Serunya Membuat Lapbook

Share This Post

 

Lapbook

Serunya Membuat Lapbook – Hari minggu ini kami tidak ada agenda keluar rumah. Memilih menghabiskan waktu di rumah tentu harus diisi dengan kegiatan yang seru. Chacha mengusulkan membuat lapbook. Hmm baiklah membuat lapbook bisa menjadi agenda menyenangkan di hari libur. Dengan membuat lapbook anak-anak bisa mengisi waktu sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

Apa itu Lapbook


Sebelum saya cerita tentang keseruan kami membuat lapbook, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu lapbook. Mungkin diantara teman-teman ada yang belum tahu. Saya sendiri juga baru-baru ini berkenalan dengan lapbook. Tepatnya saat mengikuti kursus homeschooling bersama Rumah Inspirasi. 

Lapbook adalah sebuah buku project atau folder yang menarik berisi gambar, cerita, tulisan dari topik atau unit studi yang ingin kita pelajari. Lapbook ini tampilannya bermacam-macam, ada yang lipatan kertas seperti map, atau berupa mini book dan ada juga yang berupa folder atau kantung-kantung seperti amplop untuk meletakkan kartu berisi keterangan. 

Baca Juga : Dukung Anak Menjadi Atlet E-Sport Bersama ASUS ROG Phone 3


Membuat lapbook tidak hanya menjadi aktivitas bersama untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Lapbook bisa menjadi salah satu bentuk kegiatan belajar  Kegiatan belajar menggunakan lapbook adalah semacam proyek kecil yang mengintegrasikan sebuah tema tertentu yang dipilih. Lapbook adalah salah satu cara mendokumentasi kegiatan tematik.

Lapbook
Lapbook  Indonesia

Kegiatan ini sangat menyenangkan, terutama untuk anak-anak yang lebih cenderung visual dan spasial karena belajar dengan media gambar, ketrampilan, dan terlibat langsung dengan sebuah proyek yang dipelajarinya. 

Chacha sangat senang membuat lapbook. Ini adalah kali ketiga dia membuat lapbook. Sebelumnya dia membuat lapbook tentang Pancasila dan Indonesia. Hari ini dia ingin membuat labook tentang kucing. Kebetulan kami di rumah punya dua ekor kucing. Jadi bisa dibilang lapbook kali ini juga merupakan rekam jejak peliharaan kami dan juga catatan pengalaman Chacha dalam memelihara kucing-kucingnya. 

Manfaat Membuat Lapbook

Belajar tematik menggunakan media lapbook memberikan banyak manfaat. Saya sendiri sebelumnya tak terbiasa dengan proses belajar dengan lapbooking ini. Awalnya mencoba saat baru berkenalan dengan lapbook. Tak disangka pertama kali mencoba sangat menyenangkan. Chacha juga sangat antusias bila diajak membuat lapbook. Sejauh ini saya melihat bahwa proses ini memang sangat bagus buat anak-anak.

Beberapa manfaat dari membuat lapbook antara lain:

1. Memecah kegiatan belajar menjadi aktivitas-aktivitas kecil membuat anak tetap bersemangat belajar dan tak merasa terbebani.

2  Anak membuat prestasi-prestasi kecil melalui kegiatan yang berlangsung hingga tuntas.

3. Anak dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. 

4. Materi belajar tetap menghargai kreativitas dan keunikan setiap anak.

5. Dengan sebuah tema, anak belajar berbagai pelajaran dan mendapatkan stimulus yang beragam, misalnya bahasa, matematika, ilmu alam, ilmu sosial, ketrampilan, stimulus visual, kinestetik, dan sebagainya.

Baca Juga : Percobaan Sains Sederhana – Susu Pelangi

6. Keterkaitan antar-kegiatan di dalam sebuah tema besar membuat anak terbiasa membangun logika keterkaitan antara “pohon dan hutan”.

7. Ketrampilan membuat lapbook membiasakan anak untuk berorientasi pada proses.

8. Kegiatan ini sangat sesuai untuk menjadi kegiatan bersama yang dilakukan orangtua dan anak sehingga menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.

9. Lapbook adalah sarana pendokumentasian kegiatan belajar anak yang efektif dan bermanfaat untuk menelusuri rekam-jejak proses belajar, ajang-karya (show case) untuk pengawas pendidikan, keluarga, dan teman yang ingin melihat hasil dari proses belajar anak.

Apa yang Dipelajari dari Lapbook

Banyak hal yang bisa dipelajari dari membuat lapbook ini. Belajar dengan media lapbook pada dasaranya adalah proyek belajar tematik.  Artinya, anak belajar mengenai sebuah tema tertentu dengan menggunakan berbagai jenis kegiatan yang benang merahnya adalah tema itu.

Misalnya saat Chacha membuat lapbook kucing. Chacha tak hanya belajar tentang apa saja seputar kucing. Dia juga belajar bagaimana mencari informasi seputar kucing. Mulai dari browsing di internet, membaca buku ensiklopedi hingga bagaimana menyusun setiap informasi dalam sebuah lapbook. Tak lupa juga ada sisi kreativitas yang diasah. Bagaimana Chacha menghias lapbooknya agar mudah dibaca. 

Lapbook
Lapbook Kucing

Belajar dengan media lapbook adalah belajar tematik, itu berarti kita dapat menggunakannya untuk belajar tema apa saja yang ingin dipelajari anak. Materi yang dapat dipelajari menggunakan metode lapbook adalah tak terbatas, tergantung pada kreativitas orangtua/guru di dalam memilih tema dan menentukan kegiatan-kegiatan kecil untuk proses pembelajaran.

Setiap lapbook pada dasarnya adalah hasil karya kreatif. Tak ada penilaian salah-benar dalam membuat lapbook. Setiap orangtua dan anak memiliki kebebasan untuk membuat lapbook dengan bentuk dan proses sesuai gayanya.

Langkah Membuat Lapbook

Membuat lapbook itu sangat mudah, berikut langkah-langkahnya : 

1. Tentukan tema yang akan dipelajari

2. Sediakan sumber belajarnya, bisa buku atau browsing di internet.

Lapbook
Chacha Membuat Lapbook

3. Siapkan peralatan dan bahan pembuat lapbook, mulai dari kertas, gunting, lem dan lain sebagainya.

Baca Juga : Membaca Menyenangkan dengan Let’s Read

4. Buat lapbook sesuai kreativitas.

5. Bila sudah jadi, jangan lupa meminta anak untuk mempresentasikan lapbooknya.

6. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan membuat lapbook.

Membuat lapbook sangat seru. Anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Dan proses membuat lapbook bisa menjadi sarana bonding antara orang tua dan anak.

Bagaimana dengan teman-teman? Apa sudah pernah punya pengalaman membuat lapbook? Bagi yang belum pernah membuat lapbook, apakah tertarik mencoba membuatnya? 

Ditunggu ceritanya di kolom komentar ya ???

0 Responses

  1. MashaAllah.. sangat menarik banget ini untuk mengisi waktu bersama anak anak dirumah, apalagi kalo sudah bingung mau aktifitas apa lagi bersama anak anak.. jadi ada ide deh untuk membuat lapbook bersama anak anakku

  2. Wah lucu juga nih bisa ditiru, anak2 kalau diajakin bikin ginian juga sekaligus belajar ya soalnya "dipaksa" membaca juga. Emang buat anak2 yang visual hal kyk gini akan membantu sekali ya

  3. kreatif banget makkk, belum pernah bikin kayak gini, paling sebatas scrap aja hihii
    tapi seru juga ya mak kalau begini anak jadi kreatif dan ibu juga jadi kerjasama barengan bikin

  4. Menarik … saya malah melihatnya berorientasi pada proses, Mbak, bukan pada hasil. Di atas disebutkan … ketrampilan membuat lapbook membiasakan anak untuk berorientasi pada hasil (output). KArena anak belajar banyak hal jadinya. ^__^

  5. Beberapa waktu lalu anakku diminta bikin lapbook oleh guru matpel IPS. Dia sedang belajar tentang ASEAN. Jadi deh cari gambar seputar negara ASEAN
    menyenangkan dan banyak pemebelajaran dari kegiatan ini memang ya

  6. Wuah, saya baru tahu ada lapbook ini. Sejauh ini yang saya cuma tahu Scrapbook aja sih, sebuah catatan perjalanan atau foto menarik yang didesain secara kreatif. Ternyata ada juga toh yang namanya lapbook. Wuah, keren banget dan jadi penasaran. Pengen buat itu juga kalau ada waktu luang suatu saat nanti. Kebetulan saya orangnya suka belajar nih, heheh.

  7. Saya pembuat Lapbook Mbak. Biasanya keahlian ini memang digunakan untuk pengembangan motorik, kreativitas, art skill, juga daya ingat. Biasanya kalo sudah lihai akan beralih ke Scrapbook yang butuh keahlian yang lebih mumpuni. Tapi kesemuanya dalam lini pembelajaran dan skill yang sama.

  8. Aku baru tahu tentang lapbook.

    Namun aku jadi ingat cara belajar aku waktu sekolah.
    Aku sering buat hal seperti ini.
    Namun dalam bentuk tulisan menggunakan berbagai warna pulpen.
    Sangat membantuku mengingat materi pelajaran.

  9. Aku baru tau tentang lapbook ini. Unik dan menarik sekali ya. Anak-anak pasti seneng kalau diajak membuat lapbook, mereka bisa berkreasi dan belajar dengan cara yang menyenangkan.

  10. Aku baru tahu tentang lapbook. Kayak mba Anna, aku dulu juga bikin pembelajaran di buku dengan tulisan pakai spidol warna beda. Namanya bukan spidol, pen warna gitu. Dan ini memudahkan juga proses memahami materi

  11. Waaah seru banget bikin lapbook. Ini semacam bikin scrapbook tapi versi gedenya ya. Lumayan banget kalau ada yang harus dihafalin bisa dibikin lapbook aja biar mudah dibaca dan diinget terus.

  12. pinjam lapbook kucing dong, hehe. itu kayaknya ada info jenis2 kucing berserta fotonya. bagus ya. anak jd mau banyak cari info soal sesuatu yg mau diketahuinya dan terpikirkan olehnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok