Rekomendasi Game Edukasi Keuangan untuk Anak

Share This Post

Mulai kapan anak belajar tentang uang? 

Hmm, pertanyaan di atas menjadi pikiran saya akhir-akhir ini. Anak-anak saya, berusia 10 tahun dan 7 tahun. Mereka sudah tahu sih tentang uang, khususnya tentang berapa saja nominal uang dan bagaimana membelanjakan uang. 

Namun, nyatanya pengetahuan tentang uang tak hanya itu. Ada banyak pengetahuan keuangan yang anak perlu tahu. 

Bahkan kini, keuangan termasuk salah satu aspek literasi yang penting untuk dikuasai oleh anak. 

Game edukasi keuangan bisa jadi langkah yang tepat bagi anak untuk belajar tentang literasi keuangan. 

Literasi Keuangan dan Manfaatnya Bagi Anak

Literasi keuangan adalah pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan. Adanya kesadaran ini memiliki efek jangka panjang yang dapat menjaga kondisi keuangan tetap stabil, aman, dan sejahtera.

Sangat penting bagi anak untuk bisa memiliki kemampuan literasi keuangan ini. 

Beberapa manfaat mengajarkan literasi keuangan pada anak :

  • Menjadi langkah awal pembentukan karakternya di kemudian hari, khususnya karakter tentang bagaimana mengelola keuangan
  • Anak akan lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. 
  • Anak bisa menghindar dari penipuan keuangan
  • Anak akan terhindar dari masalah keuangan

Game Edukasi Keuangan

Ada banyak cara mengajarkan anak literasi keuangan. Salah satunya adalah dengan memainkan game edukasi keuangan. 

Baca Juga : 7 Tips Jitu Atur Keuangan Pascalebaran

Kunjungi website Mortgage Calculator. Di sana tersedia banyak permainan tentang uang yang menyenangkan.

Di sana kita bisa mengeksplorasi jenis permainan sesuai tema edukasinya: Real Estate, Money Games, Farming Simulation Games, dan Grocery Store Games, Restaurant Simulation Games, Non Food Business Simulation Games, Software&Business Education Games, bahkan dii sana anak juga bisa belajar tentang Cryptocurrency Financial &  Speculation Games.

Setiap tema berisi puluhan permainan. Setiap tema berisi puluhan permainan, cocok untuk mengisi liburan sekolah kali ini!

Saya share 3 game edukasi lingkungan yang sudah dimainkan oleh anak-anak di rumah ya!

Cashier Simulator

Cashier Simulator adalah game di mana para pemain berperan menjadi kasir supermarket. Dalam permainan ini, anak akan menghitung setiap barang yang dibeli oleh pelanggan. 

Akan ada layar kalkulator untuk menghitung harga dan item belanjaan konsumen, kemudian kita terima uang dari konsumen, dan kita harus menghitung kembaliannya.

Anak-anak saya suka dengan game ini. Di sini mereka bisa belajar menghitung uang dengan cepat. 

Mereka juga tahu bahwa alat pembayaran tak hanya uang, melainkan juga bisa dengan kartu  kredit. 

Cash Back

Cash Back adalah game di mana pemain memberikan kembalian yang benar kepada pelanggan menggunakan uang kertas dan koin.

Dari game ini anak belajar menghitung uang kembalian dengan benar. Game ini penting banget buat anak bungsu saya, kadang dia masih bingung tentang berapa jumlah uang kembalian saat belanja ke toko. 

Anak juga bisa belajar membedakan tentang uang kertas dan uang koin. Dua uang ini digunakan sebagai transaksi dalam game Cash Back. 

Pada game ini, pemain menjawab pertanyaan dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah total akhir sesuai dengan perubahan yang ada. 

Tractor Mania

Game Tractor Mania mengajari anak tentang bagaimana kegiatan distribusi itu punya peran penting. 

Anak-anak diajak bermain menjadi sopir traktor yang bertugas membawa hasil pertanian ke tempat tujuan. 

Tantangannya, jangan sampai hasil pertanian yang kita bawa tumpah. Jika ada yang berkurang  sebelum sampai tujuan, maka kita tidak bisa naik level. 

Cara bermain game Tractor Mania :

  • Tunggu hingga traktor  terisi penuh dengan hasil pertanian
  • Berkendara melintasi jalan sambil mengontrol kecepatan dan sudut traktor untuk meminimalkan berapa banyak produk yang hilang di sepanjang perjalanan. 
  • Perlambat sebelum melewati jembatan & berhati-hatilah dengan kecepatan kita setiap kali ada perubahan besar pada tanjakan jalan.
  • Gunakan penghasilan yang diperoleh dari setiap tahap untuk meningkatkan atribut traktor, atau membuka kunci traktor dan trailer yang lebih baik.
  • Kuta bisa meng-upgrade mesin, gearbox, ban, boost, dan bahan bakar pada setiap traktor.
  • Ada 3 trailer berbeda untuk dijual & traktor pohon dengan kualitas lebih tinggi yang bisa dibeli.
  • Saat menyelesaikan suatu level, kita tidak dapat kembali dan mengulangnya, jadi pastikan untuk mengemudi dengan hati-hati.

