Banyak Manfaat, Yuk Ajak Anak Membuat

Share This Post

[et_pb_section][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text]

PuisiBeberapa hari lalu, saya mengajak si bungsu membuat puisi. Saya ingin mengenalkan padanya macam-macam karya sastra, dimulai dari puisi. Ini jadi cara belajar untuk meningkatkan kemampuan literasinya.

Berkenalan dengan Puisi

Sebenarnya ini bukan kali pertama si bungsu mengenal puisi. Jika kejadian tertentu. Ini yang membedakan puisi dengan karya sastra lainnya. Saat membaca puisi, kita harus melibatkan perasaan. Meresapi setiap bait yang ada. Jenis puisi ada dua, puisi lama dan puisi modern. Berhubung ini masih perkenalan, saat ajak si bungsu membuat puisi modern saja.

Cara Mudah Membuat Puisi

Sebenarnya mengajak anak membuat puisi itu tidak sulit, lho.

Begini caranya :

1. Tentukan tema dan judul

Langkah pertama dalam mengajak anak membuat puisi adalah menentukan tema dan judul. Berhubung saat ini si bungsu sedang belajar tentang alam semesta, saya mengajaknya untuk memilih tema seputar alam semesta. Dia setuju. Dia pun memilih “Matahari” sebagai judul puisinya.

2. Menentukan kata kunci

Setelah mendapatkan tema dan judul, maka saatnya menentukan kata kunci. Kata kunci ini adalah kata-kata yang akan jadi patokan dalam menulis puisi. Pastinya kata kunci yang dipilih harus berhubungan dengan tema dan judul.

Baca Juga : Jelajah Cita-Cita, Mengajak Anak Kenali Profesi Sekitar

Puisi si bungsu berjudul Matahari, dia mengambil “sinar matahari” sebagai kata kuncinya. Maka, selanjutnya puisi yang dibuat akan bercerita tentang “Sinar Matahari”.

3. Menentukan gaya bahasa

Langkah berikutnya dalam membuat puisi adalah menentukan gaya bahasa. Gaya bahasa ini penting, lho. Melalui gaya bahasa, puisi yang dibuat akan lebih bernyawa. Puisi yang dibuat akan memiliki perasaan yang kuat. Si bungsu memilih gaya bahasa yang sedikit hiperbola. Agar dia bisa lebih menunjukkan emosinya saat membacakan puisinya nanti.

4. Kembangkan dengan indah

Terakhir, tulislah puisi dengan memperhatikan ketiga langkah sebelumnya. Kembangkan dengan indah puisi yang akan dibuat. Jangan lupa, berikan sentuhan emosi pada setiap baitnya.

Baca Juga : Belajar Anggota Tubuh Menggunakan Lapbook

Contoh Puisi Anak

Akhirnya, setelah 30 menit berdiskusi bersama, puisi kami pun jadi. Ini adalah puisi yang dibuat oleh si bungsu :

Matahari

Matahari,

Terbit di pagi hari..

Tenggelam di sore hari..

Matahari,

Sinarmu selalu menyinari..

Seluruh bumi ini..

Matahari,

Kutunggu setiap hari..

Agar aku bisa bermain dengan senang hati…

Bagaimana? Bagus bukan puisi yang dibuat si bungsu ini? Hehehe..

Manfaat Puisi Bagi Anak

Manfaat membuat puisi

Mengajak anak membuat puisi tak hanya seru dan menegangkan. Aktivitas ini ternyata punya banyak manfaat, lho.

Berikut manfaat membuat puisi bagi anak.

1. Belajar kosakata baru

Saat membuat puisi, anak akan belajar kosakata baru. Hal ini tentu baik untuk mengasah kemampuan literasinya. Anak juga akan memiliki kesadaran fonologis yang baik.

Baca Juga : Belajar Membaca dengan Taman Huruf

2. Mengajarkan keterampilan komunikasi baru

Membuat puisi juga bisa menjadi media belajar anak tentang keterampilan komunikasi baru. Anak bisa mengerti tentang diksi dan bagaimana berkomunikasi dengan perasaan. Anak juga bisa memvisualisasikan tulisan.

3. Mengembangkan keterampilan motorik

Puisi memiliki ritme, musikalitas, emosi, serta nilai-nilai. Saat anak membuat puisi, anak bisa menggabungkan sajak, Indra, dan koordinasi kata dalam satu waktu. Ini bisa mengembangkan keterampilan motorik anak.

