar pembelajaran menyenangkan dan nggak ngebosenin anak. Kapan-kapan boleh dicoba nih ide-idenya

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat jaman masih mengajar TK, bagaimana mengenalkan tentang panca indera untuk murid-murid. Seru dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Dengan metode bermain begini, anak jadi gak terasa juga belajar yaa..
    Aku jadi inget anakku yang biasanya hanya mengerti kata "bau" padahal ada banyak kosa kata yang mendeskripsikan hal-hal seperti itu. Jadi pembelajaran mengenai panca indera ini bagi kami jadi nyambung juga ke pelajaran bahasa.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun, aku belum terpikirkan untuk mempraktekkan hal tersebut mbak, ehh. Saat bareng ponakan, biasanya aku suka coba hal2 spt di atas. Tapi untuk kegiatan mengenal panca indra tersebut sepertinya bisa dicoba untuk ponakan yang juga masih sekolah dasar, deh
    Apalagi varian permainannya juga banyak untuk mengenakan panca indra pada anak

    ReplyDelete
  8. Game-nya lucu-lucu. Yg pasti, anak jadi tidak kecanduan gadget. Dampak positif dari masing-masing jenis permainannya juga tentu bagus buat proses tumbuh kembang anak-anak.
    Sedih, kalau lihat anak-anak lebih suka lengket dengan gagdet, timbang bermain khas dunia anak-anak juga.

    ReplyDelete

Post a Comment