Wah, game yang seru. Anak-anak saya sangat tertantang saat memainkan game ini. Mereka jadi merasakan bagaimana harus berhati-hati menyalurkan barang. 

Penutup

Literasi keuangan bagi anak-anak itu penting. Agar mereka memiliki kesadaran untuk bagaimana membelanjakan uang sekaligus bisa mengatur keuangan dengan bijak. 

Baca Juga : Ekstrakurikuler Di Sekolah Dan Panduan Memilih Ekskul Untuk Anak

Rekomendasi game edukasi keuangan ini bisa menjadi cara yang tepat untuk melakukan pendidikan lingkungan pada anak. 

Jadi game edukasi keuangan mana yang akan teman-teman mainkan? 

Share di kolom komentar, ya! 

24 Responses

  1. Anakku pernah main mortgage ini, dan dia malah lebih cepet ngeh cara mainnya meski ga mesti baca instruksinya lebih dulu. Haha, anak2 emang lebih cepet nyambung kalau soal game yaaa..
    Literasi keuangan emang penting banget diajarkan sejak dini. Baik itu dalam keseharian maupun melalui game dan cara-cara lainnya.

  2. Anakku pernah main mortgage ini, dan dia malah lebih cepet ngeh cara mainnya meski ga mesti baca instruksinya lebih dulu. Haha, anak2 emang lebih cepet nyambung kalau soal game yaaa..
    Literasi keuangan emang penting banget diajarkan sejak dini. Baik itu dalam keseharian maupun melalui game dan cara-cara lainnya..

  3. Udah main di sini juga donggg, emang cucok buat anak2 yang lagi belajar literasi keuangan. Gamenya mudah dipahami dan seperti real, kaya Cashier Simulator, kita berasa jadi kang kasirnya.

  4. Wah iya ya, kok saya baru kepikiran mengenalkan game-game ini untuk anak. Belajar keuangan dan matematika dengan cara yang menyenangkan ya Mbak. Langsung praktik sambil bermain.

  5. Idealnya memang sejak kecil anak sudah mendapatkan edukasi tentang keuangan. Tapi, dulu tuh kesannya belajar keuangan membosankan dan berat. Kalau dibuat game seperti ini memang pastinya jadi lebih menyenangkan.

  6. Edukasi terkait finance memang bagus diajarkan sejak dini. Apalagi ini metodenya cocok buat anak. Menyenangkan dan tanpa merasa digurui ya lewat game itu

  7. Game pun bisa untuk mengedukasi keuangan ke anak, ya. Makin seru nih gamenya. Selain itu anak juga belajar.

    Game edukasi keuangan ini cocok juga buatku sih yang suka ngegame dan bosenan, harus cari sesuatu yang baru.

  8. Pengen ikutan main sama anak jadinya..
    Hihi.. karena selain anak yang mantap dengan literasi keuangan, tentunya Ibunya dulu nih yang memantapkan hati untuk memahami literasi keuangan yang sesuai dengan kondisi keluarga dan kebutuhan masing-masing.

  9. Anak saya pun senang main game Mortgage Calculator. Anakku senang main Cash Back dan Cashier Simulator. Secara nggak langsung main game plus bisa belajar literasi keuangan lebih fun.

  10. Menarik banget ini game edukasinya ya, jadi si anak bisa sekalian belajar tentang literasi keuangan. Karena tidak bisa dipungkuri anak-anak kita tuh sudah akrab banget dengan gawai, jadi ini bisa jadi alternatif kalau dia mau main gawai.

  11. Dari games pun anka2 bisa belajar mengenai literasi keuangan yaa.
    Anak2ku juga suka main semacam kasir simulator itu, tapi yang kyk jual2an trus jual beli, menghitung jumlah barang dan uangs erta kembalian 😀

  12. Asik … makasih rekomendasi game-nya mbak Dian. Liburan sekolah ini mau belajar literasi keuangan dengan anak. Paling asik ya lewat game seperti ini.

  13. Belajar keuangan dengan cara menyenangkan ini ya, dengan media pembelajaran berupa game edukasi. Perkembangan teknologi memang banyak mempengaruhi cara kita belajar, termasuk belajar soal keuangan bagi anak-anak

  14. Menarik nih mbak games nya. Daripada melarang anak main games, sekalian jadi ajang edukasi aja lah yaa. Edukasi keuangan pula yang bakal jadi modal sampai mereka dewasa juga ❤️

  15. Anak anak kayanya perlu juga nih belajar literasi keuangan, mau ah rekomendasiin game game ini buat anak anak. Lumayan kan jadi bermain sambil belajar yaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok