PERCOBAAN PERMATA ES

Share This Post

Halooo, jumpa lagi dengan sains asyik dari Omah Rame. Teman-teman, tahukah kamu jika air ada di sekitar kita. Air berada di atmosfer sepanjang waktu. Air berubah dari cair menjadi padat saat temperaturnya turun hingga 0° C-pada tekanan atmosfer normal.
Nah pada sains asyik kali ini, kita akan melakukan percobaan permata es. Percobaan ini tujuannya untuk mengetahui perubahan wujud benda dan pengaruh air hujan.
Bahan-bahan nya dibutuhkan dalam percobaan ini sangat mudah di dapat lho. Jalannya percobaan juga gampang. Baca sampai habis ya ???

? List alat dan bahan :

1. Wadah bening (Untuk menampung air hujan, jika tidak hujan boleh diganti dengan air yang di isi air cuka)
2. Penggaris (Untuk mengukur curah hujan)
3. Gunting
4. Benang
5. Cetakan muffin plastik untuk didalam lemari es(jika tidak ada boleh wadah kecil yang berbentuk seperti cetakan)
6. Daun kering/bunga yang sudah jatuh

? Jalannya percobaan :

1. Beberapa curah hujan di daerahmu? Letakan wadah kosong di luar ruangan selama beberapa hari. Lalu, ambil kembali dan ukur jumlah air hujan yang tertampung, lalu gunakan air itu untuk membuat gantungan pertama.
2. Isilah cetakan muffin dengan air hingga masing-masing cetakan terisi setengah penuh.
3. Potonglah benang dengan jumlah sesui muffin masing-masing, lalu rendam tali dan buatlah seperti gantungan, rendam hingga kedua ujungnya terendam sepenuhnya
4. Pilihlah beberapa daun dan bunga yg kalian sukai dan masukkan kedalam air di cetakan. Pastikan seluruh bagian masuk kedalam air.
5. Bekukan gantungan-gantungan es it selama semalam. Lalu, gantungkan di dahan pohon diluar atau diatas bak mandi serta bak cuci piring.
6. Catatlah berapa lama waktu yang diperlukan es-es itu hingga meleleh? Dan hitunglah 
Selamat mencoba semoga berhasil ???

0 Responses

  1. Percobaan yang menarik nih. Apalagi anak dijarkan langsung untuk mengetahui terkait perubahan wujud benda dan kaitannnya dengan pengaruh hujan. Jadi bisa nambah wawasan juga ya Mbak klu dopraktikkan langsung oleh si anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Tips

7 Inspirasi Tukar Kado Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi. Sudahkah menyiapkan kado untuk yang tersayang? Ya, hari raya termasuk lebaran akan semakin meriah dengan tradisi tukar kado. Biasanya tradisi tukar kado

Cerita Bunda

Terima Kasih, Diriku

Wah, nggak terasa sudah masuk hari terakhir KEB Berbagi Cerita. Sepekan sudah berbagi cerita Ramadan bersama KEB (Kumpulan Emak Emak Blogger).  Hari terakhir temanya kok