4. Belajar spiritualitas

Melalui puisi, anak juga bisa belajar spiritualitas. Puisi bisa membuat anak memiliki jiwa spiritual yang baik. Anak pun bisa lebih tenang dan damai dalam menjalani hari-hari. Bahkan banyak penelitian membuktikan bahwa, puisi bisa menjadi sarana healing terbaik. Jika teman-teman ingin belajar spiritualitas, cobalah untuk membuat puisi. Atau bisa juga membaca artikel-artikel yang ada di Blog Tentang Spiritualitas.

Baca Juga : Serunya Membuat Lapbook

Penutup

Membuat puisi bersama anak bisa dipilih sebagai aktivitas bersama di rumah. Mengajak anak membuat puisi selain seru, ternyata juga punya banyak manfaat.

Jadi, apakah teman-teman akan mengajak anak membuat puisi? Atau mungkin sudah punya pengalaman mengajak anak membuat puisi? Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

19 Responses

  1. anak aku bikin puisi sebagai tugas sekolah kayanya, ahaha. tapi lumayan juga sih, anak jadi makin berkembang kosa katanya dan bisa melihat apa saja yang ada di sekelilingnya untuk dimasukkan jadi puisi

  2. Bagus mbaaa puisi anaknya ?
    Waktu itu anak aku jg ada tugas bikin puisi. Aku mesem2 deh bacanya kayak bisa so sweet gitu jg ya mereka. Hihii
    Manfaatnya ternyata banyak ya^^

  3. Anakku blasss ga mau kalau suruh buat puisi mbak. Bahkan baca puisi pun sebel. Jadi kalau ada tugas dr sekolah ya ala kadar gitu bikinnya…wkwkw
    Tapi sada sih, sayasekarang juga ga happy bikin puisi. Padahal duluuuu suka kirim2 puisi ke koran dan dimuat hahah

  4. Gak cuma buat anak2, IMHO kegunaannya cucok jg buat org dewasa. Saya pernah mencoba bikin puisi, rasanya susah banget… kyknya susah nih mengungkapkan perasaan dgn kata2… Kalah sm anaknya, puisinya bagus

  5. Banyak cara memang ya untuk mengajak anak menambah kosa baru dan melek literasi, salah satunya dengan membuat puisi. Puisinya menarik mbak tentang matahari, keren deh. Moga makin banyak karya puisinya ya si adek.

  6. Jadi inget pernah bantuin anak bikin puisi perpisahan saat wisuda TK. Harus menyesuaikan dengan bahasa anak2 juga. Yang paling penting anak2 juga bisa ngerti. Bisa nambah kosa kata anak lho!

  7. Aduh jujur saja saya gak bisa berpuisi apalagi mengajarkan kepada anak
    Tapi kalau diarahkan sejak kecil anak juga bisa berkembang ya sepertinya. Saya mau mencobanya juga deh

  8. Iya ya, ternyata banyak juga nih manfaat membuat puisi bagi anak. Aku sendiri sudah lama gak bikin puisi. Pas anakku tanya-tanya soal puisi, jawabanku gak memuaskan. Akhirnya dia googling 🙁

  9. awal-awal ada tugas puisi dari sekolah, anakku sempat kebingungan dan gak pede, tapi setelah dibantu dan mendapat ilmu dari gurunya akhirnya bisa lancar deh bikin puisi meski mungkin masih belum variatif

  10. Waah meskipun telat baca ini tapi oke banget bisa di coba ke anakku yg SD. Pelajaran bahasa indonesia menyebalkan kata anakku karena mesti mengarang membuat puisi dkk. Apalagi anaknya cowok emmm susah banyak alasan kalau disuruh belajar.

  11. Wah seru kyknya nih, Anak2ku belajar puisi keknya ma gurunya hehe. Tapi kyknya seru nih dipraktikin sendiri trus dipadukan dengan gambar gtu ya.
    Belajar olah kata ini emang manfaatnya banyak salah satunya bisa bikin perbendaharaan kata meningkat ya.
    Oh ya spiritualitas juga yaa, kek melankolis2 gtu hehe.

  12. Senangnya..
    Anak-anak khas sekali membuat karya puisi dengan hal-hal yang biasa mereka lihat. Dari membuat puisi ternyata banyak juga manfaatnya ya.. Salah satunya belajar spiritualitas pada anak.

  13. Iya, aku suka mengajak anak-anak kelas penulis cilik untuk membuat puisi sendiri, bagus untuk melatih anak menyusun kata juga memperkaya kosakata anak ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok