Menjadi Data Scientist Andal bersama GreatNusa

Share This Post

Menjadi Data Scientist Andal bersama GreatNusa bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan saat ini. Kesempatan kerja sebagai data scientist semakin terbuka lebar. 

Menurut laporan dari LinkedIn pada tahun 2020, permintaan untuk tenaga data scientist melonjak 6 kali lipat. Bahkan, diproyeksikan angkanya terus meningkat hingga 5 tahun kedepan. 

Bahkan menurut World Economic Forum, data scientist termasuk 10 pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada tahun 2022.

Memangnya apa sih pekerjaan data scientist itu? Mengapa data scientist sangat dibutuhkan saat ini? Dan bagaimana caranya untuk bisa menjadi data scientist andal? Yuk, baca artikelnya sampai habis, ya! 

Ilmuwan Data

Data scientist adalah tenaga profesional dalam menganalisis, memproses, mendesain model dan algoritma data untuk diinterpretasikan menjadi rencana atau tindakan perusahaan. Data Scientist seringkali berurusan dengan data mentah yang tidak terstruktur, sehingga pekerjaannya membutuhkan tools dan metode dari Statistika serta machine learning untuk merampingkan data. Tentunya setelah Data Scientist mendapatkan data yang terstruktur, ia akan melakukan eksplorasi untuk menemukan pola, model, dan algoritma yang kemudian diatomasikan. 

Pekerjaan data scientist tidak terbatas pada memberikan hasil data yang telah diolah, lebih dari itu ia juga harus mampu mengkomunikasikan temuannya untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, data scientist seringkali dikaitkan sebagai problem solver dan data-driven decision maker. 

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Data Scientist? 

Mengapa permintaan data scientist terus meningkat? Karena, perusahaan sangat membutuhkan data scientist. 

Mengapa perusahaan membutuhkan data scientist? 

Data scientist merupakan tulang punggung dalam perusahaan yang memiliki berbagai data dengan kompleksitasnya. Tanpa seorang Data Scientist, tidak orang yang dapat difungsikan khusus secara profesional untuk mengekstrak, menganalisis, mendesain dan mengkomunikasikan hasil data yang ditemukan.

Baca Juga : 8 Pekerjaan Digital Yang Dibutuhkan Di Masa Depan, Cocok Untuk Generasi Alpha

Data yang diproses oleh data scientist akan berguna bagi perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih bijak dan membantu growth perusahaan. Insight dari seorang data scientist akan berdampak pada strategi dan peningkatan customer experience serta tujuan lainnya. 

Kesimpulannya, data scientist membantu perusahaan dalam membuat keputusan lebih efisien dan lebih baik berbasiskan data.

Raih Peluang Menjadi Data Scientist Andal bersama GreatNusa

Bila ingin menjadi seorang data scientist tak harus memiliki background di bidang IT. Teman-teman yang memiliki background non IT juga punya peluang menjadi seorang data scientist andal lho. 

Baca Juga : Jelajah Cita-Cita Profesi IT

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi data scientist andal. 

Pertama, tingkatkan skill dan bahasa pemrograman data scientist. Pelajari dulu ilmu statistika dan pelajari satu dua software statistik seperti SPSS atau Minitab. Kemudian berlanjut belajar data mining, programming, dan beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai meliputi SQL, Python dan R. Jangan lupa untuk menguasai teknik storytelling dan visualisasi juga. Sebab, seorang data scientist harus menampilkan dan menceritakan hasil analisis data.

Kedua, memiliki kemampuan berkolaborasi. Untuk bisa menghasilkan analisis data yang tepat, seorang data scientist harus bisa melakukan kolaborasi yang baik dengan divisi lain dalam perusahaan. Misalnya, jika bagian pemasaran membutuhkan analisis untuk data soal pemasaran hingga consumer behaviour, seorang data scientist harus bisa memahami kemudian menganalisis permintaan tersebut. 

Ketiga, buatlah portfolio. Kumpulkan pengalaman di bidang data scientist. Buatlah portofolio yang menarik dan memanfaatkan berbagai platform online yang bisa digunakan untuk professional branding seperti LinkedIn, Medium, profil di job portal dan berbagai website. Ini bisa memperbesar peluang menjadi data scientist andal. 

Keempat, belajar data scientist di GreatNusa. Menjadi data scientist bisa dipelajari secara otodidak, lho. Misalnya dengan mengikuti kursus data science  GreatNusa. 

GreatNusa merupakan portal pembelajaran daring dengan visi fostering & empowering bangsa Indonesia melalui akses belajar dimana & kapan saja bagi lifelong learners. GreatNusa menghadirkan beragam materi pembelajaran praktis, berkualitas, terpilih dari expert & institusi pendidikan terkemuka sebagai upaya mendukung pemerintah Indonesia dalam mencapai SDM Unggul Indonesia Maju.

Ikut Kursus Pengembangan Diri di GreatNusa

Teman-teman bisa mengikuti kursus pengembangan diri di GreatNusa untuk menjadi data scientist andal. 

Sebagai pengenalan, teman-teman bisa ikut “Ngobrol Bareng Pakar Hebat: Ilmuwan Data“, bersama Tjeng Wawan Cenggoro, S.Kom., M.TI, untuk tahu seluk beluk menjadi seorang data scientist andal. 

Dalam kursus ini GreatExpert akan membagikan informasi seputar pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi apa saja yang diperlukan untuk dapat melakukan tugas dan fungsi sehari-hari.

Pada kursus ini GreatExpert yang akan membagikan pengalamannya adalah Bapak Wawan Cenggoro. Beliau adalah seorang Data Science Lead di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia. 

Baru setelah itu, teman-teman bisa melanjutkan dengan mengikuti kursus “Belajar & Praktik Data Science untuk Pemula“. Kursus ini akan diampu oleh tim BINUS University. 

Pada kursus ini terdiri dari 10

modul dan akan memberikan pengetahuan kepada pelajar mengenai teknik analisis

data menggunakan machine learning diantaranya decision tree dan random forest

regression. Kelebihan dari modul ini adalah pelajar akan dihadapkan langsung

kepada data riil dan kemudian mempraktikkannya pada software Python. Kode pemrograman disertakan pada modul ini, mulai dari eksplorasi data, split data,

analisis data dan pemodelan hingga evaluasi model yang dihasilkan. Bagian akhir

modul ini juga menyertakan berbagai tips untuk pemula profesi data scientist .

Dan, kabar baiknya kedua kursus pengembangan diri di GreatNusa ini GRATIS lho!! 

Penutup

Bagaimana? Tertarik untuk berkarir sebagai data scientist? Tunggu apalagi, yuk segera daftar di GreatNusa sekarang juga! 

15 Responses

    1. Menarik ya kalau punya skill data analisis, karena ga banyak yang punya keahlian ini . Satu anakku kuliah di rekayasa komputer, ada matkul tentang pengembangan website, koding, python dsb, tapi ga tahu juga tuh, diajarin baca statistik gak. Sepertinya mmrg harus ikut kursusnya ya biar lebih jelas.

  1. waw! kursus gratis! Ini berguna banget dong, apalagi para pemula juga dapat merasakan manfaatnya dari kursus ini. Namanya proses belajar, tidak ada kata terlambat ya, karena kursusnya juga ditujukan bagi yang belum ada pengetahuan sama sekali

  2. Masyaallah ada kursus gratis, siapa sih yang gasuka kalau gratisan, ini pasti berguna banget sih. Kalau untuk belajar sih gak ada batasan umur apalagi kata terlambat ya, bagus sekali kursus ini memang ditujukan untuk orang-orang yang belum ada pengetahuannya sama sekali.

  3. Jadi data scientiest ini menarik banget ya mbk, bahkan bisa dipelajari secara otodidak via kursus. Kadang penasaran aja gimana cara baca data datanya..

  4. Ilmu yang menarik dan sangat menantamg sih menurutku. Dan sangat dibutuhkan saat ini. Aayiknya lagi bisa dipelajari via kursus. Ga ada alasan untuk ga upgrade skill di bidang ini sih

  5. Profesi data scientist cukup hits di era serba data ini ya mba.. Data adalah hal penting sejak dulu. Namun di masa internet ini, kebutuhan akan data makin terasa. Bahkan, segala hal yang kita nikmati secara gratis pun sebenarnya kita “bayar” dengan data kita (sadar atau tidak sadar).
    Ini kursusnya oke banget yaaa… Bisa kasih pengetahuan dan ketrampilan bagi orang banyak utk jadi data analist.

  6. Sekarang kursus nyediain program sesuai perkembangan zaman, gak kaya dulu ya. Jadi yang mau belajar, bisa banget. Mana bisa daring lagi. Jadi tetap hemat waktu dan tenaga

  7. Aku pernah ikut workshop data analis 2 kalu dan sepusing ituuuu.. salut bener sama yg bisa data analis, makanya gak banyak org yg kerja jadi data analis, artinya persaingannya gak seketat bidang lain

  8. Kyknya makin marak aja nih kursus Data Scientist, seiring emang data2 khususnya yang mencakup dunia digital dibutuhkan. Kursus kyk gini juga selain nambah skills juga memungkinkan org2 bisa pindah kerjaan/ karier ya.

  9. Keren yaah… Saat ini bisa belajar secara online untuk upgrade skills menjadi Data Scientist Andal bersama GreatNusa. Peluang menjanjikan yang pantang dilewatkan banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok