Belajar Anggota Tubuh Menggunakan Lapbook

Lapbook


Lapbook adalah salah satu media belajar yang menyenangkan bagi anak-anak home education. Saya dan anak-anak seringkali menggunakan lapbook dalam pembelajaran. Biasanya kami lakukan untuk mengisi akhir pekan. 

Lapbook adalah sebuah buku project atau folder yang menarik berisi gambar, cerita, tulisan dari topik atau unit studi yang ingin dipelajari. 

Bentuk lapbook ini bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk lipatan seperti map atau berupa mini book ada juga yang berbentuk folder atau kantung-kantung seperti amplop untuk meletakkan kartu berisi keterangan.

Baca Juga : Kurikulum Merdeka, Belajar Jadi Menyenangkan dan Bermakna

Hari ini saya mau cerita tentang keseruan Aluna membuat lapbook tentang Anggota Tubuh. Kebetulan, Aluna memang sedang mempelajari materi ini. 

Baca Juga : Serunya Membuat Lapbook 

Aluna sudah belajar tentang apa saja anggota tubuh dan fungsinya, panca indera, hingga bagaimana menjaga agar tubuh tetap sehat. 

Maka, untuk memperdalam pemahamannya tentang materi ini, saya mengajaknya membuat lapbook. 

Kali ini saya tidak membuat sendiri printable untuk bahan-bahan lapbook, melainkan mengunduh dari sebuah komunitas homeschooling. Kebetulan, saya membernya, jadi bisa mendownload printable lapbook. 

Baca Juga : Pentingnya Aktivitas Fisik Sebelum Belajar 

Alat dan Bahan Membuat Lapbook

Alat membuat lapbook

1. Printable anggota tubuh

2. Kertas karton

3. Lem

4. Gunting

5. Selotip

Cara Membuat Lapbook

Cara membuat lapbook

1. Buat amplop lapbook dari kertas karton

2. Gunting dan tempel printable lapbook

3. Lapbook siap digunakan untuk proses pembelajaran

Tutorial membuat lapbook


Isi Lapbook Anggota Tubuh

Apa saja isi lapbook anggota tubuh ini? Banyak! Mulai dari apa saja anggota tubuh dan fungsinya, macam-macam panca indera beserta fungsinya, hingga beragam makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh. 

Isi lapbook


Isi lapbook ini sudah mencakup semua hal tentang tema anggota tubuh. Aluna juga bisa belajar secara terintegrasi melalui lapbook ini. Mulai dari pelajaran tematik, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam, hingga matematika. 

Manfaat Belajar dengan Lapbook

Belajar menggunakan lapbook ini punya banyak manfaat, lho. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat saat belajar dengan lapbook.

1. Memecah kegiatan belajar menjadi aktivitas-aktivitas kecil membuat anak tetap bersemangat belajar dan tak merasa terbebani.

Baca Juga : Pendidikan Berbasis Fitrah untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

2  Anak membuat prestasi-prestasi kecil melalui kegiatan yang berlangsung hingga tuntas.

3. Anak dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. 

4. Materi belajar tetap menghargai kreativitas dan keunikan setiap anak.

5. Dengan sebuah tema, anak belajar berbagai pelajaran dan mendapatkan stimulus yang beragam, misalnya bahasa, matematika, ilmu alam, ilmu sosial, ketrampilan, stimulus visual, kinestetik, dan sebagainya.

Baca Juga : Percobaan Sains Sederhana - Susu Pelangi

6. Keterkaitan antar-kegiatan di dalam sebuah tema besar membuat anak terbiasa membangun logika keterkaitan antara “pohon dan hutan”.

7. Ketrampilan membuat lapbook membiasakan anak untuk berorientasi pada proses.

8. Kegiatan ini sangat sesuai untuk menjadi kegiatan bersama yang dilakukan orangtua dan anak sehingga menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.

9. Lapbook adalah sarana pendokumentasian kegiatan belajar anak yang efektif dan bermanfaat untuk menelusuri rekam-jejak proses belajar, ajang-karya (show case) untuk pengawas pendidikan, keluarga, dan teman yang ingin melihat hasil dari proses belajar anak.

Tips Membuat Lapbook

Teman-teman ingin membuat lapbook juga? Ikuti dulu beberapa tips membuat lapbook berikut ini :

1. Tentukan tema apa yang ingin dipelajari

2. Carilah sumber informasi tentang tema yang ingin dipelajari, baik dari buku maupun internet

3. Buat printable yang sesuai dengan tema

4. Siapkan alat dan bahannya 

5. Buatlah lapbook dengan gembira 


Baca Juga : Mengenali Minat Bakat Anak Melalui Seni

Bagaimana? Seru bukan membuat lapbook ini? Kapan-kapan saya berencana mengajak Aluna membuat lapbook bersama teman-teman homeschooler lainnya, termasuk anak dari teman saya, yang merupakan Blogger Lamongan.


Comments

  1. Wah kelas 1 udah belajar IPA aja sih Aluna.. Seru juga ya buat pembelajaran, apalagi anak kan biasanya lebih cepat paham kalau disertai praktik

    ReplyDelete
  2. Menarik sekali ya membuat materi pembelajaran menggunakan lapbook ini. Belajar jadi lebih menyenangkan. Aluna pasti menikmatinya :)

    ReplyDelete
  3. Serunya belajar menggunakan lapbook.
    Jadi ingat laptop, hehhe.. bagus sekali dan kreatif. Anak-anak pun senang melihat warna-warni sehingga secara gak sadar bisa membaca tulisan dari materi printable yang dipasangkan di karton sehingga menjadi lapbook cantik.

    ReplyDelete
  4. Seneng banget Aluna pasti punya ibu yang kreatif dan mau berkarya bikin bikinan utk belajar gini. Yg pasti, lapbook emang membantu banget untuk anak belajar ya mbak. Selain anak bisa belajar, dia pun bisa berkarya dan melatih kreativitasnya

    ReplyDelete
  5. Lapbook ini membuat semua menjadi aktif ya, Maak. Enggak hanya anak2 saja, orang tuanya juga harus aktif mencari tema. Seru bangett.

    Btw, Aluna tampak happy bangett dengan aktivitasnya ini. Semangat mengguntingnya.

    ReplyDelete
  6. Mbak inspiratif dan kreatif ini...bikin lapbook anggota tubuh yang enggak hanya jadi bonding bagi ortu dan anak tapi punya banyak manfaat lainnya

    ReplyDelete
  7. Wah seru ya Mbak belajar dengan menggunakan Lapbook. Bikin sendiri, trus sambil belajar sesuai temanya.
    Bukan hanya anak saja ya yg belajar dan bergembira, ortunya juga ikut belajar lagi (cari-cari referensi dll). Hehe.

    ReplyDelete
  8. Boleh juga nih ya sederhana bisa buat sendiri tapi ada nilai edukasinya yg pastiny bikin belajar jadi fun biar pun tentang science

    ReplyDelete
  9. Kreatif banget ini mba, aku mau coba bikin lapbook buat anak, supaya paham anggota tubuh juga.

    ReplyDelete
  10. Mba, kreatif banget sih ngajarin si kecil. Kalau begini udah dijamin anak-anak bakal tumbuh cerdas dan kreatif, soalnya ibunya juga kreatif.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget ihh lapbook, bisa ditiru ini buat anakku. Jadi ini kita bantuin search gambar by googling ya, trus print dan tempel. Ini mah anaknya jadi sekalian belajar dan bermain. Idenya keren, baru tahu ada yg namanya lapbook ini. Makasih udah share

    ReplyDelete
  12. Dengan Lapbook, kegiatan belajar dipecah menjadi bagian kecil, ya. Jadi anak nggak mudah bosan. Seru banget, nih, idenya. Dan benar juga, ya, kegiatan seperti ini bisa ngajarin anak untuk berorientasi pada proses. Jadi anak terbiasa berproses, nggak mementingkan hasil. Apalagi hanya menunggu hasil, hihi. Thanks for sharing, Mak.

    ReplyDelete
  13. Pelajaran yg membuat siswa aktif merangkai begini ini Mba yang bikin ingatan lebih melekat. Aku jadi ingat dulu pas kuliah jurusan fisika di semester 1 ada pelajaran biologi, gak ada yg berani gambar sel hewan cuma aku, sampai dibilang temen "kamu gak cocok di fisika, pindah aja ke biologi", wkwkwk. Aku ingat karena pas kelas 2 bikin prakarya sel hewan, bikin bentuk-bentuk mitokondria, dll, jadi nempel banget di otak walaupun sudah lama berlalu. Mungkin kalo dicekoki guru sambil duduk dan lihat gambar gak akan sedetil itu ingatanku. Jadi aku sangat mendukung lapbook ini. Keren! Aku jadi pengen nyoba ke anakku. Makasih ya Mba

    ReplyDelete
  14. Aku baru tahu tentang lapbook dari artikel mba Dian, ternyata kreatif sih dengan bikin ginian. Anak jadi belajar langsung mengenal anggota tubuh dengan cara seru. Kayak craft gitu ya, ada gunting, menempel, sambil mengenal anggota tubuh. Dan proses bikin lapbook juga bikin anak hepi bisa seseruan ngisi buku atau folder dengan tema yang udah ditentukan

    ReplyDelete
  15. Seru banget belajar menggunakan lapbook, ada gambarnya jadi anak akan semangat belajar dan gak bakal bosan. Beda kalau belajar hanya baca buku yang isinya kata-kata dan anak bisa ngantuk atau malah gak paham materinya.

    Oh ya lapbook juga bisa dipakai untuk mata pelajaran lain kan ya?

    ReplyDelete
  16. Wah, sebuah hal baru buatku ini mbak
    Apparatus Lapbook ini bisa banget aku gunain untuk media pembelajaran keponakan deh mbak
    Trus bisa disesuaikan mau anggota tubuh, panca indera, sayuran, beragam ya
    Berguna banget sih ini

    ReplyDelete
  17. Seru yaa, Mba. Anak-anak jadi belajar dengan cara yang menyenangkan, dan hubungan dengan orang tua (yang mendampingi saat belajar) jadi lebih kuat lagi. Jadi pengen coba juga di rumah

    ReplyDelete
  18. wah seru ya ini mbak aktivitasnya. cocok nih buat anak saya yang sedang memasuki usia sekolah dan sekalian nambah pengetahuan juga

    ReplyDelete
  19. Gak sabar pingin tahu aktivitas Aluna yang lainnya. Bisa jadi inspirasi ini kalau dikumpulkan dalam booklet aktivitas Sekolah Merdeka yang bisa dijadikan ide bagi para homeschooler.

    ReplyDelete
  20. Wahhh kreatif banget nih aluna, lapbooknya pun bikin sendiri.. Selain belajar mengenali sesuatu juga bisa mengasah keaktifan anak untuk bisa berpikir lebih kreatif dalam membuat sesuatu.. Jadi inspirasi banget nih, jadi gak perlu beli-beli lg..

    ReplyDelete

Post a Comment